Langkah awal belajar bahasa pemrograman – Pada postingan artikel ini, saya akan berbagi beberapa langkah awal dalam memulai belajar bahasa pemrograman komputer. Dimana mungkin dari teman-teman sempat kebingungan mulai dari mana untuk mempelajarinya. Untuk mempelajarinya bisa dibilang sulit diawal mudah diakhir yang artinya pada awalnya kita memang merasa sedikit kesulitan dalam mempelajarinya, namun saat kita sudah mengerti pola-polanya semua akan terasa lebih mudah. So, ini dia langkah-langkah awal dalam mempelajari bahasa pemrograman :

1. Niat dan Tekad;

Sekedar informasi saja, jika kamu ingin terjun ke dunia pemrograman secara profesional. Kamu harus kudu mempunyai cukup niat yang kuat dan tekat yang bulat. Pertanyaan yang sering ditanyakan para senior adalah “Apa alasan kamu belajar bahasa pemrograman? Apakah karena nantinya akan dapat penghasilan yang menjanjikan atau sekedar ingin mencoba saja” #truestory. Mungkin jawaban kita berbeda dalam menjawab pertanyaan barusan, tapi satu hal yang harus diketahui bahasa pemrograman komputer terus berkembang setiap harinya dan itulah alasan utama kita harus siap mempelajarinya terus menerus, kemungkin jika tidak punya tekad yang cukup kuat akan tereliminasi secara alam.

Hal lain yang jadi bahan pertimbangan adalah saat kamu benar-benar menjadi seorang programmer, kamu akan mengenal kata “DEADLINE” lebih seram dari sebelumnya. Dimana client atau user akan terus menghantui setiap saat sembari bertanya “program saya sudah sampai mana??“. Nah itu hanya sebagian kecil saja peristiwa yang akan kamu temukan saat terjun di dunia yang penuh bahasa pemrograman dan tidak ada maksud sedikitpun untuk membuat down atau mengurungkan niatnya. Justru saya ingin share untuk memupuk niat yang kuat dan tekad yang kalian miliki benar-benar bulat seperti tahu bulat.

2. Pelajari Algoritma;

Poin kedua dari langkah awal dari belajar bahasa pemrograman adalah mempelajari algoritma. Apa sih Algoritma itu? Menurut beberapa ahli, algoritma adalah sebuah urutan aksi-aksi/intruksi-intruksi yang dinyatakan secara jelas untuk memecahkan suatu masalah dalam waktu tertentu. Lalu mengapa algoritma adalah hal yang penting dalam bahasa pemrograman komputer?

[uix_recent_posts order=’DESC’ cat=’52’ show=’3′ before='<ul>’ after='</ul>’][p]<li><a href=”[uix_recent_posts_link]”>[uix_recent_posts_title]</a></li>[/p][/uix_recent_posts]

Kalau pendapat saya, ilmu algoritma (algorism) dapat di ibadatkan seperti pondasi sebuah program. Jika algoritmanya benar dan jelas maka program akan berjalan sesuai kita inginkan dan begitu pun sebaliknya jika algoritma salah dan kurang jelas maka program tidak akan berjalan sesuai yang kita inginkan. Kita mengetahui komputer tanpa adanya program hanya menjadi perangkat biasa, namun setelah ditambahkan program atau instruksi yang jelas maka komputer akan menjadi perangkat yang sangat berguna. Pada tahap awal pembelajaran, kita tidak perlu pelajari terlalu dalam, cukup pahami alur dasarnya dahulu bagaimana algoritma berjalan pada sebuah program komputer. Mungkin teman-teman punya pendapat lain mengenai seberapa pentingnya algoritma dalam mempelajari bahasa pemrograman komputer ini, dapat diutarakan dikolom komentar yang sudah saya sediakan diakhir postingan ini.

3. Pelajari Bahasa Pemrogaman Dasar;

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan saat ingin terjun ke dunia per code an ini adalah ”Bahasa pemrograman pertama kali yang harus dipelajari apa?#TrueStoryAgain. Singkat cerita, sebelum kita menentukan bahasa yang pertama kali dipelajari adalah menentukan akan konsentrasi bahasa pemrograman. Beberapa jenis konsentrasi pemrograman adalah pemrograman berbasis desktop atau pemrograman berbasis web atau pemrograman berbasis mobile. Nah, setelah kita menentukan ingin fokus berkonsentrasi pada pemrograman mana, barulah kita cari tahu bahasa programan dasar yang cocok seperti berikut :

– Jika kamu memilih pemrograman desktop, ada baiknya kamu belajar pascal atau bahasa C.

– Jika kamu memilih pemrograman web, cobalah belajar dari HTML dan CSS.

– Jika kamu memilih pemrograman mobile, kamu dapat mulai dari Java.

Tujuan dari kita mempelajarinya agar kita mengetahui dasarnya dulu dan memperkuat algoritma dan logika kita dalam membangun sebuah program agar lebih terstruktur lebih baik. Bahasa-bahasa yang tadi saya sebutkan memiliki tingkat kerumitan yang relatif dapat dikatakan mudah.

4. Pahami dan Kuasai Dasar-Dasar Bahasa Pemrograman;

Setelah kita memilih bahasa pemrograman yang pertama kita pelajari, langkah selanjutnya adalah memahami dan menguasai dasar-dasar yang ada pada bahasa pemrograman. Pada setiap bahasa pemrograman, istilah dasar seperti tipe data, tipe operator, percabangan, fungsi, larik (Array), perulangan dan istilah lainnya bisa dibilang hampir sama hanya saja yang membedakan adalah penulisan pada sintaksnya saja. Dan satu hal yang harus kamu ketahui apabila dasar-dasarnya sudah kita pahami sampai akar-akarnya. Mungkin bahasa pemrograman lainnya dapat dikuasai dengan cepat. Dan sedikit info, nantinya saya akan membahas beberapa istilah dasar-dasar dalam bahasa pemrograman pada blog ini dengan bahasa pemrograman java.

Kesimpulan  : Belajar bahasa pemrograman

Langkah-langkah diatas adalah langkah yang saya ambil dari pengalaman para senior dalam hal pemrograman. Intinya saat kita belajar bahasa pemrograman adalah kemauan untuk terus belajar dan berkembang, tidak ada kata merasa puas dengan hasil yang ada. Terus belajar dan temukan bug – bug yang banyak karena dari bug itulah kita mendapatkan ilmunya.

[uix_recent_posts order=’DESC’ cat=’62’ show=’5′ before='<ul>’ after='</ul>’][p]<li><a href=”[uix_recent_posts_link]”>[uix_recent_posts_title]</a></li>[/p][/uix_recent_posts]

Mungkin cukup sekian tulisan saya tentang ”Langkah Awal Belajar Pemrograman“, bila ada kesalahan mohon dimaafkan karena kita manusia yang tak luput dari salah. Saya juga menunggu respon teman-teman semua dapat melalui kolom komentar dibawah maupun email di hai@masirwin.com ;

Wassalam.

Subscribe To MasIrwin Blog Newsletter

Yuk gabung dalam Subscriber Masirwin Blog, Dapatkan info lomba blog terbaru dan terupdate serta artikel menarik lainnya, hanya di Masirwin Blog.

You have Successfully Subscribed!