“….., Dan Sebaik-baiknya manusia ialah orang yang bermanfaat bagi orang lain.”

HR. Thabrani dan Daruquthni

Agenda acara yang tak pernah absen dari bulan ramadhan adalah agenda buka puasa bersama. Baik itu dengan keluarga besar, teman sekolah, teman sehobi hingga calon teman hidup #Uwuwuwu. By the way, agenda yang kerap muncul di bulan puasa ini bertujuan menjadi sarana mempererat silaturahmi dan sarana reuni dadakan, reuni dengan mantan misalnya. Dan di bulan suci ramadhan tahun ini memang cukup berbeda dari bulan ramadhan sebelumnya. Agenda buka bersama selalu berdatangan silih berganti, namun saya mencoba untuk memilih yang membawa manfaat. Bukan hanya manfaat pribadi melainkan juga manfaat bagi orang lain.

Singkat cerita singkat waktu, saya bergabung di 46 WAG (WhatsApp Grup) seputar “Dunia Blogger” dan yang saya ikuti secara aktif hanya 14 grup saja selebihnya untuk hanya untuk berbagi informasi lomba blog (bukan SPAM yah). Salah satu WAG yang paling saya ikuti perkembangannya dari mulai beli akun WhatsApp adalah “Keluarga Blogger Jakarta“. Sebuah komunitas blogger area Jakarta dan sekitarnya yang cukup aktif dan sangat berkembang. Aktif dalam berbagi ilmu tentang dunia blog hingga berbagi info job untuk para anggotanya. Walaupun ada kalanya isi percakapannya diluar topik blog, namun itu semua bertujuan merajut kebersamaan kami. Berminat join kunjungi http://bloggerjakarta.or.id/registrasi/

blogger jakarta, blogger tangerang,blogger daerah, masirwin blog, komunitas blogger, blog jakLogo Blogger Jakarta (Sumber : bloggerjakarta.or.id)

Komunitas Blogger Jakarta (KBJ) sudah genap berusia 2 tahun di tanggal 11 Juni 2018. Saya akui umur KBJ memang masih seumur jagung bila dibandingkan komunitas blogger lainnya. Namun kebersamaan kami tidak kalah dengan komunitas lain. Selalu ada canda tawa disetiap percakapan, selalu ada ilmu yang bermanfaat disetiap bulannya dan selalu ada cinta dan kasih sayang di setiap hati anggotanya. Itulah hal yang saya sendiri iya masih sendiri sukai dari komunitas satu ini.

Dan pada tanggal 3 Juni 2018 (18 Ramadhan 1439 H) dalam rangka merayakan 2 tahun hari jadinya, Komunitas Blogger Jakarta mengadakan acara buka bersama plus santunan anak yatim piatu & dhuafa. Acara akbar ini mengambil tema #2thMerajutKebersamaan yang memiliki tujuan untuk mempererat kebersamaan antara sesama anggota. Jadi tidak hanya sebatas grup WhatsApp saja kita mengenal satu dan lainnya.

#2thMerajutKebersamaan (Sumber : Instagram.com/bloggerjakarta)

Acara yang diselenggarakan di SDIT Ibnu Sina, Duren Sawit Jakarta Timur ini berlangsung sangat meriah penuh makna kebersamaan. Acara yang mulai dari jam 15:30 WIB, dibuka dengan khidmat oleh Mas Riski Saputra (riskisaputra.com) selaku pembawa acara. Dan cara pertama adalah lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Bang Oji (tinulis.id), Bang Oji ini tak hanya jago optimasi blog, ia juga pandai murotal.

Pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Bang Oji (Sumber : Dok. Blogger Jakarta)

Acara bukber #2thMerajutKebersamaan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari pihak Lazisna oleh Ibu Purwanti. Beliau memaparkan sedikit tentang Lazisna (Lembaga Amil Zakat Ibnu Sina). Lazisna ini baru terbentuk sudah 2 tahun dan sudah banyak anak asuh dibawah naungannya. Lebih dari 50 anak baik yatim/piatu, yatim piatu dan dhuafa dalam bimbingan Lazisna.

Ibu Purwati Perwakilan Lazisna (Sumber : Dok. Blogger Jakarta)

Ibu Purwanti juga memaparkan keinginan besarnya bahwa kerjasama dengan Blogger Jakarta jangan hanya sampai selesai acara saja. Beliau juga memberikan gagasan kepada kami (para anggota Blogger Jakarta) untuk memberikan edukasi terhadap anak asuhnya dalam hal masalah teknologi khususnya dunia blogger.

Dan tak lengkap rasanya jika perwakilan KBJ tidak memberikan sedikit sambitan ehh sambutan. Maka majulah Mas Joko (kanaljogja.id) selaku sesepuh Blogger Jakarta memberikan sedikit sambutan dan ucapan terima kasih kepada para tamu undangan yang berkenan hadir dalam acara ini. By the way, beliau ini Duta Dunia Maya Region Banten yang selalu mengawasi kami untuk tidak menciptakan berita hoax dan lebih menganjurkan tuk menciptakan konten kreatif dan positif.

Perwakilan Blogger Jakarta Kadiv Editor (Sumber : Dok. Blogger Jakarta)

Oh iya kemeriahan acara ini juga tak luput dari segenap dukungan dari para komunitas serupa yang turut ambil peran, seperti Komunitas Blogger Mungil dan Komunitas Blogger Crony. Acara #2thMerajutKeberasamaan juga diisi dengan Tausiyah dari Ustadz Muhammad Khalid. Dalam tausiyahnya beliau memaparkan golongan-golongan apa saja yang dirindukan oleh surga. Siapa sih yang engga mau masuk surga? Pasti semua mau donk. Tapi apakah kita tahu ada golongan yang selalu dirindukan surga.

Tausyiah Ustadz Muhammad Khalid (Sumber : instagram.com/ariyolo)

Yang pertama golongan muslim yang gemar membaca Al-Qur’an. For your information, satu-satunya bacaan yang mendapatkan ganjaran pahala di muka bumi ini hanyalah membaca Al-Qur’an. Hitungan pahala yang didapat juga bukan per kalimat melainkan per huruf, jadi 1 pahala 1 huruf. Bayangkan jika kita bisa membaca 1 hari 1 lembar berapa pahala yang kita dapatkan dari membaca Al-Qur’an saja, belum lagi yang 1 hari 1 juzz. Dan adapun keistimewaan di bulan ramadhan, pahala membaca Al-Qur’an dilipatgandakan menjadi 700 pahala per huruf, Subhanallah.

Yang kedua adalah golongan yang mampu menjaga lisannya. Kita sering mendengar kata nasihat “mulutmu harimaumu“, sama seperti dalam hadist nabi berbunyi “Akan selamatlah manusia yang bisa menjaga mulutnya.” Tentunya dalam bulan yang penuh ampunan ini, kurangi berkata yang tidak perlu apa lagi sampai menyakiti hati orang lain. Lebih baik gunakan lisan kita untuk berdzikir kepada Allah SWT agar kita menjadi golongan yang dirindukan surga.

Nah yang ketiga adalah golongan yang senang memberi makan orang yang berpuasa atau lapar. Sebulan berpuasa di bulan ramadhan pasti kita mengerti dan mengetahui bagaimana menahan haus dan lapar. Maka dengan memberikan makan kepada orang lapar atau berpuasa kita dapat sedikit meringankannya sekaligus menambah pahala kita. Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW pernah berkata “Orang yang memberi makan orang yang berpuasa akan memperoleh pahala seperti orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang tersebut.

Dan yang terakhir adalah golongan yang gemar berpuasa. Berpuasa yang bagaimana? Tentunya yang ikhlas karena Allah SWT. Apa lagi orang-orang yang berpuasa di bulan suci ramadhan yang mendapatkan pahala yang berkali-kali lipat. Maka dari itu gunakanlah sebaik-baiknya bulan ramadhan karena hanya dibulan inilah banyak sekali kemuliaan.

Selesai dari mendengarkan pak ustadz yang masih muda namun masih mudaan saya #Kekeuh, para peserta acara diajak untuk bermain sejenak guna menunggu waktu berbuka puasa. Permainan ini seperti pesan berantai (efek lupa nama games). By the way, ini permainan team dan kami dikelompokkan dengan adik-adik asuh Lazisna.

Rancang Bangun Strategi Menang (Sumber : Dok. Blogger Jakarta)

Kebetulan saya satu kelompok dengan kak Rismayani (riesmayani.blogspot.com) yang mempunyai mimpi punya domain dot id dan kak Ratih (ukhtikecil.com) yang punya keinginan menikah dalam waktu dekat. Dan dalam permainan ini sangat ditekankan kerjasama kelompok maka terlihat jelas kebersamaan tanpa melihat status, usia maupun pendapatan dari blognya. Permainan pun berlangsung sangat meriah, masing-masing kelompok menggunakan strateginya masing-masing macam merebutkan page one saja di search engine.

Memang jika dalam keadan bersenang-senang akan lupa waktu, tahu-tahu sudah mendekati waktu berbuka. Dan acara bukber ini pun disuguhkan dengan hidangan yang manis-manis dibalut kebersamaan yang hakiki. Selesai membatalkan puasa, kami segerakan sholat magrib, karena waktu magrib itu tak selama waktu isya apalagi selama menunggu kepastian. Dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun Komunitas Blogger Jakarta yang ke 2 dan pemberian bingkisan kepada adik-adik kami (meskipun baru pertama kali bertemu, sudah kami anggap adik kami sendiri, itulah arti kebersamaan).

Kebersamaan yang kami rajut (Sumber : Dok. Blogger Jakarta)

Akhirnya, acara selesai dan semua berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun. Saya sangat mengapresiasi para panitia yang pastinya sudah mengorbankan waktunya untuk merancang acara #2thMerajutKebersamaan ini menjadi sukses. Dan tak luput juga, para komunitas blogger yang telah bersedia menghadiri acara ini dari awal hingga akhir. Serta rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada C2live dan Lazisna yang turut mensukseskan semuanya.

Tak ada kata yang bisa saya ungkapkan selain banyak-banyak terima kasih karena telah membuat saya menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama. Acara bukber dengan adik-adik yang kurang beruntung memang keinginan saya sudah sejak lama. Karena bisanya bukber hanya sekedar berbuka, bertemu dan bercakap tanpa ada bermanfaat bagi orang lain.

Dan terakhir, saya ucapkan selamat ulang tahun Komunitas Blogger Jakarta yang ke 2. Semoga makin kompak, makin kece, makin berkembang dan makin banyak job nya :v.

Kebersamaan kami bersama adik-adik Lazisna (Sumber : Dok. Blogger Jakarta)

_



WAJIB KAMU TAHU

Terbang ke Sydney, Kunjungilah 7 Spot Menarik Ini

Terbang ke Sydney, Kunjungilah 7 Spot Menarik Ini Sydney, dapat dikatakan bahwa state capital dari New South Wales ini merupakan salah satu kota termahal seantero benua Australia. Sydney juga merupakan salah satu kota terpadat di Australia dan Oseania. Sebagai kota...

baca lainnya

Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi, Rekomended!!!

Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi, Rekomended!!! Konveksi Seragam Kerja Jakarta Suweri - Di Era globalisasi sekarang ini pekerjaan apapun banyak membutuhkan pakaian seragam kerja. Seragam kerja merupakan salah satu pakaian yang memang khusus digunakan untuk...

baca lainnya

Daftar Lomba Blog Oktober 2018 Terbaru

Segera Hadir Lomba Blog Oktober 2018 Dapatkan selalu informasi ter-Update tentang lomba-lomba blog yang tengah diselenggarakan, Hadiah menarik selalu disediakan bagi para pemenang yang kreatif, Informatif dan Atraktif Selayang Kata Terima Kasih Untuk Kalian Semua...

baca lainnya

24 Komentar

  1. DiCapriadi

    Wihh udah 2 tahun nih. Barakallah Blogger Jakarta, semoga barokah dan memberikan bnyak manfaat. Aamiin

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      iyah gak kerasa :D,,, padahal baru kemaren loh bergabungnya 😀

      Balas
  2. Dini Alvionita

    Ulasan yang sangat lengkap dengan bahasa yang apik! Suka !

    Balas
  3. adi pradana

    Meriah banget acaranya, uwwuwuwuwuw. Btw, singkatannya mirip dengan jogja, KBJ, Komunitas Blogger Jogja. Hehehe

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      yah nyerempet nyerempet lah,, BTW Jogja aktif gak mas?

      Balas
  4. Himawan Sant

    Ulasan kegiatannya seru..
    Senang pasti rasanya bisa gabung komunitas,ya .. bisa saling berbagi ilmu dan jadi banyak teman.

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      Itu sudah pasti,,, berbagi ilmu, infomasi apapun akan mudah dengan adanya sebuah wadah yang disebut komunitas

      Balas
  5. vika

    wah rame banget ya mas irwin acara buka bersamanya,, pengen si kapan2 ikuan kaya gtu cuma jauh euy d jakarta.. hehehe

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      hihihi kalo ada niat pasti deket ko,,, Lah saya juga jauh tapi kalo niat pasti deket 😀

      Balas
  6. Fenni Bungsu

    Barakallahu BlogJak, selalu #SemangatCiee menebar kebaikan

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      Yuk semangat biar komunitas Blogger Jakarta lebih Varokah 😀

      Balas
  7. Bolang

    Ya Allah.. tau aja keinginan saya dalam waktu dekat. Jadi terharu.
    Btw, Ini bisa di tag ke orangnya ga ya mas? wkwkwk..*salahfokus

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      itulah tandanya kebersamaan kita,,, bahkan ide atau mimpi waktu dekat pun saling mengetahuinya… #AyoAkad

      Balas
  8. farida

    wah seru bgt ya acaranya. terimakasih sdh berbagi kisah dan materi kajiannya. bermanfaat sekali 🙂

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      Terima kasih juga telah berkunjung di Gubug sederhana ini mba 😀

      Balas
  9. Bara Anggara

    Wah baru 2 tahun tapi udah kompak yah temen2 komunitas blogger jakarta.. semoga terus kompak selalu..

    -Traveler Paruh Waktu

    Balas
  10. Eka Fikry

    wah, aku belum gabung, ..kudu gabung nih biar update, hehhehe

    Balas
  11. maschunsofwan

    mantap mas ulasanyanya, bisa ikutan juga nich gabung HQQ biat infonya update terus 🙂

    Balas
  12. Nathalia DP

    Seru ya acaranya… Met ulang taun komunitas blogger jakarta 🙂

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      seru banget teh 😀

      tiap acara Blogger Jakarta pasti Auto Seru :v

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ARTIKEL PENTING

Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi, Rekomended!!!

Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi, Rekomended!!! Konveksi Seragam Kerja Jakarta Suweri - Di Era globalisasi sekarang ini pekerjaan apapun banyak membutuhkan pakaian seragam kerja. Seragam kerja merupakan salah satu pakaian yang memang khusus digunakan untuk...

baca lainnya

Daftar Lomba Blog Oktober 2018 Terbaru

Segera Hadir Lomba Blog Oktober 2018 Dapatkan selalu informasi ter-Update tentang lomba-lomba blog yang tengah diselenggarakan, Hadiah menarik selalu disediakan bagi para pemenang yang kreatif, Informatif dan Atraktif Selayang Kata Terima Kasih Untuk Kalian Semua...

baca lainnya

Pin It on Pinterest

Share This