Ingin Smartphone Selalu Awet? Hindari 6 Kebiasaan Ini!

Siapa nih yang pernah punya smartphone tapi gak pernah tahan lama dan cepat rusak?

Memberikan perawatan HP yang tidak tepat termasuk salah satu faktor kenapa smartphone cepat rusak dan gak awet. Untuk merawat smartphone agar awet, kamu bisa memulainya dengan memperhatikan kebiasan sehari-hari yang dilakukan pada smartphone.

Mungkin saja ada beberapa kebiasaan tertentu yang tanpa kamu sadari bisa bikin HP rusak. Kalau smartphone awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lama, pengeluaran kamu pastinya akan lebih hemat karena tidak membeli HP dalam beberapa tahun.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut sejumlah kebiasaan yang harus dihindari agar smartphone bisa awet dan tidak cepat rusak.

 1. Menyimpan dalam Tas Tanpa Memberi Pelindung HP

Menyimpan dalam Tas Tanpa Memberi Pelindung HP

Tas yang berisi berbagai macam benda bisa saja ada barang yang cukup tajam dan bisa merusak bagian LCD Samsung s7 milikmu. Oleh karena itu, berilah pelindung pada smartphone kamu, seperti tempered glass dan casing HP. Biar lebih aman lagi, taruh smartphone di tempat yang tidak banyak barang. Biasanya di beberapa model tas ada yang dilengkapi dengan banyak tempat untuk menaruh barang.

2. Tidak Membersihkan Bagian dalam HP

Tidak Membersihkan Bagian dalam HP

Walau tertutup rapat, namun debu-debu dan kotoran bisa masuk ke dalam smartphone dan LCD Samsung J7 Pro karena polusi serta debu halus dari berbagai tempat lainnya.

So, sesekali berikanlah perawatan pada HP kamu dengan membersihkan bagian dalam smartphone. Tapi, kalau kamu tidak mengerti betul tentang membongkar bagian dalam smartphone, ada baiknya jangan lakukan sendiri.

Cobalah untuk melakukannya di konter gadget karena mereka pasti bakal lebih paham tentang hal ini. Gak masalah kok mengeluarkan budget sedikit buat membersihkan ponsel kita, yang terpenting HP kesayangan bisa awet.

Baca Juga : Selain Smartphone, Samsung juga Produksi 5 Gadget unik ini

3. Membiarkan Ponsel Terpapar Sinar Matahari

Membiarkan Ponsel Terpapar Sinar Matahari

Smartphone yang terpapar sinar matahari bisa membuat perangkat jadi overheat. Ini tentu gak baik buat smartphone karena HP yang panas dapat berdampak buruk pada produktivitas dan baterai smartphone.

Tak hanya itu, kondisi smartphone yang sangat panas juga bisa membuat sistem chip pada ponsel jadi rusak. Oleh karenanya, hindarilah kebiasaan ini meski sinar matahari terhalang oleh kaca sekalipun.

4. Meng-install Aplikasi dari Sumber Gak Jelas

Meng-install Aplikasi dari Sumber Gak Jelas

Apakah kamu pernah men-download aplikasi yang bukan dari aplikasi resmi seperti AppStore atau PlayStore? Jika pernah, mulai dari sekarang tinggalkan kebiasaan ini.

Perlu diketahui bahwa beberapa situs tidak jelas dan bermasalah bisa bikin keamanan ponsel terancam. Gak jarang situs-situs tersebut mengandung malware yang bisa merusak sistem pada smartphone.

Jika smartphone sudah terhubung oleh malware, maka peretas bakal mengambil data di smartphone kita dengan mudah. Bahkan malware bisa membuat performa HP menurun dan device melambat.

5. Men-charger HP Sembarangan

Men-charger HP Sembarangan

Kebiasan satu ini seringkali dilakukan banyak orang, entah disadari maupun tidak. Memakai kabel charger yang gak sesuai dengan smartphone atau KW bisa jadi penyebab ponsel jadi rusak.

Selain itu, kebiasaan mengisi daya smartphone dalam waktu lama hingga semalaman juga tidak baik. Karena itu akan membuat baterai cepat boros dan rusak.

Kalau normalnya baterai smartphone butuh 3 jam agar baterai ponsel terisi penuh, pastikan kamu mengisinya sekitar satu jam.

Itulah sejumlah kebiasaan yang membuat smartphone cepat rusak dan gak awet. Kini sudah tahu kan kebiasaan apa saja yang bisa bikin ponsel tidak tahan lama? Yuk, Segera tinggalkan kebiasaan-kebiasan tersebut agar smartphone kesayangan bisa awet dan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar