Alasan Masuk Teknik Informatika – Masih seputar teknik informatika, kali ini saya belum ingin membahas materi yang lumayan berat dulu. Sejatinya planning saya, setelah membahas flowchart maka selanjutnya pembahasan mengenai pseudocode dan masih dalam lingkungan Algoritma. Namun saya mundurkan dulu karena satu dan lain hal yang berkaitan menjadikan alasan saya untuk menunda rilisnya materi pseudocode.

Dalam memilih jurusan kuliah, setiap insan memiliki alasannya masing-masing ada yang karena minatnya dijurusan itu, prospek masa depan yang indah (Indah kalo mau bekerja keras), si Doi masuk jurusan itu, atau jurusan itu wanitanya aduhai mempesona memanjakan mata dan masih banyak lagi lah alasannya.

Apa Alasan Masuk Teknik Informatika?

Nah kira-kira, apa saja sih alasan teman-teman saya saat ditanya alasan mereka masuk jurusan ini. Alasan-alasan ini saya dapat saat pertama kali perkuliahan, biasanya ditanya oleh dosen “Alasan masuk Teknik Informatika?“. Yuk simak apa saja sih alasan dari teman-teman saya saat ditanya seperti itu dan alasan dari teman saya di kampus lain…..

1. Pengen Bisa Komputer

mahasiswa maniak code,masuk teknik informatika, Perancangan program, perancangan sistem informasi, tahap sistem smart city, lomba blog

Sumber : pexels.com

Alasan ini masuk akal, karena jurusan Teknik Informatika adalah anak dari ilmu Komputer. Tapi coba kita teliti lagi alasan ini, alasannya pengen bisa operasikan komputer atau pengen mengerti komputer itu seperti apa. Kalo pengen bisa mengoperasikannya saja sepertinya tidak perlu kuliah cukup kursus saja cukup atau liat tutorial youtube saja pasti bisa *kalo mau berusaha*. Terkadang ada pandangan dari masyarakat kalo bisa komputer itu bisa kerja dikantoran *Mitos atau Fakta?*.

2. Hobi Utak Atik Komputer dan Perangkat Lainnya

Tukang reparasi, lulusan IT harus bisa membenahi, Lu kan anak IT

Sumber : Pexels.com

Alasan yang kedua adalah karena Hobi. Kelak mahasiswa yang masuk Teknik Informatika dengan alasan ini akan buka tempat servis komputer dan kawan-kawannya. Pada kurikulumnya memang pada jurusan TI ada mata kuliah yang membahas tentang perangkat keras (Hardware) namun tidak terlalu rinci hanya bagian kulitnya saja, jika mau bagian dagingnya dan dibahas sampai ke akar-akarnya ada baiknya kamu yang memiliki hobi utak atik komputer masuk jurusan Teknik Komputer yang masih anak dari Ilmu Komputer.

3. Suka Robotika

hobi robot, teknik robot, makatronika, kuliah ITI

Sumber : Ilmurobotika.com

Poin alasan selanjutnya adalah suka dengan berbau robot atau robotika. Oklah alasan ini cukup masuk akal, kenapa masuk akal? Karena eh karena salah satu mata kuliah di jurusan ini adalah Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Pada matkul tersebut kita mempelajari bagaimana merancang kecerdasan buatan, kecerdasan ini bisa diimplementasikan pada sistem maupun perangkat keras yah bisa dibilang mahasiswa Teknik Informatika dapat membuat sebuah robot dengan menggabungkan ilmu pemrograman dan ilmu kecerdasan buatan.

4. Pengen Bisa Desain

Manipulasi foto, desain grafis, aak IT desain, logo anak IT

Sumber : Pexels.com

Pernah terlintaskah dalam benak kalian untuk bisa desain? Desain disini memang banyak mengandung makna bisa desain foto, desain ruangan sampai desain undangan pernikahan *Loch*. Jika kamu ingin masuk Teknik Informatika dengan alasan ini, lebih baik urungkan niat mu. Ini karena kita akan mempelajari membuat sebuah software bukan mengoperasikan sebuah software. Nah, beberapa universitas seperti UNSERA memberikan mata kuliah desain menggunakan photoshop dan corel draw tapi ini hanya untuk mempelajari bagaimana tampilan sistem (GUI) agar user lebih nyaman menggunakan sistem yang kita buat.

Artikel Lain : Tipe-Tipe Mahasiswa IT

5. Masa Depan Cerah

sukses S1, kiat sukses, alasan kamu harus sukses

Sumber : Jurusanterbaik.com

Alasan yang ini lebih sering diutarakan dan diimpikan para mahasiswa baru yang masuk jurusan TI. Faktanya lulusan TI memang punya masa depan yang cerah tapi itu hanya berlaku untuk mahasiswa yang mau belajar dan terus upgrade diri serta jangan pernah puas pada keadaan yang sudah diraih. Bagi yang punya alasan ini, sebaiknya kamu ukur dulu diri kamu sanggup tidak mengikuti perkembangan teknologi saat ini yang terus berkembang dengan kecepatan tinggi. Siap gak tuh????

6. Dapat Beasiswa

beasiswa UNSERA, beasiswa s1, cara dapat beasiswa

Sumber : Inkvibe.com

Poin alasan selanjutnya adalah karena mendapat beasiswa. Banyak Universitas di Indonesia setiap tahunnya menggelontorkan beasiswa baik yang sifatnya penuh maupun setengah untuk para siswa-siswi terbaik setiap SMA/Sederajat di Bumi pertiwi. Biasanya para Universitas berkerjasama dengan Sekolah dalam hal Ujian Try Out *True Story* dan ada juga yang bersifat seperti kuisioner. Kebayang gak sih? Ketika kamu dapat beasiswa di jurusan kamu belum tahu dalamannya itu seperti kamu dapat tiket berlibur ke Tokyo tapi kamu gak tau Tokyo itu dimana. Kalo saran saya, sebaiknya ketika dapat beasiswa, ada baiknya kamu cek dulu silabus jurusan tersebut. Jangan dengan alasan “sayang dapet beasiswa kalo gak dipake” tapi bikin kamu merasa salah jurusan.

7. Perintah Orang Tua

Ikuti kata orang tua, mahasiswa IT, IT sukses, doa Orang tua, mahasiswa sponsor ayah bunda

Sumber : Pexels.com

Alasan macam apa ini? Takut dikutuk jadi batu kalo gak kuliah? Kuliah hanya karena perintah orang tua tapi diri sendiri gak mau kuliah itu bisa bikin tekanan batin. Tapi kita coba liat dari sudut pandang lain, bayangkan kalo kita menjadi orang tua, mau tidak anak kita kuliah? Pasti mau kan anak kita menempuh pendidikan setinggi tingginya, karena kita tahu bagaimana persaingan pekerjaan saat ini jika tidak punya “ijazah“. Jika kamu punya orang tua yang selalu mengutamakan pendidikan, kamu adalah salah satu orang yang beruntung seperti saya. Orang tua saya selalu bilang “Pendidikan itu Jembatan Lepas dari Kemiskinan, jadi kalo tidak mau miskin yah berpendidikanlah setinggi-tingginya“.

8. Suka dengan Hal yang Berbau Logika

belajar Teknik informatika, suka logika, Alasan Masuk Teknik Informatika

Sumber : Imgrum.net

Alasan ini biasanya berasal dari orang-orang memang ditakdirkan masuk dijurusan Teknik Informatika. Namun sayangnya, populasinya lumayan sulit ditemukan. Sekedar informasi bagi yang punya niat masuk jurusan TI, mohon diasah logikanya karena kamu akan bertemu dengan algoritma yang akan mengasah tajam logikamu. Saya punya teman kuliah yang suka sekali dengan “logika“, hingga apa saja yang akan ia lakukan harus berlogika. Sayangnya cerita cintanya tidak terlalu bagus jika dibandingkan dengan nilai IPK nya. Kisah cintanya banyak yang kandas karena ia memegang teguh logikanya. Sampai saya berikan nasihat “Wanita itu berasal dari tulang rusuk pria, dan tulang rusuk itu melengkung. Jika mau mengubahnya, ikuti dulu alur lengkungannya terus pelan-pelan diluruskan tapi kalo langsung dipaksa meluruskan maka tulang rusuk itu akan patah” mantap gak wejangan nya hahaha

Artikel Lain : Algoritma dan Logaritma bukan saudara kembar

Yap itulah beberapa alasan teman-teman saya kenapa mereka masuk jurusan Teknik Informatika. Bagi kamu yang ingin masuk jurusan yang katanya masa depannya cerah, siapkan alasan sempurna kalian saat menjawab pertanyaan dari dosen kenapa kamu masuk jurusan tersebut. Saya rasa cukup canda tawa kali ini. Sampai bertemu dipostingan tentang mahasiswa IT dan mohon maaf jika ada yang tersinggung oleh postingan ini karena semata-mata postingan ini hanya bersifat informasi saja. Semoga bermanfaat !!! Keep visit MasIrwin Blog and love Programming Code !!!

Wasallam,

Bagi kamu yang masuk jurusan Teknik Informatika, tolong ditulikan yah alasan kamu masuk jurusan ini….

Subscribe To MasIrwin Blog Newsletter

Yuk gabung dalam Subscriber Masirwin Blog, Dapatkan info lomba blog terbaru dan terupdate serta artikel menarik lainnya, hanya di Masirwin Blog.

You have Successfully Subscribed!