Tips Membuat Website UMKM dengan Budget Minim

UMKM adalah salah satu pilar ekonomi Indonesia, di tengah era digital seperti saat ini tentunya UMKM pun harus go digital. Maka karena itu, sedang gencar sekali edukasi UMKM untuk melek teknologi, salah satunya dengan memiliki website.

Sebab dengan memiliki website, maka UMKM tersebut bisa menjangkau lebih banyak lagi calon pembeli. Yang tak hanya berasal dari dalam negeri saja, namun juga berasal dari luar negeri. Makin banyak yang mengakses website Anda, makin banyak pula orang yang mengenal usaha Anda dan kemudian tertarik membeli.

penting tidaknya website untuk bisnis online, website UMKM

Itulah mengapa UMKM pun harus memiliki website sendiri, pastikan website tersebut mengikuti tips-tips berikut supaya bisa menjangkau lebih banyak warganet yang potensial. Silahkan disimak :

1. Pilih Template

Anda tentu ingin website bisa tampil prima dan ringan saat loading di berbagai perangkat, baik itu PC, laptop dan utamanya smartphone. Sebab sebagian besar pengunjung website menggunakan ponsel untuk browsing internet. Apalagi sekarang mesin pencari pun sedang dikembangkan untuk mendahulukan website yang optimal bagi seluler ketimbang yang tak ramah (not mobile friendly), untuk berada di page one.

Maka karena itu, lebih hati-hati dalam memilih template. Supaya lebih aman dan efektif, bisa membeli template SEO dan mengaplikasikannya di website UMKM Anda.

2. Pentingnya Multimedia

Pengunjung website yang menggunakan ponsel lebih suka melihat-lihat gambar, atau infografis ketimbang membaca teksnya. Jadi pastikan Anda membuat tampilan gambar atau video lengkap dengan format yang tepat, masukkan tag dan dioptimalkan, maka baik gambar atau video bisa membantu menaikkan peringkat situs Anda lebih tinggi dalam mesin pencari.

Apabila artikel atau website Anda sudah masuk ke dalam peringkat atas, maka pengunjung pun pastinya lebih banyak. Anda bisa menggunakan favicon khusus, yakni gambar kecil di bagian atas tab browser, sebagai identitas untuk situs UMKM Anda. Jadi pembaca bisa melihatnya sebagai toolbar icon atau bookmark situs Anda.

3. Kinerja Website yang Mudah Dilacak

Dengan mengikuti dua tips website di atas, masih dibutuhkan praktik SEO untuk memaksimalkannya. Contoh seperti memilih kata kunci (keyword) yang tepat, juga meta tag sebagai data tambahan lain agar para calon klien bisa menemukan bisnis Anda lebih cepat.

Perlu latihan dan banyak trial error sebelum menemukan formula SEO yang tepat, sebab setiap situs berbeda-beda cara optimasi SEO. Lalu bagaimana Anda bisa tahu jika SEO yang digunakan bekerja dengan baik?

Itulah saatnya menggunakan Google Analytic dan Google Search Console yang bisa melacak kinerja website Anda. Website bisa diboost dengan baik bila Anda mampu mengolah data dari Google Analytic dan Google Search Console dengan benar.

4. Maksimalkan Media Sosial

Jangan lupa untuk memaksimalkan media sosial, supaya bisa menjangkau lebih banyak pelanggan yang baru. Anda dapat meggunakan media sosial untuk menghasilkan penjualan tiap harinya, mempromosikan layanan dan sebagainya.

Pastikan pelayanan yang dilakukan di media sosial tetap sama baik kualitasnya, bahkan lebih bagus jika ditingkatkan. Sebab saat bisnis mulai naik, banyak yang kewalahan mengurusi postingan sampai komentar dan penjualan juga, akhirnya terbengkalai dan tak menghasilkan lagi.

Tidak ada salahnya mempekerjakan seorang admin media sosial, ia bertugas untuk mengunggah postingan baru, membalas komentar dan sebagainya. Bisa juga menggunakan tools media sosial yang banyak tersedia, tinggal sesuaikan sesuai dengan kebutuhan saja.

5. E-commerce

Yang terakhir adalah memasukkan elemen-elemen e-commerce ke dalam website UMKM Anda. Misalnya memasukkan sistem pelacakan inventaris, juga keranjang belanja, dan aneka alat pembayaran populer. Dengan sistem e-commerce maka pengunjung lebih mudah untuk berbelanja dan membayar dengan berbagai pilihan pembayaran. Bisa juga menggunakan rangkaian alat e-commerce yang telah tersedia dari pengembang website yang Anda gunakan.

Setelah mengetahui berbagai tips membuat website UMKM di atas, pastikan juga memilih hosting yang tepat untuk website. Apa itu hosting? Disebut juga sebagai web hosting, merupakan rumah yang digunakan untuk menyimpan semua konten yang ada di website Anda, supaya bisa diakses oleh siapapun.

Sekalipun website itu sifatnya digital, namun tetap membutuhkan penyimpanan. Sehingga website Anda bisa diakses di internet melalui server yang tersedia.

niagahoster, web hosting murah, ultimated hosting, promo hosting

Salah satu rekomendasi hosting yang banyak digunakan adalah Niagahoster dengan kelebihan seperti rata-rata uptimenya sangat stabil, beda dengan hosting lainnya.

Page load rata-rata juga sangat cepat, bahkan kurang dari satu detik adalah faktor yang sangat penting untuk ranking website Anda di mata para pembaca.  Bahkan untuk paket hosting yang paling dasar pun bisa ‘tahan’ saat dikunjungi ratusan pengunjung sekaligus, tanpa ngedown. Itulah salah satu poin plus Niagahoster.

Niagahoster juga memberikan layanan hosting gratis tiap bulan untuk pemilik website yang beruntung. Tentu hal ini sangat menguntungkan untuk pengguna website apalagi pelaku UMKM, bukan? Walau tak mendapatkan hosting gratis, hosting berbayar yang ditawarkan sangat variatif, bisa disesuaikan dengan kebutuhan website Anda masing-masing.

Jadi tunggu apa lagi? Segera pesan hosting unlimited di Niagahoster sekarang juga!!!

Tinggalkan komentar