Spesifikasi Komputer Server Terbaik – Memilih server yang terbaik merupakan pondasi penting untuk membangun jaringan yang memang bagus. Pemilihan komputer inti ini  memang baiknya teliti karena memang dipastikan akan online selama 24 jam. Berbeda saat memilih komputer untuk difungsikan sebagai client jaringan, maka dengan spesifikasi yang standar pun dirasa sudah mencukupi. Sedangkan untuk komputer inti musti memilih yang benar-benar terbaik.

Secara umum komputer yang ideal dijadikan komputer inti di dalam jaringan memiliki spesifikasi yang khusus, seperti:

Tempat Hosting, sewa hosting murah, beli hosting, beli VPS, server terbaik, komponen server

1. Prosesor

Prosesor menjadi pertimbangan pertama dalam memilih komputer inti supaya bisa menunjang jaringan yang dibangun. Paling umum komputer yang digunakan memakai prosesor Xeon, yag memang sudah berbasis SPARX. Prosesor ini lebih gahar dibandingkan dengan prosesor i5 ataupun i7. Meskipun prosesor i5 tetap bisa dijadikan komputer server inti namun hasilnya tidak semaksimal prosesor Xeon.

2. Konektifitas

Konektifitas di dalam komputer yang akan dijadikan inti ini berkaitan dengan jenis jaringan yang akan dibangun. Jenis jaringan ini seperti LAN, WiFi, ThunderBolt, Port USB terkini, dan lain sebagainya. Dalam menentukan jaringan ini perlu memilih komputer yang memang sesuai, namun biasanya perlu menentukan jaringan yang dari awal dipilih. Konsultasikan dengan penjual supaya tidak memilih kucing dalam karung.

3. Storage

Fungsi utama dari komputer inti adalah menyimpan data yang berasal dari pengolahan komputer client. Sehingga spesifikasi komputer untuk inti ini baiknya memiliki ruang penyimpanan yang besar sehingga kinerjanya stabil. Semakin besar ruang penyimpananya maka akan semakin mahal, namun dijamin lebih stabil. Sekalipun client lumayan banyak dijamin tetap bisa bekerja secara optimal.

4. Kartu grafis

Persoalan kartu grafis memang tidak terlalu signifikan sebab komputer untuk inti jaringan ini tidak akan digunakan untuk menjalankan aplikasi dengan grafis tinggi. Namun sebagian besar prosesor dengan spesifikasi tinggi dibekali dengan kartu gratis yang juga tinggi sehingga mendapatkan satu paket sekaligus. Hanya saja spesifikasi yang sejalan ini lebih sering dijumpai saat memakai prosesor Xeon.

Apabila memakai prosesor biasa misalnya Core i5 tentunya bisa lepas dari kartu grafis kelas tinggi. Semakin tinggi kartu grafisnya maka semakin banyak aplikasi yang tampilanya wah bisa dijalankan dengan mudah. Hanya saja dalam kebutuhan jaringan komputer, spesifikasi komputer inti tidak terlalu dipusingkan dengan masalah kartu grafis.

5. Power supply

Memilih komputer untuk dijadikan server memang baiknya mempertimbangkan betul masalah power supply. Sebab logikanya adalah ketika sebuah komputer inti memiliki power supply yang terbatas maka ada resiko mudah kehilangan data. Pasalnya saat listrik padam atau karena alasan lain suplai energi ke komputer terputus. Hal ini menyebabkan data yang masuk dan tersimpan di dalam komputer hilang seketika.

Sehingga penting untuk memilih komputer inti dengan power supply yang besar, hanya saja perlu modal yang tidak sedikit. Pasalnya semakin tinggi power supply sebuah komputer maka biaya yang dikeluarkan juga ikut semakin tinggi. Biasanya seseorang yang terbatas dari segi modal minimal memilih satu saja fixed power supply dan ini sudah paling minimalis yang sebaiknya dipilih.

6. Software

Perangkat lunak atau software dari komputer inti akan menentukan mudah tidaknya mengendalikan aktifitas di dalam komputer tersebut. Minimal untuk penggunaan komputer client sebanyak lima buah Anda memakai komputer dengan CPU 2x Intel Core 2, RAM sebesar 2GB, dan database space minimal sebesar 10GB. Asalkan spesifikasi komputer dasar ini sudah terpenuhi maka komputer yang dibeli sudah aman untuk dijadikan komputer inti.

Perangkat lunak di dalam komputer memang mempengaruhi setting jaringan, setting trafic dan juga bandwidth, menjaga keamanan data, dan juga mengatasi user di komputer client. Menentukan perangkat lunak yang sudah sesuai dengan kebutuhan tentunya sangat penting untuk memastikan kestabilan dari jaringan yang dibangun.

Mengetahui dengan baik spesifikasi dari komputer yang cocok dijadikan ibu dari sebuah jaringan memang sangat penting. Pasalnya sebagian besar modal yang dimiliki akan dilarikan untuk membeli komputer inti sehingga bisa memiliki spesifikasi yang tinggi. Sedangkan untuk komputer client sifatnya lebih bebas, karena memakai yang standar tidak menjadi masalah berbeda dengan komputer server. SEOlamat merakit server terbaik !!!



WAJIB KAMU TAHU

Cara Mudah Mendapatkan Perdana eSim Smartfren

Cara Mudah Mendapatkan Perdana eSim Smartfren

Berikut ini adalah cara mudah mendapatkan kartu perdana esim Smartfren, Dapatkan keuntungan seperti gratis telponan dan masa aktif 1 tahun. Kartu perdana e-sim Smartfren telah menarik perhatian banyak orang. Pasalnya kartu perdana ini memiliki banyak keunggulan. Dari...

read more
7+ Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

7+ Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

Tahukah Anda bahaya kecanduan gadget pada anak? Bisa saja akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Berikut cara mengatasi kecanduan gadget pada anak. Di zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, penggunaan gadget kian diminati semua orang. Bukan hanya...

read more
Bisnis Online Anda Terdampak Covid-19? Lakukan 5 Hal ini!

Bisnis Online Anda Terdampak Covid-19? Lakukan 5 Hal ini!

Lakukan 5 kiat ini untuk membantu menjaga bisnis online agar tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19. Beberapa pelaku usaha telah menerapkannya dan Berhasil. Pandemi Covid-19 menciptakan tantangan baru yang harus dihadapi semua elemen masyarakat, terutama bagi para...

read more

0 Comments

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL PENTING

Tips Ajaib Berinvestasi Ala Milenial Zaman Now

Tips Ajaib Berinvestasi Ala Milenial Zaman Now

Entah siapa yang memulai jargon "Merdeka Finansial di Usia Muda", Membuat banyak Milenial sedikit mengerti bagaimana harus mengatur finansialnya. Salah satunya dengan berinvestasi. pakah kamu ingin menjadi milenial yang professional dan kreatif?...

read more
Yuk, Biasakan Back-Up Data Smartphone Mulai dari Sekarang

Yuk, Biasakan Back-Up Data Smartphone Mulai dari Sekarang

Yuk, Biasakan Back-Up Data Smartphone Mulai dari Sekarang "Smartphone bisa dibeli lagi, Data-datanya itu yang engga bisa dibeli" Kata-kata itu selalu mengambarkan sebuah penyesalan ketika seseorang kehilangan smartphone beserta data penting di dalamnya. Nasi sudah...

read more
Penting Engga sih, Website untuk bisnis Online?

Penting Engga sih, Website untuk bisnis Online?

Yuk, Cari tahu seberapa besar peranan website untuk membantu para pebisnis online di Era Digitalisasi ini. Kira-kira menjanjikan atau tidak yah?  ​isnis online saat ini memang menjadi buah bibir banyak orang. Bagaimana tidak? Kita ketahui...

read more

 571 total views,  2 views today

Pin It on Pinterest

Share This