Pentingnya Software Payroll dan Software Absensi Perusahaan

Tahukah Anda, Pentingnya sebuah Software bagi Perusaahan. Masirwin akan membahas penting tidak nya software payroll dan software absensi untuk HRD

HRD atau Human Resources Development mempunyai tanggung jawab yang besar dalam perusahaan untuk mengembangkan kinerja serta pelatihan para karyawan. Untuk memudahkan pekerjaan HRD, para perusahaan menyiapkan bantuan software untuk HRD, seperti software payroll serta software absensi karyawan.

Software HRD dan payroll gratis digunakan untuk membantu perusahaan dalam mengelola data informasi karyawan. Tentunya sistem tersebut dirancang khusus untuk mendukung tugas pekerjaan tim HRD, sehingga meminimalisir waktu serta tenaga HRD.

7 Alasan Mengapa Perusahaan Memerlukan Software Payroll dan Absensi

Software Payroll HRD, Aplikasi HR Payroll sangat mempermudah sistem payroll di perusahaan

Ada berbagai jenis software HRD terbaik yang dibedakan fungsinya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Beberapa diantaranya bahkan bisa melakukan seluruh fungsi HR. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini merupakan 7 alasan mengapa perusahaan memerlukan software payroll dan absensi

1. Jumlah Karyawan yang Banyak

HRD yang dioperasikan seluruhnya dengan kemampuan tenaga manusia sebenarnya boleh saja terlebih jika perusahaan dengan skala kecil yang mudah ditangani. Namun, bagaimana jika jumlah karyawan di perusahaan tersebut sangat banyak?

Software payroll serta software absensi karyawan serta kontrol HRD dapat memperbesar serta membebani margin kesalahan. Oleh sebab itu, dibutuhkan software atau sistem yang teruji untuk memperkecil risiko kesalahan yang dilakukan. Jika masih ada kesalahan, setidaknya sumber perkaranya lebih mudah.

2. Bisnis yang Berkembang

Ketika bisnis berkembang maka aspek yang ada di perusahaan juga semakin kompleks. Namun, terkadang karyawan atau sumber daya perusahaan belum siap menghadapi peningkatan bisnis ini.

Dengan begitu keberadaan software absensi HRD dan payroll menjadi katalisator di perusahaan. Dengan meng-upgrade software tentunya dapat mempersingkat waktu serta mempermudah perusahaan, dibandingkan harus menunggu penyesuaian dari sumber daya manusia.

3. Efektivitas Kerja Karyawan

Tim HRD tentu memiliki kekurangan dalam menilai kinerja karyawan tanpa bantuan software. Hal tersebut merupakan kelemahan manusia yang melakukan multitasking, sehingga tidak dapat efektif.

Hal tersebut bukan berarti kinerja manusianya yang buruk, melainkan akan lebih efektif dan baik jika dikolaborasikan dengan pengolahan software. Dimana software absensi karyawan ini juga berfungsi untuk mencatat efektivitas kerja di bagian kuantitatif sedangkan HR fokus pada bagian kualitatif.

4. Paperless Office

Software absensi karyawan serta software payroll akan mengarahkan ke paperless office dimana sistem pengarsipan menjadi lebih rapi. Sehingga perusahaan akan lebih mudah untuk mengakses berkas apapun.

Hal ini tentu jauh berbeda jika hanya mengandalkan kemampuan manual, karena akan memakan waktu yang lebih banyak. Selain itu paperless office juga mendukung pelestarian lingkungan.

5. Menyesuaikan Aturan Pemerintah

Dari waktu ke waktu regulasi pemerintah pun berubah secara dinamis. Jika ditangani oleh manusia, perubahan regulasi ini menemui jet-lag dalam implementasinya.

Misalnya masih terbawa dengan aturan lama padahal sudah ada aturan baru yang berlaku. Untuk mengurangi kesalahan tersebut diperlukan software yang mampu memperoleh pembaruan pengaturan secara berkala dan mengikuti penyesuaian aturan terbaru.

6. Acuan Promosi serta Karir Karyawan

Catatan acuan promosi serta karir karyawan yang sangat banyak terkadang membuat pusing atau stress tim HRD, terlebih bila harus melakukan pengecekan ulang yang dapat memakan waktu lama.

Hal tersebut juga tidak menjamin keakuratan data. Namun tabulasi dari software HRD seperti software payroll dan software absensi karyawan dapat membantu mengontrol keakurasian supaya setiap pihak dapat memperoleh keadilan.

7. Memudahkan Sistem Pelaporan

Sudah pasti software-software HRD seperti software payroll dan sistem absensi digunakan agar perusahaan memiliki sistem yang mampu bekerja secara kronologis.

Atas kemampuannya tersebut dapat memudahkan perusahaan untuk menyusun sistem pelaporan. Bahkan dengan menggunakan software, penyortiran serta pengolahan laporan pun lebih akuntabel.

Kebutuhan Software HR untuk UKM

UKM atau usaha kecil dan menengah berbeda dengan perusahaan skala besar. Karena jumlah pegawai UKM lebih sedikit dibandingkan dengan perusahaan besar dan tidak ada karyawan dengan tugas serta jabatan yang sama.

Meskipun begitu proses administrasi yang tidak efektif tentunya akan menghabiskan waktu dan tenaga. Oleh sebab itu software HRD seperti software payroll dan sofware absensi karyawan juga dapat digunakan oleh pelaku UKM di Indonesia. Ada beberapa fitur software yang dibutuhkan oleh UKM, diantaranya yaitu :

  • Mengatur absensi karyawan
  • Aksesbilitas fitur mobile karyawan
  • Mengatur peraturan pemerintah yang berlaku
  • Mengatur perekrutan karyawan
  • Melatih serta mengembangkan diri karyawan

Itulah beberapa pentingnya penggunaan software di perusahaan, baik software payroll, software absensi karyawan dan lainnya. Intinya penggunaan software dapat memudahkan pekerjaan di perusahaan.

Artikel ini tayang pada kategori Teknologi, dan dipublikasikan oleh Irwin Andriyanto. Kunjungi halaman Gudang Baca untuk melihat seluruh artikel sudah tayang di Blog Masirwin Note.

Artikel Lainnya dari Masirwin Note

 271 total views,  2 views today

Pin It on Pinterest

Share This