Aneka Masakan Ayam yang Enak

Ayam adalah bahan yang banyak dijumpai di Indonesia. Hidangan ayam banyak sekali di berbagai daerah dan kota besar.

Tidak membuat hidangan ayam membosankan juga meskipun begitu. Hal ini membuat ayam tetap jadi favorit banyak orang.

Ayam sendiri ada berbagai jenisnya di Indonesia. Ada ayam rasa tau ayam peternak yang bias akita konsumsi dengan harga cukup terjangkau. Kemudian ada ayam kampung yang dagingnya lebih keras dan banyaknya dipeliharan dari kecil hingga besar.

resep ayam bakar solo mudah dibuat hidangan rumah

Nah dari jenis kedua ayam yang sering jadi bahan masakan ini. Manakah jadi favorit anda? Berikut aneka masakan ayam yang bisa ajdi referensi.

1. Ayam Bakar Mentega

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat ayam bakar mentega adalah ayam ras 1 kg. bumbu kuning yang berupa bawang putih, bawang merah, ketumbar bulat 1 sendok makan, jahe, lengkuas dan juga kunyit 1 buah ukuran kecil. Siapkan kecap manis dan mentega atau margarin.

Cara membuat ayam bakar mentega ini dengan merebus ayamnya terlebih dahulu. Haluskan dahulu bumbu kuningnya dengan blender dan masukkan pada ayam yang ada di panci, tambahkan air dan rebus hingga bumbunya meresap. Jangan lupa diberikan garam secukupnya.

Jika sudah meresap bumbunya, angkat dan tiriskan. Siapkan Teflon anti lengket untuk membakar. Masukkan mentega dan kecap manis. Taruh ayam satu persatu dan tambahkan lagi kecapnya. Masak hinge empuk.

2. Ayam Krispi

Sajian yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Setiap rumah pasti punya resep mereka sendiri. Tapi kita ambil resep yang paling mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan tepung bumbu ayam krispi 2 sachet. Siapkan ayam fillet bagian dadanya. Kemudian anda siapkan air.

Sekarang kita cuci bersih ayam filletnya dan kemudian dipotong dadu. Jika sudah tambahkan air sedikit dan masukkan tepung bumbu sedikit saja dan aduk hingga menyeluruh. Siapkan tepung bumbu di piring. Siapkan juga air di mangkuk.

Setelah itu masukkan ayam basah berbalur tepung tipis ke dalam adonan tepung kering, masukkan ke air dan Kembali celupkan pada tepung bumbu yang kering. Selanjutnya siapkan minyak goreng dan goreng hingga krispi dan matang.

3. Ayam Teriyaki

Masakan yang satu ini biasanya disukai anak-anak. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ayam teriyaki adalah ayam fillet 500 gram, bumbu teriyaki, kecap manis dan kecap inggris. Siapkan bawang Bombay dan juga paprika.

Cuci bersih ayamnya dan potong dadu sesuai selera ukurannya. Selarang anda siapkan bawang Bombay dan paprika yang sudah diiris. Siapkan minyak untuk menumis. Masukkan bawang bombaynya dan tumis hingga wangi. Ayam masukkan dan bumbu teriyaki 1 sendok makan.

Masukkan kecap manis dan kecap inggris 1 sendok makan juga. Terakhir masukkan paprika dan masak hingga matang semuanya.

4. Ayam Tumis Cabe Garam

Masakan yang satu ini seringa da di pesta. Bahan-bahan yang diperlukan ayam fillet 1 kg, tepung bumbu krispi, cabe merah keritingm bawang merah 8 siung dan bawang putig 8 siung. Siapkan garam dan minyak goreng.

Ayam dipotong dadu lalu masukkan air dan tepung bumbu setengahnya. Kemudian celupkan pada tepung bumbu krispi kering dan balurkan. Goreng hingga matang semuanya dan tiriskan. Potong bawang merah dan putih beserta cabenya. Sekarang masukkan pada wajan berisi sedikit minyak dan berikan air sedikit saja. Masukkan garam dan ayamnya, aduk hingga menyeluruh.

Tinggalkan komentar