Larangan Membawa Handphone di Area Pabrik

larangan membawa handphone

Hampir 3 bulan belakangan ini, saya merasa kurang produktif dalam menulis blog, ikut lomba blog yang tengah diadakan maupun menginfokan lomba yang sedang berlangsung di dunia perbloggeran Indonesia. Bukan karena saya sudah malas menulis ataupun kehabisan ide-ide yang dituangkan pada blog sederhana ini tetapi kesibukan didunia nyata lah yang buat saya dituntut untuk fokus. Sebenarnya ada banyak alasan kenapa saya harus fokus. Salah satunya alasan yang mendasarinya adalah munculnya peraturan management perusahaan akrilik terbesar tempat saya bekerja.

Peraturan tersebut berisi tentang larangan seluruh karyawan (tanpa terkecuali) untuk membawa handphone atau sejenisnya kedalam area pabrik. Peraturan tersebut didasari pada beberapa aspek seperti menghindari kecelakaan kerja, keamanan data-data perusahaan dan meningkatkan produktifitas dalam bekerja.

Peraturan diatas memang cukup sederhana namun pasti akan sulit diterapkan bagi individu yang sudah memiliki ketergantungan pada handphone yang sekarang sering disebut dengan smartpornhone. Saat ini kita pasti sama-sama sepakat bahwa handphone sudah menjadi kebutuhan primer (utama), dimana fungsi handphone itu sendiri yang cukup vital dalam terselenggaranya sebuah komunikasi yang baik. Yah mungkin anak-anak sekarang tidak tahu geregetnya teleponan via Wartel ataupun telepon umum yang sudah jarang ditemukan lagi.

Yap, kembali lagi ke masalah peraturan larangan membawa handphone. Setiap peraturan pasti ada dampak positif dan negatifnya. Yuk kita sama-sama diskusi mengenai peraturan larangan membawa handphone kedalam area pabrik.

Dampak Positif peraturan “Larangan membawa handphone di area pabrik”

Lebih Produktif

Dengan adanya peraturan ini, karyawan akan lebih fokus terhadap pekerjaannya. Biasanya 1 pekerjaan dikerjakan sekitar 15 menit sambil sesekali mengecek handphone, sekarang bisa 5 menit bahkan kurang. Dengan peraturan ini juga perusahaan melatih karyawannya untuk lebih profesional dalam bekerja serta membantu mengatasi ketergantungan gadget.

Lebih Peduli Lingkungan Sekitar

Peraturan ini juga menjadikan karyawan safety karena lebih aware dengan area atau lingkungan sekitar. Terkadang memang kita tidak terlalu perhatian terhadap lingkungan sekitar saat menggunakan telepon genggam. Sudah banyak korban kecelakaan kerja akibat tidak memperdulikan lingkungan disekitarnya.

Menjalin komunikasi dengan yang lain

Nilai positif yang lainnya dari larangan membawa handphone adalah dapat terjalinnya komunikasi yang baik antar sesama karyawan. Jadi yang biasanya sering nunduk gara-gara ngecek notification, sekarang bisa ngobrol dengan karyawan yang lainnya. Dengan sering kita berkomunikasi antar karyawan lain, maka lambat laun angka kesalahan “Miss Comunication” akan menurun dan lama-lama hilang disapu kenangan.

Dampak Negatif peraturan “Larangan membawa handphone di area pabrik”

Keadaan Darurat

Hal pertama yang telintasย saat peraturan ini dilaksanakan adalah jika sanak keluarga ingin menghubungi, pasti akan sulit terlebih lagi jika dalam keadaan darurat ataupun hal lainnya. Pada awalnya saya pun berpikiran seperti itu, namun untungnya pihak perusahaan sudah menyediakan layanan hotline yang bisa dihubungi oleh keluarga dirumah jadi tidak perlu khawatir.

Tersendatnya Jalinan Hubungan

Percaya atau tidak, sebuah hubungan akan berjalan baik jika ada komunikasi yang baik pula. Untuk karyawan yang masih tunggal belum ganda campuran mungkin peraturan ini akan menghambat komunikasi dengan pasangan. Yah, anda bisa bayangkan sendiri bagaimana jika komunikasi antar dua sejoli terputus……

Sulit Dipanggil Interviewย 

Beberapa karyawan mungkin pernah tersirat pemikiran ini, sulit dapat panggilan dari perusahaan lain jika handphone ditahan. Patut disadari, memang mayoritas waktu panggilan interview via telepon memang pada jam kerja tapi kalo yang namanya rezeki pasti gak akan kemana (kalo gak kemana-mana gimana mau dapet rezeki).ย 

Nah, itulah beberapa dampak positif dan negatif yang timbul dari larangan membawa handphone di area pabrik menurut pandangan saya pribadi. Jika ada yang mau menambahkan selain dampak-dampak yang sudah disebutkan, silahkan di tuliskan di kolom komentar yah. Mari kita tela’ah bersama-sama mengenai peraturan ini yang mungkin menurut sebagian karyawan ini mengekang hak mereka. Alhasil masih ada saja karyawan yang tidak memperdulikan peraturan tersebut.

Open your mind !!!

Coba ubah cara pandang kita terhadap sebuah peraturan. Jangan pernah berfikiran peraturan dibuat untuk dilanggar, ataupun dibuat coba-coba #Loch. Yah, memang sering kali kita melihat sebuah peraturan dari sisi negatifnya saja tanpa mengindahkan hal yang positifnya. Mari kita lihat dari sudut pandang lain tentang peraturan larangan membawa handphone ini, sebenarnya peraturan seperti ini memang bisa dibilang cukup penting bagi setiap perusahaan di Indonesia.

Kita ambil contoh, seorang operator produksi pasti memiliki tanggung jawab dalam bekerja salah satunya memenuhi target yang telah ditetapkan. Namun jika operator tersebut menggunakan handphone diwaktu kerja, bisa dipastikan produktivitasnya pasti akan menurun dan hal yang terburuk bisa saja operator tersebut mengalami kecelakaan kerja. Kita tidak mau kan mengalaminya?

Janganlah kita meludahi sumur yang airnya kita minum. Janganlah mencerca perusahaan selama kita masih mengharapkan darinya ! Seorang karyawan yang berfikiran pendek selalu beranggapan perusahaan hanya bisa memeras karyawan saja, mau untungnya sendiri dan dalam pada pada kebijakannya pasti merugikan karyawan. Sungguh tidak ada setetespun nilai positif dari pemikirannya. Karyawan yang berfikiran negatif, pasti tindakannya negatif dan akhirnya prestasinya pun negatif. Dikeluarkan tidak mau, berprestasi pun tidak. Bagai ayam yang tersesat di tengah hutan.

Sejatinya, peraturan bersifat mengikat. Mari kita sikapi setiap peraturan yang berlaku tidak dalam area perusahaan saja tetapi diluar perusahaan dengan bijak. Jadilah individu yang bijak dengan tidak memandang peraturan dari sisi negatif saja.

Wasallam,

40 Comments

  1. ira duniabiza
    14 April 2017

    wah ada ya peraturan begitu. tapi kalau dipikir-pikir memang bagus juga ya untuk menjaga produktivitas.

    Balas
    1. Ira duniabiza
      17 April 2017

      Setujuu.. jangan meludahi tempat kita bekerja,

      Balas
      1. Irwin Andriyanto
        25 April 2017

        Tos dulu lah kalo Setuju mba ๐Ÿ˜€

        Balas
  2. Mang Lembu
    14 April 2017

    karena ternyata larangan membawa Hp banyak manfaatnya ya jangan dibawa dong

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      25 April 2017

      Beberapa karyawan memang tidak mengindahkannya,, namun lama kelamaan banyak pula yang mengikuti ๐Ÿ˜€

      Balas
  3. evrinasp
    14 April 2017

    ciyeeee landing pagenya kece nih hehe, kalau tetap bawa tapi digunakan seperlunya aja, soalnya handphone perlu sih menurut ku

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      25 April 2017

      Aku tak mau kalah dengan u mba Ev,,, hahahhaa

      Setujuuuuuu Handphone memang perlu,,, tapi kuota lebih perluuuuu

      Balas
  4. Akbar S. Yoga
    15 April 2017

    Hm, rata-rata kalau kerja di pabrik emang begini, ya. Duh, kemudian inget tempat kerjaku yang lama. Itu kantoran biasa, tapi ada peraturan gak boleh bawa hape ke ruangan kerja. Hape pokoknya di loker disimpan beserta tas. Ya, ada untung-ruginya, sih. Jelas banget kalau gak bawa hape, itu kerja menjadi lebih produktif. Setuju deh! ๐Ÿ˜€

    Cuma kalau yang kerjaannya di bidang kreatif, atau emang mesti berhubungan dengan hape, macam admin media sosial, itu gak mungkin gak boleh bawa hape kan, yak. Wqwq.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      25 April 2017

      hahahaha iya juga yah,,, kalo kerjanya jadi Admin Whatsapp gimana kalo gak ada hape hahahaha

      Balas
  5. Ikrom
    16 April 2017

    kalau di pabrik memang gitu mas
    malah ada dalam radius berapa harus steril
    untung aku gak di pabrik jadi masih bisa buka HP pas istirahat, hehe

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      25 April 2017

      jiahhhh di Sekolahan apa yang meleduk Pak guru??? kartu SPP??? apa dana BOS???

      Balas
  6. Rindang
    16 April 2017

    Saya pribadi setuju dg peraturan ini, lebih kepada poin produktivitas kerja. Jangankan di pabrik atau kantor, pekerjaan ibu rumah tangga pun jika diselingi dengan main hp sangat menyedot waktu yg seharusnya bs digunakan utk hal yg lebih bermanfaat.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      25 April 2017

      hahhaa iya juga yah mba,, kalo lagi nyuci di sambi Whatsappan kapan selesainya tuh cucian ๐Ÿ˜€

      Balas
  7. Ony christy
    16 April 2017

    Sebagai karyawan kuakui kalau bawa HP ke tempat kerja itu bikin nggak konsen dan nggak fokus. Apalagiii kalo kerja sambil hahahihi chatingan ama temen. Tapi.. tapi.. kalo nggak boleh bawa Hp, apakabar nasib klan LDR kayak akuuu? Huwaaaa~

    Kayaknya mending boleh bawa HP tapi dengan syarat hanya boleh digunakan saat darurat atau jam istirahat deh ya. Nah padahal.. kangen pasangan itu juga darurat lho.. ๐Ÿ˜€

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      25 April 2017

      Lah lah lahhhh ko curhat ๐Ÿ˜€

      Balas
  8. Mama Keizha
    16 April 2017

    Peraturan ini lebih banyak positifnya…
    Aku juga sering sebel misalnya lagi ngumpul bareng keluarga pas ada acara apa gituh eh semua malah sibuk dgn HP-nya masing2..
    Teknologi komunikasi , terkadang mendekatkan yg jauh dan menjauhkan yg dekat.. hiks

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      25 April 2017

      wah ini nih yang sering saya alami,, semua asik masing-masing dengan dunianya masing-masing

      Balas
  9. Timo
    16 April 2017

    Iya ya, terkadang kl naruh hape di samping laptop, suka terdistraksi dengan notifikasi2 yg muncul huehe …

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      25 April 2017

      Ternyata grafitasi notifikasi lebih tinggi yah ๐Ÿ˜€

      Balas
  10. Fandhy Achmad Romadhon
    17 April 2017

    Wah sama nih bang, peraturan di tempatku bekerja pun para karyawannya dilarang membawa hp ke dalam ruang produksi.
    Tapi ya memang benar sih, manfaat tidak membawa hp ke lokasi produksi itu banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah untuk menjaga fokus pekerja utk fokus dalam bekerja, dan jg untuk melindungi data perusahaan.

    Ya sebagaimana mestinya, aturan dibuat kan untuk ditaati, jadi demi kebaikan bersama, peraturan tsb harus ditaati setiap karyawan ^^

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      25 April 2017

      Hahahahahaha setuju,, sekarang pertanyaannya siapa yang butuh?? kalo masih butuh yah harus manut

      Balas
  11. Perempuan November
    17 April 2017

    Temenku ada juga yang kerja di pabrik, dan memang dia bilang nggak boleh bawa hape saat kerja.

    Kalau aku sih setuju dengan peraturan tersebut, karena aku pribadi termasuk orang yang bentar-bentar liat hape. Kerjaan jadi lama. Tapi sekarang kalau lagi ada kerjaan, aku sengaja ngesilent hape n aku jauhin dari jangkauan tangan hhehehehhee

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      25 April 2017

      tapi kalo udah kebiasaan pasti ngerasa ada yang kurang gak sih??

      Balas
  12. Dikki Cantona Putra
    17 April 2017

    tentunya ada dampak possitif dan negatifnya dalam membawa HP di sebuah tempat kerja. Akan tetapi, ada bagusnya memang begitu mas kerja harus fokus dan biar menjalin komunikasi dengan baik dengan rekan sesama yang kerja disana

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      26 April 2017

      yahhh mari kita ambil nilai positifnya dari peraturan larangan hape ini ๐Ÿ˜€

      siapa tau membawa banyak manfaat

      Balas
  13. Murni Rosa
    17 April 2017

    Wah, biarpun lumayan mengganggu, karena kepikiran kontak yg slow respons gitu, semoga semua urusan lancar, ya, Mas. Yg paling penting itu kabar dari keluarga dan job, emang. Teman mungkin bisa menunggu kalau ngga urgent.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      26 April 2017

      kalo dapet punya side job gimana tuh hihihihi

      Balas
  14. zarirah
    17 April 2017

    Saya setuju sama Mas Irwin yang bijak ini. Segala sesuatu tergantung dari kacamata kita yang melihatnya. Kalau kita melihatnya negatif terus, sifat dan kelakuan kita juga akan membentuk ke arah negatif. Begitu juga sebaliknya. Walaupun ada peraturan ini semoga tetap bisa produktif nulisnya ya Mas, sedia kertas sama pensil saja di meja hihi

    Balas
  15. Dian Ravi
    17 April 2017

    Segala sesuatu memang pasti ada positif dan negatifnya ya. Tapi benar sekali, biar bagaimana pun, yang namanya peraturan wajib untuk ditaati. Sudah ga jamannya lagi bercanda bilang “peraturan ada untuk dilanggar”.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      26 April 2017

      Sekarang jamannya peraturan untuk ditaati dan dipatuhi yah mba,, takutnya dapet hukuman kaya di #PojokWB hihihihi

      Balas
  16. Nathalia DP
    18 April 2017

    Peraturannya bagus, hehe…

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      26 April 2017

      Iyahhh bagus banget teh… ๐Ÿ˜€ sedih kalo dijalaninya

      Balas
  17. Nita Lana Faera
    18 April 2017

    Iya kalau lagi kerja mah jangan main handphone ๐Ÿ˜€

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      26 April 2017

      iya lah mba,, kalo kerja melalui handphone bagaimana???

      Balas
  18. wongcrewchild
    19 April 2017

    selalu ada sisi positifnya dan ambil manfaatnya buat kita,
    nyatanya sekarang banyak yang gak bisa lepas dari HP dalam aktifitas apapun

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      26 April 2017

      kalo udah jadi kebiasaan rada susah om,,, buat ngejalaninnya butuh ke ikhlasan yang luar binasa….

      Balas
  19. Bahrudin
    23 April 2017

    Ternyata dilarang membawa HP saat bekerja sangat mmebantu kinerja kita yah gan!

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      26 April 2017

      Iya gan,, jangan lupa cedolnya yah….

      #BloggerRasaKaskuser

      Balas
  20. Ida Farida
    23 April 2017

    Memang benar jika kita sedang bekerja membawa alat komunikasi kadang bisa mengganggu klerja kita

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      26 April 2017

      Memang benar adanya mba…

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *