3 Tips Naik Pesawat Bagi Pemula, Wajib Tahu!

Photo of author
Written By Irwin Andriyanto

Seorang yang mengaku blogger padahal isi blognya placement semua.

Siapa yang tidak tahu tentang pesawat? Salah satu transportasi udara yang satu ini sudah digunakan hampir di secara keseluruhan muka dunia sebagai salah satu transportasi paling banyak dipilih, ketika hendak melakukan perjalanan jauh yang memakan waktu cukup lama.

Akan tetapi, berkat kehadiran kapal udara, perjalanan jauh tersebut tidak akan terasa lama, karena sistem mengudara pesawat yang memang beberapa kali lebih cepat ketimbang transportasi-transportasi lainnya.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali maskapai—sebuah istilah yang digunakan untuk merujuk ke perusahaan yang menawarkan layanan pesawat terbang, yang masing-masing memiliki pelanggan setia. Salah satu maskapai paling terkenal, baik dari segi fasilitas, keramahan, dan banyaknya jalur mengudara yang tersebar di Indonesia hingga dunia adalah Garuda Indonesia.

Maskapai penerbangan milik negara Indonesia ini juga menjadi salah satu maskapai tertua yang ada di Indonesia, yang sudah resmi mengudara dari puluhan tahun lalu. Maka, tak heran apabila maskapai penerbangan yang satu ini memiliki pelanggan setia yang bahkan dari generasi satu ke generasi lainnya.

Karena prosesnya yang bisa terbilang lebih rumit ketimbang dengan menggunakan transportasi-transportasi jenis lainnya yang berkendara di laut atau pun darat, tentunya penting bagi kamu, khususnya yang baru pertama kali mengudara menggunakan pesawat untuk mengetahui beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk memudahkan perjalanan kamu selama menggunakan pesawat. Apa saja? Berikut ini penjabarannya.

Tips Naik Pesawat Bagi Pemula

1. Pemesanan Tiket Jauh-Jauh Hari

Tips yang pertama yang wajib kamu ketahui bagi pengguna pemula untuk perjalanan menggunakan jalur udara, yaitu melakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari dari jadwal keberangkatan.

Karena keefektifan yang ditawarkan serta penghematan waktu selama perjalanan, maskapai penerbangan memasang harga untuk sebuah tiket pesawat beberapa kali lipat lebih mahal ketimbang transportasi-transportasi lainnya. Harga ini pun disesuaikan dengan kelas pesawat dan jarak tempuh yang harus dilalui ketika hendak menggunakan kapal udara.

Dengan kamu melakukan pemesanan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan tiba, kamu dapat menghindari kondisi di mana tiket pesawat yang akan menawarkan harga melambung tinggi, terlebih ketika berdekatan dengan jadwal waktu keberangkatan.

Sebagai saran, kamu dapat melakukan pemesanan tiket pesawat dua minggu sebelum keberangkatan, sehingga kamu akan mendapatkan harga yang normal dan cenderung lebih murah, ketimbang harga yang berdekatan dengan jadwal keberangkatan.

2. Pilih Penerbangan Pagi atau Malam Hari

Tips selanjutnya yaitu berkaitan dengan waktu keberangkatan yang akan kamu pilih. Apabila bandara terdekat yang ada di daerah kamu memiliki beberapa variasi jadwal penerbangan, disarankan untuk kamu memilih jadwal penerbangan pagi hari atau malam hari, sehingga kamu akan terhindar dari sesaknya penumpang di siang hari.

Tentunya, dengan mengambil jadwal keberangkatan pada pagi hari atau malam hari memberikan keuntungan tersendiri bagi kamu. Biasanya, pesawat yang terbang di antara waktu tertentu, yaitu pada pagi hari atau malam hari, memiliki jumlah penumpang lebih sedikit daripada biasanya.

Kemudian, apabila kamu berencana untuk melakukan proses pesawat transit, pilihlah durasi waktu perjalanan yang lebih singkat. Tidak mengapa harga jadi lebih mahal, namun, guna untuk mengefektifkan waktu yang ada, ini dapat kamu jadikan tips bijak agar waktu tersisa dapat kamu gunakan untuk melakukan kegiatan lainnya.

3. Pesawat Transit dari Satu Perusahaan

Biasanya, orang-orang memilih untuk menggunakan pesawat sebagai transportasi perjalanan jarak jauh adalah untuk dapat menghemat waktu yang dapat memakan waktu lama dalam perjalanan, apabila menggunakan transportasi seperti transportasi darat atau pun air.

Nah, apabila kasus kamu demikian, kamu disarankan untuk memilih pesawat yang berasal dari satu perusahaan yang sama, apabila kamu menaiki pesawat yang mengharuskan kamu transit di bandara penghubung.

Masih ada beberapa bandara di Indonesia yang menyediakan penawaran pesawat transit, yang mengharuskan mereka untuk berhenti sejenak di bandara utama, agar dapat melanjutkan perjalanan menggunakan kapal udara yang berbeda.

Pemilihan kapal udara yang berasal dari satu perusahaan ini bertujuan agar kamu tidak perlu melakukan check in berulang kali, yang dapat memakan waktu dan tenaga kamu lebih banyak terkuras.

Apabila menggunakan pesawat transit dari satu perusahaan, kamu hanya cukup melakukan check in pada awal keberangkatan, tanpa perlu khawatir bagaimana nasib bawaan kamu yang ada di bagasi pesawat.

Namun, apabila kamu tidak memiliki bagasi pesawat dan hendak menghemat pengeluaran, memilih pesawat transit dari perusahaan berbeda pun juga dapat dijadikan pilihan.

Nah, itulah beberapa tips bagi kalian yang pemula saat hendak menaiki pesawat untuk perjalanan jauh. Apabila kamu bingung ke mana harus membeli tiket pesawat dengan harga berkualitas dan banyak promo menarik yang ditawarkan, jangan lupa untuk selalu cek Traveloka.

Traveloka sendiri merupakan sebuah aplikasi penyedia layanan jasa yang memiliki julukan all in one application, karena hampir setiap kebutuhan perjalanan jauh kamu dapat kamu temukan di sini.

Selain itu, Traveloka juga sering kali melakukan penawaran, mulai dari menawarkan berbagai macam diskon, promo, hingga potongan harga yang dapat kamu akses melalui lamar resmi atau aplikasi yang dapat kamu unduh di PlayStore atau pun AppStore.

Apabila kamu ingin mempelajari lebih lanjut tentang Traveloka, jangan lupa untuk cek aplikasi atau laman resminya sekarang juga, ya!

Tinggalkan komentar