Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sepertinya sudah lama, saya tidak menuliskan objek wisata yang ada di Indonesia. Mengingat Indonesia adalah surganya wisata dunia, segala macam wisata ada di Indonesia. Mulai yang terbentuk secara alami maupun buatan manusia, semua ada di bumi pertiwi. Dan setelah sebelumnya saya sempat menulis “5 Pantai di Bali yang cocok dikunjungi saat musim panas“, kali ini saya akan berbagi beberapa spot wisata yang instagramable yang ada di Jember.

Apa itu Instagramable? Intinya, tempat yang asik dan cocok untuk berfoto-foto ria setelah itu unggah di media sosial favoritmu. Disana mau gaya apa pun bebas, mau foto sampai memori smartphone habis juga boleh.

Kuy balik lagi ke spot wisata yang cocok mengisi liburanmu, baik itu liburan sekolah, liburan lebaran yang sebentar lagi atau liburan akhir tahun nanti. Pokoknya daftar tempat-tempat dijamin bikin kepengen dateng dan menguploadnya ke seluruh media sosial yang kamu miliki.

Namun sebelum kita membahas spot instagramable yang ada di tanah Jember, tak ada salahnya kita mengenal sekilas daerah yang mempunyai semboyan “Carya Dharma Praja Mukti“. Semboyan yang mengandung arti berkarya dan mengabdi untuk kepentingan bangsa dan negara.

peta jember copy

Kabupaten Jember adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang perkembangannya sangat pesat. Tidak hanya disektor pertanian saja yang berkembang, sektor pariwisata pun terus meningkat. Dengan peningkatannya tersebut, Jember banyak direkomendasikan untuk menjadi destinasi wisata saat liburan. Terlebih lagi dengan adanya acara Jember Fashion Carnaval (JFC), banyak wisatawan yang mendatangi kota tersebut. Memang momen JFC beberapa tahun terakhir ini telah berubah menjadi icon wisata baru di kota yang berbatasan dengan Banyuwangi. Dengan adanya event akbar tersebut juga, Jember mendapatkan sebutan “Kota Karnaval”.

Jember Fashion Carnaval

Selain JFC, ternyata masih banyak pesona Jember yang patut dikunjungi. Dengan luas daerah yang mencapai 3.293,34 Km2, Jember memiliki banyak keunikan tentang hal pariwisata yang menjadi medan magnet tersendiri bagi para wisatawan domestik maupun luar negeri. Destinasi yang berada di Kota Karnaval ini tak kalah eloknya dengan kota lain di Indonesia.

8 Destinasi Wisata Instagramable di Jember Kota Karnaval

Mungkin kamu sudah tahu dan mengiyakan tren ini ada di sekitar kita. Yap, saat ini muncul tren terbaru di kalangan masyarakat. Apa itu? Yaitu travelling sambil foto-foto. Tren ini memang sudah lama namun dengan maraknya media sosial, agenda foto-foto seperti menjadi sebuah keharusan. Dan Berikut ini daftar destinasi wisata yang menurut Masirwin blog adalah spot liburan dan foto-foto ria yang layak dikunjungi. Sejujurnya saya sendiri kesulitan dalam memilih spot mana yang instagramable, karena terlalu banyaknya tempat yang keren yang ada di Jember.

“Teluk Love”

teluk love trip jalan jalan com

Pesona Teluk Cinta (Tripjalanjalan.com)

Salah satu Pesona Jember ini memang sangat layak dijadikan background foto Instagram. Teluk Love merupakan objek wisata pantai yang terbilang baru di Jember. Sebenarnya ini merupakan objek wisata Pantai Payangan tetapi spot yang paling dikenal orang adalah pantai ini memiliki teluk yang berbentuk simbol hati (love). Ditempat ini kamu bisa berfoto dengan background teluk tersebut dari atas bukit yang disebut warga sekitar bukit domba. Di Teluk ini juga kamu bisa melihat keindahan sunset. HTM Teluk Love masih terbilang murah yakni sebesar Rp 5.000 saja benar-benar liburan hemat bukan?

Lokasi Teluk Love

“Pantai Papuma”

Pantai Papuma bisa dibilang sebagai rajanya wisata pantai yang ada di Jember. Mengapa demikian? Karena pantai tersebut memiliki pemandangan paling indah dan juga memiliki pasir putih yang lembut. Lokasi pantainya berada di Kecamatan Wuluhan tepatnya berada di Desa Lojejer. Pantai Papuma terbilang elok karena memiliki ciri khas batu-batu karang yang membentang di sekitaran pantai menjadikannya tempat yang instagramable. Tempat wisata ini pun memiliki fasilitas yang cukup lengkap, bagi kamu yang ingin menikmati hidangan seafood bisa membelinya di kedai-kedai pinggir pantai. Mengunjungi tempat wisata ini hanya akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 15.000 saja, masih ramah dikantong.

panorama Pantai Papuma pegipegicom

Panorama Pantai Papuma (Pegipegi.com)

Lokasi Pantai Papuma

“Air Terjun Antrokan”

instragramable air terjun antrokan

Pesona Air Terjun Antrokan (Kompasiana.com)

Destinasi wisata selanjutnya yang bikin Jember makin rame adalah air terjun Antrokan. Daerah yang dijuluki dengan kota karnaval ternyata memiliki keindahan alam yang menawan dan salah satunya pada air terjun ini. Air terjun yang terletak di Desa Manggisan Kecamatan Tanggul tersebut pemandangannya masih sangat alami. Air yang terjun dari ketinggian 15 meter dengan dikelilingi pepohonan rindang, membuat magnet tersendiri yang membuat destinasi wisata ini ramai pengunjung. Aliran air terjun yang begitu deras ditambah bebatuan besar sangat cocok dijadikan latar berfoto. Untuk harga tiket masuknya juga sangat terjangkau yakni sebesar Rp 5.000 saja loch.

Lokasi Air Terjun Antrokan

“Air Terjun Mandigu”

Destinasi wisata alam Jember, Air terjun Mandigu merupakan pesona Jember yang tak kalah cantiknya dengan air terjun Antrokan. Pemandangannya sangat khas dengan aliran air terjun yang berundak-undak menyusuri bebatuan yang panjangnya sekitar 30 meter yang menjadi daya tarik para pengunjung. Terletak di Desa Suco, Kecamatan Mumbulsari, air terjun ini sangat cocok dikunjungi apa lagi buat kamu yang memiliki hobi berfoto. Kamu bisa berfoto ditengah bebatuan yang disisipi aliran air yang indah. Untuk mencapai destinasi wisata ini, dari pusat kota Jember membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Namun rasa lelah dalam perjalanan akan hilang seketika ketika meliat panorama air terjun Mandigu.

air terjun mandigu blogspot

Pose Air Terjun Mandigu (burhanverdy.blogspot.co.id)

Lokasi Air Terjun Mandigu

“Pantai Watu Ulo”

pantai watu ulo kitamuda

Pantai Watu Ulo (kitamuda.id)

Terletak di pesisir selatan Jawa dan berhadapan langsung dengan samudera Hindia membuat Jember kaya akan wisata pantainya. Salah satunya yang menjadi destinasi wisata favorit keluarga adalah Pantai Watu Ulo. Dinamakan dengan Pantai Watu Ulo karena di bibir pantai terdapat batu-batu karang yang panjang menyerupai ular sehingga disebut dengan watu ulo. Bebatuan tersebutlah yang menjadi pantai ini memiliki keeksotisan tersendiri. Di pantai yang berlokasi Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu ini juga telah tersedia banyak fasilitas salah satunya area camping. Untuk harga tiket masuk wisata ini hanya Rp 7.500 perorang saja.

Lokasi Pantai Watu Ulo

“Puncak Rembangan”

Puncak Rembangan adalah salah satu destinasi wisata Jember yang instagramable. Karena memiliki pemandangan alam indah yang beda dari yang lainnya. Tempat wisata ini hampir sama dengan Puncak Bogor yakni letaknya berada di dataran tinggi dan mempunyai hawa dingin. Puncak Rembang, tempat yang pas untuk menjernihkan pikiran, melepas sejenak rutinitas yang menjadi beban. Di tempat ini terdapat berbagai fasilitas mulai dari penginapan, area outbond, tempat makan dan spot-spot berfoto yang pastinya kece abis. Di malam harinya, kamu bisa melihat kerlap-kerlip lampu rumah penduduk dari atas puncak dan tentu saja ini sangat Instagramable plus romantis.

puncak rembang jember travelingyuk

Pesona Puncak Rembang (travelingyuk.com)

Lokasi Puncak Rembang

“Loko Lori Jember”

loko lori Jember

Loko Lori Jember (tripjalanjalan.com)

Satu lagi pesona Jember yang pasti Instagramable adalah Loko Lori Jember. Tempat wisata yang satu ini memang cukup unik dan bernilai sejarah. Belum banyak yang tahu jika lokomotif yang sering digunakan oleh pabrik gula daerah setempat ini dijadikan sebagai destinasi wisata. Di tempat ini, kamu bisa melihat-lihat lokomotif kuno yang tersimpan dengan baik. Kamu juga bisa menikmati perjalanan dengan lokomotif uap selama 2 jam. Nah, bagi kamu yang ingin menikmati sensasi berwisata unik dan antik sambil foto-foto bisa datang ke Pabrik Gula Semboro. Setelah foto-foto jangan lupa upload di Instagram yah, biar makin banyak yang tahu keunikan dari Loko Lori jember.

Lokasi Loko Lori Jember

“Perkebunan Teh Gunung Gambir”

Pesona Jember selanjutnya adalah perkebunan yang sudah ada sejak jaman kolonial Hindia Belanda. Siapa sangka Jember punya destinasi wisata perkebunan yang setara dengan Bandung ataupun Bogor. Perkebunan Teh Gunung Gambir terletak di lereng Gunung Argopura pada ketinggian 900 mdpl. Di tempat ini, kamu akan merasakan udara yang sejuk nan damai, bisikan angin mengalir disela dedaunan teh. Ada banyak sekali aktivitas yang dapat kamu lakukan diperkebunan ini. Kamu bisa berfoto-foto dengan latar belakang perkebunan teh, melihat para petani memetik daun teh, melihat proses pembuatannya hingga mencicipi teh dari perkebunan teh Gunung Gambir.

perkebunan teh gunung gambir

Nuansa Sejuk Perkebunan (rebanas.com)

Lokasi Perkebunan Teh Gunung Gambir

Itulah beberapa destinasi wisata alam maupun buatan yang ada di daerah Jember. Sebenarnya ada banyak sekali wisata yang berada di kota yang mempunyai julukan kota karnaval ini. Dan saya merekomendasikan ke delapan tempat diatas yang cocok untuk kamu kunjungi di weekend ataupun musim liburan. Disamping tempatnya menarik untuk dikunjungi, ada faktor lain yang mempengaruhinya, apa saja itu?

Unik

Ya, meskipun sebenarnya hampir sama di setiap daerah juga memiliki wisata pantai, puncak maupun air terjun tetapi masing-masing tempat tersebut tentu saja memiliki keunikannya tersendiri yang menjadi daya tariknya.

Instagramable

Istilah tersebut adalah suatu tempat yang bagus dan layak diposting di akun Instagram. Delapan destinasi wisata Jember di atas, memiliki kesan yang Instagramable sehingga kamu tidak kecewa saat mengunjunginya.

Pengalaman Baru

Hal baru selalu memberikan pengalaman baru. Saat mengunjung tempat baru maka kita akan mendapatkan hal-hal baru. Kita dapat mengetahui daerahnya, wisatanya sampai dengan makanan khasnya.

Berfoto saat travelling lalu menguploadnya di media sosial, memang telah menjadi tren baru di kalangan masyarakat dunia termasuk Indonesia. Selain menjadi dokumentasi pribadi, kita juga bisa berbagi pengalaman mengenai tempat yang baru dikunjungi. Kita bisa bercerita bagaimana perjalanannya, bagaimana suasananya, bagaimana fasilitasnya dan hal-hal positif yang dapat kamu ceritakan.

Nah, bagi kamu yang ingin relaksasi #ButuhPiknik di tempat yang baru, beda sekaligus unik mungkin Jember lah jawabannya. Mengapa? Karena banyak sekali destinasi-destinasi wisata yang jarang kamu temukan di kota-kota besar.

Destinasi Wisata Jember
_

WAJIB KAMU TAHU

Cara Membuat Kastengel (Kue Keju Belanda-Indonesia)

Cara Membuat Kastengel (Kue Keju Belanda-Indonesia)

Berikut ini adalah cara membuat kastengel yang gurih. Kastengel adalah kue kering keju dari Belanda - Indonesia loch yang setia menemani Anda saat momen lebaran. Kue kastengel adalah kue yang sangat khas selama lebaran. "Kastengel" berasal dari kata Belanda "Kaas"...

baca lainnya

6 Komentar

  1. banyak pantai yang keren-keren juga ternyata di Jember, lumayan lah ada referensi wisata buat travelling.

    Balas
    • betul banget,,, itung itung buat masukin list siapa tau traveling ke Jember

      Balas
  2. keren yah gan, agan harus cb deh ke Jember, seruuuu abiss hehehe

    Balas
  3. Masi kredit ngunjungin satu persatu neh.. banyak ternyata destinasi wisata jember

    Balas
    • memang saking banyaknya,,,, sampai bingung harus yang mana dahulu

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL PENTING

Tips Ajaib Berinvestasi Ala Milenial Zaman Now

Tips Ajaib Berinvestasi Ala Milenial Zaman Now

Entah siapa yang memulai jargon "Merdeka Finansial di Usia Muda", Membuat banyak Milenial sedikit mengerti bagaimana harus mengatur finansialnya. Salah satunya dengan berinvestasi. pakah kamu ingin menjadi milenial yang professional dan kreatif?...

baca lainnya
Penting Engga sih, Website untuk bisnis Online?

Penting Engga sih, Website untuk bisnis Online?

Yuk, Cari tahu seberapa besar peranan website untuk membantu para pebisnis online di Era Digitalisasi ini. Kira-kira menjanjikan atau tidak yah?  ​isnis online saat ini memang menjadi buah bibir banyak orang. Bagaimana tidak? Kita ketahui...

baca lainnya

 967 total views,  1 views today

Pin It on Pinterest

Share This