Tips Cerdas dari Zalora Saat Harbolnas 2017

Harbolnas atau yang memiliki kepanjangan Hari Belanja Online Nasional merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh para shopaholic (Pecinta Shoping Garis Keras). Sebab, semua marketplace yang berpartisipasi di event spesial tersebut berlomba-lomba memberi promo dan diskon terbaiknya. Harbolnas sendiri diadakan setiap akhir tahun tepatnya ditanggal 12 Desember yang diikuti oleh ratusan e-commerce di seluruh Indonesia, tak terkecuali ZaloraPromo Harbolnas 2017 di Zalora kali ini sangat spesial karena setiap brand akan memberi penawaran menarik dengan harga yang pastinya sangat menggoda.

Tips Cerdas dan Hemat Berbelanja Ketika Harbolnas

Sebelum event akbar Harbolnas berjalan, sebaiknya kamu menyusun strategi berbelanja dengan cerdas dan hemat supaya mendapatkan produk yang diinginkan. Berikut ini tips cerdas dan hemat dalam berbelanja online yang disarankan oleh Zalora:

1. Berhati-hati dalam Memilih Toko Online

Untuk mengantisipasi segala macam bentuk penipuan, pastikan kamu mengunjungi situs toko online yang menjual produk terkait. Pilih toko online yang memiliki reputasi baik dan memuaskan serta telah dipercaya oleh banyak orang. Kamu juga bisa meminta rekomendasi dari teman atau keluarga mengenai situs e-commerce yang pernah mereka gunakan dalam berbelanja online. Selain itu, toko online dengan banyak review positif patut dipertimbangkan. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kamu bisa membandingkan kualitas masing-masing toko online sebelum melakukan transaksi di sana.

2. Memiliki Rencana Pembelian Barang

Agar tidak bingung karena dihadapkan oleh berbagai pilihan produk-produk dengan harga termurah selama Harbolnas berlangsung. Kamu harus memiliki rencana barang apa saja yang akan dibeli di event belanja terbesar setiap akhir tahun. Buatlah daftar barang yang sekiranya kamu butuhkan dan inginkan, tapi belum kesampaian untuk membelinya.

3. Menyiapkan Daftar Produk Alternatif

Banyak orang yang memanfaatkan event belanja murah akhir tahun ini untuk mendapatkan barang dengan harga yang jauh lebih murah dari harga normal. Jadi, tidak heran bila ada produk tertentu yang tidak tersedia atau stoknya habis. Tentu kamu tidak ingin kecewa, bukan? Untuk itu, siapkan alternatif penggantinya yang ikut ditulis dalam catatan belanja. Misalnya, kamu ingin membeli produk A, tapi di toko online X yang ternyata stoknya tidak ada. Ganti dengan produk B yang kualitas dan harganya kurang lebih sama seperti produk A. Yah, beda warna dan model tak masalahlah yang penting fungsinya sama

4. Cermat dalam Memilih Produk

Sebagian besar situs e-commerce berperan sebagai media atau perantara para penjual untuk menjajakan barang dagangannya di sana. Oleh sebab itu, tidak jarang terjadi kesalahan terhadap produk yang dibeli, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Misalnya, kamu hendak membeli celana jeans di situs belanja online. Saat keyword dimasukkan, akan muncul beragam jenis produk dari penjual yang berbeda-beda. Lalu, kamu memilih produk yang sesuai keinginan dan melakukan transaksi pembelian.

Akan tapi, ketika barang datang, ternyata tidak sesuai ekspektasi kita. Bisa karena bahannya tidak bagus, ada bagian yang sobek dan sebagainya. Atau saat membeli celana jeans sebanyak 5 buah, namun yang datang hanya 3 buah. Pasti kesal, bukan? Maka dari itu, kamu harus ekstra cermat dalam memilih produk. Perhatikan spesifikasi  dan kelengkapan produk. Pastikan ratingnya tinggi dan mendapat banyak testimoni positif dari pelanggan yang telah membeli produk tersebut. Jangan ragu untuk membeli produk yang harganya sedikit mahal, namun terjamin kualitasnya.

5. Mengutamakan COD

Ada beberapa metode pembayaran yang disediakan oleh toko online, seperti transfer bank, kartu kredit, melalui kantor pos, COD (Cash On Delivery) dan sebagainya. Tapi, apabila penjual melayani pembayaran melalui COD, sebaiknya kamu pertimbangkan. Jika bisa melakukan transaksi secara langsung, kenapa tidak? Dengan demikian kamu dapat menukar atau mengembalikan produk yang rusak maupun tidak sesuai harapan secara langsung, tanpa mengikuti proses refund yang merepotkan.

6. Memanfaatkan Diskon dan Promo dengan Bijak

Berbelanja ketika event Harbolnas pasti akan membuat kamu gelap mata dan membeli barang yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan. Pasalnya, hampir semua barang ditawarkan dengan diskon dan promo besar-besaran. Produk yang awalnya berharga Rp 1.000.000 bisa turun menjadi Rp 500.000 saat Hari Belanja Online Nasional berlangsung. Tapi, jangan lantas tergoda dengan hal itu, sebab biasanya produk dengan diskon sampai setengah harga memiliki kualitas yang kurang baik atau merupakan produk cuci gudang.

7. Menggunakan Point Reward

Umumnya, e-commerce memberikan voucher diskon, potongan harga dan point reward bagi pengguna kartu kredit. Point reward merupakan fasilitas yang bisa dipakai untuk mendapatkan voucher diskon tambahan. Semakin banyak point yang dimiliki, potongan harga yang didapat pun akan semakin banyak. Dengan demikian, kamu bisa menghemat uang saat belanja online.

8. Memperhatikan Syarat dan Ketentuan

Setiap situs e-commerce pasti memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh calon konsumen. Baik itu kebijakan situs, kebijakan umum maupun kebijakan event tertentu perlu dipahami serta dilaksanakan demi kenyamananmu dalam berbelanja. Misalnya, situs A memperbolehkan konsumen membeli barang hingga jumlah sekian, dilarang menggunakan lebih dari satu akun dan sebagainya. Masih banyak yang kurang memperhatikan hal tersebut karena dinilai membuang-buang waktu. Padahal dengan mematuhi aturan dari situs e-commerce, akan mempermudah kamu dalam menyelesaikan masalah yang mungkin terjadi. Contohnya, kamu mendapat masalah seperti kesalahan pengiriman barang, tapi pihak toko tidak melayani penukaran atau pengembalian. Jika kamu sudah tahu hal ini sebelumnya tentu akan maklum dan selanjutnya lebih berhati-hati.

Langkah-langkah Belanja Saat Harbolnas

Di bawah ini merupakan langkah-langkah berbelanja ketika Harbolnas yang bisa kamu terapkan:

Download Aplikasi

Hal pertama yang harus dilakukan oleh calon konsumen sebelum berpartisipasi di event Harbolnas adalah mendownload aplikasi e-commerce. Sehingga, kamu bisa berbelanja dengan mudah melalui smartphone kapan dan dimana saja. Selain itu, berlangganan newsletter juga membantu kamu memperoleh informasi mengenai produk atau promo terbaru.

Membuat Akun

Setelah mendownload aplikasi, jangan lupa untuk membuat akun pembelanjaan. Dalam akun tersebut harus dilengkapi dengan data pribadi, termasuk email, nomor telepon dan alamat rumah untuk keperluan order serta proses pengiriman barang. Selain itu, kamu bisa menambahkan kartu kredit apabila ingin berbelanja dengan metode pembayaran tersebut.

Simpan Produk Pilihan di Wishlist

Fitur yang sering terdapat dalam e-commerce adalah fitur wishlist. Wishlist bisa membantu calon konsumen untuk menyimpan daftar produk yang sedang diincar. Dengan wishlist, kamu juga tidak perlu mencari ulang, tinggal klik dan produk akan langsung masuk ke keranjang untuk siap dibeli. Mudah bukan?

Pilih Metode Pembayaran

Kamu bisa membayar produk yang dibeli dengan metode transfer bank, transfer melalui ATM, kartu kredit ataupun COD. Tapi, pastikan untuk memilih e-commerce yang melayani fasilitas pembayaran pihak ketiga. Jadi, kamu tidak mentransfer uang langsung ke rekening penjual, melainkan ke rekening e-commerce yang menjadi media jual-beli. Cara tersebut lebih aman karena dapat menghindari dari penipuan. Setelah melakukan pembayaran tinggal duduk manis sembari menunggu barang datang.

Event Harbolnas memang hanya terjadi sekali dalam setahun. Tapi, bukan berarti kamu harus serakah dalam menentukan produk yang hendak dibeli. Utamakan barang yang memang sedang dibutuhkan, jangan tergoda oleh diskon besar demi memenuhi keinginan semata. Karena tujuan diadakannya Harbolnas setiap tahunnya adalah supaya konsumen bisa berbelanja dengan lebih hemat, bukan sebaliknya.

Nah, Bagi kamu yang punya saran poin penting dalam menghadapi Hari Belanja Online Nasional yang sebentar lagi akan diselenggarakan. Kamu bisa tulis dikomentar, sertakan poin dan alasannya kenapa poin itu penting. So, cukup dan sekian tulisan ” Tips Cerdas dari Zalora saat Harbolnas 2017“. Maaf bila ada salah-salah kata dan harap dimaklumi. Keep Smile and Always Shopaholic!!!

WAJIB KAMU TAHU

Persiapkan Beberapa Hal Berikut Sebelum Membeli Mobil

Persiapkan Beberapa Hal Berikut Sebelum Membeli Mobil

Ingin beli mobil? Yakin sudah mempersiapkan semuanya? Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda siapkan sebelum membeli mobil idaman Anda.Beberapa Hal Berikut Sebelum Membeli Mobil - Mobil merupakan salah satu kendaraan yang menjadi kebutuhan mayoritas orang saat ini....

baca lainnya
Bergaya Unik, Yamaha Aerox 155 Jadi Andalan

Bergaya Unik, Yamaha Aerox 155 Jadi Andalan

Sedang mencari motor dengan cc besar? Yamaha Aerox 155 bisa jadi pilihan yang tepat berkat beberapa keunggulannya dibandingkan motor sejenisnya.Yamaha Aerox 155 Jadi Andalan - Jika membicarakan motor Yamaha Aerox 155, pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu...

baca lainnya

26 Komentar

  1. banyak toko online sekarang lagi gencar harbolnas ya..

    Balas
    • Sudah pasti itu koh, sudah jadi agenda tahunan

      Balas
  2. Waaah bener banget nih wajib banget perencanaan sebelum belanja online pas harbolnas

    Balas
    • memang wajib sih kalo mau ikut pesta pora Harbolnas

      Balas
  3. Tipsnya bagus sekali . Jdi mikir juga. Harga diturunkan bisa jdi kualitas juga turun.. solusinya… COD aja…yesssss

    Balas
    • hahahha bener banget,, kalo kurang percaya dengan jasa kurir ada baiknya COD an

      Balas
  4. mantap nih, antisipasi duluan kalau belanja online ditempat yg kurang recomended… mesti hati-hati…

    Balas
    • yap, eskipun harga murah tetep hati hati yah dalam belanja online

      Balas
  5. Duuduudu…beneraan yaa…fenomena menjelang harbolnas, mesti banyak membaca ini niih…agar tidak terjebak dengan sihir-sihir (hati) yang meminta kita untuk berbelanja secara berlebihan yang bukan kebutuhan.
    Oke, mas Irwin.
    Nice sharing and i will remember that tips.

    Balas
  6. Peehatikan syarat dan ketentuannya nih yg aku sering lupa. Kadang udah hepi aja blanja ini itu tp ongkirnya gak gratis krn kurang syaratnya. Paling seneng kalau belanja ada promo kaya harbolnas gitu

    Balas
  7. Eh iya, sebentar lagi Harbolnas, ya? Acara yang ditunggu-tunggu oleh para emak, nih…Harganya lebih miring dan bisa COD juga ya…lebih mudah mengembalikan kalau barang yang kita terima tidak sesuai dengan pesanan. Tapi gak boleh terlalu senang jika ada Harbolnas, karena kita tetap harus memilih toko online yang terpercaya, bukan?

    Balas
  8. Wa…… Bemtarlagi harbolnas ya.., pengen sih borong2 di Zalora… Banyak diskon gak ya…

    Huhuuu.. tapi lagi menipis pulang direkening…

    Tapi beli aja deh..minimal satu..

    Balas
  9. Jangan serakah hahaha iya banget nih, belanja murah bisa bikin lupa diri. Apalagi kalau tinggal klik-klik-klik. Pembayaran melalui COD bisa jadi menyenangkan, tapi sekalian cod depan rumah aja gimana? Hahahaha

    Balas
  10. Saya jarang belanja pas harbolnas sih tapi pernah belanja di Zalora sih tahun 2015 sat harblnas itupun dapat voucher dari Zalora. Lumayan enak dan cepat pas belanja di zalora waktu itu. jadi pingin belanja lagi disana sekarang

    Balas
  11. aku siap HARBOLNAS, sejauh ini siap keinginan. tinggal kita siapkan masalah finansial nih mas, secara kalau keinginan ada, barang ada, penyedia ada, diskon gede-gedean ada kalau uangnya ga ada maka percumalah semuanya 😀

    Balas
  12. Huaaa tipsnya lengkaap banget! berguna buat aku yg doyan belanja.. dan memang harus bijak memanfaatkan promo dan diskon yang sedang berlangsung.

    anyway aku juga suka belanja di zalora dan selama ini belum ada keluhan sih..

    Balas
  13. Wuaaaaah aku Nggak kepikiran buat nyiapin daftar belanjaan alternatif

    Kalo barang yg kucari gak ada, yawes gak beli. Padahal kan masih ada barang lainnya yg cuma beda merk dan harga tipis2. Hahahah

    Sumveh kelupaan kalo masalah ini
    Tapi kalo tentang syarat dan ketentuan yg berlaku, aku gak akan pernah lupa baca. Soalnya itu maha penting

    Balas
  14. Kalau COD enggak memungkinkan di daerah ku. Tapi beneran, sebelum harbolnas kita hrs prepare biar ga kalap

    Balas
  15. Baca ini kok gairah belanjaku jadi meletup-letup, ya? Hahaha duh Harbolnas! Mesti siap-siap bener, nih. Aku belum pernah COD dan malah menghindari COD. Anaknya suka malu sih aku mah gak pedean wkwkwk

    Balas
  16. Tips yang sangat berguna banget nih. Biar ada perencanaan saat Harbolnas nanti. Semoga yg wish listnya bisa terbeli

    Balas
  17. Harbolnas mmg bikin gemesss
    Udahlah banyak diskon..barang barangnya jg bikin mupeng
    Tp ya mmg ga boleh grasak grusuk klu belanja
    Harus diperhatikan bener sejumlah hal spt tips td
    Bener banget itu dan sgt membantu

    Balas
  18. Yess. Kalau mau belanja online memang lebih enak pakai aplikasi ya mas. Biasanya bisa dapat diskon tambahan. Apalagi pas harbolnas nanti.

    Mau ngincer beberapa baju dari zalora ah..

    Balas
  19. Wah tips nya bermanfaat banget Mas. Jadi semakin mantap menghadapi harbolnas yang sebentar lagi akan segera datang. hehehe siapin uang secukupnya biar tetep belanja seperlunya, dan pastinya juga manfaatin produk yang biasanya ongkirnya gratis hehe

    Balas
  20. Aku males sekarang harbolnas. Diskon nya enggak seheboh dulu. Dulu bisa 30% all item sekarang ah…sedih

    Balas
  21. tipsnya kepakai bnget nih. ternyata belanja online juga perlu kekep dompet saat harbolnas.produk pengganti bahkan perlu dipikirkan ya. sip makasih ya

    Balas
  22. Belanja online memang kini menggeser belanja konvensional. SALAM HANGAT.

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL PENTING

11 Masalah Yang Sering Dialami Iphone

11 Masalah Yang Sering Dialami Iphone

11 Masalah Yang Sering Dialami Iphone Masalah yang sering dialami iPhone - Smartphone atau ponsel cerdas memang telah menjadi bagian tersendiri bagi masyarakat saat ini. Setidaknya terdapat berbagai macam Smartphone yang beredar dalam masyarakat seperti iPhone....

baca lainnya
Daftar Lomba Blog Desember 2018 Terbaru

Daftar Lomba Blog Desember 2018 Terbaru

Lomba Blog Desember 2018 "Resolusi Juara Lomba Blog 2019" Masirwin Blog Always Present Lomba Blog dan Kontes SEO Desember Terbaru, Terhangat, Terlengkap 2018 alo intronya ngucapin selamat datang kembali sepertinya sudah biasa, malah saya sendiri...

baca lainnya
Daftar Lomba Blog November 2018 Terbaru

Daftar Lomba Blog November 2018 Terbaru

Lomba Blog November 2018 "Rezeki Nomplok Penghujung Tahun" Masirwin Blog Present Lomba Blog dan Kontes SEO November Terbaru 2018 elamat datang kembali di Masirwin Blog yang suka update lomba blog terbaru. Yah, meskipun kadang kurang update tapi...

baca lainnya

375 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Pin It on Pinterest

Share This
%d blogger menyukai ini: