5 Manfaat Laporan Keuangan untuk UMKM

Indonesia adalah negara berkembang yang memiliki UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Nasional. Berdasarkan survey, diketahui bahwa sebanyak 90% masyarakat Indonesia yang bekerja ada pada sektor tersebut. Hal ini berdasarkan pada data yang dimiliki oleh Kementerian Koperasi dan UMKM, yang menunjukkan angka kontribusi UMKM pada PDB 2017 angkanya sampai 60,34%.

Hanya saja yang menjadi masalah adalah tidak semua usaha masyarakat tersebut mampu bertahan, apalagi tumbuh besar dan berkembang menjadi usaha Nasional. Ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya, salah satunya adalah modal, pangsa pasar dan laporan keuangan yang berantakan.

Baca Juga : Tips Membuat Website UMKM dengan Budget Minim

Untuk masalah modal dan pangsa pasar, pemerintah selalu mengupayakan untuk membantu UMKM terlepas dari masalah ini. Baik itu dengan memberikan program bantuan modal, mengadakan pameran untuk mempromosikan produk-produk UMKM. Hanya saja untuk laporan keuangan, Anda sebagai pemilik usaha itu sendiri yang harus melakukannya sendiri.

Laporan keuangan sangat penting untuk jalannya sebuah usaha, sebab di sana Anda akan mengetahui modal, pengeluaran, keuntungan dan data transaksi lainnya dilakukan.

5 Manfaat Laporan Keuangan untuk UMKM Indonesia

manfaat laporan keuangan UMKM

Berikut adalah pentingnya akuntansi atau laporan keuangan untuk UMKM, silahkan disimak :

1. Kontrol arus keuangan

Ini adalah manfaat pertama yang paling penting, jadi ketika Anda mengetahui arus keuangan dalam badan usaha Anda, maka keputusan yang akan diambil pun jauh lebih baik.

Apabila memiliki catatan yang rinci dan sesuai dengan kaidah akuntansi yang benar, maka arus keuangan akan tercatat dengan detail juga rinci.

Misalnya saja berapa banyak jumlah modal yang sudah terpakai, atau berapa modal yang belum digunakan, total jumlah utang dan lain-lain.

Jika Anda melakukan hal ini sejak pertama kali mendirikan usaha, maka arus keuangan akan tercatat dengan rapi mulai dari bulan pertama, bulan kedua dan seterusnya.  Mengontrol arus keuangan menjadi begitu mudah setelah mencatatnya dengan benar.

2. Langkah awal perencanaan bisnis

Mencatat laporan keuangan penting sekali untuk sebuah usaha, apalagi jika usaha tersebut sedang berkembang. Dengan melakukan pencatatan keuangan yang tepat, maka bisa mengoptimalkan biaya yang dimiliki untuk mengembangkan usaha itu sendiri dalam perencanaan yang terstruktur.

Jadi ketika Anda melakukan pencatatan keuangan, maka secara otomatis bisa melihat seperti apa usaha berjalan dan kemudian bisa merencanakan seperti apa langkah yang akan dilakukan berikutnya. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan bisnis itu sendiri.

3. Jadi lebih mudah untuk melakukan pinjaman

Tidak bisa dipungkiri jika ingin mengembangkan usaha, maka membutuhkan dana tambahan untuk modal, juga membutuhkan jasa tambahan di bidang produksi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka mengajukan pinjaman adalah jawabannya.

Nah, ketika Anda membiasakan diri untuk membuat laporan keuangan atau akuntansi yang sesuai dengan arus uang setiap harinya, maka Anda akan mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan pinjaman di bank.

Baca Juga : Cari Pinjaman Modal Usaha, Perhatikan Ini Agar Tidak Salah

Perlu diketahui, untuk mendapatkan pinjaman dari bank, selalu dibutuhkan laporan keuangan yang lengkap dan rinci. Mengapa? Sebab bank pun membutuhkan informasi tersebut untuk mengecek apakah usaha Anda lancar atau tidak.

4. Menjadi poin penting dalam mengambil keputusan

Apabila Anda melakukan pencatatan akuntansi, maka manfaatnya bisa dilakukan tanpa menunggu waktu lama.

Salah satu manfaat yang akan dirasakan adalah saat Anda akan melakukan pengambilan suatu keputusan dalam usaha. Keputusan tersebut tak lain untuk membawa usaha ke arah yang lebih baik lagi.

5. Lebih rapi dan profesional

Sebuah badan usaha bisa dilihat profesional maupun amatir dari cara mereka mengelola laporan keuangannya. Bagi yang masih amatir, laporan keuangan berantakan dan tak jarang berujung pada gulung tikar jika tak mau belajar untuk mengurus akuntansi dengan benar. Sementara itu untuk usaha yag profesional, catatan akuntansinya jauh lebih rapi dan mendetail.

Di zaman serba digital seperti sekarang, sudah bukan zamannya lagi melakukan pencatatan laporan keuangan secara manual. Melainkan dengan memanfaatkan accounting software, sehingga bisa memasukkan laporan keuangan lebih cepat, lebih praktis dan otomatis tersusun dengan rapi sehingga mudah untuk melakukan pengecekan.

Aplikasi accounting merupakan sebuah aplikasi pencatat keuangan yang berbasis mobile maupun web. Aplikasi tersebut berfokus pada fungsi-fungsi akuntansi dan umumnya digunakan oleh perusahaan atau badan usaha. Aplikasi tersebut bermanfaat untuk mengatur dan mencatat sampai mengelola semua data dan transaksi yang berhubungan dengan akuntansi dari badan usaha itu sendiri.

Baca Juga : Ada Software Accounting, Masihkah Anda Membutuhkan Seorang Akuntan?

Keuntungan menggunakan aplikasi accounting untuk pemilik usaha adalah mempermudah proses akuntansi bisnis mereka. Apalagi jika usaha yang dijalankan memiliki transaksi yang semakin besar seiring dengan waktu, tentu diperlukan sebuah tools khusus yang bisa mengelola setiap transaksi selama 24/7 secara penuh.

Pun demikian dengan UMKM, meskipun mayoritas masih dalam skala kecil menengah namun mencatat administrasi dengan telaten dan detail sangat diperlukan. Maka karena itu, mulailah untuk mencatat semua data dan transaksi usaha Anda. Semoga sukses!

Tinggalkan komentar