Apa Itu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna?

Photo of author
Written By Irwin Andriyanto

Seorang yang mengaku blogger padahal isi blognya placement semua.

Menjaga tubuh tetap sehat tidak cukup hanya dengan rutin melakukan olahraga dan mencukupi waktu tidur. Mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna adalah faktor penting dalam mendapatkan tubuh yang sehat dan proporsional. Seluruh makanan ini adalah kombinasi menu makanan yang mengandung zat gizi tinggi guna menjaga metabolisme tubuh agar tetap bekerja dengan baik.

Sejak tahun 1955, pemerintah Indonesia mengkampanyekan budaya pola makan yang benar kepada masyarakat. Tidak sedikit masyarakat saat ini yang sudah menjadikan kampanye tersebut menjadi sebuah rutinitas. Tetapi masih ada juga yang masih belum memahami konsep dari makanan empat sehat lima sempurna.

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Adalah …

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah kombinasi menu makanan dengan tujuan untuk menyeimbangkan asupan zat gizi dan memenuhi asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh. Standar kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh laki-laki dan perempuan berbeda.

Jika perempuan hanya butuh 2.000 kalori per hari, maka laki-laki membutuhkan setidaknya 2.500 kalori sehari. Kebutuhan kalori ini bisa dengan gampang diberikan dengan memakan makanan tinggi kalori seperti makanan instan dan junk food serta kombinasi makanan tidak sehat.

1. Makanan Pokok

Makan pokok merupakan makanan utama yang harus dikonsumsi rutin. Makanan pokok memiliki kandungan karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi untuk aktivitas tubuh. Contoh sumber karbohidrat yang ditemui sehari-hari adalah nasi, kentang, ubi, jagung, singkong, gandum, dan sagu.

Di Indonesia sendiri, nasi menjadi makanan pokok sehari-hari masyarakat. Berbeda dengan beberapa negara yang makanan pokoknya berupa aneka olahan roti dan gandum.

2. Lauk Pauk

Sumber protein tubuh bisa didapatkan melalui lauk pauk. Berdasarkan dari sumber makannya, protein memiliki protein hewani dan protein nabati.

Protein hewani terkandung dalam daging, ayam, bebek, telor, dan ikan. Protein nabati berasal dari kacang-kacangan atau kedelai dan hasil olahannya seperti tahu dan tempe.

3. Sayuran

Sayur memiliki arti berupa segala jenis tanaman yang diambil dari akar, batang, daun, biji, atau bunga yang aman untuk dikonsumsi setelah diolah menjadi makanan. Zat gizi dalam sayuran terdiri air, vitamin, dan mineral. Zat-zat ini berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh.

Salah satu cara mengetahui kandungan dalam sayuran bisa melalui penampilan. Kandungan seperti klorofil, vitamin A dan vitamin B terkandung dalam sayuran berwarna hijau. Untuk sayuran berwarna kuning atau merah, kandungan di dalamnya bisa berupa karotin dan vitamin A.

Sayuran berwarna kuning dan memberikan rasa asam berarti banyak mengandung vitamin C. Sedangkan sayuran yang mengeluarkan aroma kuat seperti kol, bawang, jengkol, petai mengandung sulfur di dalamnya.

4. Buah-Buahan

Selain sayuran, mengonsumsi buah-buah dapat menambah serat tubuh dan energi. Kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan asam folat pada buah juga bervariasi. Kandungan tersebut bisa membantu mengontrol kadar kolesterol serta menangkal penyakit jantung dan stroke.

Namun, tidak semua buah dapat menyehatkan tubuh. Seperti zat besi untuk pencegahan anemia yang terkandung dalam buah naga. Beberapa buah mengandung gula dan karbohidrat berlebih, sehingga berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita Diabetes tipe 2.

5. Susu

Hanya dengan rutin mengonsumsi 4 makanan di atas, tubuh bisa menjadi lebih sehat. Untuk menambahkan kata sempurna dalam menu makanan sehat sehari-hari, jangan lupa untuk tetap rutin meminum susu. Jauhkan pemikiran tentang hanya anak kecil yang harus minum susu, karena rutinitas ini tidak terbatas pada kalangan usia tertentu saja.

Susu diketahui menjadi salah satu sumber kalsium terbaik. Kandungan penting lain di dalamnya berupa kasein, Zat yang menolong pembentukan lapisan tipis di permukaan email gigi dan menolong pencegahan hilangnya kalsium dan fosfat.

Manfaat Mengonsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Manfaat Mengonsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah kombinasi menu makanan dengan segudang manfaat. Rutin mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan salah satu upaya untuk menjaga Kesehatan tubuh. Kandungan serat yang cukup di dalamnya bisa membantu melancarkan proses pencernaan.

Memberikan menu makanan 4 sehat 5 sempurna pada anak-anak dalam masa pertumbuhan membantu mereka agar tumbuh dan berkembang dengan sehat. Nutrisi yang di dapatkan juga menjaga anak tetap aktif serta menolong pembentukan tulang dan gigi. Masalah Kesehatan seperti gizi buruk bukanlah sesuatu yang jarang dijumpai karena banyak anak-anak beresiko terkena gizi buruk akibat konsumsi nutrisi tidak cukup dan tidak seimbang, terlebih di Indonesia.

Mengetahui kebutuhan diri agar bisa menjaga tubuh tetap sehat dan ideal merupakan salah satu tujuan dimulainya kampanye 4 sehat 5 sempurna. Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah contoh bagaimana seharusnya mengonsumsi makanan harian dengan sehat, namun tetap sehat.

Tinggalkan komentar