Apa itu Domain untuk Website?

Pernahkah Anda mencari website dengan mengetikan nama websitenya? Ketika Anda melakukan hal tersebut Anda sudah berkenalan dengan domain website.  Jika website yang Anda tuju sudah terkenal di pencarian maka hanya membutuhkan nama websitenya.

Misalnya Anda akan menuju website niagahoster.co.id. Anda tidak perlu menulis lengkap, di halaman pencarian akan muncul website Niagahoster. Inilah yang disebut nama website. Sedangkan seperti apa nama domainnya? Yaitu co.id, lebih tepat ekstensi domain. Karena nama domain website adalah kesatuan antara nama website dan ekstensinya.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa tulisan ini sampai selesai.

Pengertian, Kategori, dan Cara Membuat Domain

Domain merupakan alamat website untuk menyederhanakan nomor IP. Setiap website memiliki nomor IP yang berbeda-beda, jika menghafalnya akan menyulitkan pengunjung. Untuk itu perlu disederhanakan dengan sebuah nama. Untuk menyebut nama domain website berarti gabungan antara nama website dan gabungan ekstensi domain.

Secara sederhananya seperti ini, jika mau kirim barang tentu membutuhkan sebuah alamat. Meski nama orang yang dituju sama tapi tidak akan tertukar dengan alamat tujuan.  Bedanya nama orang boleh berbeda-beda tapi bisa satu alamat. Sedangkan nama website boleh sama tapi yang membedakan ekstensi domainnya.

Contohnya nama websitenya yang sama tapi ekstensinya berbeda:

  • Masirwin.com
  • Masirwin.id
  • Masirwin.net

Dari ketiga contoh di atas akan menuju alamat  yang berbeda-beda, meski nama websitenya sama. Jadi untuk mengenal ekstensi domain lebih dalam, Anda perlu mengetahui jenis kategorinya. Setiap kategori memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Kategori Domain

menentukan nama Domain, mencari domain murah, hosting gratis domain, beli domain

Ada tiga kategori domain yang umum digunakan oleh pemilik website, berikut kategorinya:

  1. TLD atau Top Level Domain, jenis ekstensi domain ini yang paling terkenal adalah .com. Penulisan ekstensinya selalu di belakang nama website. Penggunaannya untuk pribadi, instansi, maupun komersial. Contoh nama ekstensinya .com, .online, .net, dan lainnya.
  2. ccTLD merupakan ekstensi domain berdasarkan wilayahnya. CC merupakan Country Code. Contohnya id. untuk Indonesia, uk. Untuk United Kingdom dan kode negara lainnya. Penggunaannya seperti ini bbc.co.id, berita BBC yang basisnya ada di Indonesia. Ekstensi jenis ini sering digunakan untuk instansi, jarang untuk kepentingan pribadi.
  3. gTLD adalah ekstensi domain yang tidak ditentukan oleh batas wilayah. Akan tetapi bisa dibatasi oleh isi dari websitenya, misalnya .edu untuk pendidikan. Ekstensi .org untuk organisasi. Nama domain ini merupakan yang umum digunakan oleh pemilik website. Sasaran pembacanya pun lebih luas.

Kategori domain lainnya :

  1. Second-Level Domain , istilah untuk nama website. Contohnya rumahmakan.com, maka rumahmakan adalah SLD dan .com adalah TLD. Contoh lainnya co.id, co adalah SLD dan .id adalah TLD.
  2. Subdomain, istilah untuk nama depan dalam url website. Contohnya www.rumahmakan.com, maka www adalah subdomain. Atau mail.google.com, subdomainnya adalah mail. Subdomain juga memberikan spesifikasi isi website.
  3. Domain Gratis, adalah jenis domain yang tidak perlu membeli sewanya contohnya wordpress.com, blogspot.com, atau medium.com.

Jadi pengkategorian nama domain sebagai berikut, contoh www.masirwin.com:

  • www adalah subdomain
  • Masirwin adalah SLD
  • .com adalah TLD

Untuk domain tanpa www, misalnya docs.google.com:

  • Docs sebagai subdomain
  • google sebagai SLD
  • .com sebagai TLD

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat domain. Namun sebelum membuat domain, Anda perlu tahu bahwa untuk memiliki domain ada biaya sewanya. Bisa memilih satu tahun, dua tahun, atau tak terhingga. Untuk tetap menggunakan nama website yang diinginkan harus memperpanjang setiap tahun.

Cara Mendaftarkan Domain

Pertama Anda harus mencari penyedia hosting terpercaya. Penyedia hosting merupakan layanan untuk penyewaan domain yang aman secara hukum dan terpercaya. Selanjutnya buatlah akun di penyedia hosting, karen untuk mendaftarkan nama domain harus memiliki akun.  Cara membuat domain:

  1. Kunjungi penyedia hosting mesin pencarian.
  2. Carilah nama domain yang diinginkan.
  3. Tentukan ekstensi yang diinginkan.
  4. Bayar tagihan yang diberikan penyedia.
  5. Domain bisa diaplikasikan.

Caranya mudah bukan? Untuk mendapatkan penyedia yang terpercaya Anda bisa menggunakan Niagahoster.co.id. Salah satu penyedia hosting terpercaya yang ada di Indonesia. Banyak website yang mempercayakan di Niagahoster.

Tinggalkan komentar