Algoritma dan Logaritma – Mulai hari ini dan seterusnya, pertanyaan-pertanyaan unik dari pengunjung masirwin blog akan saya jawab dengan sebuah postingan. Dan sebagai bentuk terima kasih karena telah berkomentar diblog sederhana ini, saya berikan backlink “DoFollow” sekaligus mempromosikan blogger yang beruntung dengan pertanyaan uniknya. Dan hari ini juga saya akan menjawab sebuah pertanyaan unik dari postingan saya sebelumnya yaitu “Struktur Dasar Algoritma“.

Tanya apaitu algoritma, apa itu logaritma

Pertanyaan diatas berasa dari blogger cantik asal Serang-Banten sdri. Happy Hawra, pemilik sekaligus penulis diblognya sendiri di riangriang.com. Wanita kelahiran Serang, 24 Nopember ini adalah seorang mahasiswi jurusan Agribisnis yang memiliki minat dalam bidang jurnalis *Analisa saya*. Menurut laman tentang Happy Hawra, ia tengah menimba ilmu di Akademi Indonesia Kreatif. Tak hanya sampai situ saja, dalam usianya yang masih tergolong muda *Lulus SMA 2013 masih bisa dikatakan unyu-unyu* karya-karyanya sudah banyak diterbitkan dalam sebuah buku (info lebih lanjut klik ini). Bagi yang ingin berkenalan atau ingin tahu banyak dapat mengunjungi Blog Riangriang.com

Mbak Happy Hawra

Pertanyaan Algoritma dan Logaritma

Logaritma sama Algoritma teh sama apa beda?” Pertanyaan dengan logat bahasa sunda dan bisa saya pastikan ia berasal dari daratan Jawa Barat yang sering disingkat JABAR. Kita analisa dahulu sebelum menjawab, keduanya memiliki kemiripan kata yang sama namun artinya berbeda. Hanya berbeda di 4 huruf depan saja antara “ALGO” dan “LOGA“. Sehingga mungkin banyak yang tidak sadar salah persepsi antara Algoritma dan Logaritma. Seperti komentar di postingan saya tentang “Definisi Menurut Para Ahli

Komentar yang salah, blogger ngawur

Komentar diatas adalah contoh yang tidak sadar mengenai perbedaannya. Waktu saya SMP sampai SMA di Cisoka, Kabupaten Tangerang, saya belum pernah mendapatkan pelajaran Algoritma *Disitu saya merasa sedih*. Mungkin saja maksud ia adalah Logaritma karena hal inilah saya merasa perlu menulis postingan ini. Dan berikut jawaban dari pertanyaan sdri Happy Hawra :

Perbedaan Algoritma dan Logaritma

Algoritma adalah urutan langkah-langkah (tahapan) yang disusun secara logis dan sistematis guna menyelesaikan permasalahan. Kata logis atau logika adalah “kunci utama” dari perancangan algoritma, agar algoritma yang disusun dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Simak lebih lengkap di “Definisi Algoritma menurut Para Ahli

grafik hasil algoritma

Sumber : Wikipedia

Sedangkan Logaritma adalah sebuah operasi matematika yang merupakan kebalikan atau invers dari eksponen atau pemangkatan (sumber: wikipedia). Dan rumus dasar dari logaritma adalah sebagai berikut :

Rumus Dasar Logaritma

Sumber : Wikipedia

Keterangan :

a = Basis
b = Bilangan yang dilogaritmakan
c = Hasil dari operasi logaritma

Untuk mencari hasil dari operasi logaritma, kita bisa menggunakan tabel log atau kalkulator yang sudah mendukung operasi logaritma yang biasa disebut kalkulator scientific.

Berdasarkan penjelasan diatas, ternyata Algoritma dan Logaritma berbeda jauh. Dimana Algoritma adalah tahapan dalam menyelesaikan masalah sedangkan logaritma adalah sebuah operasi matematika. Jadi mulai sekarang, keduanya jangan dianggap sama karena keduanya bukan saudara kembar.

Cukup sekian penjelasan saya mengenai “Algoritma dan Logaritma“, semoga kita dapat mendapatkan ilmunya dari postingan ini. Bagi kamu (para pembaca setia band) yang mempunyai pertanyaaan-pertanyaan unik dan layak untuk dijadikan sebuah postingan, MasIrwin Blog akan memberikan hadiah backlink dan free review profile seperti mbak Happy Hawra diatas. Keep calm and stay love programming !!!

Wasallam,

Sumber :

Wikipedia. Logaritma. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Logaritma [Diakses 18 Desember 2016]

Subscribe To MasIrwin Blog Newsletter

Yuk gabung dalam Subscriber Masirwin Blog, Dapatkan info lomba blog terbaru dan terupdate serta artikel menarik lainnya, hanya di Masirwin Blog.

You have Successfully Subscribed!