Alasan Masuk Teknik Informatika (Unik & Menggelitik)

Jurusan Terbaik dengan alasan masuk teknik informatika,alasan unik

Alasan Masuk Teknik Informatika – Masih seputar teknik informatika, kali ini saya belum ingin membahas materi yang lumayan berat dulu. Sejatinya planning saya, setelah membahas flowchart maka selanjutnya pembahasan mengenai pseudocode dan masih dalam lingkungan Algoritma. Namun saya mundurkan dulu karena satu dan lain hal yang berkaitan menjadikan alasan saya untuk menunda rilisnya materi pseudocode.

Dalam memilih jurusan kuliah, setiap insan memiliki alasannya masing-masing ada yang karena minatnya dijurusan itu, prospek masa depan yang indah (Indah kalo mau bekerja keras), si Doi masuk jurusan itu, atau jurusan itu wanitanya aduhai mempesona memanjakan mata dan masih banyak lagi lah alasannya.

Apa Alasan Masuk Teknik Informatika?

Nah kira-kira, apa saja sih alasan teman-teman saya saat ditanya alasan mereka masuk jurusan ini. Alasan-alasan ini saya dapat saat pertama kali perkuliahan, biasanya ditanya oleh dosen “Alasan masuk Teknik Informatika?“. Yuk simak apa saja sih alasan dari teman-teman saya saat ditanya seperti itu dan alasan dari teman saya di kampus lain…..

1. Pengen Bisa Komputer

mahasiswa maniak code,masuk teknik informatika, Perancangan program, perancangan sistem informasi, tahap sistem smart city, lomba blog
Sumber : pexels.com

Alasan ini masuk akal, karena jurusan Teknik Informatika adalah anak dari ilmu Komputer. Tapi coba kita teliti lagi alasan ini, alasannya pengen bisa operasikan komputer atau pengen mengerti komputer itu seperti apa. Kalo pengen bisa mengoperasikannya saja sepertinya tidak perlu kuliah cukup kursus saja cukup atau liat tutorial youtube saja pasti bisa *kalo mau berusaha*. Terkadang ada pandangan dari masyarakat kalo bisa komputer itu bisa kerja dikantoran *Mitos atau Fakta?*.

2. Hobi Utak Atik Komputer dan Perangkat Lainnya

Tukang reparasi, lulusan IT harus bisa membenahi, Lu kan anak IT
Sumber : Pexels.com

Alasan yang kedua adalah karena Hobi. Kelak mahasiswa yang masuk Teknik Informatika dengan alasan ini akan buka tempat servis komputer dan kawan-kawannya. Pada kurikulumnya memang pada jurusan TI ada mata kuliah yang membahas tentang perangkat keras (Hardware) namun tidak terlalu rinci hanya bagian kulitnya saja, jika mau bagian dagingnya dan dibahas sampai ke akar-akarnya ada baiknya kamu yang memiliki hobi utak atik komputer masuk jurusan Teknik Komputer yang masih anak dari Ilmu Komputer.

3. Suka Robotika

hobi robot, teknik robot, makatronika, kuliah ITI
Sumber : Ilmurobotika.com

Poin alasan selanjutnya adalah suka dengan berbau robot atau robotika. Oklah alasan ini cukup masuk akal, kenapa masuk akal? Karena eh karena salah satu mata kuliah di jurusan ini adalah Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Pada matkul tersebut kita mempelajari bagaimana merancang kecerdasan buatan, kecerdasan ini bisa diimplementasikan pada sistem maupun perangkat keras yah bisa dibilang mahasiswa Teknik Informatika dapat membuat sebuah robot dengan menggabungkan ilmu pemrograman dan ilmu kecerdasan buatan.

4. Pengen Bisa Desain

Manipulasi foto, desain grafis, aak IT desain, logo anak IT
Sumber : Pexels.com

Pernah terlintaskah dalam benak kalian untuk bisa desain? Desain disini memang banyak mengandung makna bisa desain foto, desain ruangan sampai desain undangan pernikahan *Loch*. Jika kamu ingin masuk Teknik Informatika dengan alasan ini, lebih baik urungkan niat mu. Ini karena kita akan mempelajari membuat sebuah software bukan mengoperasikan sebuah software. Nah, beberapa universitas seperti UNSERA memberikan mata kuliah desain menggunakan photoshop dan corel draw tapi ini hanya untuk mempelajari bagaimana tampilan sistem (GUI) agar user lebih nyaman menggunakan sistem yang kita buat.

Artikel Lain : Tipe-Tipe Mahasiswa IT

5. Masa Depan Cerah

sukses S1, kiat sukses, alasan kamu harus sukses
Sumber : Jurusanterbaik.com

Alasan yang ini lebih sering diutarakan dan diimpikan para mahasiswa baru yang masuk jurusan TI. Faktanya lulusan TI memang punya masa depan yang cerah tapi itu hanya berlaku untuk mahasiswa yang mau belajar dan terus upgrade diri serta jangan pernah puas pada keadaan yang sudah diraih. Bagi yang punya alasan ini, sebaiknya kamu ukur dulu diri kamu sanggup tidak mengikuti perkembangan teknologi saat ini yang terus berkembang dengan kecepatan tinggi. Siap gak tuh????

6. Dapat Beasiswa

beasiswa UNSERA, beasiswa s1, cara dapat beasiswa
Sumber : Inkvibe.com

Poin alasan selanjutnya adalah karena mendapat beasiswa. Banyak Universitas di Indonesia setiap tahunnya menggelontorkan beasiswa baik yang sifatnya penuh maupun setengah untuk para siswa-siswi terbaik setiap SMA/Sederajat di Bumi pertiwi. Biasanya para Universitas berkerjasama dengan Sekolah dalam hal Ujian Try Out *True Story* dan ada juga yang bersifat seperti kuisioner. Kebayang gak sih? Ketika kamu dapat beasiswa di jurusan kamu belum tahu dalamannya itu seperti kamu dapat tiket berlibur ke Tokyo tapi kamu gak tau Tokyo itu dimana. Kalo saran saya, sebaiknya ketika dapat beasiswa, ada baiknya kamu cek dulu silabus jurusan tersebut. Jangan dengan alasan “sayang dapet beasiswa kalo gak dipake” tapi bikin kamu merasa salah jurusan.

7. Perintah Orang Tua

Ikuti kata orang tua, mahasiswa IT, IT sukses, doa Orang tua, mahasiswa sponsor ayah bunda
Sumber : Pexels.com

Alasan macam apa ini? Takut dikutuk jadi batu kalo gak kuliah? Kuliah hanya karena perintah orang tua tapi diri sendiri gak mau kuliah itu bisa bikin tekanan batin. Tapi kita coba liat dari sudut pandang lain, bayangkan kalo kita menjadi orang tua, mau tidak anak kita kuliah? Pasti mau kan anak kita menempuh pendidikan setinggi tingginya, karena kita tahu bagaimana persaingan pekerjaan saat ini jika tidak punya “ijazah“. Jika kamu punya orang tua yang selalu mengutamakan pendidikan, kamu adalah salah satu orang yang beruntung seperti saya. Orang tua saya selalu bilang “Pendidikan itu Jembatan Lepas dari Kemiskinan, jadi kalo tidak mau miskin yah berpendidikanlah setinggi-tingginya“.

8. Suka dengan Hal yang Berbau Logika

belajar Teknik informatika, suka logika, Alasan Masuk Teknik Informatika
Sumber : Imgrum.net

Alasan ini biasanya berasal dari orang-orang memang ditakdirkan masuk dijurusan Teknik Informatika. Namun sayangnya, populasinya lumayan sulit ditemukan. Sekedar informasi bagi yang punya niat masuk jurusan TI, mohon diasah logikanya karena kamu akan bertemu dengan algoritma yang akan mengasah tajam logikamu. Saya punya teman kuliah yang suka sekali dengan “logika“, hingga apa saja yang akan ia lakukan harus berlogika. Sayangnya cerita cintanya tidak terlalu bagus jika dibandingkan dengan nilai IPK nya. Kisah cintanya banyak yang kandas karena ia memegang teguh logikanya. Sampai saya berikan nasihat “Wanita itu berasal dari tulang rusuk pria, dan tulang rusuk itu melengkung. Jika mau mengubahnya, ikuti dulu alur lengkungannya terus pelan-pelan diluruskan tapi kalo langsung dipaksa meluruskan maka tulang rusuk itu akan patah” mantap gak wejangan nya hahaha

Artikel Lain : Algoritma dan Logaritma bukan saudara kembar

Yap itulah beberapa alasan teman-teman saya kenapa mereka masuk jurusan Teknik Informatika. Bagi kamu yang ingin masuk jurusan yang katanya masa depannya cerah, siapkan alasan sempurna kalian saat menjawab pertanyaan dari dosen kenapa kamu masuk jurusan tersebut. Saya rasa cukup canda tawa kali ini. Sampai bertemu dipostingan tentang mahasiswa IT dan mohon maaf jika ada yang tersinggung oleh postingan ini karena semata-mata postingan ini hanya bersifat informasi saja. Semoga bermanfaat !!! Keep visit MasIrwin Blog and love Programming Code !!!

Wasallam,

Bagi kamu yang masuk jurusan Teknik Informatika, tolong ditulikan yah alasan kamu masuk jurusan ini….

68 Comments

  1. Angga Gilang
    23 Januari 2017

    Yg nomor 5 cocok buat ane tuh…belajar design kalau cuma lihat video di youtube masih gk dong juga

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      24 Januari 2017

      Mau masuk Teknik Informatika???

      Balas
  2. Usman West Java
    23 Januari 2017

    Memang bener mas, segala yang kita lakukan baik yang ada kaitannya dengan masadepan atau tidak ada kaitannya sama sekali harus dilakukan dengan setulus hati agar mendapat hasil yang baik. Dan apapun yang kita pilih itu harus sesuai dengan passion kita agar bisa menikmati semua progresnya.

    Pelajar IT akan banyak menemukan persoalan yang pemecahannya berdasarkan logika dan secara tidak sadar hal ini akan men-suggest kepada penalarannya dalam mengatasi berbagai masalah

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      24 Januari 2017

      Hemmm hemmmm

      #Nyimak

      Balas
  3. Oky Maulana
    24 Januari 2017

    buhahahhaha gue sistem informatika tp pas kerja di periklanan.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      24 Januari 2017

      Ahh gak terlalu melenceng jauh… Fokusnya kan sama sama menyampaikan informasi

      Balas
  4. Heymiftah
    24 Januari 2017

    Kudulu ingin masuk teknik informatika tapi math aku jelek sekali ???

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      27 Januari 2017

      ahhh gak ngaruh juga,, saya juga punya math jelek tapi nekatttt

      Balas
  5. Elisa
    24 Januari 2017

    Kalau saya mungkin alasannya pengen bisa desain.. Emang bisa sih, belajar otodidak lewat google tapi masih nggak bisa maksimal hasilnya.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      27 Januari 2017

      kalimat ini yang selalu saya ingat “Bisa karena terbiasa”

      jadi kalo mau bisa didesign harus terbiasa design terus,, nanti pasti bisa dan setelah bisa pasti jadi ahli

      Balas
  6. Murni Rosa
    24 Januari 2017

    Blajar desain lewat youtube mah kurang banget, atuh. Mending kursus kali ya, biar mehong tapi materi dapet dan bisa nanya sampai detil. 🙂

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      27 Januari 2017

      kalo lewat youtube harus seksama nyimaknya kalo gak bakal bingung sendiri dan nantinya gak maksimal,,, 😀

      Balas
  7. Umar Fadil
    24 Januari 2017

    Alhamdulillah,
    alasanku masuk jurusan Teknik Informatika dulunya ketika dibelikan komputer dan aku merusaknya.
    Tak coba bongkar sendiri (berasa jadi teknisi), eh malah makin parah rusaknya..

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      28 Januari 2017

      jiahhhhh ko cerita kita sama yah,, saya sampe meledug komputernya….

      Balas
  8. Tukang Jalan Jajan
    24 Januari 2017

    Wah… saya bukan anak TI. Jadi susah juga membayangkan alasannya. Tapi memang banyak yang suka salah kaprah dengan jurusan perkuliahan karena bingung dan kurang paham. Bahkan ada yang ikut teman saja

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      28 Januari 2017

      nah kalo yang ikut ikutan itu yang bikin saya bingung,,, dimana jat dirinya kalo terus jadi followers hihihihi

      #Masirwindotcom

      Balas
  9. Sandi Iswahyudi
    24 Januari 2017

    ane pengen belajar komputer, ma blog, tapi gak suka php hehe

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      28 Januari 2017

      saya juga ga suka di PHP in client mas hihihi

      Balas
  10. Yulia
    25 Januari 2017

    Waduuh Win.. emak-emak kaya saya otaknya udah agak-agak linglung.. paadahal pengen banget belajar teknik informatika.. kalu nyediain belajar onlen gratis ga… upahnya doa deh 😀

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      28 Januari 2017

      Duh #ThePowerOfEmakEmak

      Balas
  11. Jeje
    25 Januari 2017

    Saya gak kuliah, tapi saya pas STM saya ngambil TKJ, karena disuruh sama gurunya haha

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      28 Januari 2017

      lohh lohhh mau mauan aja disuruh guru hahahaha

      Balas
  12. Dian Ravi
    25 Januari 2017

    Suami aku alasannya yang no 7, perintah orangtua. Tahu-tahu didaftarin masuk STM jurusan tehnik informatika.
    Kuliah juga alasannya mirip, syarat dari calon mertua, harus kuliah.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      1 Februari 2017

      Jiahhh, suaminya tekanan batin gak tuh

      Balas
  13. Noni Rosliyani
    25 Januari 2017

    Mantanku dulu anak Informatika. Dan sekarang suamiku juga anak Informatika. Tapi beda orang lo ya.. Hahaha..

    Buatku anak Informatika punya pesona sendiri. Bisa bantuin aku yg gagal komputer.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      1 Februari 2017

      Ehhhmmmm like this… Memang anak informatika adalah calon menantu IDAMAN

      #Beladiri #HiburDiri

      Balas
  14. Rindang
    25 Januari 2017

    Kalau saya lihat anak IT itu gambarannya keren bgt. Jago utak-atik komputer dan software.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      1 Februari 2017

      Sawang sinawang mba… Keliatannya mah enak dari luar tapi dalemnya coyyyy behhhh mantap lah

      Balas
  15. Djangkaru Bumi
    25 Januari 2017

    Betul itu, bisa komputer orang akan menganggap nanti kerjanya dikantor ber ACC. Tapi kenyataannya mah kadang justru kerjanya kuli kasar, otak-atik alat yang penuh dengan kode logaritma.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      1 Februari 2017

      Itumah nasib nasiban… Ada ko yang g kuliah tapi kerja di ruangan Ber AC…

      Balas
  16. lia lathifa
    26 Januari 2017

    makasih infonya ya.. mulai skrg suka ngajari anak saya buat nempuh jurusan kuliahnya nanti, haha pdhl masih 6th lagi sih.. anaknya suka bgt robotik dan design 3D

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      1 Februari 2017

      Wahhh bagus banget mba… Edukasi dengan robotik memang sekarang lagi naik daun…

      Ini menandakan mba Lia orang tua yang kekinian banget

      Balas
  17. cumilebay
    26 Januari 2017

    Kalo gw dulu kuliah ekonomi karena binggung mau kuliah apa dan fakultas itu yg paling gampang masuk nya hahaha

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      1 Februari 2017

      Jlebbbbb jawaban yang mesra banget…. Kuliah ekonomi kerjaannya jalan2 terus… Mau hitungin pendapatan per kapita om cum?

      Balas
      1. Elang W
        7 Maret 2017

        Mas Cumi sempet komen di sini yah, duh jadi sedih lagi inget beliau. T_T

        Balas
        1. Irwin Andriyanto
          12 Maret 2017

          beliau sering banget komen disini 🙁

          Balas
  18. Gilang Maulani
    27 Januari 2017

    Nah poin tiga aku baru tahu tuh ada matkul itu. Di D3 kemaren nggak ketemu. Berarti nanti kalau lanjut S1 TI bakal ketemu matkul kecerdasan buatan??? Tapi kalaupun alih jenjang, nggak mau TI lagi ah. Mau turunannya aja. #apasihmalahcurhatdisini #maafinya

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      1 Februari 2017

      Loch lochhh kenapa g mau masuk TI.. bukannya seru yah kaya masuk labirin… Masuknya mudah keluarnya susah hahaha

      Balas
  19. Kreasikan
    27 Januari 2017

    pengen bisa desain web, cocok gak mas kalau masu teknik informatika, atau ada jurusan lain yang bisa lebih mendalami itu

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      1 Februari 2017

      Teknik informatika juga mempelajari Web ko…

      Balas
  20. evrinasp
    28 Januari 2017

    aku lho minat mau ke infomatika, tapi katanya harus kuat matematika ya

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      1 Februari 2017

      Ahhh g juga mba…memang pertanian gak ada matematika yah mba Ev

      Balas
  21. murah tapi bukan murahan
    28 Januari 2017

    jika saat ini saya menjadi calon mahasiswa TI, mungkin akan cenderung masuk ke otak atik komputer. Dalam artian otak atik segalanya, bukan hanya hardware saja tapi sekaligus software.

    Tp menurut pengalaman saya, jika ingin masuk ke dunia TI siapkan dahulu dasar-dasarnya pada masa SMP/SMA. Paling tidak dasar “suka”, suka dengan hardware & software. Jika “suka” sudah tidak punya maka jangan dipaksakan.

    maap klo ngawur komentarnya, maklum anak Interior ^^

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      1 Februari 2017

      Komentar yang luar biasa

      Salam anak Eksterior yang dulu di interior

      Balas
  22. bena
    29 Januari 2017

    baca flowchart jadi inget sama uda. hahaha.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      1 Februari 2017

      Memang uda ada apa?

      Jadi kepo nih

      Balas
  23. Amir Mahmud
    5 Februari 2017

    Kalau saya suka dengan komputer, internet dan tekhnologi. Tapi saya belum pernah jadi mahasiswa

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      7 Februari 2017

      yah setidaknya ada niat mas hihihi,, saya juga kuliah modal nekat

      Balas
  24. Maya
    10 Februari 2017

    senangnya kalau kita bisa melanjutkan study sesuai dengan keinginan, apalagi sesuai juga dengan keinginan orang tua

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      10 Februari 2017

      wah itu suatu barokah banget,,, seperti menantu wanita dan mertua wanita belanja bareng ((TJAKEPPP BETT!!!!))

      Balas
  25. Nita gustyanita
    10 Februari 2017

    Wah ortu gaul berarti yang uda memahami n menyuruh anaknya jurusan TI hehe
    Aku pengen sih blajar design, terutama bab gambar digital mas irwin,

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      11 Februari 2017

      sekarang mau belajar gampang ko mba,, tinggal ke yutub masukin keywordnya jadi dechhh

      Balas
  26. dirga
    7 Maret 2017

    pengen bikin game, seneng internetan terus ngaku bilangnya suka komputer, pengen bikin animasi

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      12 Maret 2017

      banyak yah pengennya mas Dirga,, semoga kesampean semua keinginannya Amin

      Balas
  27. Mei Wulandari
    7 Maret 2017

    Aku suka terpesona sama cowok2 yg kuliahnya teknik informatika #eh

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      12 Maret 2017

      uhuk uhuk,,, *Benerin poni, bersihin lensa kaca mata*

      Balas
  28. Dika Amfa
    7 Maret 2017

    dulu sempet pengen masuk informatika di salah satu institut terkenal. alesan simpel. biar dibeliin komputer tercanggih sama bapak emak buat kuliah wkwkw

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      12 Maret 2017

      alasan yang unik sekali,,, dulu saya juga punya pikiran yang sama 😀

      Balas
  29. Elang W
    7 Maret 2017

    Dulu ambil elektro, skrg setelah kenal blog jadi pengen belajar TI. Sepertinya menyenangkan

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      12 Maret 2017

      wahhh menyenangkan sekali Mas Elang,,, pokoknya udah terjun ke TI pasti gak bakal nyesel dech 😀

      Balas
  30. Rumah Warna
    7 Maret 2017

    saya masuk Teknik Informatika karena saya dari SMA suka utek2 komputer website gitu… hehe
    makasih sudah share..

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      12 Maret 2017

      wahh samaan kita *Toss*

      Balas
  31. AlaSehat
    7 Maret 2017

    dulu sempat ingin masuk teknik informatika, tp ga jadi karena terhambat biaya. Alhasil masuk bhs inggris dan sekarang sdh lulus, hehehe

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      12 Maret 2017

      wahhhh gak beda jauh lah belajar bahasa pemrograman dengan belajar bahasa inggris,,, sama sama belajar bahasa

      Balas
  32. Dhanang Sukmana Adi
    7 Maret 2017

    D3,S1,S2 Informatika semua, sampe bosen…hehehe, kerja juga dibidang informatika mas….tapi gak bosen2…:D
    tapi saya malah cenderung ke desain sama webnya..

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      12 Maret 2017

      Mastahhhh *Hormat*

      kira kira ada lowongan gak hihihi

      Balas
  33. Diandra Ayu
    14 Maret 2017

    Dari semua hal diatas, alasan ke satu, emapt ama 8 makanya saya masuk TI. hheehhe

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      16 Maret 2017

      Wihhh ini nihhh,,, Anak TI garis keras

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *