Jenis–Jenis Iklan di Internet Untuk Mendapatkan Target Leads

Digiads Telkomsel saat ini mulai mengembangkan sayapnya. Sebagai salah satu perusahaan di bawah naungan Telkomsel, Digiads hadir untuk membantu para pebisnis khususnya UMKM untuk mempromosikan produk mereka kepada target konsumen yang tepat.

Cara yang dipakai untuk promosi tentu saja melalui iklan internet. Iklan yang kita tahu, biasanya lewat begitu saja kan ketika kita membuka sebuah situs. Nah rupanya iklan ada beragam bentuk dan jenisnya. Melalui jenis-jenis iklan inilah, Digiads Telkomsel membantu para pebisnis UMKM untuk mendapatkan target konsumennya.

Mengenal Digiads Telkomsel

digiads telkomsel

Telkomsel Digital Advertising atau yang disingkat Digiads Telkomsel adalah unit perusahaan yang berasal dari Telkomsel yang memfokuskan diri pada periklanan produk dan jasa secara digital. Berdiri sejak tahun 2013 dan menargetkan diri ke 160 juta pelanggan Telkomsel yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Sebagai platform periklanan digital, Digiads menggunakan data aktivitas pelanggan Telkomsel untuk mengoptimalkan promosi produk dan jasa kepada calon konsumen.

Beberapa prestasi yang sudah diraih Digiads Telkomsel dalam hal promosi digital yaitu Promotion Award Silver Winner, Promotion Award Bronze Winner, ROLi Best Advertising App. Semua penghargaan tersebut diperoleh di tahun yang sama, yaitu 2018.

Digiads Telkomsel sangat efektif digunakan sebagai media promosi, mengingat dari sejumlah pelanggan Telkomsel yang ada di seluruh Indonesia, 98 persennya terjangkau oleh jaringan Telkomsel. Iklan apapun yang melewati internet, pasti sampai ke konsumen dengan bantuan jaringan yang bisa diterima pelanggan dengan baik hingga ke pelosok.

Selain itu, perilaku pelanggan Telkomsel juga terekam selama 24 jam nonstop dan 7 hari. Artinya target konsumen bisa dilihat dari berbagai aktivitas pelanggan Telkomsel yang bisa dilihat transparan dan detail.  Sehingga membantu UMKM untuk mempromosikan produk mereka dengan lebih tepat sasaran.

Jenis-Jenis Iklan untuk Promosi Produk Melalui Internet

Iklan yang digunakan untuk promosi secara digital lewat internet, ada 5 jenis. Digiads menggunakan kelima jenis iklan tersebut untuk membantu promosi produk barang dan jasa para pelaku UMKM. Kelima jenis iklan digital tersebut diantaranya :

1. Paid Search

Paid search adalah model iklan yang tertulis di mesin pencarian google. Biasanya berhubungan dengan kata kunci yang diketikkan di kolom pencarian. Ada label kata iklan di hasil pencarian google yang tertulis di pojok kanan, sebelum sebuah website ditulis.

Model paid search ini paling banyak digunakan karena pengguna google lebih banyak daripada yahoo dan sejenisnya, yaitu sekitar 84 persen. Calon konsumen juga kebanyakan mencari tahu tentang produk yang ingin mereka beli dengan mencari reviewnya di google sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak.

Cara yang paling tepat untuk menggunakan metode paid search ini adalah dengan menggunakan kata kunci dari produk yang ingin dipromosikan, sehingga calon konsumen bisa cepat mendapatkan informasinya.

2. Paid Social

Selain google, media sosial adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan berbagai produk barang atau jasa dari usaha Anda. Ada instagram, Facebook dan juga Twitter. Dari hasil riset APJII, ada 87,13 persen pengguna internet yang memanfaatkan sosial media mereka. Ini peluang emas untuk bisa mempromosikan produk agar banyak pengguna internet yang melihatnya.

Metode iklan yang digunakan adalah Instagram Ads, Facebook Ads dan juga Twitter Ads. Masing-masing jenis iklan mempunyai format iklan yang berbeda. Kita harus bisa memahami algoritma masing-masing untuk bisa membaca bagaimana sosial media itu bekerja, sehingga target market yang diharapkan pun lebih tepat sasaran.

3. Email Marketing

Email bisa digunakan untuk media promosi juga, selain google dan media sosial. Menurut penelitian yang dilakukan oleh McKinsey and Company, penggunaan email marketing ternyata 40 kali lebih efektif jika dibandingkan dengan facebook dan juga twitter.

Metode yang digunakan dalam email marketing adalah mengirimkan promosi produk melalui pesan komersil seperti newslatter

Penerima email marketing bisa mengeklik iklan yang dikirimkan jika berminat untuk membeli, atau mengabaikannya saja.

4. Remarketing

Remarketing adalah metode iklan dengan meneruskan iklan pada website yang sebelumnya dikunjungi, lalu muncul di website lainnya. Misal setelah mengunjungi website Digiads Telkomsel, lalu kita berkunjung ke situs lain. Maka iklan Digiads Telkomsel akan muncul juga di situs lain yang kita kunjungi.

Metode Remarketing ini bertujuan untuk menjaga keinginan calon konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

5. Video Marketing

Berdasarkan laporan Vidyard tahun 2017, video marketing memiliki efektivitas diterima konsumen sebanyak 70 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan konten lainnya.

Vidyard adalah sebuah perusahaan internasional yang bergerak di bidang marketing online. Selama bertahun-tahun, vidyard menguji cobakan berbagai konten berbentuk video. Hasilnya adalah fakta bahwa konsumen lebih suka disuguhkan konten berupa video karena terlihat lebih detail dan nyata.

Konten berbentuk video ini bisa berupa demo produk, webinar, vlog, video produk, tutorial dan juga streaming untuk keperluan Youtube Ads.

Ada banyak jenis iklan yang bisa digunakan untuk meningkatkan target konsumen atau leads. Dengan memperbanyak iklan, kemungkinan konsumen akan tertarik untuk membeli sebuah produk sangatlah besar. Digiads Telkomsel membantu pebisnis dan pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan, lewat promosi melalui kelima jenis iklan di atas. Efektif dan efisien.

Tinggalkan komentar