Cara Mengemudi Mobil Matic yang Baik Dan Benar – Beberapa orang memilih belajar cara mengemudi mobil matic yang memang memiliki beberapa kepraktisan dibanding mobil dengan transmisi manual. Mobil jenis ini kemudian sempat merajai pasaran otomotif di tanah air dan berbagai negara tetangga. Sebab didesain lebih praktis ketika dikemudikan dengan menghilangkan kebutuhan pengubahan transmisi sewaktu beralih ke badan jalan dengan kontur berbeda. Namun pastikan Anda bisa mengemudikan mobil jenis ini.

Cara Terbaik Mengemudikan Mobil Jenis Matic

cara mengemudi mobil matic, beli mobil, mobil matic

Belajar Mengemudi Mobil Matic (pexels.com)

– Langkah pertama

Keputusan untuk beli mobil jenis matic membuat Anda yang selama ini hanya mengemudikan mobil manual untuk belajar mengemudikan tipe satu ini. Langkah pertamanya adalah paham posisi awal saat mengemudikan mobil matic. Yakni tuas transmisi berada di posisi P (parkir), beberapa mobil jenis matic ini ada yang memakai kode N (netral). Dalam posisi netral semacam ini maka menunjukan jika mobil dalam kondisi diam dan aman dinaiki. Saat mobil hendak diparkir, pastikan pula tuas sudah digeser ke posisi normal kembali, sehingga tidak ada kasus mobil mundur sendiri. Terutama ketika diparkirkan di jalanan yang menurun atau landai.

– Langkah kedua

Nyalakan mesin mobil matic dengan memutar tuas kunci, namun jangan langsung menginjak pedal gas. Akan tetapi perlu menunggu beberapa menit untuk memastikan suhu mesin sudah agak naik agar siap diajak melintasi jalanan dengan lancar. Tindakan ini mampu menjadikan mesin mobil jenis matic bisa lebih siap, apalagi jika memang berencana melakukan perjalanan jauh. Sehingga mesin sudah panas dan tidak kaget sewaktu dipacu sesuai kebutuhan.

– Langkah ketiga

Untuk menghindari kerusakan mesin dari mobil jenis matic ini usahakan saat pergantian tuas selalu menekan pedal rem. Pergantian tuas dari P ke R atau mungkin dari N ke D baiknya sembari menginjak pedal rem. Dahulukan menginjak pedal rem baru kemudian beralih pada tuas transmisi untuk dipindah sesuai dengan kebutuhan. Awalnya mungkin terasa aneh namun perlahan akan terbiasa untuk melakukanya dan efeknya mesin mobil lebih awet.

– Langkah keempat

Menggeser posisi tuas dimulai dari posisi parkir ke posisi maju atau mundur sehingga perlu mengenal semua fungsi ini. Saat mengunjungi dealer yang menyediakan mobil matic baiknya bertanya secara detail kepada marketing di tempat. Sehingga bisa paham semua istilah tuas di mesin mobil satu ini. Setiap kali hendak berhenti, hendak berjalan, melintasi jalanan yang menanjak, dan sebagainya pergantian tuas ini diperlukan.

– Langkah kelima

Beberapa mobil jenis ini sudah ditunjang oleh fitur penghemat bahan bakar yang tentunya sangat tepat untuk diaktifkan setiap bepergian. Bagi Anda yang tinggal di kawasan perkotaan yang rawan macet maka baiknya beli mobil yang menyediakan fitur ini. Namun jika hendak dipakai di kawasan pinggiran atau pedesaan yang tidak familiar dengan kemacetan, tidak perlu mencari mobil dengan fitur semacam ini.

– Langkah keenam

Umumnya mobil jenis matic ini memiliki fitur atau tombol bertuliskan huruf OD, yang dipakai untuk meningkatkan akselerasi. Biasanya perlu diaktifkan jika ingin mendahului kendaraan di depan sehingga perlu melaju dengan kecepatan minimal 60km/jam. Aktifkan fitur ini dengan menekan tombol supaya tuas transmisi otomatis di angka 3, nantinya bisa bergerak dengan kecepatan tinggi secara mulus dan nyaman.

– Langkah ketujuh

Mobil rakitan terbaru juga sudah dilengkapi fitur untuk mengatur transmisi dari otomatis ke manual atau sebaliknya. Fitur ini bisa diaktifkan dengan menggeser tuas transmisi ke huruf M yang tersedia, sehingga mobil berjalan secara manual. Jika ingin berkendara dengan mobil otomatis khas matic maka tinggal menurunkan tuas ke posisi normal. Opsional ini bisa dimanfaatkan bagi Anda yang bosan mengemudi dengan transmisi otomatis ataupun sebaliknya.

Berhubung mobil jenis matic ini didesain untuk memberi kemudahan saat berkendara tanpa perlu melakukan pergantian gigi secara berkala. Maka banyak orang yang tertarik untuk memilikinya dan menariknya lagi mengemudikan mobil jenis ini jauh lebih mudah. Bahkan saking mudahnya banyak orang belajar mengemudi memakai mobil tipe matic ini. Jadi, tidak perlu khawatir saat belajar cara mengemudi mobil matic karena dijamin sangat mudah. SEOlamat mengemudi !!!!!

WAJIB KAMU TAHU

Harga Honda City Terbaru 2019

Harga Honda City Terbaru 2019

Berikut adalah daftar harga terbaru mobil Honda City tahun 2019 di Indonesia, Berminat membelinya? Cek Segera.   Harga Honda City terbaru 2019 banyak dicari oleh para pecinta otomotif. Pasalnya, banyak orang yang sudah bertahun-tahun menggunakan mobil yang satu...

baca lainnya
Harga Mobil Toyota Agya Terbaru

Harga Mobil Toyota Agya Terbaru

Harga Mobil Toyota Agya TerbaruΒ  Toyota Agya termasuk mobil hatchback berukuran kecil yang disukai oleh milenial ibukota Indonesia, merupakan kendaraan LCG atau Low Cost Green Car yang berarti kendaraan ini hemat bahan bakar dan juga ramah lingkungan. Mobil ini...

baca lainnya
Harga Mobil Toyota Calya OTR Bandung

Harga Mobil Toyota Calya OTR Bandung

Harga Mobil Toyota Calya OTR Bandung Toyota calya memasuki pangsa pasar Indonesia pada tahun 2016 termasuk kedalam kategori mobil MPV dengan harga termurah. Mobil MPV keluarga ini lengkap dengan spesifikasi dan fitur yang memumpuni serta menarik. Termasuk kedalam...

baca lainnya

30 Komentar

  1. Mantap gan klo bawa matic gak cape manual, sayang belum punya mobil nie heheehe…

    Balas
    • belajar dulu gan,, biar kalo dah punya,, udah bisa mengemudinya dengan baik dan benar

      Balas
  2. Makasi infonya. Belum pnya Mobil matic sih. Buat persiapan nanti kalo punya

    Balas
    • mempersiapkan segalanya itu lebih penting πŸ˜€

      Balas
  3. Makasi infonya. Belum pnya Mobil matic sih. Buat persiapan nanti kalo punya

    Balas
  4. Ggakk punya mobil
    :v

    Balas
    • Samaaaaa dong,,, tapi apa salahnya belajar nyetir mobil matic

      Balas
  5. Nah ini ak belum pernah megang matic

    Balas
    • masa sih mas belum pernah megang matic πŸ˜€

      Balas
  6. Enak kalo punya mobil, apalagi yang matic..

    Semoga bisa terwujud. Aamiin

    Balas
  7. Bener banget ini tata cara mengemudi mobil matic. Yg paling penting hati2 di jalan dan nggak sambil mainan hp

    Balas
    • hahahhaha siap siappppp .. utamakan keselamatan, karena savety mulai dari saya

      Balas
  8. Bagus cuma kurang lengkap om, sebaiknya dijelaskan teknik mengemudi dan fungsi transmisi secara detail, ada beberap mobil yang punya tombol kecil disamping transmisi, ada yang nggak, ada yang urutannga P, R, N, D, 1, 2 L, ada yang P, R, N, D-3, 2, L. dan huruf serta angka tersebut fungsinya apa serta cara pindahnya bagaimana, biar lebih joss…

    Balas
    • terima kasih atas masukannya,, segera dilakukan perbaikan agar lebih jooooosssssssss

      Balas
  9. Berhubung baru belajar bawa mobil kayaknya bagus juga nih, kalau bisa kasih videonya donk win biar pembaca lihat juga cara-caranya yang benar

    Balas
    • maaf saya bukan vlogger kaya sampean om πŸ˜€

      Balas
  10. Saya Pernah terpaksa bawa mobil matic, dan ternyata tidak semudah bawa mobil manual menurut saya.
    awalnya agak kedut-kedut saat injak rem dan lepas gas.. hahaha

    boleh juga nih tutorialnya..
    ijin bookmark min

    Balas
    • jangan lupa aktifkan push noficationnya πŸ˜€

      Balas
  11. aku doong yang lagi belajar mengemudi mobil, ya matic ya manual doakan ya semoga lancar danbisa mengemudi dengan baik dan benar.

    Balas
    • semoga cepat dapat SIM ehhhh maksudnya semoga cepat lancar… tempat paling enak belajar mobil adalah jalan TOL

      Balas
  12. Saya pernah ikut kursus pun gak bisa bisa mas. Kagok trs! Nabrak orang iya. Tapi awal-awal nya takut sih tp kalo inget tekniknya dan udah biasa pasti bisa

    Balas
    • orang terbiasa karena bisa… ehhh ini gimana kali kalimatnya :v

      Balas
  13. Langkah ke 0: harus ada mobil dulu nih ya. Hehe dibookmark dulu deh sapa tau besok dapat hadiah mobil matic.

    Balas
    • betulllllllllllll banget,,,, yuk mari berdoa siapa tau menang lotre

      Balas
  14. mobil jenis matic mudah untuk dikendalikan…

    cuma waktu drive akan rasa kurang feel kerana tiada skill untuk tukar gear manual..

    Balas

Tinggalkan Balasan ke Kang Wira Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

436 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Pin It on Pinterest

Share This
%d blogger menyukai ini: