Bacaan Doa Dimudahkan Segala Urusan dan Artinya

Membaca doa dimudahkan segala urusan tentunya harus diamalkan oleh setiap Muslimin dan Muslimah sebelum melakukan aktivitas. Hal itu bukan tanpa alasan, karena berdoa merupakan salah satu bentuk permohonan dan ibadah kepada Allah SWT.

Tanpa kehendakNya, pastinya kita tidak akan bisa berbuat apa-apa. Oleh karena itu, sudah semestinya bagi kita untuk senantiasa memanjatkan doa kepada Allah SWT baik sebelum maupun setelah beraktivitas.

Bacaan Doa Dimudahkan Segala Urusan dan Artinya

Nah, berikut di bawah ini ada kumpulan doa agar dimudahkan dalam segala urusan.

1. Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan dan Meminta Pertolongan

Ya hayyu ya qayyumu birahmatika astaghitsu, ashlih li sya’ni kullahu wala takiini ila nafsi tharfata ‘ainin abadan

Artinya: “Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmatMu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat petolongan dari-Mu selamanya.” (HR Tirmidzi)

2. Doa Dimudahkan Rezeki Sebelum Memulai Aktivitas

Diriwayatkan dar Abu Hurairah RA dalam hadis Abu Dawud, Rasulullah SAW selalu memanjatkan sebuah doa di pagi hari. Adapun mengenai bunyi doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah SAW di setiap pagi seperti berikut:

Allahumma bika ashbahna, wa bika amsaina, wa bika nahya, wa bika namulu, wailaikan nusyuru

Artinya: “Ya Allah, denganMu aku berpagi hari, denganMu aku bersore hari, denganMu kami hidup, denganMu kami mati. Hanya kepadaMu (kami) kembali.“ (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, At-Turmudzi, dan lainnya).

3. Doa Agar Dimudahkan Rezeki di Pagi Hari

Allahumma inni ashbahtu usyhiduka wa usyhidu hamalata ‘arsyika wa mala’ikatika wa jami’a khalqika annaka antallahu lailaha illa anta wa anna Muhammadan ‘abduka wa rasuluka

Artinya: “Ya Allah, aku berada di waktu pagi bersaksi atas-Mu, dan kepada para pembawa Arsy-Mu, kepada semua malaikat, dan kepada semua makhluk-Mu, bahwa Engkau adalah Allah yang tidak ada Tuhan selain Engkau, dan Muhammad adalah hamba dan Rasulmu.“ (HR Abu daud).

4. Doa Agar Dimudahkan Rezeki yang Lapang

Allahumma innii as’aluka an tarzuqanii waasi’an thayyiban min ghairi ta’abin, innaka a’laa kulli sya’i qadirun

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadaMu untuk berkenan memberiki rezeki yang luas serta baik, tanpa payah. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu

5. Doa Agar Dimudahkan Rezeki yang Halal

Allahumma yaa ghaniyyu yaa hamidu yaa mubdi’u yaa mu‘lidu yaa ta’aalun limaa yuriidu, ya rahiimu yaa waduudu, aghnini bi halaaika ‘an ma’shiyatika wa bi fadhlika ‘amman siwaaka

Artinya: “Ya Allah, wahai Yang Maha Kaya, wahai Yang Maha Terpuji, wahai Yang Memulai, wahai Yang Mengembalikan, wahai Yang membuat segala yang dikehendaki, wahai Pemberi rahmat, wahai Yang Maha Penyayang, wahai Yang Maha Pengasih. Mudah-mudahan Engkau berkenan mencukupiku dengan kehalan-Mu, dengan tat kepada-Mu dari keharaman-Mu, dengan taat kepada-Mu dari maksiat kepada-Mu, dan dengan anugerah-Mu dari orang-orang yang selain Engkau.“

6. Doa Agar Dimudahkan Rezeki dan Ilmu yang Bermanfaat

Allaahumma inii as-aluka rizqan thayyiban wa ‘ilman naafi’an wa ‘amalan mutaqabbalan

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu rezeki yang bai, ilmu yang bermanfaat, dan amal yang diterima.” (HR Al Mustaghfiri)

Menurut informasi yang didapat, doa tersebut dapat diiringi dengan mengamalkan sholat Dhuha serta dilanjutkan membaca dzikir sebanyak 100 kali.

Nah, itulah beberapa bacaan doa yang dapat kamu panjatkan agar dimudahkan oleh Allah SWT dalam segala urusan.

Tinggalkan komentar