Manajemen Inventory Terbaik, Temukan Solusinya Disini

Tahukah Anda manajemen inventory atau manajemen persediaan adalah asset yang sangat berharga bagi sebuah perusahaan. Karena sistem manajemen ini cukup penting, maka akan saya bahas mengenai hal ini berdasarkan sudut pandang saya. Serta saya berikan sedikit bocoran mengenai “ERP Manajemen Inventory Terbaik untuk iklim bisnis UKM di Indonesia

Saya sendiri pun sudah 3 kali menempati posisi karyawan yang berurusan dengan hal-hal persediaan. Mulai dari Raw Material, Finish Goods hingga logistik sudah pernah saya rasakan. Dan kunci utama dari suksesnya pekerjaan tersebut ada di manajemen inventory-nya.

Apa itu Manajemen Inventory?

Sebelum membahas mengenai sistem ini apa lagi membahas software sistem ERP, ada baiknya Anda mengetahui tentang pengertian dari sistem manajemen Inventory.

Manajemen inventory terbaik
Pengertian manajemen inventory

Manajemen adalah sebuah sistem pengelolaan secara terstruktur yang bertujuan membentuk sesuatu lebih efektif dan efisien.

Sedangkan inventory adalah stock barang atau barang yang sudah disimpan dengan maksud tertentu. Stock barang di sini bisa diartikan menjadi barang baku, barang setengah jadi dan barang jadi.

Jadi, dapat disimpulkan manajemen inventory adalah sebuah sistem pengelolaan yang mengontrol ketersediaan barang secara real-time.

Apa Tujuan dari Sistem Manajemen Persediaan?

Ada beberapa tujuan dari setiap pelaku usaha mulai dari UKM hingga perusahaan manufaktur dalam merancang manajemen inventory terbaik, sebagai berikut:

  1. Memberikan kemudahan dalam memastikan ketersediaan barang dengan adanya safety stock.
  2. Mengantisipasi adanya permintaan maupun penawaran yang bisa saja melonjak.
  3. Mengurangi risiko terhadap keterlambatan pengiriman barang kepada customer.
  4. Mempermudah dalam pengaturan produksi.
  5. Bagian Produksi atau Supplier bahan baku tidak dikejar-kejar.
  6. Mengurangi risiko terhadap naiknya harga.

Beberapa Masalah Manajemen Inventory

masalah pada pengelolaan persediaan
masalah pada pengelolaan persediaan

Salah satu masalah dalam jalannya bisnis adalah masalah ketersediaan barang. Ketika pengendalian persediaan yang kurang baik pasti akan menimbulkan rantai masalah, contohnya pengiriman terlambat, kesan customer yang menurun dan masih banyak lagi.

Berikut ini beberapa masalah dalam pengelolaan persediaan barang:

1. Manajemen Inventory masih bersifat manual

Manajemen persediaan yang masih bersifat manual seperti menggunakan kartu stock ataupun semi manual yang menggunakan Microsoft Excel akan menimbulkan banyak masalah seperti kartu stock yang kurang terbaca jelas, kesalahan pada input di Excel dan beberapa masalah lain akibat “human error”.

Solusinya adalah gunakan Software Sistem ERP untuk manajemen inventory seperti SystemEver Indonesia. Dengan menggunakan Sistem Cloud ERP ini seluruh pergerakan persediaan akan tercatat dan dapat dipantau dari mana saja asalkan terkoneksi dengan Internet.

Dengan menggunakan sistem manajemen inventory ini, Anda akan mudah mendapatkan informasi secara real-time dan akurat. Tentunya Software ERP pun tidak hanya untuk monitoring persediaan saja melainkan sudah terintegrasi dengan sistem penjualan dan sistem pembelian.

2. Jarang Melakukan Stock Opname

Stock Opname adalah aktivitas perhitungan persediaan stock barang secara fisik dan data/sistem. Masalah ini sering kali muncul pada distributor atau retail. Meskipun aktivitas ini memakan waktu yang lama, namun melakukan stock opname adalah wajib hukumnya.

Stock opname sebaiknya dilakukan sebulan sekali bahkan minimalnya tiga bulan sekali. Namun akan berbeda cerita jika barang tersebut tergolong fast moving, maka Anda perlu melakukan stock opname setiap hari.

Jika Bisnis Anda adalah distributor maka perlu menggunakan Software ERP untuk Perusahaan Distribusi yang sudah terintegrasi dengan sistem penjualan konsiyasi, sehingga stock akan selalu update dan akan memangkas banyak waktu untuk stock opname.

3. Gudang yang tidak tertata

Manajemen Inventory terbaik tidak hanya mengatur tentang quantity stock sesuai saja, penyusuan gudang pun diatur sehingga mempermudah dalam melakukan manajemen ini. Meskipun kedengarannya sepele, coba Anda bayangkan jika barang tidak tertata dengan baik, apakah akan mudah dicari?

Pasti sulit, maka dari itu gudang pun perlu ditata dengan baik sesuai dengan keperluanannya. Misalnya pengaturan penempatan pada rak, barang yang cepat terjual sebaiknya ditempatkan di rak yang paling depan, sehingga mudah memonitoring secara fisik maupun sistem. Perlu konsistensi tinggi untuk membangun gudang yang lebih terorganisir.

Manfaat Sistem Manajemen Inventory menggunakan Cloud ERP Indonesia

Manfaat Sistem Manajemen Inventory menggunakan Cloud ERP Indonesia

1. Penyimpanan Data Terpusat

Dengan adanya sistem pengelolaan persediaan yang terpusat maka akan lebih mudah mengelola penjualan maupun ketersediaan barang. Banyak masalah para pelaku UKM dalam mengelola barang dibanyak data sehingga akan menjadi wasting time dalam mengelola persediaan karena data terpisah-pisah.

Solusi Cloud ERP dapat menjadi jalan keluar untuk UKM, karena dapat diakses dari mana saja. Dan yang terpenting data persediaan Anda ada di satu tempat. Dengan sistem cloud ERP ini, Anda dapat mengetahui persediaan dan lokasinya dalam hitungan detik, sehingga lebih efisien ketika permintaan sedang tinggi.

2. Membantu Kontrol Persediaan

Salah satu manfaat sistem manajemen inventory terbaik adalah mampu mengontrol persediaan atau yang biasa disebut safety stock. Dengan bantuan sistem cloud ERP yang terdapat modul Inventory akan lebih mudah mengatur minimum stock untuk menjaga safety stock.

Dengan penerapan safety stock ini, manajemen pemesanan akan jauh lebih terjadwal karena tidak menunggu stock tersebut habis. Sistem penjualan pun akan lebih mudah menawarkan kepada customer karena barang akan selalu ready stock.

3. Meningkatkan Produktivitas

Dengan adanya manajemen inventory yang sudah diintegrasikan dengan software sistem ERP maka beban karyawan akan sedikit berkurang dan bisa dialihkan ke pekerjaan lain. Seperti stock opname, mengatur safety stock dan masih banyak lagi.

Biasanya produktivitas akan berkurang ketika awal atau akhir bulan dalam membuat laporan persediaan, dimana karyawan harus melakukan pengecekan data berdasarkan sistem dan fisik yang akan memakan waktu yang lama.

4. Meningkatkan Efisiensi di Semua Lini

Implementasi sistem cloud ERP manajemen inventory terbaik akan membawa efek positif kepada jalannya usaha Anda. Pasalnya dengan menggunakan Software ERP (Enterprise Resource Planning) semua akan jauh lebih cepat dan sederhana. Membuat laporan tahunan pun hanya dalam hitungan detik saja, tinggal atur tanggal awal dan akhir saja cukup.

Bagaimana jika membuat laporan tahunan dengan sistem manual, pastinya waktu 1 hari belum tentu cukup untuk mengumpulkan data dalam 1 tahun. Inilah alasannya mengapa UKM Anda harus menggunakan Cloud ERP Indonesia dari SystemEver.

5. Menghemat Biaya

Salah satu manfaat dari penerapan manajemen persediaan adalah Anda dapat menghemat biaya dan meminimalisirkan kerugian finansial.

Contohnya untuk manajemen stock secara manual butuh 5 orang, namun setelah menggunakan sistem cloud ERP kemungkinan Anda hanya perlu 2 orang saja. Hitungannya jauh lebih hemat bukan untuk operasional.

6. Planning yang Akurat

Dengan solusi Cloud ERP dari Systemever, Anda akan dengan mudah mengatur safety stock (tingkat aman dari persediaan).  Anda pun dapat mengetahui barang apa saja yang sedang ramai terjual, jarang terjual, barang musiman. Dari sanalah Anda dapat melakukan perencanaan dan prakiraan untuk membeli barang mana yang perlu didahulukan.

Salah satu kelebihan dari software ERP untuk Perusahaan Distribusi adalah mampu membantu pelaku usaha kecil menengah untuk lebih proaktif dalam merencanakan dan memprediksi persediaan barang Anda.

7. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Manfaat yang tidak kalah penting jika Anda benar-benar mengimplementasikan sistem manajemen inventory ini adalah mampu meningkatkan kepuasan terhadap pelanggan. Anda mampu memberikan informasi tentang ketersediaan stock ketika pelanggan bertanya, proses pengiriman juga bisa lebih cepat. Alhasil performa usaha Anda akan meningkat di mata pelanggan.

Fitur-Fitur yang wajib Ada di ERP Manajemen Inventory Terbaik

Saya yakin Anda sudah minat dengan solusi cloud ERP yang menawarkan banyak kelebihan salah satunya efisiensi biaya dan waktu. Jika Anda masih bingung dengan fitur-fitur apa saja yang harus ada di ERP Manajemen Inventory Terbaik, sebagai berikut:

  • Manajemen Stock, fitur ini adalah fitur yang paling utama dari sistem manajemen inventory, dengan fitur ini user dapat memonitoring pergerakan stock secara realtime.
  • Manajemen Pembelian, fitur ini masih berkaitan dengan pembelian atau restock barang. Pada fitur ini pengguna dapat mengatur miminum persediaan.
  • Manajemen Pemasok, pada fitur ini akan menampilkan data lengkap terkait supplier yang bekerjasama dengan Anda.
  • Barcode Scanning, penggunaan fitur barcode akan lebih mudah dan cepat untuk input data baik sistem pembelian dari supplier ataupun sistem penjualan kepada customer.
  • Shipment Tracking, salah satu fitur penting untuk memantau pengiriman kepada pelanggan/customer.
  • Laporan Inventaris, Fitur inilah yang paling penting dalam manajemen inventory terbaik, melalui laporan yang aktual maka Anda akan mudah melakukan keputusan bisnis kedepannya.

Mengenal Manajemen Inventory Terbaik, SystemEver Indonesia

Bagi pelaku usaha yang merasa kebingungan memilih sistem manajemen inventory, tidak ada salahnya Anda mencoba SystemEver. SystemEver adalah sebuah sistem perangkat lunak berbasis Cloud ERP yang dirancang oleh Younglimwon Soft Lab Co., Ltd.

software sistem erp systemever manajemen inventory terbaik
Manajemen Inventory Terbaik, SystemEver Indonesia

Sebagai salah satu perusahaan sistem ERP terbaik di Korea Selatan dan sudah berpengalaman sejak tahun 1997 di industri ERP, Younglimwon mengembangkan sistem ERP menjadi Cloud ERP dengan nama SystemEver. Pada tahun 2014, Younglimwon melakukan ekspansi ke seluruh Asia untuk menjadi ABC “Asian Best Cloud” Company. Kini telah memiliki cabang di Jepang, Vietnam dan Indonesia

Cloud ERP Indonesia SystemEver ini memang dikhususkan untuk Small Medium Enterprises. Produk sistem cloud ERP ini telah menjadi solusi terbaik untuk ribuan klien. Klien SystemEver mulai dari sektor perdagangan dan distribusi hingga manufaktur & industri layanan atau jasa.

Produk SystemEver Berdasarkan Versi

Pada tahun 2017, SystemEver mulai masuk ke pasar Indonesia dan memiliki produk khusus yang memiliki sebutan i Series :

1. Versi i5 Series untuk Penjualan/Distribusi

Systemever i5 series
Systemever i5 series

Modul yang ditawarkan pada SystemEver Versi i5:

  • Basic Costing
  • Accounting
  • Purchase
  • Import
  • Sales/Export

Siapa yang memerlukan versi i5 series :

  • Perusahaan penjualan dan distribusi
  • Perusahaan yang memerlukan integrasi dan data secara real time
  • Perusahaan yang kesulitan dan memiliki keterbatasan dalam sistem manajemen

SystemEver versi i5 series adalah sistem cloud ERP yang sudah terintegrasi dari costing, penjualan hingga pengelolaan stok. Versi ini sudah berbasis cloud maka data yang tersedia bersifat aktual.

ERP untuk Jasa distribusi ini sangat cocok bagi pelaku bisnis yang punya mobilitas tinggi. Anda dapat mengakses data-data inventory dari mana saja dan kapan saja.

2. Versi i7 Series untuk Manufaktur

Systemever i7 series
Systemever i7 series

Modul yang ditawarkan pada SystemEver Versi i7:

  • Basic Costing
  • Accounting
  • Purchase
  • Import
  • Production
  • Sales/Export

Siapa yang memerlukan versi i7 series :

  • Pabrik yang sedang berkembang dan menghadapi masalah dalam integrasi data dan sistem manajemen
  • Pabrik yang memiliki Master Production Schedule (MPS) dan Bill of Material (BOM) untuk lebih efektif dan efisien
  • Pabrik yang ingin melakukan perencanaan produksi dan menerapkan berdasarkan rencana penjualan jangka panjang dan pendek

SystemEver versi i7 series adalah sistem ERP yang telah terintegrasi dan disesuaikan dengan kebutuhan manajemen manufaktur. Versi i7 series ini mampu membuat perusahaan akan jauh lebih efektif dan efisien.

6 Alasan Mengapa Anda Perlu Menggunakan SystemEver

Mengapa memilih Systemever sebagai Solusi Cloud ERP Indonesia
Mengapa memilih Systemever

1. Pengalaman telah teruji

YoungLimWon memiliki pengalaman dari tahun 1997 dan telah mengembangkan sayap bisnis ERP ke Jepang, Vietnam serta Indonesia. Tentunya dengan visi menjadi ABC Company, YoungLimWon akan selalu memahami kebutuhan kliennya untuk membantu agar tetap berkembang. Beberapa klien merasa sangat puas dengan kinerja sistem cloud ERP SystemEver yang menjadikan pekerjaan lebih efektif dan efisien.

2. Fitur Visual-K yang mudah digunakan

Fitur yang jarang ada di sistem cloud ERP sejenis. Fitur Visual-K dirancang untuk mempermudah penggunaan sistem manajemen inventoy terbaik ini. Dengan user interface yang mudah dipahami mirip seperti flowchart membuat pengguna akan lebih mudah dan paham menu-menu yang ada di SystemEver.

3. Consultant-K

Anda tidak perlu khawati dengan konfigurasi perangkat lunak berbasis cloud ini, karena telah disediakan fitur Consultant-K yang memenuhi kebutuhan Anda dan perusahaan. Fitur ini tidak memerlukan waktu lama dan biayanya masih terjangkau.

4. Akses Flexible

Setiap orang pasti ingin memiliki sistem manajemen persediaan yang fleksibel dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun. SystemEver dapat diakses dari mana saja, menggunakan perangkat apapun. Asalkan terdapat koneksi internet, seluruh pekerjaan dapat diselesaikan. Pihak manajemen pun dapat ikut monitoring dari rumah saja. Dengan demikian Cloud ERP dari Korea Selatan ini menjadikan waktu Anda lebih efisien dan efektif.

5. Harga Terjangkau

Software Sistem ERP SystemEver memberikan harga yang terjangkau dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda, sehingga akan jauh lebih mudah Anda merancang anggaran untuk investasi jangka panjang pada software ERP ini.

6. Melayani dengan Berbagai Bahasa Global

Bukti nyata dari YoungLimWon adalah selalu mendorong pertumbuhan bisnis kliennya untuk terus berkembang dan memiliki daya saing di pasar domestik maupun internasional. SystemEver telah dilengkapi dengan layanan bahasa Inggris dan bahasa local negara tersebut. Contohnya di Indonesia, Cloud ERP SystemEver telah disematkan layanan bahasa Indonesia dan Inggris.

Kesimpulan

Setelah mengetahui beberapa masalah pada sistem manajemen inventory, seperti sistem masih manual, belum ada konsistensi terhadap persediaan dan masih banyak lagi. Maka sebaiknya Anda mulai pikirkan untuk investasi jangka panjang di software ERP.

SystemEver dirancang untuk iklim bisnis di Indonesia, seperti mendukung sistem pembelian dan sistem penjualan bahkan sistem penjualan konsiyasi pun telah disediakan. SystemEver telah berbasis cloud sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja asalkan terkoneksi internet pasti bisa terkoneksi.

Didukung tampilan Visual-K, Cloud ERP Indonesia ini akan mudah dioperasikan oleh orang awam sekalipun. Jika Anda memerlukan sistem manajemen inventory terbaik yang efektif dan efisien, SystemEver dari Younglimwon Soft Lab Co., Ltd pilihan tepat.

Informasi lengkap hubungi :

Email : info@systemever.com

Telepon : (+62)21 2985 1628

Website : https://systemever.co.id/

Tinggalkan komentar