2 Cara Menjadi Wartawan Online di Media Nasional

Di Indonesia ada banyak sekali media online Nasional, dalam situs resminya mereka memuat berbagai kabar terbaru dari seluruh Indonesia dan bahkan dari seluruh dunia. Berita tersebut bisa sampai pada tangan Anda sebagai pembaca karena adanya wartawan.

Adapun wartawan itu sendiri adalah orang yang mencari berbagai fakta dari berbagai kejadian yang sedang ramai di tengah masyarakat, tak jarang juga mereka mengangkat sisi lain yang mungkin tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Bagi Anda yang suka menulis dan tertarik dengan berbagai kabar terkini, menjadi seorang wartawan online bisa cukup menantang, lho.

Cara Menjadi Wartawan Online

bagaimana cara menjadi wartawan, cara belajar menjadi wartawan, cara daftar menjadi wartawan, cara ingin menjadi wartawan, cara jadi wartawan freelance, cara jadi wartawan pbsi, cara jadi wartawan pemula, cara mendaftar menjadi wartawan, cara menjadi jurnalis foto, cara menjadi jurnalis online, cara menjadi jurnalis otomotif, cara menjadi jurnalis pemula, cara menjadi jurnalis tanpa kuliah, cara menjadi jurnalis tv, cara menjadi jurnalis yang baik, cara menjadi jurnalis yang handal, cara menjadi seorang jurnalis, cara menjadi seorang wartawan, cara menjadi wartawan, cara menjadi wartawan freelance, cara menjadi wartawan kompas, cara menjadi wartawan koran, cara menjadi wartawan media online, cara menjadi wartawan national geographic, cara menjadi wartawan online, cara menjadi wartawan profesional, cara menjadi wartawan tv, cara menjadi wartawan tv one, cara menjadi wartawan yang baik, cara menjadi wartawan yang baik dan benar, cara untuk menjadi wartawan, tata cara menjadi wartawan,

Seiring dengan perkembangan teknologi, wartawan pun tidak hanya wartawan offline saja melainkan juga wartawan online. Banyak keuntungan menjadi wartawan daring, misalnya seperti jam kerja yang lebih leluasa, tidak perlu bekerja di bawah tekanan atasan sebab banyak wartawan online yang bekerja sendiri, alias freelancer.

Tertarik menjadi wartawan online yang menulis berita terkini? Simak caranya di bawah ini:

1. Melamar ke media berita Nasional online

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjadi wartawan online, yaitu dengan memasukkan email lamaran kerja ke berbagai media online Nasional. Di Indonesia ada beberapa media berita besar yang sudah ternama misalnya Liputan6.com atau Kompas, Anda bisa mencari lowongan yang tersedia media sosial milik mereka seperti Instagram, atau Twitter.

Umumnya mereka akan mengumumkan secara Nasional jika ada lowongan kerja, dan baiknya jika Anda memang ingin berkarir sebagai wartawan online di salah satu media kenamaan Indonesia, jangan lupa untuk selalu stand by pada setiap unggahan terbaru mereka.

Jangan lupa juga untuk mengetahui apa saja kriteria menjadi wartawan di sana, namun kriteria umum yang pastinya menjadi keharusan yang dimiliki oleh seorang wartawan adalah kemampuan menulis sesuai dengan EYD, runut dan jelas.

Jangan lupa juga harus selalu netral dan memberikan kabar atau berita yang sesuai dengan apa yang terjadi, alias tidak ditambah-tambah dan tidak juga dikurangi.

Perlu Anda ingat, sebagai wartawan online tentunya hasil tulisan Anda akan dibaca sebagai berita terkini. Masyarakat sangat haus akan kabar atau berita yang up to date dan relevan, pastikan Anda berikan apa yang mereka inginkan. Jangan menyebarkan kabar burung atau hoax, supaya tidak menimbulkan kericuhan di tengah masyarakat.

2. Menulis di website berita Nasional

Cara berikutnya untuk menjadi wartawan online adalah dengan menulis di website khusus, yang menyediakan ruang untuk menulis.

Ada banyak sekali website berita yang bisa Anda pilih, biasanya mereka mengharuskan Anda untuk mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Pendaftarannya tidak sulit, hanya mendaftarkan email saja dan mengkonfirmasi alamat email tersebut.

Jika pendaftaran awal telah Anda lakukan, maka tinggal melengkapi profil dan bisa langsung menulis berita sesuai dengan yang telah Anda siapkan.

Dalam website tersebut biasanya sudah disediakan kolom khusus untuk macam-macam jenis berita itu sendiri. Misalnya untuk berita kriminal, fashion, kuliner, tekno dan lain sebagainya.

Bagaimana cara menemukan berita yang bisa Anda tulis? Yang pertama sudah tentu dengan mencari sumber berita itu sendiri. Anda bisa mendatangi lokasi kejadian, mencari narasumber dan mewawancarainya untuk artikel berita yang akan ditulis.

Cara lainnya dengan mengumpulkan materi dari berbagai media yang sudah valid, lalu merangkumnya supaya lebih lengkap dan pembaca lebih mudah untuk membaca serta mendapatkan berita yang lengkap.

Media online Nasional biasanya menyediakan sejumlah honor untuk penulis artikel, dan disesuaikan dengan kebijakan mereka masing-masing.

Misalnya dibayar per artikel yang dimuat, atau dibayar sesuai dengan jumlah pembaca yang membaca artikel mereka. Anda bisa mempelajari hal ini terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menulis di website tersebut.

Tetapi Anda juga bisa melakukannya tanpa mengharap imbalan apapun, dengan niat murni untuk berbagai informasi penting untuk masyarakat.

Tak ada yang salah dengan hal itu, karena semua kembali pada Anda sendiri sebagai wartawan online itu sendiri.

Untuk Anda yang ingin membaca berita terkini dari seluruh Indonesia, juga mengetahui kabar terbaru dari belahan bumi mana pun, bisa mengunjungi parboaboa.com dan menemukan semua berita terbaru yang aktual serta terpercaya.

Tinggalkan komentar