Internet Dedicated: Tiga Kunci Keberhasilan Bisnis di Era Digital

Photo of author
Written By Irwin Andriyanto

Seorang yang mengaku blogger padahal isi blognya placement semua.

Akses internet yang cepat tentunya menjadi kebutuhan pokok manusia di era digital ini. Internet sangat erat hubungannya dengan aktivitas manusia, tanpa jaringan internet manusia bisa saja kebingungan.

Dunia yang bergerak cepat sejak hadirnya internet menghadirkan berbagai macam kebiasaan, cara kerja, dan teknologi baru. Perubahan ini terjadi hampir di seluruh sektor kehidupan, salah satunya sektor ekonomi terutama di dunia bisnis.

Sifat adaptif dan mampu bertahan merupakan sifat yang wajib dimiliki oleh  business owner demi mempertahankan bisnisnya di tengah gempuran perubahan masif.

Teknologi kian berperan dalam terciptanya inovasi-inovasi dalam dunia bisnis. Seorang business owner harus bisa memanfaatkan peluang dari munculnya teknologi mutakhir. Strategi yang diterapkan pada bisnis di era digital ini tidak bisa disamakan dengan strategi bisnis konvensional.

Oleh karena itu, business owner harus pandai membuat perencanaan strategi bisnis yang sesuai dengan karakteristik dari konsumen dan bisnis itu sendiri agar berhasil bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat.

tips keberhasilan bisnis di era digital
Tips keberhasilan bisnis di era digital

Simak tips keberhasilan bisnis di era digital berikut ini:

1. Kenali konsumen Anda

Mengenali konsumen merupakan langkah awal dalam berbisnis. Dalam berbisnis, Anda lebih baik membuat produk yang sesuai dengan karakteristik pelanggan yang telah ditetapkan. Dalam dunia digital yang berubah dengan cepat, strategi bisnis dan model bisnis juga harus menyesuaikan dengan keadaan.

Konsumen tentu tidak akan selamanya memiliki karakter dan behaviour yang sama, maka dari itu Anda harus terus memantau kondisi konsumen Anda agar model bisnis dan strategi yang diterapkan dalam bisnis terus sesuai dengan keinginan dan karakteristik konsumen.

2. Manfaatkan Teknologi dalam Semua Aspek Bisnis

    Anda harus memanfaatkan teknologi ini dalam seluruh aspek bisnis. Dari proses produksi Anda dapat menggunakan peralatan  yang sudah terintegrasi dengan Internet of Things.

    Saat ini banyak sekali alat yang terintegrasi dengan IoT. Internet of Things dipercaya mampu meningkatkan produktivitas proses produksi. Dalam aspek pemasaran Anda dapat menggunakan teknik digital marketing dengan tools-tools yang menarik.

    Dengan digital marketing, Anda dapat memasarkan produk secara tepat sasaran dan biaya yang terjangkau. Selain itu Anda juga dapat menggunakan berbagai sosial media untuk menjangkau dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen Anda.

    Hadirkan konten yang menarik dan sesuai dengan tren yang terjadi. Anda juga dapat membuat konten yang berkaitan dengan story dari brand yang Anda miliki, dengan demikian konsumen lebih engaged dan aware akan bisnis tersebut.

    Dari aspek operasional Anda dapat menggunakan sistem cloud untuk mengoptimasi penyimpanan data perusahaan. Dengan menggunakan cloud, data tersimpan aman dan memakan biaya yang terjangkau.

    Anda tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan biaya untuk membeli device storage dengan kapasitas tertentu dan status keamanannya diragukan. Anda juga dapat memanfaatkan tools-tools administrasi dan meninggalkan sistem pencatatan manual.

    3. Hadirkan layanan terbaik

    Tips yang ketiga adalah Anda harus menghadirkan layanan yang terbaik kepada konsumen. Pepatah berkata ‘konsumen adalah raja’ maka layani lah konsumen Anda seperti raja.

    Hadirkan sistem pelayanan yang terbaik secara digital dan konvensional. Rumuskan strategi yang baik dalam menghadirkan pelayanan, karena dengan pelayanan yang baik akan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

    Jika Anda telah mengantongi kepercayaan pelanggan, maka akan dengan mudah bagi perusahaan untuk menjual produk Anda. Pelayanan yang baik tentunya akan menghadirkan kesan yang positif, hal tersebut juga akan meningkatkan kepercayaan pelanggan pada perusahaan.

    Ketiga tips di atas tentunya akan berjalan dengan lancar dengan dukungan internet berkecepatan tinggi. Maka, Anda sebagai business owner harus pandai memilih layanan internet yang cocok untuk kelangsungan bisnis Anda.

    Telkom Indonesia, salah satu BUMN terbesar di Indonesia, memiliki layanan dedicated internet yang mampu menyokong bisnis Anda. Layanan ini diberi nama ASTINet, dengan ASTINet seluruh kegiatan bisnis yang menggunakan internet akan berjalan dengan lancar dan nyaman. Gunakan ASTINet sekarang!

    Tinggalkan komentar

    Mau kerjasama dengan Masirwin Note's

    Caranya mudah, Cukup kirim email ke email dibawah ini.

    Irwin@tangerangdigital.id