Gaji Kecil Bukan Alasan Tidak Bisa Menabung – Harapan semua pekerja seperti saya (masirwin) adalah memperoleh gaji yang mencukupi kebutuhan sehari-hari, apalagi jika masih ada sisa yang bisa digunakan untuk menabung #idaman. Akan tetapi pada kenyataannya tidak semua pekerja memperoleh gaji dalam jumlah yang cukup besar. Gaji yang pas-pasan seringkali habis tak bersisa hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk diri sendiri dan keluarga. Gaji yang pas-pasan juga biasanya dijadikan alasan utama seseorang tidak memiliki tabungan. Pada dasarnya tabungan ini merupakan hal yang perlu dimiliki setiap orang untuk cadangan ketika kondisi darurat dan sebagai investasi di masa depan.

Sejatinya, menabung tidak hanya dapat dilakukan oleh pekerja yang bergaji besar saja. Anda yang memiliki gaji pas-pasan pun bisa tetap menabung asalkan dapat mengatur keuangan dengan baik dan benar. Tidak ada hal yang tidak mungkin asalkan ada niat yang kuat dari dalam diri pasti dapat terlaksana. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika Anda ingin memiliki tabungan meskipun dengan kondisi keuangan yang pas-pasan, berikut ini diantaranya :

rencanakan budgetm budgeting, tokopedia, toko online murah, Gaji Kecil Bukan Alasan Tidak Bisa Menabung

1. Langsung pisahkan sebagian uang untuk ditabung setelah Anda menerima gaji

Jika ingin memiliki tabungan maka Anda harus langsung memisahkan sebagian dari gaji bulanan Anda untuk disimpan. Jangan menabung dari sisa uang bulanan karena gaji yang jumlahnya tidak terlalu besar bisa jadi tidak tersisa di akhir bulan. Pemisahan uang tabungan di awal akan membuat Anda harus menyesuaikan gaya hidup dan pengeluaran lainnya sesuai dengan sisa uang yang Anda miliki. Secara tidak langsung Anda akan dipaksa untuk hidup hemat agar uang Anda cukup hingga akhir bulan.

2. Sisihkan uang setiap harinya dengan nominal tertentu

Sebaiknya Anda menetapkan nominal yang pasti untuk ditabungkan setiap harinya. Nominal tabungan yang konsisten akan membuat Anda lebih mudah menghitung tabungan yang Anda miliki. Anda bisa menetapkan nominal yang sekiranya tidak membebani Anda misalnya Rp 10.000,00 atau Rp 5.000,00.

Anda bisa menyimpan uang tersebut di sebuah wadah khusus yang transparan. Menyimpan dengan wadah transparan ini bisa membantu memotivasi Anda untuk terus menambah pundi-pundi tabungan Anda. Menabung setiap hari dengan nominal yang kecil tidak akan terasa memberatkan. Tanpa terasa uang Anda akan terkumpul hari demi hari dan dapat digunakan untuk keperluan-keperluan Anda.

3. Simpan uang-uang koin di wadah khusus

Tanpa disadari pasti Anda sering kehilangan uang koin dengan mudah. Uang koin ini terkadang tidak terlalu dianggap keberadaannya karena nominalnya yang kecil serta bentuk uang koin yang dianggap memenuhi dompet. Seringkali uang koin ini tercecer dan hilang begitu saja.

Apabila dihitung-hitung uang koin Anda yang hilang setiap harinya bisa berjumlah lumayan besar jika dikumpulkan. Oleh karena itu sebaiknya Anda menyiapkan wadah khusus untuk menampung uang-uang koin sisa kembalian belanja. Siapkan wadah dengan ukuran cukup besar agar dapat menampung uang koin dalam jumlah banyak sekaligus.

Cara ini bisa membuat ruangan Anda lebih rapi tanpa adanya uang koin yang tercecer sekaligus bisa berfungsi sebagai tabungan. Nominal uang koin yang kecil apabila terkumpul terus-menerus bisa Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari dan bisa menjadi cadangan ketika ada di kondisi darurat. Ketika sudah terkumpul banyak, Anda bisa menghitung jumlah uang koin Anda dan mengelompokkannya dalam nominal tertentu untuk kemudian ditukarkan ke Bank.

4. Buat rekening tabungan khusus

Cara lain untuk menabung dengan gaji kecil adalah membuat rekening bank khusus untuk tabungan. Biasanya setiap orang memiliki 1 rekening bank pribadi yang berisi uang simpanan yang dapat diambil sewaktu-waktu untuk kebutuhan pribadi harian. Anda akan sulit memantau dan mengatur uang simpanan Anda jika Anda menggabungkannya di dalam rekening yang sama. Jumlah tabungan akan sulit dikontrol dan bisa jadi ikut terambil untuk kebutuhan harian. Maka dari itu sebaiknya Anda membuka 1 rekening khusus untuk tabungan masa depan. Pilihlah bank serta jenis rekening dengan biaya administrasi yang paling rendah. Cara ini cukup efektif untuk menjaga uang tabungan Anda tetap utuh.

5. Hidup hemat

Hidup hemat mutlak diperlukan jika Anda tetap ingin menabung dengan uang bulanan yang ala kadarnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda harus menyisihkan sebagian uang untuk ditabung langsung setelah Anda menerima gaji bulanan. Hal ini membuat Anda hanya dapat memenuhi kebutuhan hidup dari sisa uang bulanan yang Anda miliki. Agar Anda tetap dapat memenuhi kebutuhan harian sampai dengan akhir bulan maka Anda perlu menerapkan berbagai langkah penghematan. Langkah pengehematan ini diantaranya dengan:

1. Mengurangi jajan dan makan di luar

Sering makan di luar seperti di restoran bisa sangat menguras kantong. Sebaiknya Anda membeli bahan makanan dan memasaknya sendiri di rumah karena cara ini jauh lebih hemat.

2. Membawa air minum dalam botol dari rumah

Membawa botol air minum akan mengurangi pengeluaran untuk membeli minuman kemasan. Pengeluaran untuk membeli minuman kemasan ini biasa dialihkan untuk keperluan lainnya atau untuk ditabung.

3. Membawa uang tunai dalam jumlah pas saat bepergian

Membawa uang pas akan membantu mengerem belanja Anda. Sebelum pergi belanja, rencanakan terlebih dahulu apa yang akan Anda beli dan bawa uang hanya sedkit lebih banyak dari perkiraan yang dibutuhkan.

6. Siapkan dana darurat di luar tabungan Anda

Dalam menjalani kehidupan terkadang ada situasi tertentu yang memaksa Anda mengeluarkan dana tak terduga contohnya kecelakaan, musibah ataupun sakit. Kondisi ini tentu harus Anda antisipasi dengan memiliki simpanan khusus untuk keadaan darurat. Sebaiknya dana darurat ini dipisahkan dari tabungan utama Anda agar Anda tidak harus mengambil tabungan ketika berada dalam kondisi terdesak.

7. Investasi

Apabila uang tabungan Anda sudah terkumpul cukup banyak maka sudah saatnya berinvestasi dengan barang lain yang lebih menguntungkan. Menyimpan tabungan dalam bentuk uang tidak akan memberikan keuntungan lebih ketika disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Akan lebih menguntungkan jika Anda berinvestasi dalam bentuk logam mulia, tanah atau properti. Nilai-nilai barang tersebut akan terus meningkat seiring berjalannya waktu sehingga nilai tabungan Anda juga tidak diam di tempat. Sebaiknya jangan berinvestasi dengan membeli barang elektronik atau kendaraan. Barang-barang tersebut akan membutuhkan biaya perawatan serta nilai barangnya akan terus menurun seiring meningkatnya masa pakai.

8. Bijak menentukan pinjaman dalam kondisi darurat

Jika Anda berada dalam kondisi darurat keuangan maka Anda perlu mencari sumber dana pinjaman. Anda harus selektif memilih penyedia jasa pinjaman agar Anda dapat mengembalikannya kembali tanpa ada masalah berarti. Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa jaminan yang mudah dan aman. Di Tien24 Anda bisa mendapatkan pinjaman uang sesuai dengan jumlah yang Anda butuhkan. Anda juga dapat menentukan sendiri jangka waktu pembayaran yang Anda inginkan. Pinjaman jangka pendek ini dapat Anda manfaatkan dan dapat pula Anda bayar tanpa membebani Anda dalam waktu yang lama.

Nah, Itu tadi trik-trik menabung bagi Anda yang berpenghasilan pas-pasan. Disiplin diri serta konsistensi dalam menerapkan trik-trik ini harus Anda lakukan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

WAJIB KAMU TAHU

Jenis-jenis Wakaf yang Harus Kamu Ketahui

Jenis-jenis Wakaf yang Harus Kamu Ketahui

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang wakaf dan beberapa jenis-jenis wakaf dalam Islam.   Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Berbicara mengenai wakaf, tidak sedikit masyarakat yang beranggapan bahwa wakaf hanya berupa tanah dan bangunan saja....

baca lainnya

18 Komentar

  1. Mantaps, boleh dicoba nih, Makasih Infonya ya gan 🙂

    Balas
    • Semoga Bermanfaat artikel tentang mengatur tabungan walau gaji kecil

      Balas
  2. Tips nomer 3 malah sering ilang dibuat jajan keponakan

    Balas
    • sembunyikan saja biar tidak ketauan ponakannnya

      Balas
  3. Ngumpulin receh dari adsense termasuk menabung juga berarti ya om 😂😂

    Balas
  4. Tambahan mas, Nabung ke Yang Maha Kuasa. Biar berkah dan bunganya berlipat ganda (Amal).

    Balas
  5. Boleh juga nih langkahnya dan bisa diterapin bagi saya.

    Balas
  6. Pade kemana nih orang..?😱😱😳

    Yaa!! Bicara soal tabungan mau banyak mau sedikit intinya harus ada niat dari hati kita paling dalam…

    Karena manusia gaji kecil dan besar tetap tidak pernah ada cukupnya….yaa! intinya jauhkanlah membeli hal-hal yang tidak perlu…

    Dan mungkin tips 8 diatas bisa dicoba…😄😄😄

    Balas
    • Widihhhh keren nih komentarnya,,, saya kasih jempollll

      Balas
  7. Jangan lupa sedekah mas..
    Sebab sedekah adalah tabungan paling sempurna. Baik di akhirat atau di dunia.

    Sedekah juga termasuk dalam bagian menabung ya kan mas 😊

    Balas
  8. Masih belum bisa nerapin semua sih….. tapi guud artikelnya gan

    Balas
  9. itu bener banget tips yang membuat ekening tabungan khusus, rencana sih iyaa mau nabung, tapi liat di atm masih ada dolar maunya narik aja terus wkwkw, jadi dengan ada rekening terpisah itu bisa sangat memungkinkan untuk menabung walau gaji kecil yah mas irwin

    Balas
    • wah sama donk kaya saya,,,, tapi sekarang saya pake Rek Jenius,, bisa di Amankan untuk menabung

      Balas

Tinggalkan Balasan ke Irwin Andriyanto Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PROMO MENARIK

Ingin Kerjasama Dengan Masirwin Note?

Masirwin Note menerima Job Review, Guest Post dan masih banyak lagi.

369 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Pin It on Pinterest

Share This
%d blogger menyukai ini: