Butuh Smartphone RAM 4GB ? Mungkin Kamu Cocok Salah Satunya

Pernah tidak kamu merasa kesal dengan smartphone yang lambat?

*Rasanya pengen banting tapi sayang karna belum ada gantinya*

Yap, sebagaian pengguna ponsel pintar berbasis Android mungkin telah merasakannya. Terlebih lagi bagi pengguna smartphone yang memiliki RAM dibawah 2GB. Beberapa tahun silam, memang penggunaan ponsel pintar dengan RAM 1GB saja sudah dirasa lebih dari cukup guna menopang kinerja sistem operasi dari Google ini. Jika kita bandingkan dengan sistem operasi lain, Android memang cukup konsumtif dalam masalah RAM. Terlebih lagi, cukup banyak juga aplikasi-aplikasi yang perlu ruang yang besar untuk berjalan secara optimal. Maka wajar saja, jika Android ini cukup boros dalam soal RAM.

Dapat kita analogikan seperti dikehidupan sehari-hari, dimana kebutuhan pokok selalu merangkak naik namun penghasilan tetap diam ditempat. Alhasil, kita selalu menyiasatinya dengan membuat skala prioritas, mendahulukan yang penting dan mengesampingkan yang belum penting. Sama halnya dengan penggunaan smartphone, untuk membuat si Android ini lebih cepat, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Seperti menghapus aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan atau membeli tempat baru yang lebih luas.

Bagi sebagian pengguna biasa, menghapus aplikasi yang tidak digunakan memang hal yang mudah. Namun bagaimana bagi para pengguna yang memanfaatkan secara maksimal, seperti jualan online via medsos a.k.a media sosial yang notabenenya aplikasi yang memerlukan ruang yang besar. Atau gamers garis keras yang suka main game online dengan grafis tinggi pasti menuntuk kinerja RAM yang powerfull agar tidak ada kata nge-lag.

Untuk masalah tersebut, jangan khawatir karena saat ini beberapa vendor ponsel pintar memang sudah banyak mengeluarkan produknya dengan RAM besar. Sebut saja vendor asal negeri gingseng, kabarnya pertengahan agustus ini Samsung yang akan mengeluarkan varian galaxy note terbarunya dengan RAM 6GB dan kemungkinan kedepannya akan diikuti vendor lainnya. Jika RAM dari ponsel pintar sudah sampai 6GB bahkan sampai 8GB, apa kabar dengan RAM laptop. Kemungkinan juga akan mengalami hal yang sama, untuk mengatasinya kamu bisa cek Toko beli laptop termurah online banyak pilihan laptop murah dengan RAM yang besar.

Yang jadi pertanyaan sekarang, berapakah RAM ideal yang dapat mencukupi kinerja maksimal dari smartphone?

Dilansir dari VivaLog, menurut John Poole dari Primate Labs (Produsen Geekbench 4 iOS & Android) memaparkan untuk menunjang kinerja baik dari sistem operasi maupun aplikasi, smartphone berkapasitas RAM 4GB dinilai sudah cukup untuk beberapa tahun kedepan. Hanya saja ponsel cerdas dengan RAM yang besar memiliki risiko boros baterai.

Dan berikut beberapa rekomendasi smartphone RAM 4GB dengan harga yang cukup terjangkau tuk dijadikan bahan pertimbanganmu.

Asus Zenfone 2 Deluxe

 

CPU

Intel Atom Z3580

RAM

4GB

Kapasitas

32GB

Smartphone ram 4GB

 

Layar

5.5 Inch

Kamera

13 MP & 5 MP

OS

Android v 5.0

Rekomendasi pertama jatuh kepada Asus Zenfone 2 Deluxe ZE551ML. Smartphone keluaran dari vendor yang berpusat di Taiwan ini memang cukup menarik perhatian. Desain yang ideal dengan konsep desain Premium-crafted Polygonal dibagian body belakang yang menyerupai bongkahan berlian memberikan kesan premium nan elegan. Disamping tampilan yang menawan Asus Zenfone Deluxe juga sudah didukung dengan RAM 4GB yang dikolaborasikan dengan CPU dari Intel akan membuat smartphone ini mempunyai kinerja yang tangguh. Dan untuk masalah fotografi, ponsel pintar ini juga telah disematkan kamera berkekuatan 13 MP dibagian belakang serta dilengkapi fitur dual-LED Flash dan laser autofokus. Berminat untuk memiliki Smartphone RAM 4GB ini, harga yang ditawarkan sekitar 2.5 – 3 jutaan rupiah saja.

Xiaomi Redmi Note 4 Pro

Xiaomi redmi note, RAM 4GB Murah

 

CPU

Snapdragon 653

RAM

4GB

Kapasitas

64GB

 

Layar

5.5 Inch

Kamera

13 MP & 5 MP

OS

Android v 6.0

Rekomendasi selanjutnya datang dari vendor yang terkenal dengan harga murah namun spesifikasi tinggi yaitu Xiaomi. Xiaomi Redmi Note 4 Pro adalah versi pro atau premium dari Redmi Note 4, yang membedakan hanya terletak pada dapur pacunya saja. Smartphone ini sudah dibekali RAM 4GB dan didukung prosessor Octa Core Snapdragon 653 membuat kinerjanya lebih responsif dibandingkan versi sebelumnya. Untuk disisi fotografi, ponsel cerdas ini telah ditanam kamera belakang 13 MP yang dilengkapi fitur Phase Detection Autofocus dan Dual Tone LED Flash. Sedangkan untuk kamera depannya berkekuatan 5 MP yang dapat merekam FULL HD. Pada Xiaomi Redmi Note 4 Pro tersedia fitur VoLTE yang dapat mengoptimalkan panggilan online saat menggunakan jaringan 4G. Smartphone ini bisa dikatakan smartphone RAM 4G murah, hanya dibandrol dengan harga 2 jutaan rupiah.

Vivo V5

 

CPU

MediaTek 6750

RAM

4GB

Kapasitas

32GB

 

Layar

5.5 Inch

Kamera

13 MP & 20 MP

OS

Android v 6.0

 

vivo v5

Kamu pecinta swafoto atau selfie garis frontal? Mungkin smartphone RAM 4GB ini cocok untuk kamu. Hal yang menarik dari Vivo V5 ini ada pada kamera depan 20 MP yang dilengkapi fitur-fitur menarik untuk memanjakan para pecinta foto selfie. Sementara pada bagian belakang, Vivo V5 dilengkapi kamera 13 MP dengan fitur Phase Detection Autofocus yang dapat mengabadikan setiap moment indahmu. Untuk kinerja dari smartphone ini jangan ditanya lagi, prosesor Octa Core MediaTek 6750 didukung dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal berkapasitas 32GB membuat Vivo V5 ini berjalan mulus dan lancar. Dari seluruh fitur plus-plus untuk pecinta selfie dan hardware yang mumpuni, smartphone ini cukup dibandrol dengan harga 3.5 jutaan rupiah.

Infinix Zero 4 Plus

 

CPU

MediaTek Helio X20

RAM

4GB

Kapasitas

32GB

infinix zero 4 plus, zero 4 plus 4g, smartphone RAM 4GB

 

Layar

5.98 Inch

Kamera

20.7 MP & 13 MP

OS

Android v 6.0

Mungkin bagi kamu, nama infinix masih baru terdengar namun vendor ini patut diperhitungkan. Vendor asal Hongkong ini tidak tanggung-tanggung dalam produknya yang satu ini. Bagi kamu yang mendambakan ponsel pintar dengan kamera canggih, rasanya Infinix Zero 4 Plus patut untuk dilirik. Dibekali dengan kamera utama beresolusi 20.7 MP dan kamera swafoto 13 MP, untuk memuaskan hasil bidikanmu. Tidak ketinggalan pada dapur pacu yang bisa dibilang memesona. Dengan ditenagai prosesor Deca Core MediaTek Helio X20 berkecepatan 2.1 GHz dan didukung RAM 4GB menjadikan smartphone dari Infinix ini gahar pada kelasnya. Dan bila kamu minat dengan smartphone RAM 4GB ini, kamu hanya perlu merogoh kantong sekitar 3 jutaan rupiah saja.

Bagaimana? smartphone RAM 4GB manakah yang layak kamu miliki?

Jika kamu menginginkan ponsel dengan desain elegan maka Asus Zenfone 2 Deluxe pilihan yang pas.

jika kamu menginginkan ponsel cerdas RAM 4GB dengan harga terjangkau maka pilihannya adalah Xiaomi Redmi Note 4 Pro.

Jika kamu menginginkan smartphone untuk kualitas selfie atau swafoto terbaik maka pilihannya jatuh pada Vivo V5.

Namun bila kamu inginkan smartphone dengan kualitas kamera dan performa yang gahar, tidak ada salahnya kamu memilih Infinix Zero 4 Plus.

Nah, itulah beberapa rekomendasi smartphone RAM 4GB yang bisa kamu pertimbangkan. Semoga informasi barusan dapat memberi manfaat bagi kita semua. Dan satu lagi, mengingat harga ponsel pintar di Indonesia selalu dinamis, kamu bisa cek harga di Toko Jual Handphone Terbaru. Kritik dan saran selalu ditunggu bahkan jika ada tambahan informasi bisa disampaikan melalui kolom komentar  dibawah. Dan ingat komentarlah sebelum komentar itu dilarang. Terima kasih telah membaca artikel “Butuh Smartphone RAM 4GB ? Mungkin Kamu Cocok Salah Satunya”. Sekian dan Wassalam,

36 Komentar

  1. Dian Safitri

    Ram oh ram…betapa pentingnya kamu agar bisa bertahan di grup whatsApp hehehehe
    Alhamdulillah hp aku meski bukan ASUS Zenfone 2 tapi ramnya sudah mencukupi untuk bertahan di grup WhatsApp plus aplikasi lainnya, Mas.

    Balas
  2. ruli retno

    Vivo itu bikin sy penasaran, liat icon nya artis2 kece badai.. Tp penasaran juga sama samsung note yg mau release krn dr dulu pemakai samsung note hehe

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      Vivo patut dicoba, kalo Samsung patut di Nanti,,, tinggal pilih

      Balas
  3. Jiah

    Kalau pengen sih semua juga boleh, hahaha
    Dari harga sih pilih Xiaomi Redmi Note 4 Pro aja. Tapi Asus Zenfone 2 Deluxe designnya juga bagus, kamera juga lumayan. Semua kembali pada kebutuhan nanti

    Balas
  4. Ira Duniabiza

    Penting banget nieh mas, Smartphone yang memiliki kapasitas RAM gede, jadinya untuk aktifitas blogging jadi mendukung banget…

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      Bener banget dari cari info lomba blog sampe blogwalking jadi lancar

      Balas
  5. Rhoshandhayani KT

    wuah, kalo aku mah jelas, pilih yang ukuran kualitas kameranya paling gede
    dan nggak akan pilih2 perihal RAM, hahaha

    btw, aku juga gamer loooh… tapi nggak pusing2 amat tuh mikirin ram
    iyaaa gamer tahu bulat
    wkwk

    Balas
  6. Nurul Fitri Fatkhani

    Paling nyaman kalau udah punya smartphone dengan ram 4gb ya… semuanya bisa lebih cepat dan lancar. Dari 4 pilihan di atas, jadi bingung kalau harus memilih. Pengennya punya empat-empatnya …hihihi…maruk ya! :))

    Balas
  7. retno

    Aku pake xiaomi yang RAM nya 3 GB. Itupun udah lumayan banget, padahal aku dunlud berbagai aplikasi buat edit foto dan video. Hmmm apalagi yang pake RAM 4 gigi, pasti tambah wuss wuss ya…
    Eh kamera Infinix keren, 20 sm 13 MP…

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      Infinix memang gak bisa diremehkan kalo masalah kamera,, dari awal kemunculannya saja sudah bikin orang pada ngiler

      Balas
  8. Hilman Mulya Nugraha

    Memang saat ini, RAM 1GB sudah kurang untuk OS Android,

    menurutku sih RAM 3GB masih cukup layak sampe 3 tahun kedepan

    tapi yah ga ada salahnya sih pilih RAM 4GB

    Diantara keempat ponsel itu, saya udah coba yang Infinix Zero 4 Plus

    gahar sih tapi sering panas saat main game

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      iyah cepet panas apalagi di cas sambil dimaenin game

      Balas
  9. ainun

    duhh bingung kalo udah mau milih hape, yg maunya ram gede, kamera bagus, banyak rekomend jadi ga beli2

    Balas
  10. Susindra

    Di antara keempat merk HP di atas, Saya suka Asus, jujur saja. Tapi bukan yang Asus 2. Asus Zoom sajo kalau ada. Hihihihihi

    Balas
  11. April Hamsa

    Hmmm jd bingung pilih yang mana. Dua merk yg udah pernah saya pakai ASus dan Xiaomi selama ini lumayan sih mas. Kalau vivo blm pernah pakai.

    Cuma terus terang beberapa kali denger Xiaomi remi note 4pro itu katanya emang bagus dan harganya bagus hehe, jd pengen ganti yg itu 😀

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      Harga Terupdate dari Xiaomi Redmi Note 4 Pro bisa juga dicek di Tokopedia

      Balas
  12. HELLO FIKA

    alhamdulillah smartphoneku jg udah 4G dan gahar.. murce lagi.. harap maklum made in china jg sih xixiix..

    sayangnya ga direkomendasiin disini huhuhuhuhu.. besok besok rekomendasiin jg ya..

    soalnya yg direkomendasiin 11-12 lah specknya dgn smartphoneku ini

    Balas
  13. Sally Fauzi

    Horeee xiomi ada di daftar. Butuh yang Ram nya besar biar muat nyimpen foto dan video kakak

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      Sebenernya penyimpanan Internal itu mba bukan RAM

      Balas
  14. Pertiwi Yuliana

    Pencinta swafoto garis frontal wkwkwk sa ae, Mz.

    Aku pake dua handphone Asus. Bukan yang disebutin di atas sih. Tapi yang satunya RAM 4GB, satunya buat back up jadi cuma 2GB ehehe

    Balas
  15. Dikki cantona putra

    Zenfone 2 deluxe panutan gua banget ajib banget lagi itu bisa buat main mobile legend set high dan mainan game offline yg high

    Balas
  16. Ruziana

    Xiaomi note 4 bikin ngiler
    Sekarang sy pake redmi 3
    Pengin upgrade ah
    Mupeng dengan kameranya

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      yuk upgrade smartphone sekarang 😀

      kaya banyak duit yah

      Balas
  17. Oky Maulana

    wah lumayan juga ya, gw yg ram 3 aja udah mulai penuh nih.

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      banyak aplikasi media sosial x,,, jadi sesak tuh RAM

      Balas
  18. erinajulia

    Ih nubia ga ada di list. Hihi. Pdhl dia juga 4GB dan baru masuk indo 😀

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe To MasIrwin Blog Newsletter

Yuk gabung dalam Subscriber Masirwin Blog, Dapatkan info lomba blog terbaru dan terupdate serta artikel menarik lainnya, hanya di Masirwin Blog.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This