Prospek Bisnis Online di Bumi Pertiwi

Prospek bisnis online, binsis online menguntungkan, analisa bisnis online, bisnis di Indonesia

“Bisnis online menjanjikan engga yah?”

Sebuah pertanyaan yang sering banyak orang tanyakan saat ingin memulai sebuah bisnis online. Dan pertanyaan itu pun, acap kali selalu terbesit dalam benakku. Bagaimana tidak? Dikala kebutuhan hidup senantiasa menanjak namun pendapatan bulanan enggan untuk beranjak. Hal itu buatku harus memutar otak lebih cepat dari pada perputaran bumi pada porosnya. Saat ini, bisnis online memang sedang ramai dibicarakan tidak di Indonesia saja tetapi disetiap belahan dunia. Pasalnya, bisnis ini terlihat mudah dijalankan dan menghasilkan untung yang besar sehingga cocok dijadikan pekerjaan sampingan (side job). Yah, Kebanyakan orang mungkin hanya melihat dari luarnya namun yang namanya sebuah bisnis apapun untuk mendapatkan hasil yang memuaskan pasti perlu adanya sebuah kerja keras dan kemauan untuk belajar terus menerus.

Bisnis online terdiri dari 2 suku kata yaitu “Bisnis” dan “Online“. Bisnis bisa diartikan sebagai sebuah aktivitas yang dilakukan untuk menghasilkan profit (keuntungan) sedangkan online adalah suatu keadaan dimana sebuah perangkat komputer terkoneksi atau terhubung dengan jaringan internet. Sehingga dapat disimpulkan, bisnis online adalah sebuah aktifitas pada jaringan internet yang dapat menghasilkan profit atau keuntungan bagi yang melakukannya.

Pada penerapannya, bisnis ini hampir sama dengan bisnis offline. Jika bisnis online, kita hanya memerlukan sebuah website atau akun media sosial sebagai sarana untuk menjual barang atau jasa sedangkan untuk bisnis offline sendiri memerlukan sebuah tempat fisik sebagai sarananya. Berbeda dengan bisnis offline yang cukup memerlukan modal yang besar, bisnis online hanya memerlukan modal yang cukup kecil bahkan nyaris tanpa modal. Tak khayal sudah banyak bisnis offline yang sudah bermigrasi menjadi online karena dinilai lebih menguntungkan dibeberapa hal, seperti jangkauan lebih luas dan bisa diakses 24 jam.

Beberapa tahun belakangan ini, memang banyak sekali yang berlomba-lomba membangun bisnis ini ada yang menjadi reseller/dropshipper produk, konsultan online, bloger profesional, jasa penulisan artikel dan masih banyak lagi. Salah satu yang terlihat jelas adalah banyaknya bermunculan situs-situs e-commerce di tanah air seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan masih banyak lagi lainnya. Tak hanya situs e-commerce saja, media sosial pun tak luput disinggahi eforia bisnis ini. Kita bisa lihat cukup banyak akun instagram yang sering menawarkan barang dan jasa mereka dengan tagline “Cek IG kita yah kakak!!”.

Jika kita mulai sekarang apakah sudah terlambat?

Tidak ada kata terlambat dalam sebuah memulai bisnis, asal kita mau terus belajar untuk terus mengembangkan bisnis yang kita jalani.

Namun sebelum membangun bisnis online, ada baiknya kita mencari tahu prospek bisnis ini untuk memperhitungkan segala kemungkinan baik buruk yang mungkin akan terjadi. Apakah akan memberikan keuntungan atau malah sebaliknya. Prospek sendiri dapat diartikan sebuah peluang yang muncul didasari oleh usaha yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan mendapatkan sejumlah keuntungan.

Dengan mencari tahu secara rinci, kita dapat mengetahui bagaimana prospek kedepannya dan mengetahui strategi apa saja yang dapat mengembangkan bisnis ini. Jika kita melihat bisnis online diluar negeri sudah banyak orang-orang yang sukses berkat bisnis ini. Salah satunya Jack Ma pendiri Alibaba Group. Salah satu e-commerce terbesar didunia ini mampu menarik perhatian dunia dengan mencatatkan transaksi online senilai USD 1,47 Miliar dalam kurun waktu tujuh menit. Dan pada kuartal akhir 2016, Alibaba grup mengumumkan total pendapatannya pada akhir tahun 2016 adalah sebesar USD 7.6 Miliar meningkat 54% dari tahun lalu.

pengguna internet Indonesia, Bisnis online di Indonesia

Menurut data survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2016 mencapai 132.7 juta dari total penduduk 256.2 juta jiwa. Artinya sudah sekitar 51.8% penduduk Indonesia sudah mengenal internet. Angka pengguna internet naik cukup signifikan sebesar 66.4%, jika dibandingkan pengguna ditahun 2014 yang baru mencapai angka 88.1 juta. Dengan pengguna internet aktif sebanyak itu, mampu menempatkan Indonesia menjadi negara ke 12 dengan pengguna jaringan internet terbanyak berdasarkan versi Internet Live Stats.

Sekitar
1
Juta orang pernah bertransaksi online

Artinya sekitar 63,5% dari total pengguna internet di Indonesia sudah pernah melakukan transaksi online. Dikutip dari portal berita Tribun News, diperkirakan total transaksi online di Indonesia pada tahun 2016 sekitar USD 4,89 miliar. Dari data tersebut, bisa dipastikan bisnis online cukup menjanjikan. Menurut data survei APJII, transaksi online didominasi oleh pembelian tiket sekitar 34.1 juta orang, diurutan kedua pembelian kebutuhan rumah tangga sekitar 29.4 juta orang. Posisi selanjutnya adalah pembelian pakaian/fashion sekitar 4.7 juta orang dan diurutan terakhir pemesanan hotel sekitar 4.5 juta orang.

Terlihat sudah cukup banyak masyarakat Indonesia yang bertransaksi online. Ini akan menjadi hal yang mudah bagi anda dalam membangun bisnis online. Tinggal bagaimana pandai-pandainya anda dalam mengembangkannya. Mulai dari mempersiapkan produk yang akan dijual, mencari lapak yang menguntungkan baik website bisnis atau e-marketplace serta cara promosikannya.

Strategi Promosi

Tantangan terbesar saat terjun pada setiap bisnis adalah bagaimana cara mempromosikan barang dan jasa kita. Sukses atau tidaknya sebuah bisnis tergantung pada bagaimana cara mempromosikannya. Untuk para pemain pemula, mungkin akan sedikit kesulitan mencari-cari strategi promosi yang efektif terlebih lagi pada bisnis online. Sebetulnya ada banyak cara promosi online (digital marketing) pada bisnis online seperti membangun website, membuat content marketing, promosi melalui media sosial, menjual melalui e-marketplace, dan lain-lain. 

Teknik yang pertama adalah membangun website bisnis. Dengan membangun sebuah website bisnis, anda bisa mempromosikan produk anda kapan saja dan para calon pelanggan dapat mengakses website bisnis anda setiap saat. Ada hal yang perlu diperhatikan dalam teknik promosi melalui website adalah SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah sebuah teknik optimalisasi website untuk memperoleh pengunjung dari situs pencarian (search engine). Jika anda berhasil menguasai teknik SEO maka bisa dipastikan website bisnis anda akan kebanjiran pengunjung untuk melihat produk-produk yang anda tawarkan. Dalam mempelajari ilmu SEO terbilang cukup mudah, anda bisa mempelajarinya secara otodidak maupun melalui lembaga kursus SEO seperti Dumet School.
Teknik kedua yaitu content marketing (pemasaran konten), teknik ini memiliki korelasi yang erat dengan teknik pertama. Menurut beberapa orang, content marketing adalah salah satu teknik digital marketing paling efektif untuk saat ini. Teknik ini lebih ditekankan pada paduan kata-kata indah yang dirangkai menjadi satu kesatuan konten yang bermanfaat. Faktanya, jenis content marketing yang menarik dapat meningkatkan penjualan baik secara kualitas maupun kuantitas. Tujuan dari content marketing pada bisnis online adalah membangun hubungan/relasi dengan konsumen serta meningkatan kesadaran terhadap produk yang ditawarkan. Ada beberapa bentuk dari content marketing seperti infographics, ilustrasi, artikel website, video dan masih banyak lagi.
Teknik ketiga adalah promosi melalui media sosial. Siapa sih yang tidak punya media sosial saat ini? Kita pasti sepakat pengguna internet di Indonesia pasti mempunyai akun media sosial. Menurut data survei yang dilakukan APJII, media sosial Facebook menduduki urutan pertama dengan 71.6 juta pengguna. Kemudian disusul dengan Instagram sekitar 19.9 juta pengguna. Diurutan ketiga ada youtube dengan jumlah pengguna 14.5 juta. Dari data-data tersebut, anda dapat mempromosikan bisnis yang anda jalankan melalui media sosial baik itu dengan facebook, twitter, path, instagram maupun dengan youtube. Seperti Facebook, anda bisa melakukan promosi dengan memosting produk melalui grup atau fanpage namun jika anda punya budget promosi yang cukup, anda dapat menggunakan Facebook Ads untuk jangkauan promosi yang lebih luas.
Teknik digital marketing keempat adalah menjual melalui e-marketplace. Teknik ini bisa juga menjadi alternatif jika anda belum punya budget yang cukup untuk membangun website bisnis. E-marketplace disebut juga pasar online. Layaknya pasar pada umumnya, e-marketplace mempunyai fungsi yang sama yaitu tempat bertemunya banyak penjual dan banyak pembeli namun secara vitual. Di pasar online ini, anda bisa mempromosikan produk-produk apapun. Hal yang perlu anda pahami adalah persaingan pada e-marketplace amat ketat, salah satu cara untuk menyiasatinya adalah menggunakan jasa promosi dari penyedia e-marketplace. Beberapa e-marketplace yang sering dikunjungi pengguna internet di Indonesia antara lain Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, OLX dan masih banyak lagi.

Sebenarnya masih ada banyak cara yang bisa anda coba untuk mempromosikan bisnis online. Hal yang paling diperhatikan dalam promosi adalah bagaimana cara kita untuk menarik minat orang untuk membeli produk yang kita tawarakan. 

Tingkat Kepercayaan Masih Rendah

Pendapat pengguna terhadap keamanan bertransaksi online

Aman

92 Juta pengguna

0 69.4%

Tidak Aman

39.4 Juta pengguna

0 29.7%

Tidak tahu

1.1 Juta pengguna

0 0.9%

Dari grafik diatas, kita bisa menarik kesimpulan bawah tingkat kepercayaan bertransaksi online di Indonesia masih dikategorikan rendah. Inilah yang menjadi tantangan dalam menjalankan bisnis online. Pasalnya, sebagian orang masih nyaman berbelanja dengan sistem offline dengan alasan bisa melihat, merasakan dan mencobanya secara langsung produk yang ditawarkan serta merasa transaksi lebih aman. Faktor keamanan menjadi faktor utamanya. Ketakutan terbesar ketika berbelanja online menurut sebagian orang adalah produk yang diterima tidak sesuai dengan keinginan atau sudah transfer namun produk tak kunjung sampai.

Permasalahan akan keamanan memang cukup vital. Namun dengan perkembangan teknologi yang semakin membaik, berbagai metode pun bermunculan untuk memberikan solusi terbaik dalam keamanan bertransaksi online. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode “COD” (Cash On Delivery). Metode ini dinilai paling aman bagi sebagian orang, dimana pembeli melakukan pembayaran langsung kepada penjual/kurir ketika produk sudah berada ditangan. Ada pula metode “Rekening Bersama“, dimana ada peran orang ketiga dalam transaksi ini sebagai perantara pembayaran. Tahapan dalam metode ini adalah pembeli melakukan pembelian produk kepada penjual, kemudian pembeli melakukan pembayaran kepada penyedia rekening bersama yang bersifat independen dan netral. Selanjutnya penjual mengirimkan produk yang dipesan, saat produk sudah sampai ketangan pembeli maka penyedia rekening bersama melakukan pembayaran kepada penjual. Sudah banyak e-marketplace menggunakan metode rekening bersama.

Sebuah kepercayaan (trust) dari konsumen/pembeli memang erat hubungannya dengan aktifitas bisnis bahkan menjadi faktor utama. Kepercayaan konsumen akan timbul jika konsumen merasa yakin dengan reliabilitas serta intergritas dari produsen/penjual yang dipercayainya. Saat kepercayaan itu sudah dapatkan, maka konsumen pun akan loyal membeli produk anda dengan jumlah yang besar.

Mari kita jawab pertanyaan “Apakah prospek bisnis online di Bumi pertiwi menjanjikan?

Dari pembahasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa “Bisnis Online” memang menjanjikan dan sudah banyak orang yang sukses karenanya. Melihat dari banyaknya masyarakat Indonesia yang mayoritas sudah melek teknologi khususnya dalam penggunaan internet. Sekitar 132.7 juta orang pengguna Internet di Bumi pertiwi dan 63.5 % nya sudah pernah melakukan transaksi online. Artinya, hal yang cukup mudah bagi anda untuk memperkenalkan dan mempromosikan bisnis yang anda ingin bangun. Bisnis ini akan menjanjikan jika anda mampu mengatur dengan baik. Salah satunya adalah mampu mengatur pelayanan yang prima kepada konsumen anda. Dengan memberikan pelayanan yang tidak mengecewakan kepada konsumen, anda akan mendapat kepercayaan dari konsumen serta mendapatkan pelanggan. Saat kepercayaan tersebut didapat, konsumen pun akan loyal kepada produk-produk anda bahkan secara tidak langsung akan membantu mempromosikan produk anda.

Dan itulah sedikit gambaran tentang prospek bisnis online di Bumi pertiwi. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan bisa menjawab tanda tanya kepada bisnis yang sedang jadi primadona ini. Jika ada hal yang kurang jelas, anda bisa mengutarakannya pada kolom komentar yang sudah disediakan dibawah tulisan ini.

Semoga bermanfaat dan salam SUKSES !!

Referensi :

Pexels.com

 Alibabagroup.com

 Internetlivestats.com

Tribunnews.com

64 Comments

  1. Inda chakim
    24 April 2017

    Bisnis online mmg menjanjikn, buktinya smpai saat ini makin banyak benih pebisnis online yg mulai bermunculan.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      15 Mei 2017

      betul banget mba,Bisnis online memang menjadi pilihan untuk berbisnis masa kini bukan masa gitu yah

      Balas
  2. Oky Maulana
    25 April 2017

    Aku pribadi masih kurang suka dengan bisnis online, entah kenapa masih sulit buat percaya aja sih. Tapi kedepannya bisnis udah kebanyakan di online ya.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      15 Mei 2017

      Tingkat kepercayaan akan bisnis ini masih cukup tinggi,, namun pasti akan ada perkembangannya ko kedepannya untuk lebih percaya lagi dalam bertransaksi online

      Balas
  3. Dirga Enggar
    25 April 2017

    Wuih kontenya pake builder nih mas.

    Mantap, bisnis online kedepannya sangat-sangat cerah sepertinya didukung dengan pengguna internet yang semakin banyak.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      15 Mei 2017

      lagi belajar bikin builder mas,,, yah mari kita doakan bisnis online di Indonesia dapat lebih cerah dari negara-negara lain

      Balas
  4. Anis Khoir
    25 April 2017

    Lengkap sekali ulasannya Pak Irwin. Antara mau aji mumping dg trend serta berkembangnya teknologi informasi dg ikutan bisnis online.
    Namun kembali lg, kemana arah tujuan sebelum memilih bisnis

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      15 Mei 2017

      Betul banget kembali lagi pada individunya

      Balas
  5. Laras 'Soulful'
    25 April 2017

    Inspiratif sekali, mas 🙂

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      15 Mei 2017

      Terima kasih Laras,,, Semoga bisa terus meng inspirasi lainnya

      Balas
  6. Timo
    25 April 2017

    Wah itu yg angka 1 berubah naik jd angka 84 keren euy, gmn caranya huehe … :d

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      15 Mei 2017

      banyak pluginnya Koh Timo, nanti kalo saya ke Bandung lautan asmara saya kasih tahu,, ehhh kasih peuyem hihihi

      Balas
  7. Duniari
    25 April 2017

    Aduhh..aduh… AKu gagal fokus sama tampilanya. Keren ihhhh…….
    Menurutku juga, bisnis online memang menjanjikan. Tapi balik lagi, seberapa bisa kita mengolahnya. Ini sih yang para pengusaha bilang,,

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      15 Mei 2017

      Inti dari sebuah bisnis apapun yaitu adalah teknik kelola,, kalo mempelajari bagaimana mengelola bisnis yang baik lebih bagus langsung praktik…

      Balas
  8. @unggulcenter
    25 April 2017

    Bisnis online memang salah satu cara utk meraih pasar yg tak teebatas. Ia membuat kita smua hidup di bumi yg datar.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      15 Mei 2017

      Bumi yang datar,, mungkin mas Unggul bisa masuk ke komunitas flat earth 😀 Pissssss

      Balas
  9. Atanasia Rian
    25 April 2017

    aku suka sama tampilanny apikkkk. Tapi aku termasuk pengguna bisnis online daripada offline hehe

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      15 Mei 2017

      Makasih mba… saya panggilnya mba atan, mba natasia, mba rian atau mba yang paling cantik di Pojok WB 😀

      Balas
  10. Bisnis online memang menjanjikan ya mas. Aku termasuk yang sudah menggeluti bisnis online sejak beberapa tahun lalu.. ya semoga saja makin lama bisa makin besar. selain tukang jualan onlen aku juga tukang belanja onlen heuheueheu

    btw… blog mu tjakep bgt mas!

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      15 Mei 2017

      Wah balance sekali yah,,,,

      Balas
  11. Fandhy Achmad Romadhon
    25 April 2017

    Saya setuju dengan tulisan di atas, seperti halnya saya setuju dgn anggapan banyak orang, perihal ketidakamanan dalam berbelanja online. Harusnya idiom ini segera dihapuskan dgn ditingkatkannya kepercayaan konsumen terhadap penjual, belum lagi hal ini perlu dukungan pemerintah dalam menjaga security identitas dan alamat konsumen, namun si pemilik bisnis online pun diwajibkan untuk melaporkan seluruh pendapatannya dan membayarkan pajak penghasilan kepada Negara. Hal ini dilakukan tercipta keseragaman dan transparansi dua arah.
    Bukankah menyenangkan, jika berbelanja online dilakukan tanpa kekhawatiran menjadi korban penipuan?

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      15 Mei 2017

      Komentar yang inspiratif sekali, pasti tertung dari lubuk hati paling dalam, mungkin bisa disebut palung hati

      Balas
  12. tomi
    25 April 2017

    Saya juga pernah berbisnis online mas.. dan memang lebih mengasikkan utk bisnis online daripada bisnis offline. Tapi kembali lagi ke individu masing² mas.. ada yg cocok bisnis online tp ada yg cocok bisnis offline.. tergantung produk dan passion nya

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      15 Mei 2017

      Emmmmm yap betul betul betul #manggut-manggut

      Balas
  13. Bahrudin
    26 April 2017

    Bisnis online itu memang sangat menjanjikan, syaratnya kita harus tekun gan, harus selalu ada di depan pelanggan.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      16 Mei 2017

      Ketekunan memang sangat berpengaruh,,apalagi tekun promosi di media sosial 😀

      Balas
  14. Ida Farida
    26 April 2017

    Tetangga saya sukses gara-gara bisnis online, yakni Denature Indonesia, penjual obat-obatan herbal

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      16 Mei 2017

      Wahhhh kalo boleh tahu omsetnya berapa tuh mba?per bulan? pasti sudah puluhan juta

      Balas
  15. tukang jalan jajan
    26 April 2017

    setuju, bisnis online makin cerah dari tahun ke tahun. banyak pasar yang konvensional berubah jadi online, orang jaman sekarang maunya mudah dan ngga ribet dan online adalah pilihannya. peluang bagus untuk investasi nih

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      16 Mei 2017

      Peluang yang bagus setelah property:D kalo untuk investasi, Property masih diatas awan

      Balas
  16. Mama Keizha
    26 April 2017

    Prospek bisnis online di Indonesia bagus kok dan akan terus berkembang.
    Temenku awalnya cuma iseng2 buka bisnis online di FB nya. awalnya yang beli sih cuma temen2 dekat aja, tapi lama kelamaan semakin ramai.

    Yang membuat orang2 males belanja via online terkadang setelah diterima barang tdk sesuai dgn gambar dan spesifikasi yang tercantum ?.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      16 Mei 2017

      Wah terima kasih sudah bercerita kesuksesan teman Mama Keizha dalam bisnis online….

      Balas
  17. Noni Rosliyani
    26 April 2017

    Sebagai pengguna aktif internet buat belanja dan jualan online. Pastilah bisnis online di Indonesia sangat menjanjikan. Apalagi Indonesia ini luas banget loh… Kalau aku butuh barang produk Papua, enggak perlu jauh-jauh datang ke sana. Dan meningkatnya bisnis online ini bisa dilihat dari semakin banyaknya jasa kurir di Indonesia.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      16 Mei 2017

      Produk Papua?? Mau beli Koteka Mba???

      Balas
  18. Putra
    26 April 2017

    Keren blognya! Salam kenal mas Irwin.
    Bisnis internet di Indonesia sepertinya masih dan akan terus berprospek. Karena pengguna internet di negara kita makin meningkat dari tahun ke tahun ya.
    Tinggal bagaimana caranya kita masuk kedalam dunia internet marketing ini dengan mengambil celah didalamnya.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      16 Mei 2017

      Salam kenal juga mas Putra,,

      Itu yang sedang saya cari,,, celahnya kira2 dimana yah?

      Balas
  19. Perempuan November
    26 April 2017

    Sebagai penjual (kebetulan ada jualan kecil-kecilan di IG) saya suka bisnis via online karena nggak perlu dijagain tiap hari kayak toko offline.
    tapi sebagai pembeli, aku lebih suka beli yang offline. rasanya lebih puas milih barangnya langsung hehheee..

    kalau menurut saya prospek bisnis online di Indonesia masih bagus ya, secara orang sekarang sukanya yang praktis-praktis.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      16 Mei 2017

      Hahahha Gak mau rugi yah 😀

      bener banget sekarang orang pengennya yang instan

      Balas
  20. lendyagasshi
    26 April 2017

    Setuju.
    Bisnis online menjanjikan.

    Karena beberapa sahabat saya adalah pebisnis online dan mashallah…omzetnya sudah bisa dirasakan untuk menghidupi keluarga.

    Tulisan mas Irwin kece banget!
    Lengkap dan memanjakan mata pembaca dengan banyak gambar.

    Haturnuhun, mas.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      17 Mei 2017

      Wauuuu omset nya mungkin melebihi Upah minimum Regional daerahnya mba 😀

      Balas
  21. April Hamsa
    26 April 2017

    Menurut saya bisnis online di Indonesia itu peluangnya masih sangat besar. Kan blm semua area kejangkau inet. Mbayangin kalau semua daerah udah ada jaringan inet, pasti lbh berpeluang sukses.

    Cuma emang butuh ide2, diferensiasi, sama strategi marketing yg Ok ya mas

    Tfs

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      17 Mei 2017

      Benernya juga yah,,, belum semua kenal dengan Internet,, kalo dah kenal bisa makin membeludag omsetnya

      Balas
  22. Mahadewi
    26 April 2017

    Wah pulau Jawa sangat menjanjikan ya. Saya juga sedang mikir buat mulai online shop tapi masih bingung mau jual apa.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      17 Mei 2017

      Jual karya saja mba,, lebih kekinian yang penting bukan karya Hoax

      Balas
  23. Dikki Cantona Putra
    26 April 2017

    untuk mencapai kesuksesan suatu bisnis online tidaklah sangat mudah pasti ada halangan dan rintangan yang menghadang. Bener banget tantang terberat ada di promosi dan saya setuju dengan cara mengatasi hal tersebut.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      17 Mei 2017

      Setiap bisnis pasti ada tantangannya,,, baik itu bisnis online maupun offline tergantung bagaimana kitanya saja Mas Dikki

      Balas
  24. ira duniabiza
    27 April 2017

    menjanjikan banget mah kalau menruut saya. la wong pertumbuhan pengguna internet begitu cepat ya. yang penting pandai2 memanfaatkan situasi ya mas irwin

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      17 Mei 2017

      Situasi seperti apa yah mba :D,, mungkin pandai mencari celah bisnis yang menguntungkan,,,begitu yah mba

      Balas
  25. evrinasp
    27 April 2017

    menjanjikan menurut aku sih, walau sekarang sudah menjamur tetap harus optimis

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      17 Mei 2017

      Sikap optimis pasti sangat perlu dalam bisnis online, kita sudah lihat persainganbegitu ketat macam legging ABG

      Balas
  26. andhikamppp
    27 April 2017

    Wah, template baru ini ya mas? Kemarin sempet berencana ganti template jadi kaya begini juga. Tapi belum ada waktu, nih.

    Emm, menurut saya sih menjanjikan selama para pelakunya kreatif dan berani ngambil resiko

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      17 Mei 2017

      Berani ambil resiko,,, wah bener juga yah,,, apalagi kalo bisnisnya cuma dropshipper,, siap-siap ambil resiko

      Balas
  27. Nathalia DP
    27 April 2017

    Mantep bgt artikelnya…

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      17 Mei 2017

      Makasih mba

      Balas
  28. Vika
    27 April 2017

    Masirwin dot com semakin maju nih blognya…

    Semoga sukses dan menang..

    Benar banget sekarang kalau kita berusaha untuk mendapatkan sesuatu insha Allah akan ada hasilnya.. Semangat menulis n blog !!

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      17 Mei 2017

      Kunci utama adalah Berusaha namun juga jangan lupa berdoa

      Balas
  29. Sie-thi Nurjanah
    27 April 2017

    marketplace sekarang pun kurang menjajikan jika tdk ada gontoran dana.
    ternyata tdk semudah bayangan membangun bisnis online itu

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      17 Mei 2017

      hihihihi gontoran dana segar dari luar ah mba:D

      Balas
  30. Vika
    27 April 2017

    Mantap template nya.. Intinya si mas menurut aku apapun jika dilakukan dengan tekun akan berbuah keberhasilan
    Semangat menulis..

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      17 Mei 2017

      Bener banget Mba Vika

      Balas
  31. Gagal ganteng
    28 April 2017

    Sistem keamanan transaksi masih meragukan. Sistem klaim ganti rugi atas ketidaksesuaian produk yg dibeli secara online masih pake cara yang rumit.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      17 Mei 2017

      Yah semoga nya akan ada perbaikan ke arah yang lebih mudah baik dari penjual maupun pembeli

      Balas
  32. dnata
    28 April 2017

    Menurut saya dalam hal berbisnis online ini peluangnya sangatlah bagus.

    Jika kita melihat data statistik kepercayaan masyarakat indonesia dengan berbelanja online itu masih rendah, maka kita hanya tinggal merubah targetnya, artinya walaupun kita berada di indonesia tetapi bisnis online kita mengincar target dari luar negeri, dengan begitu potensi bisnis kita pun semakin terbuka.

    Intinya dunia bisnis itu sangatlah keras, banyak penjual – penjual baru bermunculan setiap harinya, banyak pilihan – pilihan yang akan anda dapatkan nantinya, nah dari pilihan – pilihan tersebutlah nantinya yang akan membawa bisnis anda menuju kesuksesan, salah – benar akan terus anda hadapi, serta tentunya pengalaman anda akan bertambah, so buatlah pengalaman anda tersebut menjadi bekal dalam mengembangkan sebuah bisnis, karena seperti yang kita tahu bahwa bisnis itu sendiri tidaklah stabil.

    Balas
    1. Irwin Andriyanto
      17 Mei 2017

      Bener banget mas, bisnis itu memang tidak stabil, kadang laku keras kadang tidak ada yang minat sama sekali… namun intinya bagaimana kita survive dalam bisnis ini itulah yang menjadi modal penting untuk kedepannya

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *