Aplikasi HR – Menuju akhir bulan, biasanya divisi Human Resources Development (HRD) pada perusahaan akan mulai disibukkan dengan perhitungan gaji karyawan. Pada sistem konvensional, HRD akan mulai memindahkan data absensi karyawan dari sistem absensi biometrik ke dalam spreedsheet atau lembar kerja.

Baru kemudian melakukan perhitungan gaji karyawan sesuai dengan data tersebut. Selain memakan waktu yang cukup lama, sistem penggajian yang demikian sangat rentan dengan kesalahan. Terutama kesalahan yang dikarenakan oleh human error.

Baca Juga : 4 Hal yang Mempengaruhi Harga Software Akuntansi

Karena resiko kesalahan yang cukup besar, sistem penggajian konvensional seharusnya sudah mulai ditinggalkan. Terlebih saat ini sudah banyak inovasi sistem penggajian berbasis cloud atau online yang membuat pekerjaan human resources menjadi lebih mudah. Berikut adalah manfaat aplikasi HR pada sistem payroll atau penggajian di perushaaan.

4 Manfaat Menggunakan Aplikasi HR Payroll di Perusahaan

Aplikasi HR Payroll sangat mempermudah sistem payroll di perusahaan

1. Perhitungan insentif pajak lebih mudah

Manfaat pertama meggunakan aplikasi payroll di perusahaan adalah kemudahan dalam menghitung insentif pajak. Dengan aplikasi payroll, HRD tidak perlu pusing lagi menghitung insentif pajak dan menyesuaikannya dengan seluruh komponen pajak yang lain.

Hal tersebut dikarenakan pada aplikasi payroll, kalkulasi pajak dan seluruh komponennya dapat dilakukan secara otomatis. Anda tidak perlu khawatir, perhitungan pada aplikasi tentunya sudah sesuai dengan regulasi pajak yang ditentukan.

2. Dapat dikelola secara remote

Pada sistem konvensional, penghitungan gaji hanya dapat dilakukan di kantor. Hal tersebut dikarenakan HRD perlu memindahkan data pada mesin absensi fisik dan menggunakan software yang terinstaall di perusahaan dan hanya dapat digunakan di tempat. Akan tetapi, dengan menggunakan aplikasi, HRD dapat melakukan penghitungan gaji secara remote.

Seluruh data, baik absensi maupun benefit, telah terintegrasi dalam satu sistem, sehingga HRD hanya perlu menggunakan satu aplikasi yang bisa diakses kapanpun dan di manapun. Di tengah pandemi Covid-19 yang menharuskan karyawan untuk working from home (WFH) seperti ini, tentu saja aplikasi ini akan sangat membantu tugas-tugas HRD.

3. Transfer gaji dapat dilakukan tanpa biaya admin

Pada aplikasi HR, transfer gaji dapat dilakukan dengan mudah ke semua jenis rekening bank tanpa perlu datang langsung ke bank atau bahkan membayar biaya administrasi.

Misalnya adalah aplikasi payroll yang ditawarkan oleh Talenta. Dalam aplikasi ini, proses transfer gaji karyawan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui fitur payroll disbursement.

Fitur tersebut memberikan kemudahan bagi HR untuk transfer gaji karyawan tanpa perlu berpindah aplikasi. Selain itu, transfer ke sesama rekening ataupun berbeda rekening akan dibebaskan dari biaya admin.

Baca Juga : Ada Software Accounting, Masihkah Anda Membutuhkan Seorang Akuntan?

4. Keamanan terjamin

Aplikasi human resources saat ini telah banyak mengalami inovasi. Banyak aplikasi human resources telah menggunakan infrastruktur dengan basis cloud.

Sistem berbasis cloud sendiri memberikan kemungkinan bagi perusahaan untuk mengakses aplikasi di manapun dan kapanpun selama jaringan internet tersedia. Dengan sistem ini, penghitungan payroll dapat dilakukan up-time.

Selain itu, sistem berbasis cloud juga membuat data perusahaan jauh lebih aman. Data pada sistem akan terenkripsi. Perusahaan dapat mengatur pihak mana saja yang dapat mengakses data tersebut.

Demikianlah 4 manfaat penggunaan aplikasi HR pada sistem payroll di perusahaan. Selain dapat memudahkan pekerjaan human resources pada umumnya, aplikasi HR sangat sesuai digunakan di tengah pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini. Salah satu aplikasi HR Payroll Talenta bahkan menambahkan fitur mobile friendly yang memungkinkan karyawan untuk mengaksesnya kapanpun dan di manapun melalui smartphone atau gadget mereka.

Aplikasi HR talenta hris indonesia software terbaik untuk para human resource

 669 total views,  2 views today

Pin It on Pinterest

Share This