Menelusuri Apa Itu Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika, Teknik Informatika, Universitas serangraya, jurusan IT, Belajar Pemrogtraman

Jurusan Teknik Informatika – Tulisan ini saya dedikasikan untuk teman-teman yang ingin meneruskan kuliah khususnya bidang IT jurusan Teknik Informatika untuk mengetahui apa itu sih Teknik Informatika yang sebenarnya?. Jangan sampai kita salah memilih jurusan hanya karena mengikuti tren, iming-iming masa depan layak, ikut-ikut temen apalagi terpaksa karena desakan orang tua. Sedikit saran saja untuk kamu yang sedang kebingungan memilih jurusan, pilihlah jurusan yang sesuai dengan kemampuanmu dan apa yang kamu senangi #udahituaja. Pada postingan kali ini, saya ingin sedikit berbagi mengenai seluk beluk dari Teknik Informatika yang konon katanya lulusan dari jurusan ini masa depannya cerah #Mitos.

Apa Itu Jurusan Teknik Informatika?

Menurut Laman JurusanKuliah.info, Teknik Informatika adalah salah satu jurusan difakultas teknik yang mempelajari tentang penerapan logika matematika dalam pengelolaan informasi yang dapat meliputi transformasi data atau pengolahan data-data yang memanfaatkan teknologi komputer dengan seoptimal mungkin.

Niat dan Tekat Belajar Bahasa Pemrograman Komputer, belajar teknik informatika
Sumber : Pexels.com

Saya meyakinin program studi ini sudah tidak asing lagi, pasalnya sudah banyak kampus-kampus yang membuka PRODI (Program Studi) Teknik Informatika salah satunya Universitas Serang Raya, Serang, Banten #BanggaAlmamater. Namun kebanyakan orang masih berpandangan bahwa jurusan iniΒ adalah jurusan yang mempelajari tentang seluk beluk dari komputer. Dan itulah alasan saya menulis postingan ini yang dengan tujuan sedikit meluruskan pandangan dari masyarakat terhadap jurusan Teknik Informatika.

Apa yang dipelajari di Teknik Informatika?

Selanjutnya saya akan mengupas sedikit apa yang akan dipelajari saat masuk jurusan teknik Informatika. Pada program studi ini, mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah yang berhubungan dengan software, hardware, networking sampai dengan kecerdasan buatan atau bahasa kerennya AI (Artificial Intelligence).

Dalam masa perkuliahan, Kamu akan mempelajari bagaimana merancang perangkat lunak (Software) dari mulai awal hingga dapat dipasarkan, merakit perangkat keras (Hardware) dari mulai komponen kecil sampai dapat dioperasikan, menyusun jaringan dari mulai tidak terkoneksi satu dengan lainnya hingga terkoneksi seluruhnya dan masih banyak lagi. Untuk kamu yang suka oprek komputer atau merancang software ataupun instalasi jaringan, jurusan ini lah tempatnya untuk kamu lebih berkembang.

Matematika teknik, jurusan teknik, hitungan logika
Sumber : Pexels.com

Kamu juga akan bertemu dengan mata kuliah yang mengasah logika seperti kalkulus, Aljabar Linear, matematika distrik dan masih buanyak lagi. Ada yang ingin berubah pikiran kah? Untuk ambil jurusan lain? Mari kita ambil sisi positifnya, dengan mata kuliah tersebut mahasiswa dilatih untuk berfikir sistematis, taktis dan kritis.

Apa Kemampuan dari Lulusan Jurusan Teknik Informatika?

Pertanyaan ini biasanya ditanyakan oleh orang tua saat anaknya ingin masuk ke jurusan Teknik Informatika #PengalamanPribadi. Kemampuan dasar yang pasti dimiliki oleh lulusan dari program studi ini adalah memiliki kemampuan untuk berpikir secara logis dan sistematis. Kemampuan dasar itu nantinya akan berkembang dan bercabang kepada kemampuan-kemampuan yang lebih spesifik lagi seperti kemampuan menganalisa sistem, merancang robotika dan masih banyak lagi.

Setelah Lulus Akan Jadi Apa?

Wisuda Teknik Informatika, wisuda unsera, mahasiswa terbaik unsera, blog anak unsera
Sumber : Pexels.com

Setelah kita membahas bersama tentang apa itu jurusan teknik informatika, apa saja yang dipelajari dan apa kemampuan yang dimiliki saatnya kita bahas masa depan lulusan teknik informatika. For You Information, Teknik Informatika adalah salah satu jurusan yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Mengapa paling diminati? Hal ini didasari lulusan jurusan iniΒ dapat ditempatkan dimana saja.

Sekarang kita menyadari kemajuan teknologi terus berkembang, segala lini pekerjaan pasti memerlukan tenaga IT mulai dari lembaga negara sampai kelembaga swasta semua membutuhkannya dan tak menutup kemungkinan menjadi wirausaha sukses. Namun satu hal yang harus di ingat adalah dengan semakin banyaknya peminat pasti banyak juga lulusannya, persaingan pun tidak dapat dihindarkan lagi.

Jadi Bagaimana? Tertarikkah untuk terjun ke Teknik Informatika? Semoga artikel mengenai “Menelusuri Apa Itu Jurusan Teknik Informatika” dapat memberi gambaran apa yang ada didalamnya. Jika ada pertanyaan mengenai artikel ini dapat dilayangkan melalui kolom komentar atau melalui laman contact us. Terima kasih atas ketersediaan waktunya untuk membaca. Keep stay with masirwin blog and love programming code!!!

Wassalam,

Sumber Pustaka :

Janiarto. 2015. Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika. http://www.jurusankuliah.info/2015/01/prospek-kerja-jurusan-teknik-informatika.html [Diakses 30 Desember 2016]

42 Comments

  1. muhamad iksan
    1 Januari 2017

    ternyata penulisnya lulusan informatika, pantesan tahu seluk beluk informatika. semoga dapat lebih banyak berbagi. saya tunggu artikel selanjutnya.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      3 Januari 2017

      Siap Mas Iksan ,, tunggu saja pasti akan ada tulisan-tulisan tentang Teknik Informatika yang lebih mendalam dan mengocok perut

      Balas
    2. WWW.WINMAHDI.COM
      6 Januari 2017

      Hehehe,.. ya jelas dong gan,. jika bukan yg mengalami sendiri kadang agak tabu πŸ˜€

      Balas
      1. Irwin Andriyanto
        8 Januari 2017

        betul bingit *Ala Abege jaman sekarang*

        Balas
  2. Bahrudin
    1 Januari 2017

    Sekolah dengan jurusan ini sangat banyak peminatnya gan!

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      3 Januari 2017

      kalo sekolah sepertinya belum ada,,, untuk saat ini masih tingkat perguruan tinggi

      untuk kalangan Sekolah mungkin bisa ambil jurusan Teknik Rekayasa Perangkat Lunak atau juga bisa ambil Teknik Komputer Jaringan

      Balas
  3. Fakhruddin
    1 Januari 2017

    Teknik Informatika menurut saya jurusan yang dinamis mengikuti perkembangan pasar, masih perlu banyak penyempurnaan sana-sini. Saya juga seorang lulusan Teknik Informatika, masih banyak diluaran yg menganggap teknik informatika itu operator komputer, jadi kadang masih banyak dipandang sebelah mata oleh berbagai organisasi. Oiya yg penting lagi, Teknik Informatika belum jadi profesi, karena gak ada pendidikan profesinya seperti dokter atau perawat. πŸ™‚ Ini harus diperjuangkan oleh para pemangku TIK.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      3 Januari 2017

      Setuju,,, mungkin perlu ada sertifikasi seperti guru-guru agar tidak dipandang sebelah mata lagi yah mas ,,,,

      Balas
  4. Brian Prasetyawan
    2 Januari 2017

    Nah tulisan semacam ini yang perlu diketahui calon-calon mahasiswa. Jangan sampai salah persepsi tentang suatu jurusan hingga fatalnya merasa salah jurusan. Apalagi jurusan mengenai teknologi & komputer banyak macamnya.

    Nice Post mas πŸ™‚

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      3 Januari 2017

      kalo udah salah jurusan pasti batin tersiksa mas πŸ˜€

      Balas
  5. Dwi sugiarto
    3 Januari 2017

    Dulu saya pengin banget kuliah ditehnik informatika karena dari dulu memang suka semua hal yang berkaitan dengan komputer

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      3 Januari 2017

      Tak apa lah gak kuliah yang penting Adsense ngalir terus kaya aliran banjir bandang

      Balas
  6. Artha N Jonar
    3 Januari 2017

    di dalam jurusan dengan genre rumpun IT sendiri sebetulnya banyak, misal Teknik Informatika, Sistem Informasi, Sistem Komputer. Semuanya hampir mirip bersilangan konteks kurikulumnya. Tetapi yang paling membedakan itu ada di kata-kata Teknik dan Sistem.
    Ini sih supaya setiap orang bisa membedakan bahwa setiap jurusan berbau IT punya karakter yang berbeda

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      3 Januari 2017

      Noted mas,, next Post saya akan coba jelaskan perbedaan dari Teknik Informatika, sistem Informasi dan Sistem Komputer

      Balas
  7. Reza
    3 Januari 2017

    Saya hanya lulusan perguruan tinggi pendidikan di kaltim, tapi saya sangat menyukai dunia IT

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      3 Januari 2017

      Mantap nih Mas Reza,, terus belajar IT yah mas biar makin banyak orang yang suka dunia IT

      Balas
  8. Luthfie satria
    3 Januari 2017

    Saya alumni SMAN 8 Kab. Tangerang juga. Lulusan IPS tahun 2013. Sudah bekerja, dan Tahun ini berniat untuk kuliah. Kebetulan ada universitas swasta yg bekerja sama dengan perusahaan tempat saya bekerja, dan jurusan yang paling saya minati dan bikin saya penasaran itu jurusan TI.
    Yang menjadi masalah adalah saya lulusan IPS, kalau saya “memaksakan” untuk tetap pilih jurusan tersebut, yang ditakutkan adalah mungkin akan susah untuk mengikuti pelajarannya karena BELUM ADA BASIC SAMA SEKALI.
    Jadi saya Butuh saran dan masukan. Terimakasih

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      3 Januari 2017

      Hay Adik kelas :D,,, kalo menurut saya kalo Mas Luthfie punya kemampuan logika yang baik dan kemauan untuk belajar dan berkembang saya rasa bisa saja masuk Teknik Informatika.

      saya hanya menekankan jika Mas Luthfie ragu-ragu lebih baik jangan… takutnya uang sudah keluar banyak tapi tidak sampai finish

      Balas
  9. cumilebay
    4 Januari 2017

    Eh gw juga selama ini beranggapan kalo informatika ini seluk beluk ttg komputer lho hehehe

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      4 Januari 2017

      wahhhh gimana sih nih om cumi masa pandangannya mainstream hahahaha

      Balas
  10. cindraprasasti
    6 Januari 2017

    Aku lulusan sistem informasi kerja di IT tapi suka nulis.
    Abangku lulusan Teknik Informasi, tapi kerja jadi wartawan. hahahaha…

    Aku rasa pada akhirnya terkadang lulusan tidak menentukan kita akan kerja jadi apa. Kerja apa saja yang penting halal. Tapi bukan berarti kita nggak perlu kuliah, kuliah itu gunanya kita punya dasar ilmunya.

    semangat anak informatika! πŸ˜€

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      8 Januari 2017

      Saya lulusan Informatika kerja bagian pergudangan hahahha jauh banget kan melenceng,, makanya maen blog biar ilmunya gak berkarat hihihi

      Balas
  11. Kreasikan
    7 Januari 2017

    yang belajar pembahasan web itu jurusan apa ya, seperti pembuatan web maupun teknik seo, itu ada gak ya di jurusa IT, atau masuknya ke jurusan apa ?

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      8 Januari 2017

      itu bisa masuk di Teknik Informatika ambilnya konsentrasinya di pemrograman web, begitu mas

      Balas
  12. rozhid
    7 Januari 2017

    mau tanya mas ,, itu kan ada programming , itu basisnya web apa software dekstop ?? terus itu bahasa programming nya hanya satu atau banyak , ni bingung mas saya masih kelas 12 mau lulus tahun ini . bingung mau cari jurusan kuliah , jurusan q saat ini tkj , thnx

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      8 Januari 2017

      sebenarnya nantinya kita akan belajar keduanya,, namun beberapa universitas memakai konsentrasi jadi terbagi antara pemrograman web dan pemrograman desktop. Saran saya sebelum memilih kampus pahami dulu seluk beluk fakultasnya

      terima kasih

      Balas
  13. Tius
    10 Januari 2017

    Salah satu jurusan yg saya sukai ini, sayangnya saya ga kuliah di jurusan ini.. padahal jurusan ini sangat strategis di jaman sekarang…. pasti jago pengkodean ini hehe

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      11 Januari 2017

      wah sekarang strategis banget,,, banyak yang masuk tapi tak banyak yang lulus di jalur yang benar πŸ˜€

      Balas
  14. Fubuki Aida
    11 Januari 2017

    Teknik informatika itu kelemahannya sama kayak jurusan informatika lainnya kalau menurut saya. Materi kuliahnya buanyak. Semua dipelajari. Bagus sih. Tapi bikin nggak fokus. Di kuliah diajar banyak bahasa pemrograman. Ujungnya zonk. Gak ada yang nyanthol. Buanyak sekali anak teknik informatika yg gagal paham soal koding πŸ™‚ termasuk saya πŸ™‚

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      11 Januari 2017

      yah itulah salah satu kelemahannya ,, pengennya bisa semua malah jadi mentah semua gak ada yang mateng

      Balas
  15. kedy
    13 Januari 2017

    Ade saya (cewe) masuk teknik informatika ngambil S1 sekarang baru semester dua. padahal saya yang suka oprek komputer, namun saya ngga ada biaya jadi ngalah aja sama yang lebih kecil. πŸ˜€

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      15 Januari 2017

      wahhh cewe masuk Teknik informatika its awesome

      semoga kuat yah Adiknya Mas Kedy

      Balas
  16. Beautyasti1
    14 Januari 2017

    Itu maksudnya For Your Information kali ya.. -__-

    Di serang itu enak ya gak macet

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      15 Januari 2017

      yah bisa dibilang sepertiitu FYI

      tergantung jam dan harinya teh.. hihihi

      Balas
  17. bmw
    14 Januari 2017

    bang kunjungi situa ane
    tapi masih newbie

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      15 Januari 2017

      Ok nanti ane kunjungi bang….

      Balas
  18. Pembelajar
    14 Januari 2017

    Jadi semakin dapat pencerahan tentang jurusan yang satu ini. Kebetulan saya berminat melanjutkan kuliah jenjang berikutnya di jurusan informatika… Terimakasih banyak atas informasinya mas Irwin

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      15 Januari 2017

      iya sama sama… semoga betah yah di Teknik Informatika πŸ˜€

      Balas
  19. bucike
    19 Januari 2017

    lanjutkan mas makasih informasinya,

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      19 Januari 2017

      siap Lanjutkan πŸ˜€

      sebenernya apa yang perlu dilanjutkan yah??

      perasaan tidak ada yang bersambung πŸ˜€

      ah mungkin hanya perasaan ku saja

      Balas
  20. Angga Gilang
    20 Januari 2017

    Jurusan informatika ternyata cabangnya IT ya mas…ternyata bidang IT luas juga masih ada penjurusan lain. Mantap gan

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      23 Januari 2017

      duuhhhhhh iya nihhhh luas banget,,,, sampe-sampe saya bingung mau fokus dimana

      hihihi

      #ACT4URFUTURE

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *