Aplikasi Kooliah – Jenjang perkuliahan adalah jenjang tertinggi dari tingkat pendidikan di Negeri ini. Setelah lulus SMA, mayoritas siswa/i pasti memiliki keinginan tuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi lagi yaitu perguruan tinggi. Namun tahu kah kamu? Ada sebuah fenomena unik yang sering dialami kebanyakan calon mahasiswa yaitu “takut salah pilih jurusan“. Dengan banyaknya pilihan jurusan saat ini, tidak heran dapat membuat dilema dan takut salah memilih jurusan. Dilansir dari harian Kompas, seorang pakar psikologi anak dan remaja Dr. Charyna Ayu Rizkyanti S.Psi., M.A menuturkan permasalahan salah memilih jurusan masih dipengaruhi dengan minimnya informasi potensi dari calon mahasiswa itu sendiri. Faktor lainnya adalah ketidaktahuan calon mahasiswa terhadap jurusan yang mereka pilih, biasanya mereka memilih karena permintaan orang tua ataupun mengikuti teman-temannya.

7 dari 10

Mahasiswa mengaku kebingungan dalam menentukan jurusan yang sesuai dengan minat & bakatnya.

Menentukan jurusan kuliah memang bukan perkara mudah. Dalam hal ini calon mahasiswa tidak boleh asal pilih apa lagi tergesah-gesah dalam menentukannya. Banyak yang bilang “menentukan jurusan kuliah sama dengan menentukan masa depan” makanya tak heran rasa takut, was-was dan lain sebagainya selalu menghantui dalam fase ini.

Minat dan Bakat

Pilihlah jurusan sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Keahlian

Tentukan jurusan kuliah dengan keahlian yang kamu miliki.

Prospek Kedepan

Lihatlah prospek jurusan kuliah tersebut dimasa yang akan datang.

Informasi Jurusan

Carilah informasi mengenai jurusan tersebut selengkap mungkin.

Biaya Kuliah

Perhitungkan biaya secara matang agar tidak tersedat ditengah jalan.

Setelah menemukan jurusan yang cocok, cobalah mencari tahu materi-materi yang dipelajari jurusan tersebut. Tujuannya adalah untuk memperdalam keyakinan bahwa jurusan tersebutlah pilihan yang paling tepat. Dalam mencari materi kuliah, ada banyak cara untuk mendapatkannya. Salah satunya dengan mengunduh (download) aplikasi Kooliah di Playstore. Seperti saya yang sudah mengunduhnya di Asus Zenfone 5 kesayangan saya.
aplikasi kooliah, serunya kuliah di kooliah, pra kuliah

Apa sih Kooliah itu?

Kooliah adalah aplikasi belajar online berbasis mobile pada platform android yang dapat digunakan untuk mengenal lebih dekat jurusan kuliah yang diinginkan. Aplikasi yang dikembangkan oleh Citra Waras Developer menawarkan banyak sekali materi-materi perkuliahan secara detail yang bisa jadikan referensi tidak hanya dalam memilih jurusan tetapi juga saat perkuliahan. Kooliah juga menyediakan fitur-fitur inovatif yang jarang kamu temukan di aplikasi serupa, seperti tampilan materi menggunakan slide presentasi, request materi kuliah dan masih banyak lagi.

Interface Aplikasi Kooliah

Fitur-Fitur Aplikasi Kooliah

“Account Kooliah”

Fitur Account Kooliah adalah kunci utama untuk membuka seluruh fitur inovatif pada aplikasi ini. Bagi pengguna baru diharuskan mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mengaksesnya.

 

Slide Presentasi”

Fitur ini membuat pengguna mudah dalam belajar dan lebih merasakan atmosfer perkuliahan, dimana mentor memberikan materi melalui slide presentasi. Slide presentasi dapat juga diunduh maupun dicetak kedalam format PDF.
 
 
 
 
 

“Quiz”

Fitur quiz ini terdapat disetiap materi, berada dibawah slide presentasi. Fitur ini berfungsi untuk menguji seberapa jauh pemahaman kamu tentang materi yang disajikan. Dengan menjawab quiz yang ada kamu akan berpeluang mendapatkan reward.

 

“Komentar”

Fitur Komentar diguna untuk bersosialisasi dengan sesama pengguna Kooliah, sehingga kamu bisa bertukar informasi mengenai materi ataupun jurusan yang kamu minati. Pada fitur ini juga bisa kamu gunakan untuk mengkoreksi materi jika kamu menemukan kekeliruan.

Request Materi”

Fitur inovatif ini buat Kooliah “BEDA“. Pada fitur ini kamu bisa request materi apa saja dan dari jenjang mana saja dari mulai D3 sampai S3. Dan tentunya materi yang akan didapat berasal dari mentor yang sudah ahli dibidangnya.

Cara Kerja Aplikasi Kooliah

1

Registrasi dan pilih bimbingan yang kamu inginkan

2

Berkonsultasi dan mencoba perkuliahan singkat.

3

Peluang prioritas mendapatkan beasiswa dari Lembaga Penyedia Beasiswa.

4

Kesempatan memperoleh reward dari Kooliah

Kesimpulan

Aplikasi Kooliah memang sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin mencari referensi materi-materi kuliah. Dengan materi berupa slide presentasi atau video dikolaborasikan dengan kuis, pengguna mampu merasakan atmosfer dunia perkuliahan. Ditambah dengan fitur layanan bimbingan dan konsultasi, Kooliah mampu membantu menemukan jurusan yang sesuai dengan bakat & minat para penggunanya. Dan untuk menunjang belajar serta kuliah di Kooliah agar lebih menarik lagi, kamu bisa memakai smartphone canggih besutan dari brand ternama Taiwan yaitu Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL.

Kenapa dengan Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL?

Alasannya cukup sederhana, Asus Zenfone 2 Laser ini dibekali layar IPS 6 inci dengan resolusi Full HD membuat kamu nyaman dalam belajar diaplikasi ini. Serta ditambah ketajaman gambar yang ditawarkan sampai 366 ppi dan mempunyai sudut padang luas hingga 178 derajat sehingga kamu nyaman belajar dalam posisi apa saja.

Untuk kamu yang suka membuka banyak aplikasi bersamaan terkadang merasakan LoLa (Loading Lama) pada smartphone, rasanya kamu tidak akan temui lagi di Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL ini. Dibekali dengan prosessor Qualcomm Snapdragon 616 dan dipadukan dengan RAM LPDDR3 berkapasitas 3GB, buat performa smartphone menolak kata “LoLa” dengan tegas dan nyata.

Kabarnya pada aplikasi Kooliah 2.0 yang sedang digarap akan disempurnakan dengan fitur posting materi oleh para mentor. Dan tidak menutup kemungkinan, kedepannya aplikasi ini akan meluncurkan fitur video call dengan mentor. Nah, Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL sudah dipersenjatai dengan kamera depan 5 megapixel dan kamera belakang 13 megapixel. Salah satu kelebihan dari smartphone Asus ini terdapat pada teknologi otofocus laser yang mampu fokus dalam waktu 0.03 detik serta mampu mengurangi buram pada foto.

Asus Zenfone 2 Laser ini juga sudah mendukung koneksi jaringan 4G. Jadi kamu tidak akan merasa terganggu dalam mengakses setiap materi perkuliahan di aplikasi Kooliah. Dan untuk mendukung segala performa yang ciamik, baterai Li-Polymer dengan kapasitas besar 3000 mAh sudah dibenamkan pada smartphone ini.

Spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL

Prosessor

CPU Octa core 64-Bit Qualcomm Snapdragon 616 MSM8939, GPU Adreno 306

Sistem Operasi

Android OS ver.5.0 (Lollipop), Zen UI 2.0

Kamera
Depan : 5 Megapixel
Belakang : 13 Megapixel + Laser Autofocus
Layar
IPS 6 Inch FHD 1920×1080, Corning Gorilla Glass 4
Konektivitas
Support 4G-LTE, Dual SIM Dual Stand By, Bluetooth v4.1, WLAN 802.11 a/b/g/n/ac
Memori
RAM 2GB/3GB LPDDR3
Internal 16GB/32GB eMMC Flash
External up to 128GB
5GB free ASUS WebStorage
Baterai
3000 mAh Li-Polymer
Standby Time 467.74 hours
Talk Time 25.78 hours
Dimensi
164.55x84x10.55mm (LxWxH)
Berat 190 gr (dengan baterai)

Nah, itulah sedikit review tentang aplikasi inovatif karya anak bangsa. Akhir kata dari saya, janganlah merasa takut salah memilih jurusan selama masih sesuai dengan minat dan bakat kamu. Tekunilah jurusan tersebut dengan kemantapan hati maka masa depan yang cerah akan menunggu didepan dan jangan lupa nikmati keseruan belajar dan kuliah di aplikasi Kooliah. Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga aplikasi Kooliah terus berkembang dan berinovasi. Jika kamu punya kritik dan saran mengenai aplikasi Kooliah, bisa hubungi dikontak dibawah ini.

[wp-svg-icons icon=”envelop” wrap=”i”] kooliahdotcom@gmail.com / customer@kooliah.com

[wp-svg-icons icon=”facebook-2″ wrap=”i”] Fanpage KooliahCom

[wp-svg-icons icon=”instagram” wrap=”i”] Instagram Official Kooliah

Sumber referensi : 

[wp-svg-icons icon=”newspaper” wrap=”i”] Harian Kompas

[wp-svg-icons icon=”globe” wrap=”i”] Asus.com

[wp-svg-icons icon=”globe” wrap=”i”] Kooliah.com

Subscribe To MasIrwin Blog Newsletter

Yuk gabung dalam Subscriber Masirwin Blog, Dapatkan info lomba blog terbaru dan terupdate serta artikel menarik lainnya, hanya di Masirwin Blog.

You have Successfully Subscribed!