Punya Mobil Honda? Cek Jadwal Rutin Servicenya

Punya mobil khusus seperti Honda memang menyenangkan. Lebih menyenangkan lagi jika kita bisa merawat mobil Honda secara berkala. Pertanyaannya, service mobil berkala apa saja yang diperlukan untuk merawat mobil Honda agar tetap prima di perjalanan.

Ada banyak manfaat service mobil hondamu secara rutin yang bisa dirasakan. Selain mobil awet, kenyamanan dan keamanan secara berkendara jadi lebih terjamin. Makanya yuk cek jadwal rutin service mobil Honda kesayangan.

Service Mobil Berkala Apa Saja untuk Mobil Honda ?

Jadwal Rutin Service Mobil Honda

Pada umumnya, perawatan mobil Honda berkala dilakukan rutin setiap 6 bulan sekali atau setara dengan setiap 10.000 km perjalanan. Selama waktu 6 bulan tersebut, mesin sudah bekerja dengan optimal dan tentunya menjadi panas, sehingga perlu dilakukan perbaikan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan saat service mobil yaitu ganti oli, memeriksa keadaan mesin, cek ban dan tekanannya, mengecek rem, mengganti air radiator dan lain sebagainya. Semakin jauh perjalanan mobil Honda kamu, semakin banyak perbaikan yang perlu dilakukan secara berkala.

Service mobil Berkala Honda dilakukan berdasarkan jarak tempuhnya, yaitu :

1. Perawatan 1.000 km

Perawatan 1.000 km diperuntukkan untuk mobil baru yang semua komponennya masih baru dan prima. Jarak tempuhnya juga biasanya masih sedikit. Meskipun demikian tetap harus dilakukan pengecekan terhadap keadaan mobil, seperti AC, aki, rem, lampu, mesin, komponen radiator, kaki-kaki serta wiper beserta salurannya.

2. Perawatan 10.000 km

Pengecekan pertama kali yang dilakukan berkala pada mobil Honda yaitu perawatan pada jarak tempuh 10.000 km atau 6 bulan pertama sejak pemakaian.

Perawatan yang dicek diantaranya : keadaan AC, saringan udara, aki, rem, ball joint, lampu, emisi gas, radiator, busi, setir kemudi, kaki-kaki, wiper beserta salurannya, rotasi ban serta baut yang ada pada komponen mesin.

3. Perawatan 20.000 km

Perawatan kedua yang dilakukan yaitu pada jarak 20.000 km atau satu tahun setelah pembelian. Komponen yang dicek yaitu AC, saringan udara, aki, rem, ball joint, lampu, sabuk pengaman, oli gardan atau oli gear box, emisi gas, baud yang ada pada komponen, radiator, kaki-kaki, rotasi ban, wiper dan salurannya serta setir kemudi.

Pada perawatan ini juga perlu pergantian oli mesin, busi dan juga filter.

4. Perawatan 30.000 km

Pengecekan mesin pada perawatan 30.000 km terdiri dari : pengecekan AC, saringan udara, ball joint, rem, aki, emosi gas, lampu, baud komponen, busi, radiator, kaki-kaki, rotasi ban, setir kemudi, serta wiper beserta salurannya. Pergantian oli dan filter oli tetap dilakukan.

5. Perawatan 40.000 km

Pada perawatan 40.000 km perlu dicek kembali AC,ball joint, rem, lampu, fan belt, aki, emisi gas, baud pada komponen, radiator, setir kemudi, rotasi ban, oli, kaki-kaki, wiper dan salurannya. Sementara bagian yang harus diganti yaitu oli mesin, saringan udara, oli gear box, filter oli dan juga busi.

6. Perawatan 50.000 km

Perawatan 50.000 km masih dilakukan pengecekan beberapa komponen mesin seperti pada perawatan sebelumnya. Sementara bagian yang harus diganti yaitu oli mesin dan juga filter oli.

7. Perawatan 60.000 km

Perawatan 60.000 km termasuk perawatan lanjutan dari 50.000 km. Tentunya jarak tempuhnya semakin panjang dan melelahkan. Komponen mesin yang dicek masih sama dengan perawatan sebelumnya dan mengganti beberapa bagian mobil seperti oli mesin, filter mesin dan juga busi.

8. Perawatan 70.000 km

Semakin jauh jarak tempuhnya, perbaikan yang dilakukan pun semakin komplit. Pengecekan kondisi mesin dan juga mobil dilakukan seperti bagian pada perawatan sebelumnya. Oli mesin dan filter oli tetap harus diganti pada perawatan ini.

9. Perawatan 80.000 km

Jarak tempuh semakin jauh, perawatan berkala yang harus dilakukan pun semakin banyak karena mesin semakin sering dipakai. Perawatan berkala yang perlu dilakukan masih sama seperti perawatan sebelumnya. Begitu juga dengan bagian yang harus diganti yaitu oli dan filter oli dan busi.

10. Perawatan 90.000 km

Filter oli dan oli mesin harus diganti pada perawatan 90.000 km ini. Sementara pengecekan masih sama seperti perawatan sebelumnya dan harus dilakukan dengan lebih detail dan teliti. Jika ada bagian yang rusak, juga perlu diganti dan segera diperbaiki.

11. Perawatan 100.000 km

Semakin jauh jarak tempuhnya, semakin detail perawatan berkala yang harus dilakukan. Sama seperti komponen sebelumnya, AC, radiator dan beberapa komponen penting mobil Honda harus dicek ulang. Segera ganti jika ada yang rusak. Oli mesin, filter oli dan juga busi juga harus diganti pada perawatan ini agar jalannya mobil lebih lancar lagi.

Nah itu dia service mobil berkala apa saja? yang harus dilakukan pada mobil Honda. Pastikan bagian dalam mobil juga dibersihkan dan pakai bahan bakar beroktan tinggi yang lebih hemat dan menjaga kondisi mesin agar awet.

Manfaat service mobil honda secara rutin dapat dirasakan saat mobil dipakai berkendara. Mesin mobil tetap awet dan bisa diajak perjalanan jauh. Berkendara pun jadi lebih nyaman dan aman. Yuk cek mesin mobil honda mu sekarang juga. Perhatikan jadwal servicenya ya agar perawatannya tepat.

Tinggalkan komentar