3 Contoh Implementasi Flowchart (Diagram Alir)

Implementasi Flowchart – Selamat datang untuk yang baru datang mengunjungi blog sederhana ini dan selamat datang kembali untuk kamu yang menantikan postingan dari kelanjutan materi pemrograman dalam bab Flowchart. Pada postingan kali ini, kita akan mempelajari untuk apa saja flowchart (diagram alir) diterapkan dan bagaimana cara implementasinya pada lapangan. Dan berikut penerapan dari flowchart pada pekerjaan :

1. Membuat Perencanaan Proyek (Project)

Perancangan project, proyek programmer, implementasi flowchart
Sumber : Pexels.com

Salah satu penggunaan flowchart / diagram alir adalah untuk merencanakan/memetakan sebuah alur proyek yang akan dibangun, terutama hal-hal yang bersifat teknis. Flowchart yang dibangun berdasarkan langkah-langkah yang akan dikerjakan dalam proyek maupun projek dari awal sampai selesai. Para insinyur dan programmer menggunakan diagram alir untuk tujuan tersebut, agar terstruktur rapi dan terencana dengan baik.

2. Mendesain Sistem/Program

Perancangan program, perancangan sistem informasi, tahap sistem smart city, lomba blog
Sumber : pexels.com

Penggunaan diagram alir yang sering kita dengar adalah untuk mendesain sebuah perangkat lunak (Software). Dalam sebuah perancangan sistem informasi memerlukan banyak langkah-langkah yang detail dan logis, sehingga implementasi flowchart sangat membantu sekali dalam perancangannya. Pada diagram alir tersebut akan menggambarkan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh sebuah sistem dan menjembatani komunikasi antara programmer dan client.

3. Dokumen Proses/Alur Dokumen

Diagram Alir Dokumen, Jenis Flowchart, implementasi flowchart
Diagram Alir Formulir (Form Flowchart)
Sumber : insidemain.files.wordpress.com

Salah satu jenis flowchart adalah diagram alir formulir yang biasa disebut diagram alir dokumen. Penerapan flowchart ini terbilang paling sering digunakan dalam lingkungan kerja administrasi. Flowchart ini dapat kita temui dalam IK, SOP dan instruksi kerja yang kita tahu orang akan cendrung malas membacanya jika disajikan hanya dalam bentuk tulisan maka banyak perusahaan-perusahaan ternama salah satunya Astari Niagara Internasional yang sudah menerapkannya.

Nah itulah 3 contoh implementasi flowchart yang diterapkan pada ruang pekerjaan. Bagi kamu yang ingin memberikan contoh lain, silahkan tulis dikolom komentar (bagi kamu dengan contoh menarik, akan saya masukan dalam postingan). Semoga dengan artikel ini dapat menambah pengetahuan kita tentang flowchart, sekian materi tentang “Implementasi Flowchart“. Jika ada salah kata atau berbeda teori mohon koreksinyanya karena disini kita sama-sama belajar. Keep stay and love programming code !!!

Wasallam,

16 pemikiran pada “3 Contoh Implementasi Flowchart (Diagram Alir)”

  1. kebutuhan flowchart untuk menyajikan perencanaan lebih familier sih, beda kalau ternyata bisa dipakai juga buat kebutuhan yang lain mah….maklumin yah….sayah mah apah atuh

    Balas
  2. Dulu waktu masih kuliah sering pakai aplikasi seperti ini. Tapi sekarang hampir tak pernah lagi.
    Thank you for sharing

    Balas
    • Ko sama yah,, saya belajar sampai akar-akarnya tapi dikerjaan tidak dipakai,, mungkin karena beda bidang

      terima kasih sudah berkomentar

      Balas

Tinggalkan komentar