Langkah Awal Belajar Bahasa Pemrograman

Langkah Awal Belajar Pemrograman

Langkah awal belajar bahasa pemrograman – Pada postingan artikelini, saya akan berbagi beberapa langkah awal dalam memulai belajar bahasa pemrograman komputer. Dimana mungkin dari teman-teman sempat kebingungan mulai dari mana untuk mempelajarinya. Untuk mempelajarinya bisa dibilang sulit diawal mudah diakhir yang artinya pada awalnya kita memang merasa sedikit kesulitan dalam mempelajarinya, namun saat kita sudah mengerti pola-polanya semua akan terasa lebih mudah. So, ini dia langkah-langkah awal dalam mempelajari bahasa pemrograman :

1. Niat dan Tekad;

Sekedar informasi saja, jika kamu ingin terjun ke dunia pemrograman secara profesional. Kamu harus kudu mempunyai cukup niat yang kuat dan tekat yang bulat. Pertanyaan yang sering ditanyakan para senior adalah “Apa alasan kamu belajar bahasa pemrograman? Apakah karena nantinya akan dapat penghasilan yang menjanjikan atau sekedar ingin mencoba saja#truestory. Mungkin jawaban kita berbeda dalam menjawab pertanyaan barusan, tapi satu hal yang harus diketahui bahasa pemrograman komputer terus berkembang setiap harinya dan itulah alasan utama kita harus siap mempelajarinya terus menerus, kemungkin jika tidak punya tekad yang cukup kuat akan tereliminasi secara alam.

Niat dan Tekat Belajar Bahasa Pemrograman Komputer
Sumber : WeFunction.com

Hal lain yang jadi bahan pertimbangan adalah saat kamu benar-benar menjadi seorang programmer, kamu akan mengenal kata “DEADLINE” lebih seram dari sebelumnya. Dimana client atau user akan terus menghantui setiap saat sembari bertanya “program saya sudah sampai mana??“. Nah itu hanya sebagian kecil saja peristiwa yang akan kamu temukan saat terjun di dunia yang penuh bahasa pemrograman dan tidak ada maksud sedikitpun untuk membuat down atau mengurungkan niatnya. Justru saya ingin share untuk memupuk niat yang kuat dan tekad yang kalian miliki benar-benar bulat seperti tahu bulat.

2. Pelajari Algoritma;

Poin kedua dari langkah awal dari belajar bahasa pemrograman adalah mempelajari algoritma. Apa sih Algoritma itu? Menurut beberapa ahli, algoritma adalah sebuah urutan aksi-aksi/intruksi-intruksi yang dinyatakan secara jelas untuk memecahkan suatu masalah dalam waktu tertentu. Lalu mengapa algoritma adalah hal yang penting dalam bahasa pemrograman komputer?

Belajar Algoritma Komputer
Sumber : Stockpic.com

Kalau pendapat saya, ilmu algoritma (algorism) dapat di ibadatkan seperti pondasi sebuah program. Jika algoritmanya benar dan jelas maka program akan berjalan sesuai kita inginkan dan begitu pun sebaliknya jika algoritma salah dan kurang jelas maka program tidak akan berjalan sesuai yang kita inginkan. Kita mengetahui komputer tanpa adanya program hanya menjadi perangkat biasa, namun setelah ditambahkan program atau instruksi yang jelas maka komputer akan menjadi perangkat yang sangat berguna. Pada tahap awal pembelajaran, kita tidak perlu pelajari terlalu dalam, cukup pahami alur dasarnya dahulu bagaimana algoritma berjalan pada sebuah program komputer. Mungkin teman-teman punya pendapat lain mengenai seberapa pentingnya algoritma dalam mempelajari bahasa pemrograman komputer ini, dapat diutarakan dikolom komentar yang sudah saya sediakan diakhir postingan ini.

3. Pelajari Bahasa Pemrogaman Dasar;

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan saat ingin terjun ke dunia per code an ini adalah ”Bahasa pemrograman pertama kali yang harus dipelajari apa?#TrueStoryAgain. Singkat cerita, sebelum kita menentukan bahasa yang pertama kali dipelajari adalah menentukan akan konsentrasi bahasa pemrograman. Beberapa jenis konsentrasi pemrograman adalah pemrograman berbasis desktop atau pemrograman berbasis web atau pemrograman berbasis mobile. Nah, setelah kita menentukan ingin fokus berkonsentrasi pada pemrograman mana, barulah kita cari tahu bahasa programan dasar yang cocok seperti berikut :

  • Jika kamu memilih pemrograman desktop, ada baiknya kamu belajar pascal atau bahasa C.
  • Jika kamu memilih pemrograman web, cobalah belajar dari HTML dan CSS.
  • Jika kamu memilih pemrograman mobile, kamu dapat mulai dari Java.

Tujuan dari kita mempelajarinya agar kita mengetahui dasarnya dulu dan memperkuat algoritma dan logika kita dalam membangun sebuah program agar lebih terstruktur lebih baik. Bahasa-bahasa yang tadi saya sebutkan memiliki tingkat kerumitan yang relatif dapat dikatakan mudah.

4. Pahami dan Kuasai Dasar-Dasar Bahasa Pemrograman;

Pahami Dasar-Dasar Pemrograman
Sumber : Stockpic.com

Setelah kita memilih bahasa pemrograman yang pertama kita pelajari, langkah selanjutnya adalah memahami dan menguasai dasar-dasar yang ada pada bahasa pemrograman. Pada setiap bahasa pemrograman, istilah dasar seperti tipe data, tipe operator, percabangan, fungsi, larik (Array), perulangan dan istilah lainnya bisa dibilang hampir sama hanya saja yang membedakan adalah penulisan pada sintaksnya saja. Dan satu hal yang harus kamu ketahui apabila dasar-dasarnya sudah kita pahami sampai akar-akarnya. Mungkin bahasa pemrograman lainnya dapat dikuasai dengan cepat. Dan sedikit info, nantinya saya akan membahas beberapa istilah dasar-dasar dalam bahasa pemrograman pada blog ini dengan bahasa pemrograman java.

Kesimpulan  : Belajar bahasa pemrograman

Langkah-langkah diatas adalah langkah yang saya ambil dari pengalaman para senior dalam hal pemrograman. Intinya saat kita belajar bahasa pemrograman adalah kemauan untuk terus belajar dan berkembang, tidak ada kata merasa puas dengan hasil yang ada. Terus belajar dan temukan bug – bug yang banyak karena dari bug itulah kita mendapatkan ilmunya.

Mungkin cukup sekian tulisan saya tentang ”Langkah Awal Belajar Pemrograman“, bila ada kesalahan mohon dimaafkan karena kita manusia yang tak luput dari salah. Saya juga menunggu respon teman-teman semua dapat melalui kolom komentar dibawah maupun email di hai@masirwin.com ;

Wassalam.

36 Comments

  1. mohammad agustiar
    17 Oktober 2016

    wah mas irwin blognya baru update lagi yak, perasaan dulu ngebahasnya bukan programming deh hehe, bener banget langkah awal buat belajar pemrograman itu ketahui dan pahami dasarnya dulu soalnya kalo dasarnya udah tau, buat pindah2 bahasa pemrograman lainnya jadi lebih mudah 😀

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      3 November 2016

      Sekarang mau bahas yang disukai aja mas… Biar lebih berasa passion dan niche nya hihi… Dulu mah masih sibuk ikut lomba blog sana sini… Hihi

      Balas
  2. arga
    17 Oktober 2016

    Keren om templatenya boleh minta om

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      3 November 2016

      Boleh om

      Balas
  3. arga
    17 Oktober 2016

    Keren om tulisan template pasti ini diterima adsene yah

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      3 November 2016

      wah belum kepikiran untuk daftar kesana

      Balas
  4. Muhammad sajili
    18 Oktober 2016

    Sebenernya pengen sih belajar secara otodidak, tapi bingung mulainya harus dari mana dulu, thanks ya gan atas pencerahannya..

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      3 November 2016

      Yang penting ada niat pasti bisa ko… jangan bingung-bingung tar keduluan yang lain

      Balas
  5. Aris Agung Wibono
    19 Oktober 2016

    Alhamdulillah, sekarang lagi training Java di Kampus. Di Kantor, biarpun saya SysAdmin, tetep setiap hari ketemu sama PHP, baik Native/Framework karena sebagai Infra juga setidaknya paham dengan Bahasa Pemrograman yang digunakan Tim Developer. Terima kasih untuk Tips Langkah Awal Belajar Bahasa Pemrogramannya, Bro.

    Nice article.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      3 November 2016

      Berjuang selalu mas,,, jangan pernah menyerah dengan keinginan dari Client yang aneh-aneh…

      Balas
  6. Hendra Suhendra
    19 Oktober 2016

    Wah, baru aktif lagi mas. Blognya berubah total yaa, pembahasannya lebih spesifik nih… Welcome back

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      3 November 2016

      hehehe iya nih,,, semoga tetap istiqomah

      Balas
  7. usman west java
    21 Oktober 2016

    mantap gan,,, perlu usaha dan kerja keras untuk mmpelajari bahasa pemrograman…

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      3 November 2016

      Selamat Berjuang,,, kalo punya niat dan tekat pasti bisa….

      Balas
  8. andriekristianto
    28 Oktober 2016

    wah belajar dasar dasarnya agak sulit juga ya, saya baru tahap eclipse 7.T

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      3 November 2016

      Tahap itu sih bukan dasar tapi sudah expert…. suka merendah nih mas andrie

      Balas
      1. Andrie Kristianto
        13 November 2016

        beneran, eclipse baru diajarinn tahap pertama untuk dasar pemogramannya, wuaahh itu sangat sulit sekali :'(

        Balas
        1. Irwin Andriyanto
          22 November 2016

          kalo langsung kesana memang keliatannya sulit karena mas Andrie lum paham betul membangun software…. belajar dari yang gampang dulu saja mas…. kaya java atau C++ atau yang lagi tren Phyton

          Balas
  9. web portal pendidikan
    12 November 2016

    alhamdulillah ane sudah melewati langkah ini. sedang proses belajar

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      22 November 2016

      Semangat Terus Mas,,, Yang penting terus belajar, belajar dan belajar.. jangan menyerah dengan BUG yang ada

      Balas
  10. zaki
    12 November 2016

    wah hal paling males saya pelajari adalah programming.
    bener pusing dah belajarnya.
    saya mending memperdalam penulisan dan fotografi aja. udah enggak kuat otak saya belajar programming.
    tapi ketika bikin blog, galleri, online dll.
    memang perlu orang dengan skill bahasa program ini. saya lebih memilih untuk kerja sama orang lain aja deh hehehe.
    oh iya mas kalau kebetulan cari tips fotografi mampir juga dong ke blog saya
    gariswarnafoto[dot]com

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      22 November 2016

      saya bisa diajak kerjasama loch mas hahahaha,, saya suka juga fotography nanti saya kunjungi mas

      Balas
  11. Bai Ruindra
    12 November 2016

    Saya kalah model beginian mah.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      22 November 2016

      lochhh kalah apa nih,, saya bingung

      Balas
  12. febrian surya
    12 November 2016

    Sebelum saya mencoba ngeblog,, saya sudah lebih dahulu mempelajari html.. karna beberapa tag html,css,java itu berguna untuk membangun web kalian dari segi design pun sangat bermanfaat

    Jadi benar apa yang dikatakan Pada artikel ini
    Saya sangat setuju

    Terima kasih

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      22 November 2016

      Terima kasih mas Febrian atas tanggapan baik nya,,, saya apresiasi sekali

      Terima kasih banyak

      Balas
  13. Audia Azani
    26 November 2016

    Niat udah ada sih, tinggal menerapkan lanjutannya aja hehe

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      27 November 2016

      Niat apa nihh?

      Balas
  14. Gustyanita Pratiwi
    26 November 2016

    Wah sudah comeback lagi ni mas di dunia perblogeran #witwiw
    Wah saya pengenningerti ilmu otak atik web, stidaknya buat ngupgrate blog

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      27 November 2016

      Wahhhh makasih sarannya mba,,, saya pikirkan lagi hihihi mengenai ilmu programming web hihi

      Balas
  15. Jaya purnama
    4 Desember 2016

    Waw.. mantep banget cara nulisnya.. rapi dan terukur… saya suka itu☺

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      5 Desember 2016

      Wahhh saya harus bilang apa nihhhh …. bingung bales komentarnya 😀

      Balas
  16. dwi
    5 Desember 2016

    yap, sebagai tambahan. cari teman/partner yang seminat agar bisa saling memberi feedback terhadap kodemu. Cara paling mudah adalah mencari di meetup grup lokal.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      5 Desember 2016

      Wahhhh benar juga… banyak kepala berpikir lebih baik daripada 1 kepala berpikir

      thanks tambahannya

      Balas
  17. FajrInfo
    20 Desember 2016

    Apa bisa belajar secara otodidak dengan mengambil referensi dari berbagai sumber gan?

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      20 Desember 2016

      Bisa saja, asalkan punya tekat untuk terus belajar…

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *