5 Tips Memilih Perusahaan Logistik Terpercaya Ala Masirwin

Bingung mencari mana saja perusahaan logistik terpercaya? Masirwin punya tips untuk Anda dalam memilih perusahaan logistik terpercaya. Simak artikelnya.

Memilih perusahaan logistik terpercaya memang tidak serumit memilih jodoh, tapi juga tidak semudah membalik telapak tangan, karena memang ada sejumlah syarat dan pertimbangan yang harus dilakukan.

Jika syarat dan pertimbangan tersebut diabaikan, maka jangan menyesal jika layanan yang Anda terima jauh dari kata memuaskan. Karena tidak semua perusahaan ekspedisi memberikan pelayanan sebagaimana yang Anda harapkan, bahkan tidak sedikit yang cara kerjanya jauh dari kata profesional. 

Tips Memilih Perusahaan Logistik Terpercaya

jasa pengiriman, ekspedisi, cek nomor resi, kargo, perusahaan logistik terpercaya

Agar tidak salah salah dalam memilih perusahaan logistik, berikut beberapa tips yang harus diperhatikan:

1. Legalitas Perusahaan

Perusahaan yang legal hampir bisa dipastikan akan dapat bekerja secara profesional, karena untuk mendapatkan sertifikat dalam menjalankan usaha dari pemberi legalitas yaitu pemerintah, sebuah perusahaan harus memenuhi sejumlah persyaratan terkait dengan bidang usaha yang digelutinya.

Diantara sekian banyak persyaratan yang harus dipenuhi, beberapa diantaranya adalah fasilitas yang lengkap setidaknya sesuai dengan standard, tenaga terlatih yang mumpuni dalam menjalankan aktifitas perusahaan dan sejumlah persyaratan yang lain.

Artinya dari sisi fasilitas dan tenaga kerja yang dimiliki perusahaan logistik tersebut dipastikan akan mampu bekerja dengan baik, sehingga kompetensi dari perusahaan tidak perlu diragukan.

Selain itu, perusahaan legal akan senantiasa bekerja sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku. Hal ini akan membuat keamanan dan keselamatan barang dapat lebih terjamin.

2. Kredibilitas Perusahaan

Perusahaan legal memang hampir bisa dipastikan akan bekerja secara profesional. Namun hal tersebut tidak seratus persen menjamin kualitas kerja dari sebuah perusahaan ekspedisi.

Sebab tidak sedikit perusahaan logistik legal yang sebenarnya mampu memberikan pelayanan yang terbaik karena didukung dengan infrastruktur dan kompetensi yang sesuai dengan syarat yang ditentukan untuk mendapatkan legalitas, hanya saja infrastruktur dan kompetensi tersebut tidak diberdayakan dengan maksimal, baik disengaja maupun tidak.

Akibatnya, kinerja yang diberikan mengecewakan pengguna jasa logistik. Dampak dari kinerja yang buruk tersebut adalah nama perusahaan yangburuk di mata masyarakat.

Untuk itu, setelah Anda mengetahui legal tidaknya sebuah perusahaan ekspedisi, jadikan kredibilitas perusahaan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa dari perusahaan logistik tersebut.

Jadikan penilaian yang diberikan masyarakat kepada perusahaan sebagai salah satu pertimbangan, karena penilaian masyarakat lebih jujur dibanding tagline, brosur, spanduk, website dan media promosi lainnya yang dikeluarkan perusahaan.

3. Tarif

Setelah memilih beberapa perusahaan yang memiliki legalitas dan kredibilitas yang baik, bandingkan tarif pengiriman yang berlaku di masing-masing perusahaan untuk jenis dan kategori pengiriman yang sama.

Hal ini perlu dilakukan karena masing-masing perusahaan memiliki managemen dan pemberlakuan tarif ekspedisi barang yang berbeda. Jika ada yang lebih murah, kenapa harus memilih yang mahal.

Namun demikian, hindari memilih perusahaan yang mematok harga pengiriman terlalu murah alias menjatuhkan harga. Karena jika selisih harga terlalu besar, pasti ada sesuatu yang tidak beres di belakangnya. Ketidakberesan tersebut seringkali mengorbankan service yang mereka berikan. 

4. Banyaknya Pilihan Paket Pengiriman

Perusahaan logistik yang profesional pada umumnya memberikan banyak pilihan paket pengiriman untuk mempermudah customer dalam menentukan jenis paket yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia.

Pilihan paket tersebut meliputi moda transportasi yang digunakan, apakah pengiriman melalui darat, laut atau udara, dan untuk masing-masing jenis transportasi masih dibedakan lagi dengan beberapa kategori, seperti paket reguler, paket ekspress serta paket yang lain.

5. Jaringan Ekspedisi

Tahukah Anda apa pengaruhnya jaringan terhadap performa Perusahaan Logistik? Perusahaan logistik yang memiliki lebih banyak jaringan tentu juga menandakan bahwa mereka memiliki managemen perusahaan yang sudah terkelola dengan baik, sementara managemen yang baik akan berpengaruh pada kualitas kerja.

Banyaknya jaringan dari sebuah perusahaan ekspedisi dapat dilihat dari seberapa banyak kantor perwakilan yang dimiliki dan tersebar di lokasi mana saja kantor-kantor perwakilan tersebut.

Semakin merata penyebaran lokasi kantor perwakilan akan semakin bertambah baik kinerja sebuah perusahaan ekspedisi, karena cakupan wilayah kerjanya juga semakin luas. Hal tersebut menjadikan proses pengiriman barang dapat berlangsung dengan lebih mudah dan lebih cepat berkat bantuan dari kantor-kantor perwakilan yang ada.

Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan dalam memilih perusahaan logistik yang terpercaya. Dengan memperhatikan tips tersebut, barang yang Anda kirimkan dapat lebih terjamin keamanannya hingga sampai di tempat tujuan.

Artikel ini tayang pada kategori Business, dan dipublikasikan oleh Irwin Andriyanto. Kunjungi halaman Gudang Baca untuk melihat seluruh artikel sudah tayang di Blog Masirwin Note.

Artikel Lainnya dari Masirwin Note

 464 total views,  1 views today

Pin It on Pinterest

Share This