Cara Membuat Website Gratis dan Tips Web Designer Pemula

Keahlian membuat website gratis sekaligus mendesain website menjadi dua keahlian yang kini banyak dimiliki. Semenjak pandemi menyerang, keahlian ini seolah menjadi keahlian wajib bagi semua orang; khususnya mereka yang ingin terjun ke dunia online. Tak hanya bagi bisnis perorangan. Perusahaan-perusahaan besar pun berbondong-bondong beralih ke pemasaran secara online.

Cara Membuat Website Gratis dan Tips Web Designer Pemula

Jika Anda baru terjun ke dunia web designer, berikut ada beberapa tips yang perlu disimak. Tips yang akan dibahas di sini, akan membantu Anda untuk mengembangkan potensi di bidang tersebut. Tanpa berlama-lama, yuk, langsung simak selengkapnya di bawah ini:

1. Mulailah dengan Membuat Website

Untuk menjadi seorang web designer, pertama-tama, ketahuilah langkah-langkah membuat website gratis maupun berbayar. Jangan langsung memulai belajar bagaimana cara mendesainnya. Hal ini penting sebagai pembelajaran awal. Dengan begitu, Anda bisa mengenal seluk beluk website dari dasar. 

Sebelum membuat dan mendesain website klien, buatlah website untuk kebutuhan pribadi dulu. Misalnya, membuat blog pribadi untuk belajar membuat desain minimalis. Ada cukup banyak platform dan website builder yang bisa Anda pilih. 

2. Pahami HTML dan CSS

HTML merupakan komponen penting dalam web design. Jika Anda tidak tahu harus belajar web design dari mana, kami menyarankan untuk mempelajari HTML terlebih dahulu. HTML sendiri merupakan sebuah bahasa programming

Bahasa programming ini, akan membantu Anda dalam membuat struktur website. Jika sudah bisa membaca dan mengomunikasikan bahasa pemrograman ini, maka mendesain web akan lebih mudah. 

Selain HTML, pahami dan pelajari juga CSS. Sama seperti HTML, CSS juga merupakan sebuah bahasa programming. Penting sekali dikenali khususnya bagi yang ingin tahu cara membuat website gratis maupun berbayar. 

CSS merupakan kependekan dari Cascading Style Sheets. Bahasa pemrograman ini, akan membantu elemen-elemen dapat terlihat ketika website sudah jadi nanti. CSS juga bisa menentukan posisi, bentuk, hingga warna dari setiap elemen website yang dibuat. 

3. Asah Kemampuan Desain Anda

Kemampuan desain yang dimaksud di sini, adalah desain yang berkaitan dengan website. Asahlah kemampuan dan pengalaman sebagai desainer grafis. Pikirkan bagaimana cara mengimplementasikan sebuah gagasan desain kepada website. 

Pada dasarnya, desain yang dibuat harus menarik secara visual. Dengan begitu, pengunjung akan betah ketika mengunjungi website tersebut. Namun, tetap perhatikan loading website tersebut. Karena selain menarik, pengunjung harus nyaman ketika mengaksesnya. 

Pelajari juga bagaimana cara menentukan warna dan gaya. Tujuannya yaitu agar mampu menciptakan seni visual yang mampu menarik banyak perhatian. 

4. Mengamati Website Milik Orang Lain 

Silahkan cari website yang sudah memiliki popularitas tinggi. Setelah itu, perhatikanlah website tersebut. Perhatikan mulai dari cara pemilihan warna, penempatan elemen-elemen, dan lainnya. 

Nah, kemudian Anda bisa menirunya. Namun dengan catatan, tidak meniru secara keseluruhan. Silahkan tiru hanya untuk dimodifikasi, atau sebagai referensi Anda. 

Amati juga beberapa unsur penting seperti pemilihan font, ukuran font, navigasi, typography,  animasi, efek, hingga tata letak. 

5.  Pahami SEO dan Up to Date dengan Perkembangan  Teknologi

SEO tidak hanya penting dalam ranah online marketing. Pemahaman akan SEO juga harus diimplementasikan pada desain website. Contohnya, website yang memiliki kinerja berat, akan sulit diakses oleh pengguna internet. 

Dengan memahami SEO, Anda bisa membuat sebuah desain website yang SEO friendly. Misalnya, menampilkan banyak elemen dan gambar, tanpa memberatkan kinerja. Sehingga nantinya website akan mudah diakses dengan sistem loading yang cepat. 

Selain itu, terus update juga kemampuan Anda agar bisa mengikuti perkembangan teknologi. Ketahui tren web design yang saat ini tengah berkembang. Pasalnya, era digital tergolong sangat dinamis. Tujuannya yaitu agar kemampuan mendesain Anda menjadi lebih baik. 

Skill yang Dibutuhkan Oleh Web Designer Pemula

Skill yang Dibutuhkan Oleh Web Designer Pemula

Anda baru terjun menjadi seorang web designer? Selain mengetahui cara membuat akun email baru, yuk, kenali juga beberapa skill yang harus dipelajari oleh seorang web designer pemula: 

1. HTML/CSS

Kedua bahasa pemrograman ini, sudah dijelaskan di atas, ya. Keduanya merupakan bagian dasar dari membuat desain website. Selain mengetahui cara membuat website gratis dan berbayar, pelajari juga kedua bahasa programming tersebut. 

2. JavaScript dan Framework CSS

Kedua komponen ini tidak kalah penting dalam web design. Keduanya merupakan bagian besar di dalam front-end development. Framework CSS dan JavaScript merpakan unsur yang termasuk ke dalam koleksi file JavaScript atau CSS. 

Keduanya mampu membantu Anda dalam melakukan beberapa tugas. Misalnya seperti mencari blog hingga login ke sebuah website. 

3. Skill Membuat Responsive Design

Keindahan seni visual website bukan menjadi tolok ukur kualitasnya. Selain indah dipandang, website juga harus responsif. Responsive design juga masuk ke dalam bagian dari frameword CSS. 

4. JavaScript/jQuery

JavaScript sendiri memiliki fungsi yang penting di dalam website. Jika Anda ingin menambah fitur interaktif, maka pelajarilah JavaScript. Fungsinya yaitu untuk menambah fitur audio, animasi, hingga game. 

5. Menguasai Beberapa Soft Skill Web Design

Anda juga diharuskan untuk mempelajari beberapa jenis soft skill web design. Beberapa di antaranya seperti kemampuan dalam menghasilkan desain yang unik, keterampilan menulis portofolio, keterampilan dalam komunikasi, mengetahui cara membuat akun email baru dan lainnya. 

Selain itu, Anda pun harus memiliki keterampilan dalam melakukan pemasaran di media sosial. Skill ini berperan penting agar Anda bisa mengenalkan jasa-jasa website atau rancangan web yang Anda miliki. Tujuannya yaitu agar calon klien tertarik merancang desain website kepada Anda. 

Nah, itulah beberapa tips bagi para web designer pemula. Pelajari cara membuat website gratis, dan cara mendesainnya agar kemampuan Anda terus bertambah. Semoga bermanfaat. 

 

 329 total views,  2 views today

Pin It on Pinterest

Share This