Ngabuburit

Istilah dalam bulan Ramadhan

Ngabuburit adalah sebuah istilah yang selalu muncul ketika kita memasuki bulan suci ramadhan seperti sekarang ini. Istilah ngabuburit datang dari daratan Jawa Barat yang berasal dari bahasa sunda, ngabuburit adalah sebuah aktivitas yang dilakukan menjelang waktu berbuka puasa. Kalau kita analisa arti perkata, kata “burit” yang artinya sore hari dan “nga” adalah sebuah aktivitas yang dikerjakan. Sehingga bisa diartikan juga ngabuburit ialah menunggu waktu sore hari. Entah siapa yang memulai ngabuburit ini, yang kini telahย  menjadi tradisi yang lekat dalam mengiringi keberkahan bulan ramadhan setiap tahunnya.

Tradisi ini memang sudah seperti rutinitas wajib disegala kalangan baik yang muda maupun yang tua. Dan pada kesempatan yang baik dibulan baik pula, saya akan membagikan sedikit cara ngabuburit asik ala MasIrwin yang pasti seru guna menunggu waktu berbuka puasa. Penasaran ? Apa aktifitas yang biasa saya lakukan ketika menunggu waktu magrib, simak dibawah ini:

Cara Ngabuburit Asik Ala MasIrwin

1. Mengunjungi Tempat-Tempat Seru

tempat seru, Taman Kota, Pasar Lama Tangerang, Citra Raya Wonder of World

Cara pertama yang biasa saya dan mayoritas orang lain lakukan adalah mengunjungi tempat-tempat yang seru untuk dikunjungi. Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi di daerah Tangerang seperti Pasar Lama Tangerang dengan banyak sajian kuliner yang disajikan, Taman Kota BSD dengan taman nan sejuk dapat membuat fresh pikiran, Citra Raya World Of Wonder dengan mini rekreasinya dan masih banyak lagi tempat-tempat seru yang patut dikunjungi sambil menunggu waktu berbuka puasa.

2. Bermain Game Favorit

Game MOBA, Ngabuburit maen game, serunya maen Gamepuasa, game yang dapat membatalkan puasa

Cara selanjutnya adalah bermain game favorit. Beberapa permainan memang cukup menguras banyak waktu seperti Mobile Legend, Digimon Frontliner, Vainglory dan lain sebagainnya. Dengan bermain game, kita mungkin akan lupa waktu dan tidak sadar waktu sudah adzan Magrib. Mungkin sebagian orang menggangap game tidak banyak manfaatnya, namun menurut salah satu penelitian di luar jawa “Bermain game dapat melatih kecerdasan otak, karena pemainnya akan dituntut untuk melewati sebuah rintangan yang telah disediakan“. Jadi mungkin bermain game, bisa menjadi alternatif ngabuburit asik kamu.

3. Menonton TV

nonton tv menunggu adzan magrib, cara ngabuburit

Cara ketiga adalah cara yang sering digunakan untuk menunggu waktu berbuka. Alasan yang simpel menggunakan cara ini adalah karena ada film favorit, malas keluar rumah ataupun takut ketinggalan doa berbuka puasa bareng Raisa. Banyak memang acara-acara yang bermanfaat menjelang berbuka yang disajikan stasiun televisi, namun ada acara paling dinantikan saat bulan yang penuh berkah ini yaitu acara Kumandang Adzan Magrib. Acara Adzan Magrib pasti yang kita nantikan, sampai-sampai mencari saluran televisi yang menyiarkan acara tersebut paling duluan.

4. Lazada Ramadhan Sale

Lazada ramadhan sale, bulan berkah, lazada 5 tahun

Cara yang terakhir adalah cara favorit saya dalam bulan ramadhan tahun ini. Mengunjungi salah satu E-commerce favorit saya yang terkenal dengan sistem COD (Cash On Delivery) dalam membeli keperluan apa saja. Dan pada Ramadhan kali ini, Lazada mengadakan event “Lazada Ramadhan Sale“. Event tersebut berlangsung dari tanggal 19 Mei sampai dengan 25 Juni 2017. Bagi kamu yang pecinta belanja online, akan sangat menyesal jika melewatkan event Lazada Ramadhan Sale. Karena Lazada memberikan diskon sampai dengan 70% yang meliputi fashiom, elektronik, gadget sampai peralatan rumah tangga. Pada event ini juga ada “Flash Sale” diwaktu-waktu tertentu, salah satunya pada waktu menjelang berbuka puasa.

Nah, itulah beberapa cara asyik ngabuburit di bulan Ramadhan versi saya, kalau teman-teman punya cara ngabuburit asik lainnya, silahkan ditulis dikolom komentar. Ingat yah ngabuburit memang tidak dilarang, namun ada baiknya ngabuburit yang kita lakukan tidak mengurangi pahala puasa kita.

Wasallam,

Subscribe To MasIrwin Blog Newsletter

Yuk gabung dalam Subscriber Masirwin Blog, Dapatkan info lomba blog terbaru dan terupdate serta artikel menarik lainnya, hanya di Masirwin Blog.

You have Successfully Subscribed!