Pantangan Pemberian Pakan Ternak Ayam Kampung – Tahukah Anda, ayam kampung banyak di budidayakan tidak hanya di pedesaan namun juga di daerah perkotaan. Perawatannya yang bisa dibilang cukup mudah membuat ayam kampung menjadi salah satu alternatif bisnis yang mudah digeluti.  Karakteristik dari ayam kampung tidak mudah terkena penyakit karena sistem imunnya yang tinggi, berbeda dengan ayam broiler yang memiliki sistem imun yang rendah dibandingkan ayam jenis lain.

Kendati demikian, adapun kekurangan dari ayam kampung adalah masa panen yang lama. Oleh sebab itu modal juga berputar lebih lama berbeda dengan broiler dan juga layer yang memiliki masa panen lebih cepat. Selain itu cepat atau tidaknya panen ayam kampung tergantung dengan pakan yang diberikan. Meski perawatannya mudah tidak boleh memberikan pakan sembarangan. Pakan ayam kampung yang diberikan harus yang berkalori dan bernutrisi tinggi. Berikut adalah beberapa pantangan pakan ternak ayam kampung yang harus dihindari:

Pantangan Pemberian Pakan Ternak Ayam Kampung

apa saja makanan ayam, pakan ayam pengganti dedak, pakan ayam alternatif, cara membuat pakan ayam pedaging, cara membuat pakan ayam bangkok, fermentasi sayuran untuk pakan ayam, pakan ayam fermentasi kering, pakan ayam murah

Pemberian Pakan Ternak Ayam Kampung (disnak.jatimprov.go.id)

1. Makanan Kedaluarsa

Pantangan yang pertama adalah jangan memberikan makanan kedaluarsa. Memang ayam kampung ini bisa mudah memakan apa saja namun jangan memberikan makanan kedaluarsa. Makanan yang sudah kedaluarsa tersebut mengandung bakteri yang bisa menyebabkan saluran pencernaan ayam menjadi terganggu. Ayam bisa menjadi keracunan dan mengalami masalah pencernaan seperti diare, mual, dan juga muntah.

2. Makanan Basi

Jika digunakan sebagai bisnis, jangan pernah memberikan ayam kampung makanan basi. Seringkali masyarakat memberikan ayam kampung nasi basi yang sudah tidak layak makan. Sama halnya dengan makanan yang kedaluarsa, makanan basi ini bisa menyebabkan organ pencernaan ayam menjadi terganggu. Jika pencernaan ayam sensitif akan langsung bereaksi dengan kembung dan muntah.

3. Berjamur

Salah satu pakan ternak ayam kampung yang sering diberikan adalah dedak. Dedak mengandung kalori yang tinggi sehingga membuat ayam menjadi berenergi. Yang tidak boleh diberikan kepada ayam kampung adalah makanan berjamur. Dedak yang berjamur memang tidak bisa dilihat jika di kegelapan, namun akan terasa ketika di pegang. Teksturnya akan menggumpal dan sudah berbau tengik. Makanan yang sudah jamuran ini tidak bisa diberikan kepada ayam kampung karena sudah mengandung mikroba.

Tips Memberikan Pakan Ternak Ayam Kampung

Selain menghindari pantangan pakan ternak ayam kampung yang harus diketahui selanjutnya adalah bagaimana cara memberikan pakan yang tepat. Dengan tahu bagaimana cara memberikan pakan yang tepat diharapkan hasil panen dari ayam kampung tersebut menjadi maksimal. Berikut adalah tips memberikan pakan ternak khusus ayam kampung yang penting diperhatikan:

1. Sesuaikan dengan Umur

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah sesuaikan dengan umur. DOC ayam kampung ini pakannya berbeda dengan ayam kampung dewasa. Jenis pakannya pun berbeda, misalnya untuk DOC ayam kampung ini jenis pakannya lebih lembut dibandingkan dengan yang sudah dewasa.

2. Tepat Waktu

Memberikan pakan ayam kampung ini harus tepat waktu. Ayam kampung ada masanya di umbar dan akan kembali saat waktu makan. Jika tidak memiliki jam makan yang tepat ayam kampung ini akan sulit mengingat jam makannya sehingga saat waktu makan tidak akan kembali ke kandang. Hal ini akan merugikan bagi peternak karena selain tumbuh kembang tidak maksimal, ayam kampung itu akan terbiasa untuk tidak pulang ke kandang.

3. Takaran yang Tepat

Untuk bisa membuat tumbuh kembang ayam kampung menjadi maksimal berikanlah takaran yang tepat. Takaran ayam DOC berbeda dengan ayam kampung dewasa. Selain itu jenis kelamin jantan dengan betina ini takarannya berbeda dan jantan lebih mendominasi pakan, oleh sebab itu pastikan setiap ayam tersebut mendapatkan takaran pakannya masing-masing.

Beternak ayam kampung memang mudah namun tidak boleh asal. Supaya tumbuh kembang ayam menjadi maksimal hindari beberapa pantangan pemberian pakan ternak ayam kampung yang sudah dijelaskan di atas dan lakukan tips pemberian pakan dengan teratur.



WAJIB KAMU TAHU

Food Delivery, Solusi UMKM Kuliner Tetap Eksis

Food Delivery, Solusi UMKM Kuliner Tetap Eksis

Food Delivery kini menjadi solusi untuk UMKM Kuliner untuk terus eksis, Pasalnya dengan mengikuti era teknologi kini food delivery sangat diminati. Bisnis kuliner menggeliat di tengah pandemi COVID-19 dan food delivery menjadi solusi bagi banyak orang, baik yang...

read more
7 Tips Saat Berumah Tangga Agar Terhindar dari Perceraian

7 Tips Saat Berumah Tangga Agar Terhindar dari Perceraian

Berikut tips berumah tangga agar terhindar dari perceraian. Siapapun pasti ingin pernikahan sekali seumur hidup dalam sakinah mawadah warohmah. Tidak ada satu pasangan pun yang mau kehidupan rumah tangganya berada di ambang perceraian, bukan? Semuanya pasti tidak...

read more

0 Comments

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL PENTING

Tips Ajaib Berinvestasi Ala Milenial Zaman Now

Tips Ajaib Berinvestasi Ala Milenial Zaman Now

Entah siapa yang memulai jargon "Merdeka Finansial di Usia Muda", Membuat banyak Milenial sedikit mengerti bagaimana harus mengatur finansialnya. Salah satunya dengan berinvestasi. pakah kamu ingin menjadi milenial yang professional dan kreatif?...

read more
Yuk, Biasakan Back-Up Data Smartphone Mulai dari Sekarang

Yuk, Biasakan Back-Up Data Smartphone Mulai dari Sekarang

Yuk, Biasakan Back-Up Data Smartphone Mulai dari Sekarang "Smartphone bisa dibeli lagi, Data-datanya itu yang engga bisa dibeli" Kata-kata itu selalu mengambarkan sebuah penyesalan ketika seseorang kehilangan smartphone beserta data penting di dalamnya. Nasi sudah...

read more
Penting Engga sih, Website untuk bisnis Online?

Penting Engga sih, Website untuk bisnis Online?

Yuk, Cari tahu seberapa besar peranan website untuk membantu para pebisnis online di Era Digitalisasi ini. Kira-kira menjanjikan atau tidak yah?  ​isnis online saat ini memang menjadi buah bibir banyak orang. Bagaimana tidak? Kita ketahui...

read more

 1,664 total views,  10 views today

Pin It on Pinterest

Share This