Definisi Algoritma – Selamat datang di Blog sederhana ini. Pada postingan ini, kita akan membahas dan belajar mengenai definisi Ilmu algoritma (Algorithm). Setelah di postingan sebelumnya, kita sudah membahas mengenai sejarah algoritma dari awal mula hingga sekarang yang disebut-sebut sebagai jantungnya ilmu informatika. So, mempelajari lebih dalam kita perlu mengetahui apa itu algoritma dan untuk apa algoritma ada. Dan berikut beberapa definisi dari Algoritma dari beberapa ahli :

Definisi Algoritma Menurut Para Ahli

  • Menurut Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi, Seorang Matematikawan Islam dari Uzbekistan

Algoritma adalah suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu persoalan yang ada.

  • Menurut Goodman dan Hedetniemi, penulis buku “Introduction to the Design and Analysis of Algorithms

Algoritma merupakan Urut-urutan terbatas dari operasi terdefinisi dengan baik, yang masing-masing membutuhkan memory dan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah.

  • Menurut Donald Ervin Knuth, seorang ilmuan terkenal dalam bidang komputerisasi

Algoritma yaitu Sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus.

  • Menurut Seymour Lipschutz dan Marc Lipson, keduanya penulis buku tentang aljabar dan seorang praktisi matematika dan komputer

Algoritma merupakan suatu daftar langkah demi langkah yang terhingga dari instruksi-instruksi yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk permasalahan tertentu.

  • Menurut Marvin Minsky, seorang Ilmuwan dibidang Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Algoritma adalah seperangkat aturan yang memberitahukan kepada kita dari waktu ke waktu, tepatnya bagaimana untuk bertindak.

  • Menurut David Bolton, seorang praktisi dibidang teknologi asal Australia

Algoritma merupakan sebuah deskripsi suatu prosedur yang berakhir dengan sebuah hasil.

  • Menurut Andrey Andreyevich Markov, Matematikawan asal Rusia

Algoritma adalah hal umum untuk dipahami sebagai suatu keputusan yang tepat untuk mendefinisikan proses komputasi yang mengarahkan dari data awal hingga hasil yang diinginkan.

  • Menurut Romi Satria Wahono, salah satu praktisi Komputerisasi terbaik dari indonesia pemilik dari situs ilmukomputer.com

Algoritma adalah logika, metode dan tahapan (urutan) sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan.

Kesimpulan Definisi Algoritma Menurut Para Ahli

Berdasarkan dari definisi algoritma yang dijabarkan oleh beberapa ahli. Kita dapat mengetahui bahwa kata kunci dari algoritma (algorithm) adalah jelas dan logis. Ini menandakan bahwa saat kita merangkai atau menyusun sebuah algoritma harus logis dan jelas agar nantinya keluaran (hasil) benar. Bisa diartikan juga algoritma dirancang untuk menyelesaikan masalah. Jika intruksi yang dijabarkan kurang jelas dan logis maka masalah tidak dapat terselesaikan dengan baik atau hasilnya tidak sesuai dengan kita inginkan. Algoritma juga dapat disajikan dalam 2 bentuk, yaitu bentuk tulisan/bahasa dan bentuk gambar. Penyajian bentuk tulisan biasa disebut pseudocode dan penyajian dalam bentuk gambar disebut flowchart. Setelah ini kita akan bahas keduanya setelah kita bahas apa saja yang ada dalam algoritma.

Demikian postingan mengenai “Definisi Algoritma Menurut para Ahli“, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Bila ada kata-kata yang salah mohon dikoreksi. Keep Calm and Stay Code Programming!!!

Sumber :

Subscribe To MasIrwin Blog Newsletter

Yuk gabung dalam Subscriber Masirwin Blog, Dapatkan info lomba blog terbaru dan terupdate serta artikel menarik lainnya, hanya di Masirwin Blog.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This