Mengapa Blogger Perlu Menerapkan SEO?

Sering gak sih kita bertanya-tanya, sebagai blogger itu perlu menerapkan ilmu SEO?

Beberapa case, justru artikel yang mengalir dengan dibumbui user experience justru awet nangkring di page one. seperti menceritakan perjalanan pendakian gunung, merawat orang tua sakit hingga menulis lirik lagu negeri sakura.

Alhasil saya pun berpikir apakah seorang blogger harus menulis secara kaidah atau nulis yah nulis saja tanpa terintervensi dari parameter SEO on page maupun off page. Atas dasar itulah saya membuat semacam diskusi kepada beberapa orang blogger.

mengapa blogger perlu menerapkan SEO

Dan jawaban yang mereka berikan memang menarik-menarik berdasarkan sudut pandangnya masing-masing. Dari 17 jawaban tentang “mengapa blogger perlu menerapkan SEO?”, saya membocorkan 5 jawaban dari temen-temen blogger profesional yang sudah makan asam garam penulisan di dunia digital, berikut jawabannya :

Kenapa bundadzakiyyah.com Menerapkan SEO pada Tulisannya?

Jawaban Mba Eny :

Awalnya saya ngeblog tuh gak paham dengan SEO. Asal nulis aja.

Trus beberapa tulisan ada yang masuk page one. Kata teman2 itu karena SEO.

Saya pun kepo, lalu baca-baca tentang SEO dari beberapa artikel. Tapi tetep aja gak mudeng 😆

Belajar tentang SEO serius ya saat dapet prakerja itu saya ambil materi tentang SEO.

Lalu, apakah saya paham? Belum sepenuhnya. Makin saya ingin pahami makin saya gak paham.

Jadi ya saya ikutin aja itu petunjuk dari training. Ternyata buanyak yang harus dilakukan. Bukan cuma saat nulis artikel aja.

Setelah itu saya ikut kelas SEO yg lain dan tahu deh kalau ini penting. Agar tulisan saya bisa masuk ke pejwan dan tidak tergeser oleh tulisan lain.

Dampaknya pageview saya meningkatkan setelah menerapkan SEO.

Baca Juga artikel dari bundadzakiyyah.com : Mudah Belajar SEO bersama SEO Mom Community – (bundaeni.com)

Dari jawaban mba Eny , kita jadi tahu. Tanpa menerapkan seo, ehh bahasanya bukan tidak menerapkan yah bisa saja sudah menerapkan tapi karena belum paham saja terhadap parameter SEO.

Namun setelah belajar SEO dan melakukan perbaikan pada blog nya dan menerapkan SEO pada tulisannya,, Alhamdulillah Pageview nya meningkat setelah menerapkan SEO

Kenapa Derakata.com Harus Menerapkan SEO pada postingan blognya?

Jawaban Mba Sulis :

1. Ingin meningkatkan traffic

Saat ini banyak sekali bloggers, dan mereka juga memiliki keinginan agar tulisannya berada dihalaman pertama. Sebab biasanya hanya web yang berada dihalaman pertama yang akan dibuka oleh user. Maka sebagai bloggers harus membekali dirinya dengan SEO.

2. Meningkatkan branding

Dengan menerapkan SEO, kita bisa meningkatkan branding dari web kita. Sebab yang berada dihalaman pertama biasanya adalah web yang benar-benar dirawat. Bagi bloggers tentunya sangat bermanfaat sekali, karena juga bisa mendapatkan kepercayaan dari pihak pengiklan.

3. Bisa memberikan manfaat yang lebih luas

Dengan berada dihalaman pertama maka web kita punya peluang untuk dibaca oleh banyak orang. Hal ini juga bisa memberikan semangat bagi blogger untuk terus membuat tulisan yang bermanfaat.

Mohon maaf jika jawabannya kurang bagus🙏😁

Baca Juga artikel dari derakata.com : Cara belajar Seo bagi pemula – SULIS NASHWA KIRANA lifestyle blogger (derakata.com)

Yups, dengan menerapkan SEO kita bisa meningkatkan traffic pada blog kita, namun cara SEO adalah cara yang paling lama namun efeknya juga lama,,,

Kalo mau banyak traffic secara cepat dan instan bisa memanfaatkan Google Ads, hihihi

Salah satu keuntungan jika menerapkan SEO pada setiap tulisan kita adalah branding, dimana ketika kita selalu menerapkan SEO dan berada di page one. Kita bisa membrandingkan diri kita sebagai Blogger Melek SEO dan Auto Page One, hihihi.

Nah ketika tulisan kita selalu nangkring di page one bisa dipastikan traffiknya pun akan berdatangan tanpa diminta. Sehingga pihak pengiklan pun akan menyadari jika ingin dapat awareness pada produknya perlu dibuat ulasan di blogger-blogger yang punya trafik tinggi.

Analoginya seperti papan reklame, ceritanya kita sebagai perusahaan dengan KPI meningkatkan awareness ataupun penjualan, dan salah satu strateginya adalah pasang reklame.

Jika ingin iklan kita dilihat tentu pasang reklamenya di jalan yang banyak kendaraan,, bukan di gang senggol. Dengan banyak yang orang yang liat iklan di reklame jadinya apa? Minimal orang mengetahui produk kita.

Catatan disini : Biaya pemasangan iklan reklame di jalan yang ramai akan berbeda dengan yang di jalan desa/kelurahan/kecamatan. Begitu juga Blogger.

Kenapa maritaningtyas.com menerapkan parameter SEO pada blognya?

Jawaban mba Marita :

Saya kok jadi ingat sebuah pembukaan paling jleb, disampaikan oleh seorang coach yang suka memberikan tendangan madunnya. Begini kata beliau saat itu;

Analoginya gini, kita mau nilai jual rumah tinggi, tapi bangunannya masih reyot, lantainya masih tanah merah, atapnya masih anyaman kelapa, dindingnya masih bambu, tapi minta harga jualnya tinggi. Masuk akal nggak?

Analogi itulah yang mengantarkan saya pada akhirnya kembali semangat belajar SEO. Dulu tahunya hanya SEO on page secara sekilas, dan itupun hanya ‘dipaksa’ melakukan oleh bos saya yang peternak web.

Setelah tahu ternyata SEO bisa membuat sebuah blog jadi punya harga jual tinggi, mau tak mau nyemplung juga deh.

Ya, masa udah 5 tahun ngeblog masih gini-gini aja. Traffic standar, DA/ PA duduk manis aja di situ, pakai tool gratisan dari Google masih gagap. Dari kesadaran tersebutlah, menurut saya inilah 5 alasan mengapa perlu menerapkan SEO:

1. Agar Semakin Sayang Pada Blog

Saya menganggap blog itu seperti anak-anak yang saya lahirkan. Meski saat ini porsi sayang antara ‘anak kandung’ dan ‘anak-anak asuh’ belum bisa setara, tetapi saya berusaha untuk memberikan kasih sayang terbaik.

Caranya ya dengan memperbanyak pengetahuan tentang blogging. Belajar tentang permak blog dan bikin artikel yang menarik sudah dilalui. Maka sekarang saatnya untuk belajar di level yang lebih tinggi; SEO.

Baru saya sadari ternyata belajar SEO, belajar ‘ngobrak-abrik’ blog. Blog nggak hanya dilihat dari tampilan cantik di luar. Namun juga diperhatikan ‘kecantikan’nya dari dalam. Struktur blognya sudah bener atau belum, ada error yang terjadi nggak, headingnya sudah oke kah?

Hal-hal tersebut selama ini diabaikan karena memang tidak paham. Setelah belajar SEO yang masih sedikit ini, rasanya sedih kalau ketemu hal-hal yang kurang pas di blog.

Seakan-akan saya mendzolimi ‘anak-anak’ tersebut. Pada akhirnya dengan belajar SEO,  saya pun juga jadi belajar tentang merawat blog dengan lebih benar. Membuat saya semakin sayang, dan semangat untuk membesarkan mereka.

2. Agar Disayang Agency

Namanya merawat anak pasti butuh biaya dong? Begitu juga merawat blog. Harus bayar domain tahunan, apalagi kalau punya blog wordpress butuh biaya untuk sewa hosting.

Belum lagi kalau dua tangan sudah tak mampu lagi menulis artikel untuk semua blog yang dimiliki, kan butuh cuan juga buat bayar tim penulis.

Makanya saya harus mengajarkan kemandirian pada ‘anak-anak’. Biar mereka bisa menghasilkan cuan untuk diri mereka sendiri. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas mereka, hingga ada agency yang melirik dan mau titip backlink atau sewa kapling buat posting artikel placement mereka.

Eh, tapi ternyata agency sekarang sudah semakin pintar. Standar yang diminta tiap tahunnya pun semakin tinggi. Mau nggak mau kualitas blog pun harus ditingkatkan.

Salah satunya ya dengan belajar SEO, karena seperti saya sampaikan di poin 1, belajar SEO artinya kita belajar ngeblog secara menyeluruh. Kualitas luar dan dalamnya blog diperhatikan.

Semoga dengan semakin meningkatnya kualitas blog setelah sinau SEO, agency semakin banyak yang mepet dan kasih uang jajan ke ‘anak-anak’ saya.

3. Agar Artikel-artikel di Blog Makin Kuat Fanbase-nya

Well, sejak awal membuat blog memang tidak pernah bermimpi bisa mendapat cuan dari sini. Karena dulu awalnya bikin blog karena pelarian dari ribuan keyword yang dibagikan sama bos, eneeg. Eh sekarang malah kangen sama ribuan keyword itu, ternyata riset keyword sendiri puyeng, wkwkk

Dulu sih cita-citanya bikin blog sungguh sangat mulia, pengen bisa bermanfaat lewat artikel-artikel yang ditulis. Lalu dong ada yang njewer telinga saya, ”Gimana caranya artikel itu bermanfaat kalau nggak ada yang baca, oeeey?”

Eh, iya juga ya. Saya kembali bertanya pada orang yang njewer saya tersebut, “Terus gimana dong?”

Si orang itu menjawab, “Makanya belajar SEO!”

Saya masih ngeyel dong, “Kan bisa diikutkan blogwalking.”

Orang tersebut dengan wajah tengilnya nyengir sambil berujar, “Sampai kapan mau mengemis traffic lewat BW, trus nanti kalau nggak diikutkan BW, traffic blog nyungsep?”

Skak mat. Mak jleb.Kalah telak.

Bener juga ya, sampai kapan mau mengemis PV lewat BW. Sementara kalau kita serius belajar SEO, pintar nembak kata kunci, artikel-artikel itu akan didatangi pengunjung tanpa harus repot-repot BW.

Jadi BW nggak bagus?

Ya bagus.. tapi jangan sampai BW dengan niat salah. Seharusnya BW kan jadi ajang silaturahmi, saling komen dengan tulus hati. Bukan ajang saling mengemis PV, yang akhirnya komennya pun sama semua kalimatnya. Apalagi kalau asal-asalan BW, yang ada bounce rate naik lo.

4. Agar Google Makin Lengket Sama Blog

Ngobrolin SEO, maka nggak bisa dipungkiri akhirnya ngghibahin Mbah Google juga. Meskipun search engine nggak cuma Google, tapi bisa dibilang standar pencapaian blogger yang bisa menaklukkan search engine ya si Google ini.

Belajar SEO adalah salah satu cara biar kita tahu maunya Google apa dan bagaimana treatment yang harus kita lakukan biar Google bisa sayang sama blog kita.

Lah gimana google mau sayang sama blog  kita, kalau cara memakai google analytics dan google search console saja masih gagap. Disuruh pasang kode-kode, tapi cuma sebatas itu. Akhirnya buka Google Analytics kalau butuh laporan PV buat klien, padahal fitur Google Analytics ada sebanyak itu. Pastinya manfaatnya buat blog nggak cuma buat setoran PV kan?

Begitu juga dengan Google Search Console, apaan itu kueri, fungsinya apa coba kueri berjejer di sana. Selama ini cuma jadi pajangan aja. Masuk ke GSC, hanya buat setor sitemap, lalu nggak pernah lagi ditengok.

Belajar SEO, mau tak mau jadi kenal lebih dekat dengan tool-tool ini. Saat kita sudah tahu fungsinya, akhirnya perlahan-lahan kita bisa pedekate dengan bener deh sama Google.

Trus kita lakukan riset keyword apa sih ‘makanan’ yang disukai Google, adu rayu deh sama blog lain biar pada akhirnya Google takluk sama blog kita dan bikin blog-blog itu di halaman satu. Artinya blog kita berisi artikel yang bermanfaat, yang paling joss buat direkomendasikan ke pengikut Google. Artikel blog kita pun semakin banyak yang baca deh. Hurray…

5. Menguatkan Karakter Diri

Belajar SEO itu buat saya nggak sekadar belajar teknik ngeblog, tapi juga belajar menguatkan karakter diri. Belajar SEO harus konsisten, nggak boleh pantang menyerah. Harus selalu haus ilmu, belajar ke sana sini, praktek sana-sini.

Dan yang lebih keren, belajar SEO itu mengajarkan saya untuk berani mengambil sikap dan nggak boleh takut melakukan kesalahan. Ada kalanya saya akan melakukan kesalahan yang mengakibatkan ‘anak-anak’ sakit. Sebagai ibu yang baik, saya harus tahu dong obat yang pas apa. Nggak mungkin ditelantarkan begitu saja kan?

Begitulah, SEO pun berhasil mengajarkan hidup kepada saya.

Baca Juga Artikel dari maritaningtyas.com : Keyword Research: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Tekniknya (blogspedia.my.id)

Setelah membaca jawaban dari mba Marita Coach pada Cupu Blogger (mengakunya begitu), pasti sudah punya bayangan mengapa kita harus menerapkan SEO dari sekarang.

Tentunya ketika kita menerapkan SEO yang memiliki kepanjangan Search Engine Optimization ini, blog kita akan semakin banyak traffiknya. Jadi sudah mau belajar SEO? Dimana tempat belajar SEO? Ada banyak tempatnya mulai yang gratis maupun berbayar.

Mengapa tomojikan.com perlu menerapkan SEO pada artikelnya?

Jawaban mba Erin

  1. SEO adalah sebuah cara agar artikel bisa masuk page one. Dengan artikel berada di page one visitor organik akan meningkat dengan sendirinya.
  2. Menerapakn SEO, artikel akan mendapat penilaian baik dari google karena struktur yang baik dan jelas.
  3. Disukai Pengunjung, visitor menyukai struktur tulisan yang baik dan jelas. Dengan SEO akan memudahkan blogger untuk membuat tulisan yang baik.
  4. Menaikkan trafik secara alami, Artikel SEO walau tidak di page one bisa membuat trafik naik. Contohnya artikel lama yang aku perbaiki struktur SEO membuat PV naik walau tidak ikut blog walking.
  5. Branding, SEO sebagai branding agar dilirik sponsor, terlebih jika terjun dalam jasa copy writting perlu memahami teknik SEO

Demikian pentingnya SEO yang aku pahami. Karena banyak kekurangannya mohon ditambahakan. 🙏

Baca Juga Artikel dari Tomojikan.com : Kelas SEO Online: Asah Skill Ngeblog yang Gak Bikin Kapok (tomojikan.com)

Sama seperti jawaban sebelumnya, fungsi nya kita menerapkan teknik ini adalah traffik.

Tentu siapa sih yang gak mau blognya kebanjiran traffik organik, saya pun mau loch,, cuma jangan banyak banyak dulu,, takutnya servernya yang gak kuat kalo kebanyakan.,, yah bertahap lah.

Jadi kalo ditanya penting gak SEO, yah penting,,, kalo yang mau blognya kebanjiran traffik,, terus bagaimana cara blog banyak traffik organik,, yah belajar SEO lakukan A/B testing, SEO itu banyak caranya dan tiap blog akan memiliki caranya masing-masing.

Kenapa aisyahdian.com menerapkan SEO pada blognya?

Jawaban dari mba Dian

1. Biar bisa menang lomba

Asli pengen banget bisa menangin lomba seo gitu hadiahnya keren-keren banget sih. Apalagi kalau bisa borong juara 1,2,3 gitu bisa pensiun ngeblog/ngebuzzer selama setahun wkwkw.
Rahasianya apa sih coach, kasih bocoran dong biar bisa P1 pas lomba gitu.

2. Biar jadi blogger femes

Jalan pintas blogger biar femes ya postingan artikelnya di page 1 dong ya, kalau p2/p3 ya bakalan jarang di klik orang.

3. Biar banyak brand yang kasih job

Percaya deh kalau postingan kita di p1 bakalan banyak job review/cp yang menanti. Baik dari brand sama ataupun kompetitornya. Pun blog ternakan kitapun mereka mau kasih job karena tahu track record blog utama kita bagus.

Setelah belajar SEO kog aku tetiba sadar kog orientasi ngeblogku karena uang ya? Duh kayaknya harus kembali ke track yang benar kalau ngeblog buat berbagi informasi ya.

Tapi ngeblog juga butuh perpanjangan domain, hosting, template, kuota dll dan kalau kita bisa berbagi money dengan saudara, teman, ortu, traktir bakso pacar hasil job ngeblog juga menyenangkan. Eh  beneran lho ini wkwk

Baca Juga Artikel dari Aisyahdian.com : Cara Mudah Menaikan DA Blog (aisyahdian.com)

Fix ini semuanya butuh Uang, buat perpanjang domain, sewa hosting 1 tahun kedepan, beli template premium dan masih banyak lagi. Loch ko curhat…

Tapi satu sisi yang saya mau garis bawahi,, dengan kita mengikuti lomba SEO, jika menang bisa jadi portofolio kita. Misalnya saja ingin buka jasa seo tinggal sodorin portofolio pernah juara kontes SEO.

Saya pun terjun ke pekerjaan SEO spesialist di Kursus IT Terbaik, yah karena menang juara SEO,,

Jadi sedikit cerita,

Sebelumnya saya bekerja di bagian gudang jadi staff administrasi, namun posisi saat itu sabtu minggu gak ada kegiatan,, maka carilah kegiatan salah satunya dengan masuk komunitas Blogger Jakarta. Di komunitas tersebut saya belajar banyak, banyak bet lah. Mulai dari penulisan hingga SEO.

Lalu ada kontes SEO dari Dumet School, iseng-isenglah saya mengikutinya,, ehh malah juara 1. Dan pada saat itu juga saya memang membutuhkan dana untuk menikah,, mungkin memang jalannya begitu yah. Kalo niat baik pasti ada aja rezekinya.

Setelah juara 1 kontes SEO Dumet School, 2 bulan kemudian diajak kerjasama untuk menangani SEO dari Kursus IT, saya ambil freelance karena saya masih jadi staff gudang.

Karena atmosfer gudang sudah tidak kondusif dan rumput tetangga sudah goyang-goyang,, akhirnya saya hengkang dari gudang dan bekerja menjadi SEO Spesialist hingga saat ini.

Kesimpulan

Baik lah sampailah kita pada kesimpulan mengapa blogger perlu menerapkan SEO pada setiap tulisannya.

Pertama, blogger butuh traffik. Entah itu pemain adsense, pemain affiliasi dan sebagainya. Untuk menadapatkan cuan perlu adanya traffik donk, dan traffik organik yang menjadi targetnya

Kedua blogger perlu branding, bebas mau branding niche kecantikan, niche tekno boleh saja yang penting ketika nulis usahakan masuk halaman pertama biar apa yang kita tuliskan tidak SI A – SI B.

Ketiga kalo mau tulisannya masuk Page One, sering-sering lah A/B testing karena setiap blog punya treatmentnya masing-masing.

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa Share kalo artikel ini mandraguna, jangan lupa Like juga kalo ketemu tombol like,,Jika ada pertanyaan yang ingin di jawab oleh para pakar di dunia Blogger. Silahkan tuliskan di kolom komentar.

Tinggalkan komentar