5 Cara Mencari Ide Bisnis Online untuk Mahasiswa

Sekarang ini banyak mahasiswa yang mengembangkan ide bisnis online untuk menambah penghasilan. Memulai sejak mahasiswa akan membantu membuka wawasan manajemen finansial setelah lulus kuliah. Tidak jarang ide bisnis online yang dijalankan bisa berkembang lebih besar setelah wisuda. Bahkan sebelum lulus pun banyak yang sudah berkembang pesat.

Namun, bagi mahasiswa yang baru ingin memulai bisnis online caranya dengan menemukan ide berbisnis. Dari ide bisnis online yang sesuai dengan kemampuan diri juga yang bisa diterima masyarakat luas. Untuk tahapan menemukan ide bisnis online, baca cara-cara di bawah ini.

5 Cara Mencari Ide Bisnis Online

5 Cara Mencari Ide Bisnis Online

1. Petakan Kemampuan dan Hobi

Melakukan pekerjaan yang disukai akan memberikan semangat yang lebih untuk terus belajar dan mengembangkan. Langkah pertama petakan kemampuan apa saja yang ada dalam diri. Tulis sebanyak-banyak dari yang paling bisa sampai yang biasa saja.

Tulis hal apa saja yang disukai dari yang paling disukai sampai yang biasa saja. Dari daftar kemampuan dan yang disukai petakan menjadi yang paling, sedang, dan biasa saja. Setelah itu perhatikan hal apa saja yang pas untuk dijadikan bisnis.

Kombinasikan dari kemampuan dan hobi untuk menjadi ide bisnis. Dari sini akan ditemukan produk bisnis online apa saja yang cocok untuk dikembangkan.

2. Riset Produk yang Sama

Dari daftar produk yang sudah ditulis dalam langkah pertama, untuk selanjutnya lakukan riset kecil-kecilan di marketplace dari semua produk yang sama. Catat berapa banyak pesaing, harga produk, bonus yang didapatkan, dan seperti apa cara menjualnya.

Jika banyak pesaing dengan ide bisnis online yang sama dan peminatnya sedikit lebih baik untuk ganti ide. Karena untuk ikut terjun lebih susah bersaing. Jika pun tetap mau bersaing buatlah ciri khas dari bisnis tersebut.

Kalau bisa temukan carilah produk dengan pemain bisnis yang masih sedikit namun banyak peminatnya. Agar awal bisnis bisa berjalan lancar.

3. ATM & Inovasi dari Bisnis yang Sukses

Banyak yang menyarankan untuk melakukan Amati Tiru Modifikasi dari bisnis-bisnis yang sudah sukses. Namun, untuk lebih original sebaiknya melakukan inovasi bisnis dari melakukan kegiatan ATM tersebut. Agar terhindar dari plagiarisme bisnis lainnya.

Riset dengan ATM dan inovasi cocok untuk mahasiswa yang baru memulai bisnis. Karena tidak memiliki pengalaman dari bisnis sebelumnya, caranya dengan melihat pengalaman perjalanan bisnis orang lain. Sedikit inovasi bisa menjadikan ide bisnis online yang berbeda. Hal ini bisa menarik pangsa pasar online.

4. Sensitif terhadap Tren

Ide bisnis online yang mengikuti tren di masyarakat. Ide ini bisa sementara sampai yang bertahan lama. Agar bisnis bisa berjalan lebih lama dan berkembang, pilihlah tren yang akan diminta terus menerus oleh masyarakat. Tren sementara hanya akan bertahan beberapa bulan. Akan hilang dengan tren baru lagi.

Namun tidak dipungkiri bisnis tren sementara bisa menghasilkan keuntungan yang banyak. Asalkan bisa mengatur penjualan dan menghasilkan produk yang menarik. Berawal dari bisnis tren, keuntungannya bisa dijadikan modal bisnis selanjutnya.

5. Belajar Online/Kursus/Coaching

Belajar langsung dari orang yang sudah berpengalaman adalah cara untuk membantu dalam menentukan kemampuan diri. Carilah orang yang sanggup memberikan pengarahan/coaching dari awal hingga bisa berbisnis. Selain mengarahkan dengan adanya coaching akan mendapatkan dukungan dan lingkungan yang memberikan energi semangat berbisnis.

Cara belajar lainnya dengan melakukan kursus online atau secara langsung. Carilah tempat kursus yang sesuai dengan bisnis yang akan dijalankan. Cara ini untuk mendapatkan ilmu dari awal berbisnis, hal apa saja yang harus dipersiapkan, bagaimana memasarkan produk, dan lainnya.

Dengan belajar akan menemukan banyak ide untuk mengembangkan bisnis. Berbisnis tidak hanya menghasilkan produk, diperlukan disiplin yang tinggi, mental yang kuat, dan terus melakukan perbaikan. Juga melakukan proses dengan baik agar jika gagal tahu mana saja yang harus diperbaiki.

Mencari ide bisnis online ternyata bisa dilakukan dengan banyak cara. Meski baru pertama kali terjun ke bisnis online bukan berarti tidak bisa berbisnis. Dengan cara menggali ilmu dari orang yang sudah berpengalaman dan terus belajar akan menemukan ide bisnis online yang cocok.

Tinggalkan komentar