Menjaga Kebersihan Kamar Anak Salah Satu Solusi Hidup Sehat. Begini Caranya!

Salah satu cara untuk tetap sehat adalah kebersihan, Seperti menjaga kebersihan kamar anak adalah salah satu solusi hidup sehat. Bagaimana caranya? Simak disini

Menjaga kebersihan kamar anak setiap hari memang terkadang menjadi tugas yang berat terlebih untuk orang tua yang terbilang sibuk. Akan tetapi, jika Anda bisa menerapkan kebiasaan baik ini serta mematuhi jadwal bersih-bersih regular, maka tentu saja kamar akan selalu tampak bersih.

Kuncinya yaitu rutin membersihkan setiap hari, sehingga Anda hanya perlu membersihkan dan merapikan sedikit setiap hari termasuk kamar anak.

Hal tersebut bertujuan agar kamar anak selalu rapi, yakni dengan membersihkan hal yang perlu dibersihkan sambil lalu serta mengerjakan tugas harian yang akan membuat kamar selalu bersih dan rapi.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Kamar Anak

Pentingnya kebersihan harus dijelaskan kepada anak-anak, terlebih jika mereka sudah memiliki kamar sendiri. Karena sebagian orang tua memang membiasakan anak-anaknya untuk mempunyai kamar sendiri dengan tujuan agar anak bisa lebih mandiri.

Sebagai orang tua sudah menjadi tugas kita untuk menjaga kebersihan. Namun, tidak ada salahnya untuk mengajarkan kepada anak-anak agar mereka menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kebiasaan membersihkan dan juga merapikan rumah terlebih kamar anak secara rutin ini jelas berpengaruh baik terhadap kualitas tidur anak serta bermanfaat bagi kesehatannya.

Oleh sebab itu, berikut ini terdapat beberapa tips cara menjaga kebersihan yang perlu Anda lakukan secara berkala agar kamar menjadi bersih, rapi, dan sehat.

1. Rapikan dan bersihkan tempat tidur

Rapikan dan bersihkan tempat tidur anak

Biasakan anak-anak untuk membereskan tempat tidur setiap bangun di pagi hari. Ajarkan untuk membersihkan hal-hal kecil seperti merapikan seprei, menyusun bantal dan guling di ujung tempat tidur, dan melipat selimut. Selain itu, sebagai orang tua, Anda dapat membantu mereka dengan mengganti seprei dan sarung bantal paling tidak 2 kali seminggu. Dan tidak lupa untuk menjemur bantal dan guling yang sudah digunakan.

2. Sediakan wadah khusus untuk pakaian kotor

Sediakan wadah khusus untuk pakaian kotor

Ajarkan kepada anak-anak agar tidak menyimpan pakaian kotor  di tempat tidur ataupun di lantai. Sebagai orang tua sudah sewajarnya untuk menyediakan wadah khusus untuk pakaian kotor agar kamar anak tetap bersih.

3. Jangan membiasakan diri makan di tempat tidur

Jangan membiasakan diri makan di tempat tidur

Jelaskan kepada anak-anak agar tidak terbiasa makan atau mengemil di tempat tidur.  Sebab makan di tempat tidur akan berpotensi meninggalkan noda serta kotoran. Selain itu, bisa mengundang semut karena sisa makanan yang jatuh di tempat tidur.

4. Segera membersihkan dan membuang sampah

Segera membersihkan dan membuang sampah

Ajarkan kepada mereka untuk membuang sampah secara rutin. Anda pun bisa memeriksa tiap sudut kamar yang bisa saja terdapat sisa pembungkus, makanan, kertas lama serta sampah lain yang tidak bisa dijangkau oleh mereka. Saat mengumpulkan sampah baiknya pisahkan dan masukkan ke dalam kantongan besar agar bisa diangkut oleh pengangkut sampah.

5. Bersihkan meja di kamar

Bersihkan meja di kamar anak setiap hari

Meja di dalam kamar merupakan magnet untuk barang-barang. Karena di sana menjadi tempat untuk membaca, mengerjakan tugas serta menghabiskan waktu di depan komputer. 

Tidak hanya itu, terkadang meja dijadikan sebagai tempat atau wadah untuk menyimpan berbagai barang. Oleh karena itu, sebaiknya menyediakan meja di kamar anak yang dilengkapi dengan laci agar barang-barang yang sudah digunakan dapat ditaruh kembali ke tempatnya sebelum mereka tidur.

6. Membersihkan area lantai kamar

kebersihan kamar anak area lantai kamar si kecil

Membersihkan kamar anak dapat dilakukan dengan membersihkan lantai, area kolong kasur atau tempat tidur juga karpet tempat bermain anak baik itu karpet bulu,  kain maupun plastik.

Selain itu jangan lupa membersihkan bagian jendela kamar serta cucilah gorden atau tirai paling tidak sekali sebulan untuk membersihkan debu yang mungkin menempel.

7. Biasakan membuka jendela

Biasakan membuka jendela untuk menjaga sirkulasi udara kamar sikecil

Bukalah jendela kamar anak secara berkala, khususnya saat pagi hari agar udara yang masih bersih bisa masuk. Namun, jika di kamar mereka tidak ada jendela maka bukalah pintu kamar.

8. Merapikan mainan anak

Merapikan mainan anak saat tidak digunakan lagi

Sebagai orang tua kita bisa membujuk mereka agar merapikan mainan yang berserakan. Kita pun bisa membantu mereka untuk menyimpan dan mengembalikan barang atau mainan pada tempatnya. Dengan mengajarkannya seperti ini diharapkan agar mereka terbiasa membersihkan kamar mereka.

Hal ini dilakukan agar anak-anak menjadi terbiasa dan tidak terus-menerus mengandalkan orang lain untuk kebersihan kamar tidurnya. Selain itu, dengan mengajarkan mereka terbiasa membersihkan kamar akan membantu mereka menjadi orang yang bertanggung jawab.

Manfaat menjaga kebersihan jik dilakukan secara rutin adalah anak-anak akan merasa lebih nyaman belajar dan beristirahat di kamar tidurnya sendiri. Kualitas belajar dan tidur pun juga akan meningkat jika tempat istirahatnya nyaman dan hangat. Di mana hal ini juga akan meningkatkan kualitas kesehatan Anda dan keluarga.

Menjaga kebersihan khususnya di kamar anak memang terbilang tidak mudah, tetapi jika Anda bisa membantu mereka membuat semacam agenda selama dua minggu secara rutin, maka anak-anak akan mulai terbiasa menjaga kebersihan kamar.

Artikel Lainnya dari Masirwin Note

 140 total views,  19 views today

Pin It on Pinterest

Share This