Software Sistem ERP SystemEver, Top 10 ERP Software di Asia

Artikel ini menjelaskan “Software Sistem ERP SystemEver, Top 10 ERP Software di Asia”, Kabarnya software ERP ini mampu membantu UMKM untuk berkembang. Mitos atau fakta?

 

Pada kesempatan kali ini, saya ingin sedikit mengulas tentang Software ERP TOP 10 Asia, yaitu Software Sistem ERP SystemEver. Mungkin kata “ERP” itu cukup asing terdengar dan pastinya kamu bertanya-tanya apa ERP itu? Fungsi? Manfaat? Dan segala pertanyaan yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Namun tahukah kamu, sejatinya jenis software ini memiliki banyak manfaat terutama bagi UMKM, Perusahaan Mikro hingga Makro. Software ERP diterapkan dalam perusahaan karena dinilai memiliki kemampuan yang baik dalam segi manajemen pengelolaan bisnis. Sebelum kita membahas lebih detail tentang Software Sistem ERP SystemEver, alangkah baiknya kita mengetahui apa sebenarnya ERP itu sendiri. Simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian ERP Menurut Para Ahli

sistem ERP

Sistem ERP

Enterprise Resource Planning (ERP) memiliki 3 elemen penting dari masing-masing kata, yaitu Enterprise (Perusahaan), Resource (Sumber daya) dan Planning (Perencanaan). Mungkin sudah ada sedikit bayangan tentang apa itu ERP. Untuk mempertegas bayangan tersebut, berikut ini definisi ERP dari para Ahli :

Hau dan Kuzic (2010) dalam buku “Change management strategies for the successful implementation of enterprise resource planning systems” menuliskan ERP adalah multi-modul sebagai solusi aplikasi dalam pengemasan bisnis yang memungkinkan integrasi suatu proses kinerja dan bisnis sebuah perusahaan. Selain itu ERP juga berperan dalam pengelolaan sumber daya manusia, pendistribusian data secara umum, dan penyediaan akses informasi secara aktual. Hau dan Kuzic

Daniel O’Leary seorang Professor di University of Southern California, Software ERP amerupakan sistem yang dirancang untuk memproses transaksi perusahaan serta memfasilitasi perencanaan secara real-time dan terintegrasi satu sama lain. ERP meliputi perencanaan produksi dan analisa respon konsumen sehingga perusahaan bisa mendapatkan akses perencanaan dan informasi seluas-luasnya.

O’Brien (2010) dalam buku “Introduction to Information Systems”, ERP adalah software yang mampu merekayasa ulang suatu proses manufaktur, sumber daya, keuangan, pendistribusian dan berbagai proses bisnis lainnya pada sebuah perusahaan untuk memperbaiki profitabilitas serta meningkatkan efisiensinya.

Ellen Monk dan Bert Wanger (2008) pada buku “Enterprise Resource Planning”,  Aplikasi ERP sebagai sistem untuk mengatur setiap proses bisnis, mulai dari proses produksi, marketing, pembelian, hingga akuntansi yang terintegrasi pada suatu kesatuan sistem.

Kumar dan Van Hillegersberg (2000) pada buku “Enterprise Resource Planning: Introduction”, Sistem ERP adalah sekumpulan sistem informasi yang dapat diatur fungsi, yang mengintegrasikan informasi dan proses yang berbasis informasi di dalam, dan melintas area fungsional dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Kamus American Inventory and Production Control System (APICS), ERP adalah sebuah sistem informasi yang berorientasi akuntansi untuk mengidentifikasikan dan merencanakan sumber daya perusahaan untuk membuat, mengirim dan memperhitungkan pesanan pelanggan.

Wikipedia, ERP adalah suatu sistem informasi yang dirancang untuk perusahaan manufaktur atau jasa yang perannya mengintegrasikan serta mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dari aspek operasi, produksi hingga distribusi di perusahaan tersebut.

Dari beberapa pengertian ERP diatas, Maka bisa disimpulkan secara umum bahwa software ERP adalah sebuah aplikasi yang terintegrasi dengan peranan sebagai manajemen bisnis untuk mengelola kebutuhan sebuah perusahaan.

Sejarah Enterprise Resource Planning (ERP)

Perkembangan teknologi yang kian hari kian pesat, memaksa para programmer pun berevolusi dan berinovasi akan produk rancangannya. Tidak ada sistem yang sempurna, maka dari itu pasti akan ada pembaharuan di setiap harinya. Berikut ini adalah sejarah ERP dari waktu ke waktu:

Tahap 1: Material Requirement Planning

Material Requirement Planning (MRP) adalah sebuah cikal bakal software ERP. MRP sendiri memiliki fungsi berupa Inventory Management dan Production saja. MRP muncul pertama kali pada tahun 1960-an, dan hanya menjalankan dua fungsi tersebut namun lebih ke arah perencanaan kebutuhan material.

Tahap 2: Close Loop MRP

Pada tahap ini MRP diperbaharui sehingga tidak hanya terbatas pada konsep perencanaan kebutuhan material. Tetapi juga menjadi alat bantu penyelesaian masalah prioritas pada sebuah perusahaan. Secara garis besarnya, di tahun 1970-an MRP dikembangkan menjadi Close-Loop MRP. Close-Loop MRP memiliki fungsi yang lebih dibandingkan MRP yaitu Inventory Management, Production, serta Engineering.

Tahap 3: Manufacturing Resource Planning II (MRP II)

Di tahun 1980, dilakukan penyempurnaan Close Loop MRP dengan menambahkan 3 fungsi utama lagi ke dalam sistem yang sudah ada. Pada saat itu, fungsi dari MRP II adalah Inventory Management, Production, Engineering, Finance, serta Human Resource Management.

Tahap 4: Enterprise Resource Planning (ERP)

Tahun 1990-an, Sistem/Software ERP diperluas hingga integrasi keuangan bahkan sampai melintasi batas fungsi antar departemen. Sehingga pengelolaan perusahaan bisa dilakukan dengan mudah karena semua terintegrasi. Fungsi dari ERP meliputi Inventory Management, Production, Engineering, Finance, HR Management, dan Delivery.

Tahap 5: Extended ERP (ERP II)

Ditahap inilah, sistem ERP yang banyak digunakan perusahaan saat ini. Dimana ERP II yang mulai diluncurkan sejak tahun 2000 memiliki 2 fungsi tambahan yang cukup vital. Fungsi dari ERP II mencakup Supplier Management, Inventory Management, Production, Engineering, Finance, HR Management, Delivery, Sales & Marketing sampai Customer Support. Tentunya perkembangan ERP tidah hanya sampai disana saja, kini muncul berbagai model ERP baru seperti mobile ERP, Social ERP, Two-Tier ERP hingga Cloud ERP.

Manfaat Implementasi Software Sistem ERP

Pengertian ERP dan sejarahnya sudah diulas, tak lengkap rasanya jika tidak mengulas manfaat Software ERP untuk perusahaan. Berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda peroleh ketika menerapkan ERP pada bisnis/perusahaan Anda.

1. Menyederhanakan Proses

Software sistem ERP dirancang guna menyederhanakan berbagai proses rumit pada kegiatan bisnis. Mulai dari perencanaan, produksi, inventaris, keuangan, hingga pendistribusian. Hal ini dikarena software ERP menerapkan pemusatan data sehingga seluruh data dari semua divisi bisa terintegrasi.

Selain itu ERP bisa memberikan data real time yang berarti memudahkan untuk melacak berbagai kebutuhan termasuk untuk olah data yang menjadi lebih cepat namun tetap akurat tanpa harus dilakukan secara manual. Hasil olah data dari ERP bisa membantu dalam perencanaan bahan baku, pemanfaatan tenaga kerja, penjadwalan, alokasi sumber daya, inventaris, dan lain sebagainya.

2. Menghemat Biaya 

Penggunaan sistem ERP artinya sebagian besar aktivitas bisnis dilakukan secara istematis. Dengan adanya sebuah sistem maka akan menguntungkan perusahaan karena dapat memangkas biaya operasional. Tidak hanya itu, ERP juga bersifat terintegrasi satu dengan yang lain artinya perusahaan tak perlu membeli aplikasi/sistem berbeda untuk masing-masing manajemen.

Hasil pengolahan data pada sistem ERP akan menghasilkan laporan yang lengkap dan akurat. Sehingga perusahaan dapat memprediksi pendapatan, kebutuhan inventaris, permintaan pasar, dan faktor lain sehingga para pemilik bisnis dapat mengatur anggaran belanjanya dengan lebih tepat dan bijak.

3. Mengintegrasikan Data

Dengan adanya software ERP terbaik, artinya Informasi antar divisi/bagian pada perusahaan bersifat terpadu, kolaboratif, dan terpusat. Hal ini membuat pertukaran informasi yang ada pada aktivitas bisnis menjadi lebih sederhana sekaligus real time. Setiap pegawai tak perlu repot-repot lagi terus menerus mencari informasi terbaru dari bagian lain atau harus turun ke lapangan.

4. Meningkatkan Efisiensi

Adanya aplikasi ERP terbaik dapat mengurangi pekerjaan yang dilakukan secara manual. Artinya penggunaan ERP juga bisa dikatakan bisa meningkatkan efisiensi. Berbagai proses dalam aktivitas bisnis dapat dilakukan dengan dengan cepat dan akurat karena semua aktivitasnya sudah dilakukan secara otomatis melalui software ERP murah ini.

5. Memberikan Data Akurat

Dalam sebuah perusahaan sebuah keakuratan data adalah hal yang sangat penting dan krusial. Data tersebut perlu diolah untuk mengetahui kondisi perusahaan dan untuk membuat keputusan kedepannya. Dengan menggunakan software sistem ERP systemever memungkinkan perusahaan menghasilkan laporan-laporan yang lebih akurat untuk membantu perencanaan dan pengembangan perusahaan.

6. Mengefisienkan Mobilitas

Jika tidak memakai sistem ERP, pimpinan diharuskan hadir di kantor untuk memantau serta memastikan seluruh operasional berjalan dengan baik. Mungkin tidak sulit jika hanya ada satu lokasi/outlet, namun bagaimana jika lokasinya banyak dan berjauhan pasti hal yang merepotkan.

Atas dasar itulah aplikasi ERP yang berbasis cloud memungkinkan para pemilik bisnis untuk memantau operasional dari manapun berada. Darimanapun dan kapanpun, bisa dipantau melalui aplikasi tersebut.

7. Memaksimalkan Produktivitas

Dengan bantuan software ERP terbaik juga, setiap pegawai dapat mengurangi beban pekerjaannya yang artinya bisa lebih produktif melakukan pekerjaan lain. Hal ini pastinya sangat berdampak bagi produktivitas perusahaan dan pegawainya untuk melakukan pengembangan dan perencanaan hal yang lebih krusial.

8. Mengoptimalkan Keamanan Data

Monitoring data tentunya akan lebih baik dan mudah jika menggunakan software dibandingkan sistem manual. Software ERP memiliki takses yang ketat hingga pembatasan data yang dapat dikontrol oleh pegawai. Penyimpanan data juga tetap aman meskipun tidak disimpan pada jaringan internet alias offline. Biasanya sistem akan mengsinkronisasi data kembali ketika jaringan internet terhubung.

9. Meningkatkan Layanan Kepada Pelanggan

Salah satu keberhasilan bisnis dapat dilihat dari pelayanan terhadap pelanggan. Manfaat software ERP juga bisa mengatasi hal ini karena perusahaan bisa mengetahui informasi dan riwayat pelanggan untuk memahami kebutuhan para pelanggan setia. Keuntungan lainnya dalam hal distribusi, dengan menggunakan sistem ERP artinya produk bisa lebih cepat diterima pelanggan.

10. Meningkatkan Daya Saing

Jika semua proses bisnis perusahaan dapat berlangsung secara efektif dan efisien serta layanan terhadap pelanggan sudah baik, tentu akan meningkatkan daya saing. Pada aplikasi ERP terbaik pastinya memberikan fleksibilitas, kemampuan beradaptasi, hingga menentukan skala pertumbuhan perusahaan.

Mengenal Software Sistem ERP SystemEver Indonesia

Perlu diketahui saat ini software ERP sudah banyak digunakan perusahaan besar di Amerika dan Eropa sejak beberapa tahun belakangan ini. Dengan manfaat yang didapat pastinya penerapan ERP akan membawa peranan positif untuk perkembangan bisnis.

Di Indonesia, telah hadir sebuah sistem ERP SystemEver® yang dikembangkan oleh Developer asal Korea, YoungLimWon(永林院) Softlab Co., Ltd. Sedikit mengulas tentang developer ERP terbaik ini, YoungLimWon Softlab Co., Ltd didirikan pada tahun 1993 di Korea. Di September 1997, YoungLimWon Softlab meluncurkan sistem ERP YLW. Perkembangan tak berhenti sampai disana saja, April 2000 diluncurkanlah K-System® berbasis Meta Based Inquiry Collection, Expandable ERP dan Ms-SQL.

Di tahun 2014, SystemEver hadir ke pasar Asia. Cloud ERP ini menjadikan YoungLimWon Softlab naik tahta hingga menjadikan Top 10 ERP Software di Asia berdasarkan APAC CIO. Di tahun 2017, SystemEver mencoba masuk ke pasar Indonesia hingga membangun Consulting Lab. Consulting Lab berfungsi untuk membantu klien berkonsultasi membangun sistem ERP yang maksimal.

software sistem erp systemever

software sistem erp systemever

Dengan pengalaman 1.600 pelanggan dari berbagai negara, YoungLimWon menjadikan SystemEver sebagai Software ERP terbaik di Asia Tenggara. Para pemilik bisnis seperti UMKM tak perlu khawatir sebab software satu ini memang dirancang untuk segala skala bisnis. 

Sebut saja produk SystemEver iSeries yang memberikan beberapa model yang dibagi atas fungsinya masing-masing. Anda hanya perlu menyesuaikan kebutuhannya saja dengan begitu tidak perlu investasi IT Infrastruktur yang mengeluarkan budget besar. Dengan SystemEver Indonesia pun bisa lebih ekonomis dan efisien.

Produk dan Layanan Software ERP SystemEver Indonesia

Produk serta layanan yang ditawarkan YoungLimWon Softlab pada Software sistem ERP SystemEver terbagi atas dua kategori. Antara lain berdasarkan fitur dan versi. Dimana masing-masing kategori memiliki keunggulannya tersendiri yang menjadikan Software ERP ini berbeda dari yang lain.

Produk SystemEver® Berdasarkan Fitur

Consultan-K™

Bagi pemilik bisnis yang ingin sekali menghemat waktu serta tenaga dalam menjalankan bisnisnya, Consultan-K menjadi pilihan yang tepat guna karena fitur ini akan membantu Anda mempermudah implementasi sistem ERP Indonesia pada perusahaan yang Anda kelola.

Keunggulan lainnya yang dimiliki varian fitur SystemEver ini adalah mampu meminimalisir kesalahan yang terjadi dalam mengimplementasikan sistem ERP dan tidak perlu keahlian IT khusus untuk dapat mengoperasikan sistem ERP ini.

Visual-K™

Fitur satu ini akan memudahkan para pengguna/user dalam menjalankan proses kerjanya karena semua sudah ditangani Visual-K. Proses kerja yang telah terpetakan dengan visual yang sederhana, hanya dengan satu kali klik saja pada proses kerja yang dituju, user sudah bisa langsung bekerja – selamat tinggal pull down menu konvensional.

Menariknya lagi, karena semua fitur pada SystemEver bisa diakses dengan menggunakan berbagai pilihan bahasa yang tersedia, seperti Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, Vietnam serta Bahasa Indonesia.

Karena sudah menerapkan sistem cloud ERP, SystemEver juga bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Dan pastinya dapat diaplikasikan pada desktop/PC, laptop, tablet dan smartphone.

Produk SystemEver® Berdasarkan Versi

i1 Series (Manajemen Akuntansi)

Model software sistem ERP Systemever ini dirancang oleh YoungLimWon Softlab untuk mempermudah dalam pengelolaan keuangan perusahaan, seperti pengelolaan invoice atau piutang (invoice tracking), membantu menganalisis biaya hingga menemukan laba perusahaan, memonitoring pengeluaran dan penerimaan secara real time sehingga perusahaan dapat mengurangi pengeluaran berlebih, membuat laporan keuangan serta membantu mempersiapkan proses audit eksternal.

Software ERP terbaik Systemever model i1 Series ini sangat mudah digunakan oleh pemula, dengan UI user friendly sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak memiliki ahli keuangan khusus.

i2 (HR / Manajemen Penggajian)

UMKM yang memiliki banyak pegawai pasti akan merepotkan pada saat penggajian. Terlebih lagi, jika dilakukan dengan cara tradisional alias manual, tentu akan menyulitkan pada saat penyimpanan data, kalkulasi gaji dan sebagainya. 

Dengan Systemever model i2, masalah rumit tersebut bisa teratasi dengan cepat dan mudah. Model i1 yang sebelumnya membantu Anda untuk urusan keuangan. Dengan i2, Anda dapat memeriksa daftar gaji dalam berbagai format, mengatur pencatatan absensi yang disesuaikan dengan kalkukasi gaji per jam atau harian, lembur, menambah, mengurangi atau mengubah tunjangan, mengarsipkan riwayat penggajian dengan mudah dalam riwayat akuntansi dan pajak, dan sebagainya. Mudah bukan untuk urusan HR biar SystemEver versi i2 yang menyelesaikan.

i3 (Manajemen Persediaan/Inventory Management)

Software ERP model i3 ini cocok untuk perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan barang atau penjualan produk yah semacam ritel. Sistem ERP yang disediakan mampu mengintegrasikan antara bagian pembelian, penjualan dan produksi dalam penerimaan inventaris. Salah satu keunggulannya, Anda bisa memeriksa inventaris terbaru secara real-time. 

Beberapa fitur yang tersedia di versi i3 seperti manajemen inventaris, mengelola stok gudang, mengelola pesanan dan sistem pemesanan, hingga memonitor penjualan. Anda pun bisa membatasi akses setiap user tergantung bagian/divisinya sehingga kinerja dan rahasia perusahaan dapat terjaga dengan baik.

i5 (Manajemen Penjualan dan Distribusi)

SystemEver model i5 ini sesuai digunakan untuk perusahaan/bisnis yang bergerak di bidang distribusi. Sistem ERP terbaik versi i5 mampu menghubungkan bagian pembelian, penjualan hingga sistem akuntansi secara terintegrasi dengan baik.

Anda pun dapat dengan sangat mudah melihat serta mengelola pengiriman, memeriksa informasi penjualan berdasarkan laporan status penjualan, mengeluarkan segera faktur pajak saat penjualan, dan memonitor kinerja penjualan oleh sales Anda.

i7 (Manajemen Pabrik/Manufacturing Management)

Sistem ERP versi i7 ini menyuguhkan fitur-fitur fungsi manajemen yang lebih lengkap dan konprehensif, sangat cocok diterapkan pada perusahaan manufaktur berskala besar yang telah mempunyai data MPS (Master Production Schedule) untuk produksi berjangka dan tentunya memiliki BOM (Bill of Material).

Perusahaan dengan jumlah pegawai banyak dan telah menggunakan sidik jari absensi, perhitungan gaji berdasarkan jam kerja serta telah melakukan perencanaan produksi secara berjangka. Langkah bisnis harus dilakukan demi menjaga sustainabilitas bisnis yang menguntungkan. Oleh karena itu, butuh peningkatan kinerja yang mengintegrasikan sistem back office dengan front office dengan pengelolaan yang lebih efisien dan lebih efektif seperti software sistem ERP SystemEver.

SystemEver versi i7 adalah penggabungan dari beberapa model sebelumnya dan terintegrasi satu sama lain. Dengan adanya sistem ERP ini membuat produktifitas perusahaan akan meningkat tajam. Segala pekerjaan di dalam perusahaan seperti akunting, penggajian, distribusi akan banyak terbantu oleh sistem ini.

Alasan Mengapa Harus Memakai SystemEver

Berikut ini beberapa alasan mengapa bisnis/perusahaan Anda harus menggunakan SystemEver sebagai Software ERP terbaik di Indonesia:

1. Pengalaman Sudah Teruji

Salah satu alasan yang harus selalu diperhatikan ketika akan mengimplementasika aplikasi ERP adalah kualitas dari sistem ERP itu sendiri. SystemEver Indonesia, sebuah solusi ERP Inovetif yang telah dikembangkan oleh perusahaan ERP terkemuka dari Korea yaitu YoungLimWon (永林院) SoftLab Co., Ltd. pada lebih dari 1.600 klien yang tersebar di Korea, Jepang, Cina, Vietnam dan Indonesia.

Memiliki pengalaman sejak 27 tahun yang lalu, membuktikan YoungLimWon sangat memahami kebutuhan para kliennya dan memiliki komitmen penuh untuk membantu bisnis klien maju dan berkembang. Tidak perlu diragukan dengan kehandalan software ERP yang satu ini. Perusahaan skala kecil maupun besar akan lebih produktif dengan bantuan software ERP SystemEver.

2. Fitur Visual-K™

Klien SystemEver akan menikmati sebuah fitur yang dikenal dengan nama Visual-K. Fungsi utama dari fitur ini adalah membuat pengguna lebih mudah dalam mengoperasikan software ERP. 

Tampilan antarmuka (User Interface) yang mudah dipahami bagi orang awam sekalipun, tidak lagi menggunakan pull down menu sehingga menjadi lebih terlihat sederhana saat digunakan dan membuat user lebih nyaman dalam menyelesaikan pekerjaannya. Kelebihan lainnya adalah semua proses berjalan dengan jelas, cepat dan tepat.

3. Fitur Consultant-K™

Anda tak perlu khawatir mengenai konfigurasi software SystemEver karena sudah tersedia fitur Consultant-K yang siap melayani kebutuhan perusahaan Anda sehingga Anda tidak memerlukan waktu yang lama serta biaya yang besar untuk konsultasi ataupun membayar IT Infrastruktur. Didasari dengan pengalaman SystemEver yang melayani berbagai klien menjadi bukti komitmen untuk membantu bisnis Anda berkembang pesat.

4. Akses Flexible

Menggunakan sebuah software yang memiliki Akses Flexible bisa digunakan kapanpun dan dimanapun serta diakses dari berbagai perangkat seperti laptop, desktop, tablet maupun ponsel. Jika terkoneksi internet, pekerjaan secara mobile pun bisa dilakukan dengan baik.

Anda pun dapat memantau berbagai aktivitas bisnis, transaksi, dan rekapan data dari rumah atau lokasi dimanapun, sedang liburan di Zimbabue pun bisa memonitor bisnis di Indonesia. Dengan begitu, SystemEver menjadikan waktu Anda lebih efisien dan lebih efektif.

5. Produk Sesuai dengan Kebutuhan

SystemEver Indonesia memiliki iSeries produk yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. iSeries hadir dengan beberapa unit model/versi (i1, i2, i3) dan integrasi software sistem ERP (i5 & i7).

6. Harga terjangkau

SystemEver terbaik menawarkan harga yang terjangkau dan dapat digunakan sesuai kebutuhan sehingga memudahkan perusahaan Anda untuk melakukan perencanaan anggaran dengan efektif dan efisien.

7. Melayani dengan 5 bahasa

SystemEver mendorong pertumbuhan UMKM Anda berkembang dan berdaya saing tinggi di tingkat global maupun internasional. Karena itu, SystemEver telah melengkapi layanannnya dalam 5 bahasa sekaligus yaitu bahasa Korea, Jepang, Inggris, Mandarin, Vietnam dan Indonesia.

Kesimpulan SystemEver Indonesia

Software Sistem ERP SystemEver yang dirancang dapat memudahkan perusahaan ketika menggunakannya. Dengan software ini, perusahaan akan terbantu untuk terus berkembang terlebih lagi jika menggunakan SystemEver Indonesia. Berbagai fitur yanag ditawarkan seperti Visual-K bisa digunakan dengan mudah tanpa perlu tenaga IT sekalipun. Tentunya hal tersebut merupakan angin segar bagi perusahaan yang ingin berhemat waktu serta biaya.

Jadi tunggu apa lagi segera gunakan Sistem ERP terbaik ini dan rasakan perkembangan bisnis Anda ke arah positif. Info lebih lanjut bisa mengunjungi website resmi https://www.systemever.co.id/

 1,623 total views,  10 views today

Pin It on Pinterest

Share This