8 Tips Jitu Memilih Laptop dengan Baik – Barang murah pastinya belum tentu murahan! Asalkan spesifikasi yang kamu inginkan dari laptop sudah jelas, memilih laptop spesifikasi tinggi dengan harga 5 jutaan bukan hal yang aneh, lho!

Pada artikel kali ini, Masirwin akan mengulas terlebih dahulu beberapa poin-poin yang harus diperhatikan saat membeli laptop. Pastikan kamu memilihnya dengan sangat teliti agar tidak mendapatkan laptop yang mempunyai spesifikasi dibawah rata-rata dengan harga yang mahal. Langsung saja simak selengkapnya di sini, ya!

8 Tips Jitu Memilih Laptop dengan Baik

1. Kapasitas Baterai

kapasitas baterai

Kapasitas Baterai

Apabila kamu ingin menggunakan laptop di suatu tempat yang selalu ada stop kontak, mungkin hal ini tidak menjadi masalah bagi kamu. Tapi apabila di suatu waktu kamu harus menggunakan laptop di tempat yang tidak tersedia banyak stop kontak, pastinya daya baterai laptop menjadi poin utama. Pilihlah laptop yang memiliki kapasitas baterai lebih besar dan bisa bertahan lebih dari 4 jam tanpa di-charger.

2. RAM

RAM

RAM

RAM berguna sebagai memory saat laptop dioperasikan. Apabila kamu ingin menggunakan laptop tanpa masalah seperti loading yang begitu lama atau seandainya kamu harus mengoperasikan banyak aplikasi secara bersamaan, berarti kamu membutuhkan laptop dengan kapasitas RAM yang begitu besar. Di antara laptop seharga 5 jutaan, terdapat laptop dengan RAM 4 GB dan 2 GB.

3. Storage

Storage

Storage

Storage berguna sebagai tempat penyimpanan data di laptop. Sebenarnya, kamu tidak harus mengharapkan kapasitas storage yang besar di laptop dengan 3  jutaan. Apabila kamu menginginkan kapasitas memori lebih besar, saya sarankan untuk mempertimbangkan lagi dalam penggunaan HDD (Hard Disk Driver. Tapi, kamu harus terus mengecek durasi penyimpanan yang ada pada storage itu dan besarnya kapasitas penyimpanan saat ingin digunakan.

Baca Juga : Daftar HargaHardisk Eksternal 1TB Terbaru

4. Desain

Desain

Desain

Yang membedakan antara laptop dengan komputer yaitu dari kemudahannya yang bisa dibawa kemana saja. Jadi saat membeli laptop pastikan untuk selalu mengecek bobot, ukuran, serta apakah laptop itu mudah tergores atau tidak.

Sekarang ini sudah banyak model laptop yang keyboard-nya dapat dilepas seperti smartphone atau tablet. Laptop jenis ini sangat praktis karena keyboardnya mempunyai bobot laptop yang ringan. Jika keyboard ini dapat dilepas sesuai keinginan kamu, laptop dapat digunakan untuk keperluan yang tidak membutuhkan sebuah keyboard tambahan.

5. Software

software

Software

Apabila kamu sering menggunakan aplikasi berat seperti Adobe, Microsoft Word dan Excel, pilihlah laptop yang dilengkapi dengan Software terbaik. Kamu juga dapat memilih laptop yang belum disertai dengan Aplikasi tersebut untuk menekan biaya pengeluaran rendah apabila kamu sudah memiliki license Microsoft Office yang bisa digunakan.

6. Port yang menghubungkan ke device lain

port device

Port Device

Periksalah ada berapa jenis port untuk menghubungkan dengan beberapa device lain di laptop yang ingin kamu beli seperti port HDMI atau port USB 3.0. Port HDMI berguna untuk menghubungkan laptop ke proyektor. Apabila kamu ingin menggunakan portable mouse, pilihlah laptop yang mempunyai dua port USB 3.0 atau lebih.

7. Layar

ukuran layar

Ukuran Layar

Pilihlah laptop yang mempunyai ukuran layar serta resolusi layar yang sesuai dengan keperluan kamu. Poin ini sering di abaikan oleh calon pembeli, padahal poin ini adalah poin yang sangat penting. Hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi tampilan layar saat laptop dioperasikan di luar ruangan.

8. Drive DVD

driver DVD

Driver DVD

Apabila kamu ingin menggunakan CD atau DVD yang kamu terdapat pada laptop, pilihlah laptop yang sudah dibekali dengan DVD drive. Apabila kamu tidak bisa memilih laptop seperti itu, kamu dapat mempertimbangkan dengan menggunakan DVD portable drive. Di saat itulah, kamu harus sering mengecek apakah laptop yang kamu miliki sudah dibekali  dengan port USB 3.0.

Walaupun memilih sebuah laptop tidak mudah, tapi selalu pastikan kamu tidak mengalami kerugian saat membeli sebuah laptop dengan budget pas-pasan. Biar tidak tertipu nantinya, ada baiknya kamu melakukan survei terlebih dahulu ke berbagai toko khusus jual laptop. Pilihlah laptop dengan sesuai kebutuhan kamu, ya!

 511 total views,  1 views today

Pin It on Pinterest

Share This