Apa Itu Eksfoliasi Kulit dan Cara Melakukannya

Memilliki kulit wajah yang bersih dan cerah akan membuat orang semakin percaya diri. Bukan hanya perempuan saja, laki-laki pun bisa melakukan perawatan wajah hingga menjadi bersih dan cerah. Salah satu caranya adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi kulit.

Apa itu Eksfoliasi Kulit?

Apa itu Eksfoliasi Kulit?

Eksfoliasi kulit adalah proses pengangkatan sel kulit mati yang ada pada kulit, sehingga kulit menjadi lebih bersih dan cerah.

Setiap hari kulit mendapatkan paparan polusi dari udara yang membuatnya menjadi kusam. Debu dan kotoran yang menempel pada kulit, ditambah dengan paparan sinar matahari langsung dapat membuat kulit tidak sehat. Akibatnya muncul jerawat, wajah menjadi kusam, dan berbagai permasalahan kulit lainnya.

Kulit kulit yang sehat berumur 28 hari. Setelah itu sel kulit akan mati dan digantikan dengan sel kulit yang baru. Sel kulit yang mati akan mengendap di permukaan kulit dan menjadikan kulit nampak kusam dan muncul berbagai permasalahan kulit, seperti bintik hitam, jerawat dan lain-lain.

Sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit juga dapat menghambat pertumbuhan sel kulit baru. Karena itulah penting melakukan pengangkatan sel kulit mati ini agar memberikan ruangan bagi sel kulit baru untuk muncul. Pengangkatan sel kulit mati inilah yang disebut dengan eksfoliasi kulit.

Manfaat Eksfoliasi Kulit

Dalam perawatan kulit, penting melakukan cara ini minimal satu kali dalam satu minggu. Bisa juga dua kali dalam satu minggu. Gunanya untuk membebaskan kulit dari berbagai polusi yang menempel pada kulit.

Bahan yang biasanya digunakan untuk eksfoliasi kulit adalah scrub yang lembut dikulit. Bisa juga berupa lembaran kapas yang khusus untuk eksfoliasi kulit. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan diantaranya yaitu :

1. Mengangkat Kotoran Penyumbat Pori

Debu dan kotoran yang menempel ke wajah akan menyumbat pori-pori kulit. Eksfoliasi kulit akan mengangkat debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, sehingga pori-pori kulit mengecil dan bersih. Kulit pun menjadi lebih bersih dan bercahaya.

2. Mencegah Munculnya Jerawat

Jerawat muncul akibat pori-pori yang tersumbat. Penyebabnya adalah bakteri yang tumbuh dari kotoran yang menyumbat pori. Dengan adanya eksfoliasi pada kulit, pori-pori akan bebas dari kotoran dan nampak lebih bersih. Bakteri penyebab jerawat pun tidak ada lagi.

3. Meratakan Warna Kulit

Warna kulit tidak merata diakibatkan oleh penumpukan sel kulit mati di beberapa bagian. Inilah yang menyebabkan kulit wajah nampak kusam dan tidak sehat. Eksfoliasi kulit akan mengangkat sel kulit mati, sehingga pertumbuhan sel kulit baru akan bersamaan di permukaan kulit. Warna kulit pun nampak lebih merata dan sehat.

4. Meningkatkan Kadar Kolagen

Eksfolias kulit juga bisa memperbaiki tekstur wajah, salah satunya dengan menstimulasi produksi kolagen yang membuat kulit lebih lembab dan kenyal dari dalam. Lakukan rutin minimal satu minggu sekali untuk mendapatkan kulit yang sehat, bersih dan bercahaya.

5. Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Produksi minyak pada wajah bisa dikurangi dengan rutin melakukan eksfoliasi kulit. Ini penting bagi pemilik kulit berminyak. Minyak yang terlalu banyak bisa memicu munculnya bakteri penyebab jerawat dan berbagai permasalahan kulit lainnya.

Cara Melakukan Eksfoliasi Kulit

Cara satu ini memang memberikan hasil yang baik pada kulit. Seperti kulit menjadi lebih bersih, sehat, kenyal dan bercahaya. Namun perlu diingat bahwa eksfoliasi kulit tidak disarankan untuk dilakukan terlalu sering atau setiap hari karena bisa menimbulkan kulit kemerahan, iritasi dan serasa terbakar.

Cara melakukannya juga tidak boleh sembarangan. Ada langkah-langkah yang harus dilakukan agar hasil eksfoliasi sesuai dengan yang diharapkan, yaitu :

1. Bersihkan Wajah Sebelum Eksfoliasi

Sebelum melakukannya, pastikan kulit wajah sudah dibersihkan terlebih dulu agar bebas dari kotoran. Lakukan double cleanser agar kulit benar-benar bersih dari kotoran. Bagi yang menggunakan makeup, pastikan makeup tidak tersisa di wajah. Setelah bersih, baru eksfoliasi kulit bisa dilakukan.

2. Pilih Eksfoliator dengan Scrub Lembut

Scrub ada yang lembut dan ada yang kasar. Untuk eksfoliasi kulit, gunakan scrub lembut agar aman bagi kulit wajah. Scrub yang kasar bisa membuat kulit mudah iritasi dan terluka. Scrub lembut biasanya tidak sakit ketika diaplikasikan ke kulit dan dapat menghasilkan efek seperti memijat.

3. Lakukan Eksfoliasi Wajah Dengan Lembut

Cara melakukan eksfoliasi pada wajah yaitu dengan mengambil scrub secukupnya dan mengaplikasikan pada wajah dengan gerakan memutar. Gerakan yang dilakukan usahakan pelan dan lembut hingga mencapai ke seluruh bagian wajah. Setelah selesai tunggu beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat.

4. Pilih Handuk yang Lembut

Handuk juga harus dipilih yang permukaan kainnya lembut. Kain handuk yang kasar hanya akan melukai kulit dan membuat kulit iritasi. Pastikan mengusap wajah dengan lembut juga, karena keadaan kulit sedang dalam pengelupasan. Jadi harus hati-hati.

5. Aplikasikan Pelembab Setelah Eksfoliasi

Fungsi pelembab adalah untuk melembabkan kulit setelah dieksfoliasi. Pelembab akan memberikan nutrisi pada wajah, sehingga nampak lembab dari dalam. Pelembab ini sangat membantu karena kulit biasanya terasa kering setelah dieksfoliasi.

6. Gunakan Sunscreen

Penggunaan sunscreen juga sangat disarankan setelah pengaplikasian pelembab wajah. Gunanya untuk melindungi kulit dari sinar matahari langsung, mencegah kulit kemerahan akibat eksfoliasi kulit serta mencegah kulit terbakar.

7. Hindari Cream Anti Aging

Cream anti aging mengandung zat yang sama dengan fungsi eksfoliasi kulit yaitu pengangkatan sel kulit mati. Karena itu hindari dulu penggunaan cream anti aging agar kulit tidak mengalami over eksfoliating, akibatnya kulit bisa menjadi iritasi dan terluka. Tunggulah sampai kulit baru terbentuk, baru memberikan produk anti aging.

Nah itu dia beberapa cara eksfoliasi kulit yang benar. Pastikan rutin melakukannya satu minggu sekali untuk mendapatkan kulit yang bersih, sehat dan bercahaya.

Tinggalkan komentar