Jenis Alergi Makanan Laut dan Cara Mengobatinya

Jenis Alergi Makanan Laut dan Cara Mengobatinya – Tentunya banyak diantara Anda yang gemar dalam konsumsi makanan laut atau seafood bukan, mengingat rasanya yang enak dengan beragam pilihan menu, ada cumi, kepiting, ikan hingga udang yang kaya akan kandungan gizinya. Namun juga tak memungkiri bahwa sebagian besar orang memiliki alergi pada jenis makanan yang satu ini.

Beberapa zat yang terkandung di dalamnya memicu pembengkakan pada kulit hingga rasa gatal yang berlebihan. Jadi jenis alergi pada seafood adalah hal yang umum terjadi, khususnya rentan usia anak-anak. Hanya dengan mengkonsumsi beberapa gram saja sudah membuat tubuh menunjukkan gejala alergi. Jika dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak tentunya akan sangat berbahaya bagi nyawa Anda.

Jenis Alergi Makanan Laut dan Cara Mengobatinya

Alergi makanan laut, bahaya alergi seafood, aksi peduli alergi,

Masalah alergi yang satu ini memang tak dapat diobati, namun agaknya Anda bisa meredakan gejala-gejala yang sudah muncul, diantaranya adalah

1. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan quercetin tinggi, mungkin banyak diantara Anda yang belum mengenal bahan ini, senyawa quercetin bisa menekan kadar histamine yang didapatkan dari seafood atau makanan laut. Ia banyak didapatkan dari produk makanan berwarna cerah seperti buah dan sayuran. Secara alami dapat mengatasi gejala alergi di tubuh.

2. Menggunakan gel lidah buaya, tumbuhan yang satu ini memang dikenal kaya akan manfaat. Khususnya pada bagian gel nya, ia mengandung senyawa yang bagus untuk mengatasi rasa gatal dan juga panas di kulit, gunakan sebagai obat oles.

3. Konsumsi makanan yang kaya vitamin E, vitamin E dikenal bagus untuk kulit, tak hanya itu ia juga memiliki efek untuk mengatasi masalah sesak nafas. Pada sebagian orang yang alergi terhadap makanan laut.

4. Minum madu asli, madu asli kaya akan kandungan gizi juga zat yang berfungsi dalam melawan bahan penyebab allergen dari dalam tubuh. Bisa ditambahkan dalam air hangat atau perasan kunyit.

Segera kendalikan alergi makanan laut atau seafood ini karena bisa dialami oleh siapa saja. Baik itu anak-anak hingga orang dewasa, namun pilihan seafood atau makanan lautnya beragam. Ada yang bermasalah pada cumi, kerang, namun yang paling sering memang udang.

Wasallam

50 pemikiran pada “Jenis Alergi Makanan Laut dan Cara Mengobatinya”

  1. Saya nggak suka udang mas Irwin, nggak doyan, walaupun dimasak seenak apalaun, ya tetep gak suka. Hehehehe. Kalo seafood yang lain sih aman aman aja.

    Balas
  2. Kalau aku minuk air kelapa muda atau susu murni merk binatang itu lo, lumayan bisa sedikit menghilangkan alergi.

    Balas
  3. dulu pas masih TK saya juga masih alergi Udang, hingga SMA gak berani.
    namun saat kuliah memberanikan diri untuk mencoba alhasil ….. ternyata udah gak alergi hingga saat ini …
    Ayoooo Coba Makan Udang ,,

    Balas
  4. masalahnya saya penyuka udang.. cuma jadinya suka gatal-gatal atau jerawat muncul. Itu gimana mas solusinya yaaa??
    Kadang telur juga dapat jadi alergi ya untuk sebagian orang yang memakannya ?

    Balas
  5. Saya sering mengalaminya, ketika makan udang sesudahnya pasti kulit terasa gatal. Mungkin dengan minum madu asli bisa sedikit berkurang rasa gatalnya. Terima kasih tipsnya.

    Balas
  6. Aku pernah… Habis makan cumi2 telinga rasanya panas dan gatal.. Untung lagi di desa bisa langsung minum air kelapa muda….

    Balas
    • saya juga pantangan kalo makan seafood saya yang bayar 😀

      Makasih Mba Nur sudah meluangkan waktu berkunjung 🙂

      Balas
  7. Aku terpana sama foto depannya, Mas. Terlalu menggoda. Aku termasuk yang beruntung ga punya alergi terhadap makanan laut. Alhamdulillah.
    Tapi tipsnya berguna banget. Buat kalau ngajak temen-temen makan sea food dan mereka tahu-tahu alergi aku jadi bisa tanggap. Terima kasih.

    Balas
  8. sejak TK saya juga Alergi Udang, namun karena di biasakan dengan makan kerupuk udang, terus mencicip i udang, akhirnya udah gak alergi …. wkwkwk

    Balas
  9. Kelihatan dari foto awal bikin ngiler, saya paling suka sama udang dan kebetulan sya tidak alergi, tapi tetap saya baca toh mungkin berlaku untuk alergi yang lainnya.

    Balas
    • WOW thepowerof Image 😀

      Mungkin saja bisa, tapi lebih dikhususkan cara diatas untuk menanggulangi Alergi makanan laut

      Balas
  10. Membantu nih, bisa dishare ke teman, Mas. Terkadang bingung kalau alergi karena makanan itu. Gak nyaman dan gak bisa tidur pula.. duh..

    Aku sendiri alhamdulilah tidak alergi sama makanan laut gitu. Tapi lihat post ini, aku sampe gagal fokus foto udangnya, bikin pengen..hehe

    Balas
  11. Madu bisa mengatasi alergi seafood yaa? Baru tau nih. Biasanya kalo kena gatel2, saya minum obat alergi yang bikin ngantuk banget itu tuh.

    Balas
  12. Pernah ada teman saya habis makan rajungan (kepiting), eh tiba2 pipinya bengkak. Bingung dan kaget, tapi ternyata itu efek alergi makan rajungan tersebut. Andai dulu langsung nemu artikel ini, pasti bisa memberi pertolongan.. Hehe

    Balas
    • Hahahahahhaaaa duhhh saya telatposting,,, tapi setelah baca ini semoga ada kejadian serupa,, jadi bisa kasih pertolongan

      hihihihi

      Balas
    • betul sekali mba,,, bukan hanya untuk mengatasi masalah rambut rontok tapi juga untuk mengatasi alergi pada seafood

      Balas
  13. hmmm… saya pernah alergi ikan favorit saya
    stres berat rasanya

    akhirnya didiamkan selama seminggu, kemudian nggak alergi lagi deh
    bisa makan lagi sepuasnya >.<

    Balas
  14. Alhamdulillah saya mah nggak alergi sama seafood mas. Tapi apakah orang macam saya juga suatu saat bisa terkena alergi juga?

    Nice sharing mas

    Balas
  15. Alhamdulillah kalo aku nggak punya alergi makanan laut. Cuma dibatas aja kalo kebanyakan makan udang nanti kolesterol hehe

    Balas

Tinggalkan komentar