Jurusan Teknik Informatika – Tulisan ini saya dedikasikan untuk teman-teman yang ingin meneruskan kuliah khususnya bidang IT jurusan Teknik Informatika untuk mengetahui apa itu sih Teknik Informatika yang sebenarnya?. Jangan sampai kita salah memilih jurusan hanya karena mengikuti tren, iming-iming masa depan layak, ikut-ikut temen apalagi terpaksa karena desakan orang tua. Sedikit saran saja untuk kamu yang sedang kebingungan memilih jurusan, pilihlah jurusan yang sesuai dengan kemampuanmu dan apa yang kamu senangi #udahituaja. Pada postingan kali ini, saya ingin sedikit berbagi mengenai seluk beluk dari Teknik Informatika yang konon katanya lulusan dari jurusan ini masa depannya cerah #Mitos.

Apa Itu Jurusan Teknik Informatika?

Menurut Laman JurusanKuliah.info, Teknik Informatika adalah salah satu jurusan difakultas teknik yang mempelajari tentang penerapan logika matematika dalam pengelolaan informasi yang dapat meliputi transformasi data atau pengolahan data-data yang memanfaatkan teknologi komputer dengan seoptimal mungkin.

Saya meyakinin program studi ini sudah tidak asing lagi, pasalnya sudah banyak kampus-kampus yang membuka PRODI (Program Studi) Teknik Informatika salah satunya Universitas Serang Raya, Serang, Banten #BanggaAlmamater. Namun kebanyakan orang masih berpandangan bahwa jurusan iniΒ adalah jurusan yang mempelajari tentang seluk beluk dari komputer. Dan itulah alasan saya menulis postingan ini yang dengan tujuan sedikit meluruskan pandangan dari masyarakat terhadap jurusan Teknik Informatika.

Apa yang dipelajari di Teknik Informatika?

Selanjutnya saya akan mengupas sedikit apa yang akan dipelajari saat masuk jurusan teknik Informatika. Pada program studi ini, mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah yang berhubungan dengan software, hardware, networking sampai dengan kecerdasan buatan atau bahasa kerennya AI (Artificial Intelligence).

Dalam masa perkuliahan, Kamu akan mempelajari bagaimana merancang perangkat lunak (Software) dari mulai awal hingga dapat dipasarkan, merakit perangkat keras (Hardware) dari mulai komponen kecil sampai dapat dioperasikan, menyusun jaringan dari mulai tidak terkoneksi satu dengan lainnya hingga terkoneksi seluruhnya dan masih banyak lagi. Untuk kamu yang suka oprek komputer atau merancang software ataupun instalasi jaringan, jurusan ini lah tempatnya untuk kamu lebih berkembang.

Matematika teknik, jurusan teknik, hitungan logika

Sumber : Pexels.com

Kamu juga akan bertemu dengan mata kuliah yang mengasah logika seperti kalkulus, Aljabar Linear, matematika distrik dan masih buanyak lagi. Ada yang ingin berubah pikiran kah? Untuk ambil jurusan lain? Mari kita ambil sisi positifnya, dengan mata kuliah tersebut mahasiswa dilatih untuk berfikir sistematis, taktis dan kritis.

Apa Kemampuan dari Lulusan Jurusan Teknik Informatika?

Pertanyaan ini biasanya ditanyakan oleh orang tua saat anaknya ingin masuk ke jurusan Teknik Informatika #PengalamanPribadi. Kemampuan dasar yang pasti dimiliki oleh lulusan dari program studi ini adalah memiliki kemampuan untuk berpikir secara logis dan sistematis. Kemampuan dasar itu nantinya akan berkembang dan bercabang kepada kemampuan-kemampuan yang lebih spesifik lagi seperti kemampuan menganalisa sistem, merancang robotika dan masih banyak lagi.

Setelah Lulus Akan Jadi Apa?

Wisuda Teknik Informatika, wisuda unsera, mahasiswa terbaik unsera, blog anak unsera

Sumber : Pexels.com

Setelah kita membahas bersama tentang apa itu jurusan teknik informatika, apa saja yang dipelajari dan apa kemampuan yang dimiliki saatnya kita bahas masa depan lulusan teknik informatika. For You Information, Teknik Informatika adalah salah satu jurusan yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Mengapa paling diminati? Hal ini didasari lulusan jurusan iniΒ dapat ditempatkan dimana saja.

Sekarang kita menyadari kemajuan teknologi terus berkembang, segala lini pekerjaan pasti memerlukan tenaga IT mulai dari lembaga negara sampai kelembaga swasta semua membutuhkannya dan tak menutup kemungkinan menjadi wirausaha sukses. Namun satu hal yang harus di ingat adalah dengan semakin banyaknya peminat pasti banyak juga lulusannya, persaingan pun tidak dapat dihindarkan lagi.

Jadi Bagaimana? Tertarikkah untuk terjun ke Teknik Informatika? Semoga artikel mengenai “Menelusuri Apa Itu Jurusan Teknik Informatika” dapat memberi gambaran apa yang ada didalamnya. Jika ada pertanyaan mengenai artikel ini dapat dilayangkan melalui kolom komentar atau melalui laman contact us. Terima kasih atas ketersediaan waktunya untuk membaca. Keep stay with masirwin blog and love programming code!!!

Wassalam,

Sumber Pustaka :

Janiarto. 2015. Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika. http://www.jurusankuliah.info/2015/01/prospek-kerja-jurusan-teknik-informatika.html [Diakses 30 Desember 2016]

Subscribe To MasIrwin Blog Newsletter

Yuk gabung dalam Subscriber Masirwin Blog, Dapatkan info lomba blog terbaru dan terupdate serta artikel menarik lainnya, hanya di Masirwin Blog.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This