7 Penyakit dengan Gejala Batuk Kering Tak Kunjung Sembuh

Umumnya batuk muncul untuk melegakan jalur pernapasan dari lendir atau iritan. Akan tetapi ada gejala tertentu yang disebabkan karena suatu penyakit. Misalnya gejala batuk kering tak kunjung sembuh.

Maka ketika mengalami gejala batuk kering tersebut harus lebih waspada dan segera cari tahu penyebabnya. Ditakutkan tengah mengidap penyakit kritis yang jika dibiarkan akan mengancam keselamatan diri sendiri.

Sebagai informasi di bawah akan dijelaskan penyakit dengan gejala batuk kering yang perlu Anda waspadai.

7 Jenis Penyakit dengan Gejala Batuk Kering

Jenis Penyakit dengan Gejala Batuk Kering

Jangan sampai abai ketika mengalami batuk yang tidak kunjung reda. Hal tersebut karena batuk bisa saja disebabkan penyakit menular dan penyakit kritis yang harus secepatnya mendapat penanganan dari dokter.

Yang mana gejala batuk disebabkan oleh berbagai penyebab, seperti cuaca, tersedak makanan, virus, hingga menderita suatu penyakit. Sehingga, Anda harus mengenali dengan baik gejala batuk yang tengah dialami.

Seperti gejala batuk kering yang umumnya dikaitkan karena adanya gangguan kesehatan yang cukup fatal. Walau begitu jangan dulu merasa takut, apalagi khawatir berlebih.

Anda dapat mencari informasi mengenai gejala batuk kering tak kunjung sembuh dari beberapa jenis penyakit berikut ini:  

1. Infeksi Virus

Influenza atau batuk biasa yang tidak kunjung sembuh biasanya akan menyebabkan gejala batuk kering. Penyebab batuk kering tersebut terjadi karena adanya penyumbatan pada saluran pernapasan karena infeksi virus.

Mengatasi batuk kering karena infeksi virus bisa saja memerlukan waktu yang tidak sedikit. Akan tetapi, untuk melegakan tenggorokan Anda bisa konsumsi permen dan perbanyak minum air hangat.

2. Alergi dan Batuk Musiman

Ketika tenggorokan menjadi gatal karena alergi atau batuk musiman akan menyebabkan batuk kering yang mengganggu. Hal tersebut terjadi karena adanya tetesan lendir yang jatuh ke tenggorokan.

3. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

GERD atau penyakit asam lambung yang naik ke kerongkongan atau esofagus dapat menimbulkan rasa perih dan nyeri di bagian dada sehingga terjadi iritasi. Iritasi tersebut dapat memicu batuk kering.

Gejala umum ketika mengalami GERD dengan batuk kering yaitu rasa sakit di dada, adanya gumpalan di tenggorokan, suara menjadi serak, dan sulit menelan makanan. Sehingga jika mengalami gejala tersebut segera konsultasikan dengan dokter.

4. Batuk Rejan

Batuk rejan disebut juga sebagai whooping cough. Yang mana penyebab batuk rejan ini menyerang saluran pernapasan dan paru-paru karena adanya infeksi bakteri Bordetella pertussis.

Batuk rejan termasuk penyakit berbahaya karena dapat menular. Khususnya kepada anak-anak dan bayi. Gejala batuk rejan ditandai dengan batuk kering tak kunjung sembuh dengan disertai muntah, sulit bernapas dan bunyi saat menarik nafas.

5. Asma

Salah satu gejala asma yaitu batuk. Namun ketika mengalami batuk kering dengan dada terasa sesak, napas berdenging, atau dada terasa ketat bisa saja itu pertanda Anda tengah mengalami Asma Kronis.

Oleh sebab itu, ketika Asma menjadi kronis dan muncul batuk kering yang menyiksa harus segera konsultasi dengan dokter agar dapat ditangani dengan tepat.

6. Covid-19

Wabah yang sedang melanda dari akhir tahun 2019 ini ditandai dengan adanya batuk kering. Seperti yang sudah diketahui terpapar corona virus sangat berbahaya dan dapat menular dengan cepat.

Adapun ciri-ciri batuk kering yang menandakan Covid-19 yaitu batuk yang tak kunjung sembuh selama setengah hari, batuk terjadi bukan karena ada yang tersangkut di tenggorokan, dan penderita baru merasakan batuk kering yang tidak seperti biasanya.

Walaupun tidak 100% batuk kering menandakan Covid-19 tetapi Anda tetap harus waspada karena gejalanya bisa merajuk terpapar virus korona. Bahkan, dibandingkan batuk berdahak, potensi batuk kering lebih tinggi.

7. Kanker Paru-Paru

Gejala batuk berdahak bisa menandakan adanya penyakit kanker paru-paru. Ciri dari penyakit ini yaitu batuk berdahak yang mengeluarkan darah, adanya penurunan berat badan, sesak nafas, kelelahan, dan tubuh menjadi lemas.

Dari tujuh jenis penyakit dengan gejala batuk kering tak kunjung sembuh di atas dapat memberikan gambaran terhadap gejala yang tengah Anda rasakan saat ini. Selanjutnya, Anda dapat berobat langsung jika batuk kering masih mengganggu.

Apalagi membuat kondisi tubuh semakin memburuk. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan dan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit berbahaya yang ditandai batuk kering.

Tinggalkan komentar