Aplikasi Komunikasi Daring Terbaik Tahun Ini

Berikut ini jajaran aplikasi komunikasi daring terbaik tahun ini yang wajib di install di smartphone atau laptop Anda untuk terus berkomunikasi.

Saat ini, pandemi COVID-19 masih melanda seluruh dunia dan membuat anak-anak serta para pekerja kantoran harus belajar, bekerja hingga beribadah dari rumah tak terkecuali Indonesia. Meskipun harus #DirumahAja bukan berarti Anda tidak memiliki kegiatan dan harus berdiam diri saja dirumah.

Belajar dan pekerjaan tentu menjadi prioritas utama yang harus tetap dilakukan. Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan memanfaatkan beberapa aplikasi komunikasi daring untuk berkomunikasi tanpa bertatap muka langsung. Apa saja itu, berikut ini daftar aplikasinya.

Aplikasi Komunikasi Daring Terbaik

1. Zoom

aplikasi komunikasi daring Zoom

aplikasi komunikasi daring : Zoom

Aplikasi Zoom ini sedang populer di kalangan pelajar, mahasiswa hingga pekerja kantoran. Pasalnya aplikasi ini sangat mudah digunakan terutama untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa pademi ini. Selain itu, aplikasi zoom menyediakan dukungan terutama untuk jumlah peserta hingga lebih dari 20 orang. Pada aplikasi komunikasi daring ini juga hadir fitur conference tool yang mana nantinya dapat digunakan oleh setiap peserta baik itu host, admin dan lainnya.

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan dari aplikasi zoom, seperti :

  • Kualitas video yang dihasilkan berkualitas HD.
  • Mendukung fitur safe mode.
  • Mendukung semua platform.
  • Mudah mengundang teman lainnya.
  • Dapat berbagi foto, file, video dengan secara langsung.
  • Menyediakan layanan cloud.
  • Layanan keamanan sangat terjamin.

Tak hanya itu saja, aplikasi terbaik ini juga menyediakan beberapa fitur yang nantinya dapat digunakan oleh para penggunanya seperti chat, video chat, record meeting, screen sharing dan whiteboard. 

2. Skype

aplikasi komunikasi daring : Skype

aplikasi komunikasi daring : Skype

Aplikasi komunikasi daring selanjutnya adalah Skype, aplikasi ini pasti sudah tidak asing lagi, bukan? Nah, aplikasi Skype ini juga bisa dijadikan sebagai aplikasi komunikasi di masa pademi. Aplikasi ini tergolong mudah digunakan oleh semua orang dan dapat mendukung antar perangkat yang ada. Selain itu, aplikasi ini nantinya bisa diakses melalui laptop, komputer hingga smartphone, cukup dengan mengunduh dan menginstall aplikasi tersebut maka Anda bisa menggunakannya.

Untuk kelebihan dan keunggulan yang ditawarkan dari aplikasi Skype ini sangat banyak yakni mulai dari memiliki kualitas suara yang lebih baik, terdapat Traversal Firewall dan NAT (Network Address Translation), pengarah lalu lintas, mudah digunakan hingga keamanan terjaga. Sedangkan untuk fitur yang disediakan di aplikasi ini tidak kalah dengan aplikasi yang lainnya, dimana fitur-fitur yang tersedia seperti chat, audio chat, chat dan file sharing, video.

3. Webex

aplikasi komunikasi daring : Webex

aplikasi komunikasi daring : Webex

Webex adalah layanan video conference yang dapat digunakan sebagai aplikasi komunikasi online. Dimana aplikasi ini dikembangkan oleh Cisco yang merupakan sebuah perusahaan jaringan dan infrastruktur ternama di dunia. Tak hanya itu saja, layanan aplikasi yang satu ini biasanya menargetkan para penggunanya dari kalangan enterprise ataupun perusahaan-perusahaan besar, tetapi Webex ini sangat cocok sekali digunakan untuk kegiatan belajar mengajar terutama dari jarak jauh.

Jika Anda bingung untuk memilih tempat download aplikasi komputer dan Android terbaik terutama untuk aplikasi kuliah daring menggunakan video conference maka Anda bisa menggunakan aplikasi Webex tersebut.

Selain itu, Webex juga menawarkan beberapa fitur terbaiknya seperti fitur user interface yang sederhana dan dapat dengan mudah digunakan melalui laptop, komputer dan smartphone. Fitur lainnya yang ditawarkan tersedia seperti fitur chat, audio chat, file sharing, video chat, whiteboard yang interaktif dan sebagainya.

Untuk kelebihan dari aplikasi dari Cisco ini antara lain kualitas video HD, mobile friendly, sangat mudah membagikan layar ke semua orang, adanya fitur Google Assistant, tersedia secara gratis (tidak berbayar sedikitpun) hingga tata letak video yang bisa disesuaikan dengan keinginan.

4. Google Classroom

aplikasi komunikasi daring : Google Classroom

aplikasi komunikasi daring : Google Classroom

Yang terakhir yaitu Google Classroom. Dimana aplikasi yang satu ini dirancang dengan baik untuk membantu para guru ataupun pengajar dalam kegiatan sekolah online. Melalui aplikasi ini, para siswa atau mahasiswa dapat mengumpulkan tugas tanpa harus menggunakan kertas.

Tak hanya itu saja, ada hal yang menarik yang bisa Anda jumpai melalui aplikasi ini yaitu memiliki fitur untuk menghemat waktu guru yakni seperti kemampuan untuk membuat salinan Google Docs dengan secara otomatis bagi setiap mahasiswa dan siswa. 

Kelebihan lainnya yang bisa Anda temukan di dalam Google Classroom antara lain Anda dapat membuat folder Google Drive yang terintegrasi untuk setiap tugas terutama setiap siswa dan mahasiswa sehingga semuanya bisa tetap teratur.

Ada beberapa fitur aplikasi komunikasi daring yang tersedia disini mulai dari fitur tanya jawab, pengaturan waktu dalam mengerjakan tugas, integrasi dengan kalender, integrasi ke Google Form sehingga dapat membuat kuis ataupun ujian hingga sampai integrasi YouTube untuk pembelajaran audio visual. Bagaimana sangat menarik sekali, bukan?

Bagi Anda yang sedang mencari aplikasi edit foto pro gratis untuk memperbagus foto profil di aplikasi komunikasi daring diatas maka Anda bisa mencarinya di Jalantikus.com. Jadi, dari 4 aplikasi di atas manakah yang jadi favorit Anda? Tulis di kolom komentar yah.

Artikel ini tayang pada kategori Teknologi, dan dipublikasikan oleh Irwin Andriyanto. Kunjungi halaman Gudang Baca untuk melihat seluruh artikel sudah tayang di Blog Masirwin Note.

Artikel Lainnya dari Masirwin Note

 115 total views,  1 views today

Pin It on Pinterest

Share This