Pesona Kabupaten Magelang Tak Hanya Candi Borobudur Saja

Musim liburan akhir tahun hanya tinggal menghitung hari. Banyak orang yang sedang mencari-cari destinasi wisata terbaik untuk menghabiskan waktu liburannya. Ada yang mencari dalam negeri ada pula yang mencari di luar negeri. Tapi ada baiknya mencari destinasi dalam negeri saja, toh Pesona Indonesia tak kalah dengan yang ada diluar sana.Salah satunya Kabupaten Magelang, menurut saya pribadi Kabupaten yang berdekatan dengan Yogyakarta ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan liburan akhir tahun loch. Bagaimana tidak? Kabupaten Magelang mempunyai Candi peninggalan Dinasti Syailendra yang masuk dalam 7 keajaiban dunia yang menjadi iconnya. Sebuah kebanggaan tersendiri untuk Indonesia dan kita sebagai warganya juga harus ikut bangga.

Yah, bagi sebagian orang yang sudah pernah mengunjungi Yogyakarta pasti disempatkan mengunjungi Candi Borobudur. Disamping lokasi yang cukup dekat serta spot foto yang bisa dijadikan kenang-kenangan. Meskipun Candi Borobudur menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan baik domestik maupun internasional, pesona Kabupaten Magelang tak hanya sampai disana saja.

Banyak destinasi-destinasi wisata yang tak kalah menarik dari Candi Budha terbesar di Dunia tersebut. Sebut saja Sungai Elo yang menawarkan sensasi arung jeram yang bertaraf Internasional dan masih banyak lagi dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak lagi wisata apa saja yang ada di Kabupaten Magelang. Yuk, langsung simak beberapa destinasi wisata di Magelang yang layak dikunjungi saat musim liburan akhir tahun.

Destinasi Wisata dalam Pesona Kabupaten Magelang

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Kabupaten Magelang yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga, pasangan, atau rombongan teman kantor untuk menghabiskan liburan akhir tahun.

1. Wisata Sungai Elo

Bila Anda mengunjungi Candi Borobudur, pasti Anda akan dengan mudah menemukan wisata satu ini. Wisata Sungai Elo ini merupakan wisata yang pas untuk Anda berjiwa petualang yang memacu adrenalin “My Trip My Adventure“. Banyak kegiatan yang dapat dinikmati di tempat wisata ini. Salah satu kegiatan yang paling favorit para pengunjung adalah arung jeram.

Arung Jeram Sungai Elo memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya. Hal ini dikarenakan Sungai Elo memiliki variasi jeram dari grade I sampai III + yang cocok untuk siapa saja baik tingkat pemula maupun profesional. Untuk menyusuri wisata Sungai Elo dengan arung jeram dibutuhkan waktu 2-3 jam. Untuk rutenya sendiri, Desa Blondo menjadi titik awalnya dan diakhiri di Desa Mendut.

Keseruan Arung Jeram

Sumber : maioloo.com

Pesona Sungai Elo

sumber : magelangonline.com

Fasilitas Wisata Sungai Elo

sumber : tribunnews.com

Untuk Anda Ketahui, Sungai Elo tergolong sangat ideal untuk aktivitas arung jeram. Hal ini dikarenakan aliran sungainya cukup stabil dan aman yang terpenting tidak ada material vulkanik dari Gunung Merapi. Dan waktu yang tepat untuk menjajal adrenalin Anda di Sungai ini adalah awal dan akhir musim penghujan. Jadi, mumpung masih awal musim hujan ada baiknya wisata satu ini Anda kunjungi.

Lokasi Wisata Sungai Elo

Wisata Sungai Elo

2. Wisata Bukit Punthuk Setumbu

Pernah Liat Film “Ada Apa Dengan Cinta 2”, adegan dimana Rangga membawa Cinta di subuh-subuh buta untuk melihat keindahan sunrise di Kabupaten Magelang. Yah, bila Anda mencari wisata alam untuk menikmati sunrise sembari berfoto ria maka Punthuk Setumbu lah tempatnya.

Wisata Punthuk Setumbu sendiri berada di ketinggian kurang lebih 400 mdpl. Sehingga untuk dapat menuju tempat tersebut, Anda perlu sedikit menguras keringat karena track jalan yang cukup menanjak. Dari Punthuk Setumbu, Anda dapat menikmati sunrise dengan pemandangan Candi Borobudur. Moment terbaik untuk menikmati sunrise adalah pukul 04:30 – 05:15 WKM (Waktu Kabupaten Magelang).

Panorama Punthuk Setumbu

Sumber : visitmagelang.id

Menikmati Moment Sunrise

sumber : dutawisata.co.id

Bangunan Gereja Unik

sumber : tripadvisor.com

Untuk lokasinya, Punthuk Setumbu terletak tidak terlalu jauh dari Candi Budha terbesar di Dunia. Destinasi wisata ini berada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Kabupaten Magelang. Adapun jam operasionalnya mulai pukul 03:30 sampai 17:30 WIB. Nah, bagi Anda pecinta hunting foto bernuansa keindahan alam, tempat ini cukup saya rekomendasikan untuk mengisi liburan akhir tahun Anda.

Lokasi Wisata Bukit Punthuk Setumbu

Wisata Bukit Punthuk Setumbu

3. Wisata Curug Silawe

Pesona Kab. Magelang yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai keindahan air terjun. Air Terjun Silawe atau Curug Silaweย merupakan air terjun yang menawarkan pemandangan eksotis nan memesona di Kabupaten Magelang. Jalur untuk menuju ke Air Terjun ini cukup tersembunyi sehingga belumย banyak diketahui wisatawan. Untuk sampai di Air Terjun ini, medan yang cukup berat menanti namun akan terbayar lunas oleh keindahan alam yang disuguhkan.

Curug Silawe memiliki tinggi sekitar 50 meter, terdapat dua air terjun dimana perbedaannya hanya dari arus nya saja. Yang satu mempunyai arus yang cukup kencang nan deras, yang satu lagi mempunyai arus yang kecil. Seperti wisata curug lainnya, bagian bawah air terjun ini terdapat kolam yang bisa digunakan untuk bermain air, berendam ataupun berfoto dengan aneka gaya.

Keindahan Curug Silawe

Sumber : kompasiana.com

Papan Curug Silawe

sumber : visitmagelang.id

Aliran Air Curug Silawe

sumber : liauprut.wordpress.com

Dan untuk lokasi dari Wisata Curug Silawe ini terletak di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Bila Anda berada di Borobudur, hanya 1 jam perjalanan untuk sampai dan menikmati salah satu pesona Kabupaten Magelang.

Lokasi Wisata Curug Silawe

Wisata Curug Silawe

4. Wisata Gunung Andong

Tahukah Anda? Kabupaten Magelang adalah satu-satunya kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang dikelilingi oleh banyak gunung. Sebut saja Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Telomoya dan Andong. Dari banyaknya gunung, salah satu yang menjadi wisata pendakian favorit adalah Gunung Andong.

Gunung Andong merupakan gunung yang sangat cocok untuk pendaki pemula. Ketinggiannya hanya 1726 mdpl dan jalur pendakian yang cukup mudah itulah kenapa cocok dengan pendaki pemula seperti saya. Meskipun terbilang kecil, Gunung Andong tetap memiliki pesonanya tersendiri. Melalui puncak tertinggi dari Gunung Andong, Anda akan disuguhkan pemandangan yang mengundang decak kagum. Anda bisa melihat gunung lain seperti Merapi, Merbabu, Sumbing bahkan Gunung Slamet pun terlihat dari Puncak Andong.

Pesona Gunung Andong

Sumber : visitmagelang.id

Jalur Pendakian

sumber : ranselhitam.wordpress.com

Track Menantang Andong

sumber : wisatane.com

Tak hanya disana saja, Anda juga bisa menikmati keindahan sunrise dan sunset pada waktunya di Puncak Andong. Yang menambah kepuasan akan Pesona Gunung Andong. Bagi Anda yang ingin mencoba mendaki gunung ini, saya sarankan untuk menggunakan jalur Dusun Sawit karena jalur ini cukup populer dikalangan pendaki, karena jalur yang mudah dan waktu tempuh yang lumayan singkat.

Lokasi Wisata Gunung Andong

Wisata Gunung Andong

5. Wisata Air Terjun Sekar Langit

Banyak yang bilang “Tak ada suara yang lebih menenangkan lagi selain percikan air dari ketinggian“. Suaranya bisa menyejukkan hati menghilangkan sejenak hiruk pikuk aktivitas yang ada. Itulah yang bisa saya gambarkan untuk pesona wisata Kabupaten Magelang yang satu ini. Air Terjun Sekar Langit adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Magelang yang dapat Anda kunjungi untuk liburan akhir tahun.

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Andong dan Telomoyo menjadikan destinasi wisata ini Bernuansa sejuk, sebuah tempat yang cocok untuk hilangkan sejenak kepenatan yang ada. Air Terjun Sekar Langit memang tak setinggi Air Terjun Silawe. Tingginya hanya 25 meter namun mempunyai debit air yang lumayan tinggi yang selalu mengalir tanpa henti.

Pesona Sekar Langit

Sumber : visitmagelang.id

Keindahan Sekar Langit

sumber : visitmagelang.id

Pintu Masuk Sekar Langit

sumber : Lensanasrul.com

Salah satu yang menjadi daya tarik air terjun ini adalah legenda Jaka Tarub. Konon di Air Terjun Sekar Langit, Jaka Tarub mengintip dan mencuri selendang bidadari yang mandi hingga akhirnya Jaka Tarub menikahi Bidadari yang bernama Nawangwulan. Bagi Anda yang masih berstatus single ada baiknya mengunjungi destinasi wisata yang satu ini, selain melepas penat sekalian mencari jodoh. Siapa tahu ketemu bidadari.

Lokasi Wisata Air Terjun Sekar Langit

Wisata Air Terjun Sekar Langit

6. Wisata Ketep Pass

Bagi Anda yang sudah sering kedaerahan Yogyakarta dan sekitarnya mungkin sudah tidak asing lagi dengan objek wisata ini. Ketep Pass merupakan objek wisata alam yang menyuguhkan pemandangan alam Gunung Merapi. Namun tak hanya itu saja, di Ketep Pass menyuguhkan berbagai macam edukasi bagi putra-putri Anda.

Salah satunya adalah Museum Vulkanologi. Dalam museum ini, Anda bisa belajar banyak hal tentang gunung berapi. Ada juga bioskop mini yang mampu menampung 78 penonton. Melalui bioskop ini, Anda bisa tahu banyak tentang asal muasal terbentuknya Gunung Merapi, jalur pendakian Gunung Merapi hingga dokumentasi letusan Gunung Merapi yang pernah terjadi.

Pesona Gunung Merapi

Sumber : visitmagelang.id

Menikmati Keindahan Via Ketep Pass

sumber : samiranindah.blogspot.com

Pesona Ketep Pass

sumber : klikdieng.com

Nah satu yang menarik perhatian saya adalah pelataran Panca Arga. Melalui Panca Arga atau Puncak Arga, Anda bisa melihat keindahan dari 5 Gunung mengelilingi yang Anda seperti Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Gunung Slamet. Bila Anda liburan akhir tahun ini bersama keluarga, ada baiknya Anda berkunjung ke Pesona Kab. Magelang yang satu ini.

Lokasi Wisata Ketep Pass

Wisata Ketep Pass

Nah, beberapa destinasi wisata diatas hanya sebagian kecil dari Pesona Kabupaten Magelang. Dan merupakan sebuah bukti bahwa pesona kabupaten ini bukan hanya Candi Borobudur saja. Bagi sebagian orang, mengunjungi Candi Borobudur mungkin dirasa hal yang wajib ketika mengunjungi Kabupaten Magelang, namun mengunjungi tempat wisata lainnya juga merupakan hal yang lebih wajib lagi. Karena beberapa destinasi wisata tersebut mungkin hanya ada di Kabupaten Magelang saja, tidak ada di tempat-tempat lainnya. Jadi tunggu apalagi? Segera rencanakan liburan akhir tahun Anda dan berlibur di Kabupaten Magelang!

 

Untuk lebih banyak informasi Pesona Kabupaten Magelang bisa follow dan like akun dibawah ini

Like Fanpage : Wisata Magelang

Follow Twitter : @WisataMagelang1

Follow Instagram : @Wisata_Magelang

_

WAJIB KAMU TAHU

Atur Bobot Tubuh Anda Melalui Program Diet yang Tepat

Atur Bobot Tubuh Anda Melalui Program Diet yang Tepat Atur Bobot Tubuh Anda Melalui Program Diet yang Tepat - Berat badan jadi hal penting yang diperhatikan oleh setiap orang. Ketika memiliki berat badan berlebih, setiap orang tentu akan berusaha mati-matian untuk...

baca lainnya

Trik Menyewa Genset yang Tepat untuk Pabrik

Trik Menyewa Genset yang Tepat untuk Pabrik Trik Menyewa Genset yang Tepat untuk Pabrik - Tak bisa dipungkiri bagi sebuah pabrik yang bergerak dalam bidang industri tentu akan membutuhkan tenaga listrik yang besar. Tenaga listrik tersebut digunakan untuk menjalankan...

baca lainnya

44 Komentar

  1. Baiq Rosmala

    Wiih lengkap juga yaa ternyata wisata di Kabupaten Magelang. Enggak kalah kayak di Bali or Lombok

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      Yoi mba, gak kalah loh Pesona Kabupaten Magelang dari Pesona Kota Kota Lain ๐Ÿ™‚

      Balas
  2. Yani

    Bagus wisatanya .. Jadi pengen melipir ke Kabupaten Magelang..

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      Monggo mba, nanti kalo libur kuliahnya ajak yang lain berlibur ke Magelang ๐Ÿ˜€

      Balas
  3. ricco

    Wih indahnya kota magelang, banyak sekali tempat wisatanya.
    Ingin sekali saya berangkat kesana. Untuk yang telah postingkan artikel ini terimakasih banyak, mungkin ini bisa menjadi dokumentasi untuk saya simpan. Bila saya jadi pergi ke kota magelang ini akan ku buka lagi agar lebih enak lagi mencari tempat wisatanya di magelang.

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      Wah nanti kalo Mas Rico kesana ajak ajak saya yah ๐Ÿ˜€

      Balas
  4. Acuss

    Terima kasih gan atas informasi tempat tempat indah yang ada di kabupaten Magelang, Siapa tahu liburan akhir tahun ini saya bisa berkunjung ke kota Magelang dan merasakan pesona indah nya tempat wisata di Magelang.

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      wah jarak Cianjur deket loch ke Magelang,,,, sama deketnya dari Magelang ke Cianjur ๐Ÿ™‚

      Balas
  5. Firsty Ukhti Molyndi

    Pengen ke magelang deh siapa tau ada yg ngajakin travelling. ๐Ÿ˜€

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      yuk yuk ke Magelang,,, tapi ongkos masing masing hihihihi

      Balas
  6. Anindita

    Waw… Nice info nih
    Jadi pengen ke wisata air terjun sekar langit ๐Ÿ˜Š

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      mau mandi yah biar kaya Bidadari,,, kalo kesana jangan lupa lepas selendangnya

      Balas
  7. Nurfaisyah

    Saya bookmarked ya postingannya, biar jadi referensi saat travelling.

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      Monggo mba, jangan lupa yang lainnya juga di Bookmark hihihi

      Balas
  8. Bacalagers Media

    keren abis itu destinasinya, menarik dan powerful banget liburan.
    murah dan mudah lagi akses nya, thanks gan!

    Balas
  9. anggara

    wah pesona wisata nya bagus dan indah, sekaligus ulasan nya bisa menambah pengetahuan akan wisata Indonesia.

    Balas
  10. Irfan

    WOw… ternyata wisata alam di Magelang oke-oke banget ya… biasa yang orang kenal cuma candinya saja.

    Balas
  11. Alvirzy

    wuihhh….. Magelang Punya ne… semoga gak hanya meninggalkan sebuah komentar… ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

    Anyway… Btw…. Target Liburan kayaknya ne….

    thanks for info brother…

    ngomong2 soal bidadari… mana nech

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      Bidadarinya di Air Terjun Sekar Langit ๐Ÿ™‚

      Balas
  12. Amir Mahmud

    Magelang emang keren. Kalo saya sih pengen ke Borobudurnya, dulu kesini pas kelas 5 SD, entah kaya apa sekarang

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      Wahhh sekarang mah dah bagus banget mas Amir,, Asri gitu kawasan Borobudur

      Balas
  13. Thewagia

    Pengalaman ke magelang terakhir pas mau lulusan SMP, itu sekitar tahun 2008 sejauh ini sudah banyak berubahnya ya..

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      Wah sudah lama sekali,, SMPnya 2008 ??? Wah kita seumuran yak

      Balas
  14. Hastira

    saya suka gunung anding dan situnya , indah sekali

    Balas
  15. Fakhruddin

    Banyak ya, kalau saya kenalnya Borobudur aja di Magelang, bisa jadi alternatif liburan nih. ๐Ÿ˜€

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      Monggo samperin setiap pesona Kabupaten Magelang yang indah ๐Ÿ˜€

      Balas
  16. Ella Fitria

    Weh ternyata Magelang punya banyak potensi wisata to.. Jd pengin kesana, huhu

    Balas
  17. Daruma

    ketep pas aku baru tau loh..
    kalo sungai elo sih pernah denger tapi belum pernah kesana. hehehe.

    makanannya juga enak-enak di magelang.

    Balas
  18. Dee - HDR

    Magelang ternyata punya banyak kawasan wisata yang keren ya ๐Ÿ˜€

    Aku suka cuaca di Magelang. Adem ๐Ÿ™‚

    Cheers,
    Dee – heydeerahma.com

    Balas
  19. Inda Chakim

    Bnyaaakkkkk dan kece2 tmpatnya.
    Catet ah.

    Balas
  20. Brian Prasetyawan

    Awal Desember kemarin saya baru dari borobudur. Memang sih kalau ke Magelang harusnya bisa lebih mengeksplore destinasi yang lain. Saya tahu yang nomor 2, 4, dan 6. Tapi sampai sekarang belum kesampean kesana hehe. Semoga ada kesempatan di masa yang akan datang.

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      wah sebenernya belum semua saya jabarkan karena saking banyaknya hahhaha

      Balas
  21. Chacha Dwi

    Saya orang jogja, tapi malah belum pernah main ke tempat2 wisata di atas. Sudah tahu beberapa sih, tapi belum menyempatkan diri padahal deket hehehe ๐Ÿ˜€

    Balas
  22. Tommy

    Kalau dari transportasi umum cukup memadai gak mas ke beberapa destinasi tersebut? Misalnya transportasi online macam Grab/Uber/Gojek. Sebab, kalau tersedia kan enak untuk menjangkau beberapa lokasi tersebut. Jadi, ada alternatif lain selain menyewa kendaraan misalnya.

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL PENTING

11 Masalah Yang Sering Dialami Iphone

11 Masalah Yang Sering Dialami Iphone Masalah yang sering dialami iPhone - Smartphone atau ponsel cerdasย memang telah menjadi bagian tersendiri bagi masyarakat saat ini. Setidaknya terdapat berbagai macam Smartphone yang beredar dalam masyarakat seperti iPhone....

baca lainnya

Daftar Lomba Blog Desember 2018 Terbaru

Lomba Blog Desember 2018 "Resolusi Juara Lomba Blog 2019" Masirwin Blog Always Present Lomba Blog dan Kontes SEO Desember Terbaru, Terhangat, Terlengkap 2018 alo intronya ngucapin selamat datang kembali sepertinya sudah biasa, malah saya sendiri...

baca lainnya

Daftar Lomba Blog November 2018 Terbaru

Lomba Blog November 2018 "Rezeki Nomplok Penghujung Tahun" Masirwin Blog Present Lomba Blog dan Kontes SEO November Terbaru 2018 elamat datang kembali di Masirwin Blog yang suka update lomba blog terbaru. Yah, meskipun kadang kurang update tapi...

baca lainnya

435 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Pin It on Pinterest

Share This