5 Cara Menulis Konten Blog – Ngeblog saat ini bisa menjadi salah satu potensi yang bisa digali untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Contohnya saja seorang guru di Indramayu bisa menghasilkan pendapatan dari ngeblog sekitar Rp 5 juta perbulan #FaktaWOW. Pendapatan tersebut malah lebih besar dari gajinya sebagai seorang guru honorer. Apalagi tema yang dipilih sangat dekat dengan kesehariannya sebagai seorang pendidik.

Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari ngeblog salah satunya adalah dengan memasang iklan adsense dari Google. Semakin banyak kunjungan ke blog, maka akan semakin banyak pula pundi-pundi rupiah yang dihasilkan. Itulah sebabnya saat ini banyak blogger yang memiliki ambisi untuk mendatangkan ribuan traffic ke blognya. Selain bisa mendatangkan penghasilan atau tambahan baru, ngeblog juga bisa menjadi salah satu hobi yang positif.

Nah, ada beberapa tips untuk mendapatkan ribuan bahkan jutaan traffic ke blog kita sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mendatangkan ribuan pengunjung untuk membaca konten yang kita tulis.

5 Cara Menulis Konten Blog yang Mendatangkan Ribuan Traffic

meja kantor, tempat kerja, meja akrilik, Astari Niagara Internasional5 Teknik Jitu dalam Ngeblog (Sumber : pexels.com)

1. Judul yang menarik tapi tidak membohongi

Gunakan judul yang menarik minat pembaca sehingga mereka benar-benar penasaran untuk membuka artikelnya. Misalnya ketika ingin mengulas sebuah tempat wisata, jangan menuliskan nama tempatnya langsung, tapi buatlah judul yang provokatif. Misalnya, “Kursus Website DUMET School, Tumbuhkan Bibit Webmaster“. Dengan begitu pembaca akan penasaran untuk mengklik artikel yang dimaksud.

Namun, jangan pernah sekali-kali membohongi pembaca dengan judul yang menipu. Karena, sudah pasti pembaca akan kesal jika antara judul dan isinya tidak sinkron. Hati-hati dalam memilih judul. Jangan terlalu lebay dan jangan terlalu nyerempet dengan judul-judul yang seronok apalagi membohongi pembaca.

2. Tidak Bertele-Tele

Pembaca biasanya ingin langsung ke inti masalah. Untuk itu, sebagai seorang blogger, kamu harus bisa membuat pembukaan yang baik. Misalnya bisa diawali dengan sebuah cerita yang menarik. Ada banyak contoh cara membuka sebuah paragraf dengan baik. Bisa menyajikan data statistik, kutipan kata-kata mutiara dari orang terkenal, atau percakapan yang dramatis.

Paragraf pertama sudah harus menarik minat pembaca agar mereka mau melanjutkan sampai dengan selesai. Untuk itulah kamu perlu banyak berlatih dengan membaca blog atau tulisan-tulisan karya orang lain yang banyak dibaca orang dan sampai viral di sosial media.

Jika sudah sukses membuat pembukaan yang menarik barulah paparkan isinya dengan cara bercerita. “Show, don’t tell!” Pembaca akan merasa tertarik dengan gaya tulisan yang bertutur dan bercerita daripada menuliskannya secara straight seperti media.

3. Memberikan Solusi

Lupakan dulu SEO atau Search Engine Optimization. Buatlah konten-konten yang memberikan jawaban atau solusi atas kesulitan pembaca. Konten-konten yang memberikan solusi bagi pembaca biasanya paling banyak muncul di halaman pertama pencarian google. Fokus pada salah satu tema besar. Misalnya jika ingin membahas tentang perkembangan smartphone, mulai gali dari review beberapa ponsel pintar keluaran terbaru.

Sebelum membeli, biasanya pembaca millenial akan mencari reviewnya terlebih dahulu melalui internet. Setelah itu mereka akan mulai membandingkan kelebihan dan kekurangannya dengan produk lain. Komparasi antara smartphone yang satu dengan smartphone yang lain pun bisa jadi ide untuk membuat sebuah konten yang memberikan solusi untuk pembaca.

4. Enak Dibaca

Meskipun tidak ada rumus pasti seperti apa tulisan yang enak dibaca itu, namun cobalah untuk membaca tulisan kita sendiri dengan suara yang lantang. Dengan cara seperti itu, pasti kita akan menemukan sendiri mana kalimat-kalimat yang rancu dan mana kata-kata yang kurang pas sehingga bisa diperbaiki dan dimodifikasi kembali.

Cara lain, gunakanlah recorder, kemudian setelah selesai bercerita melalui recorder atau alat perekam, barulah menuliskannya mengikuti alur cerita yang ada. Dengan cara ini, sudah pasti tulisan lebih enak didengar pun enak dibaca. Menulis itu mudah sekali bukan?

5. Inspiratif

Pengguna internet di Indonesia masih terkonsentrasi di beberapa kota besar seperti Jakarta, Medan, Bandung dan Surabaya. Biasanya kaum urban lebih suka bacaan yang ringan dan inspiratif. Ide-ide inspirasi tersebut bisa dicari dari lingkungan terdekat. Misalnya dari keluarga sendiri, tetangga atau sahabat. Gunakan kekuatan bercerita. Amati tulisan-tulisan cerita yang viral di sosial media dan gunakan ilmu ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi).

Dengan cara seperti itu, akan sangat mudah untuk mengumpulkan cerita-cerita inspiratif di sekitar kita. Buka mata dan telinga, biarkan mata hati kita lebih peka dengan lingkungan. Catat semua ide dalam buku khusus atau notes smartphone ketika mendapatkan sebuah ide tulisan. Jangan sampai melepaskan kesempatan emas tersebut. Rekam semua peristiwa dengan panca indra.

Itulah beberapa cara menulis konten yang bisa mendatangkan ribuan traffic ke blog. Pastikan luruskan niat terlebih dahulu. Tulislah dengan segenap hati semata-mata hanya untuk berbagi dan memberi manfaat untuk orang lain. Agar, ketika gagal mendatangkan ribuan traffics, setidaknya konten yang sudah dibuat sudah memiliki value yang bisa bermanfaat untuk pembaca.

Untuk membuat tulisan yang baik tentu saja membutuhkan laptop yang baik pula. Apalagi jika laptopnya ringan namun tetap powerfull sehingga bisa digunakan secara mobile. Kapan pun dan di manapun berada, kamu bisa menuliskan konten yang berkualitas melalui laptop kesayangan kamu sendiri.

kenapa kita butuh website, sebutkan manfaat website dan tujuan membuat website, kenapa harus memiliki website, manfaat website untuk bisnis, alasan perusahaan harus memiliki website, alasan punya website, pentingnya web, keuntungan membuat websiteNgeblog butuh laptop (Sumber : pexels.com)

Laptop adalah salah satu investasi bagi blogger atau konten creator. Itulah sebabnya beberapa perusahaan pembiayaan memberikan keringanan dan keleluasaan bagi para konten creator untuk membeli laptop impiannya dengan cara mencicil tanpa harus memiliki kartu kredit. Kredivo memberikan keringanan bagi siapapun yang sudah berusia minimal 18 tahun, memiliki penghasilan minimal Rp 3 jutaan perbulan, berdomisili di Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, atau Denpasar untuk mengajukan cicilan tanpa kartu kredit.

Dengan tagline Beli Sekarang, Bayar Nanti” kamu juga punya kesempatan untuk membeli laptop idaman saat ini dan bayar 30 hari kemudian tanpa harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu, dan tanpa dikenakan bunga sama sekali. Gak cuma itu, Kredivo juga punya opsi pembayaran berupa cicilan dengan tenor 3, 6, dan 12 bulan dengan bunga rendah hanya 2,95% per bulan. Selain kredit laptop, kamu bisa kredit barang lainnya di lebih dari 200 e-commerce merchant terpecaya yang sudah bekerja sama dengan Kredivo. Bagaimana, tertarik untuk membeli laptop baru? Cek syarat dan ketentuan lengkapnya lewat situs https://www.kredivo.com/ serta penawaran dan promo terbaru yang bisa digunakan untuk belanja laptop baru.



WAJIB KAMU TAHU

Jenis-jenis Wakaf yang Harus Kamu Ketahui

Jenis-jenis Wakaf yang Harus Kamu Ketahui

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang wakaf dan beberapa jenis-jenis wakaf dalam Islam.   Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Berbicara mengenai wakaf, tidak sedikit masyarakat yang beranggapan bahwa wakaf hanya berupa tanah dan bangunan saja....

baca lainnya
5 Manfaat Memiliki Asuransi Sejak Dini

5 Manfaat Memiliki Asuransi Sejak Dini

Sering menolak tawaran Asuransi dengan pemikiran "Lagi gak sakit, ngapain beli Asuransi". Simak beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika memiliki Asuransi sejak dini.   Kebanyakan dari masyarakat akan berfikir untuk memiliki asuransi ketika sudah tua....

baca lainnya

4 Komentar

    • Semoga bermanfaat yah mba biar trafik blognya banyak 😀

      Balas
  1. Wah thanks banget Bang. Sorry baru mampir.

    Nggak kepikiran eh buat masang adsense. Nanti lah.

    Ribet juga ya mikirin SEO. Heheheh.

    Balas
    • kalo sudah biasa pasti mudah ko,, SEO mah takperlu difikirkan karena SEO mengikuti manusia 😀

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL PENTING

11 Masalah Yang Sering Dialami Iphone

11 Masalah Yang Sering Dialami Iphone

11 Masalah Yang Sering Dialami Iphone Masalah yang sering dialami iPhone - Smartphone atau ponsel cerdas memang telah menjadi bagian tersendiri bagi masyarakat saat ini. Setidaknya terdapat berbagai macam Smartphone yang beredar dalam masyarakat seperti iPhone....

baca lainnya
Daftar Lomba Blog Desember 2018 Terbaru

Daftar Lomba Blog Desember 2018 Terbaru

Lomba Blog Desember 2018 "Resolusi Juara Lomba Blog 2019" Masirwin Blog Always Present Lomba Blog dan Kontes SEO Desember Terbaru, Terhangat, Terlengkap 2018 alo intronya ngucapin selamat datang kembali sepertinya sudah biasa, malah saya sendiri...

baca lainnya
Daftar Lomba Blog Desember 2018 Terbaru

Daftar Lomba Blog November 2018 Terbaru

Lomba Blog November 2018 "Rezeki Nomplok Penghujung Tahun" Masirwin Blog Present Lomba Blog dan Kontes SEO November Terbaru 2018 elamat datang kembali di Masirwin Blog yang suka update lomba blog terbaru. Yah, meskipun kadang kurang update tapi...

baca lainnya

180 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Pin It on Pinterest

Share This
%d blogger menyukai ini: