Digital Marketing 101: Apa yang Dimaksud dengan Leads?

Leads ialah orang-orang yang tertarik dengan produk/jasa sebuah bisnis. Mereka biasanya dengan sukarela berbagi kontak nama dan alamat email. Ini info selengkapnya tentang leads.

Dunia bisnis memang penuh liku. Demikian pula halnya mendapatkan konsumen setia adalah perjuangan yang penuh rintangan. Bila Anda lengah sedikit saja, calon konsumen potensial Anda berisiko “ditikung” pebisnis lainnya. 

Faktanya, terdapat 7 dari 10 orang calon pembeli yang tak menyelesaikan transaksi daringnya. Itu bisa jadi karena mereka beralih ke produk yang ditawarkan perusahaan kompetitor. Banyak faktor yang menyebabkan itu, dari mulai harga produk yang lebih murah hingga promosi menarik yang mereka tawarkan. 

Namun, jangan khawatir. Dengan strategi lead generation, Anda dapat meraih calon pelanggan yang setia membeli produk/jasa Anda. Salah satu strategi umumnya ialah dengan cara beli domain .com untuk membuat website bisnis Anda. Nah, yang terpenting, ketahui dulu apa yang dimaksud dengan istilah leads. Simak info di bawah ini. 

Apakah yang Dimaksud dengan Leads?

apa itu leads?

Leads merupakan orang-orang yang berpotensi besar untuk menjadi pelanggan setia produk/jasa bisnis Anda. Pada umumnya, mereka akan dengan sukarela meninggalkan informasi kontak agar Anda dapat menghubungi mereka terkait urusan bisnis.

Dengan data kontak nama, jenis kelamin, dan alamat email itulah, Anda dapat membagikan informasi mengenai promosi produk atau potongan harga menarik. Hanya saja, meraih leads bukanlah perkara mudah. Anda membutuhkan lead generation atau sebuah strategi khusus dalam rangka “menjaring” leads berkualitas. 

Cek domain tersedia untuk kebutuhan personal branding melalui nama website Anda ialah salah satu strateginya. Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang lead generation, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tipe leads, sebagai berikut.

  • Marketing Qualified Lead (MQL)

Kelompok tipe leads ini ialah orang-orang yang telah terpapar konten promosi bisnis Anda. Biasanya, mereka sudah pernah mengisi form data kontak pada landing page situs web atau blog Anda, atau telah mengunduh e-book secara gratis dari situs web Anda. 

  • Product Qualified Lead (PQL)

Orang-orang ini biasanya telah mencoba program trial secara gratis atau produk dalam versi basic. Dengan sedikit strategi prospek jitu, tinggal selangkah lagi mereka dapat tertarik untuk beralih ke produk versi premium atau berbayar. 

  • Sales Qualified Lead (SQL)

Sales Qualified Lead merupakan orang-orang yang tertarik berlangganan atau membeli produk/jasa Anda. SQL biasanya sudah siap membayar dan menjadi pelanggan Anda. Pada umumnya, seorang SQL akan menanyakan pertanyaan-pertanyaan seputar produk yang mendetail. 

  • Service Qualified Lead

Hampir serupa dengan PQL, tipe kelompok leads ini telah menjajal produk versi percobaan secara gratis. Bedanya, yang dijajal adalah sebuah layanan/jasa, bukan produk berwujud. Contoh produk layanan ini di antaranya kursus online, jasa pembuatan situs web untuk beli domain murah Indonesia, dan masih banyak lagi. 

Mengapa Leads Penting untuk Bisnis Anda?

funnel leads yang seperti corong

Baik leads maupun lead generation adalah bagian krusial dari digital marketing. Apa alasannya? Berikut ini jawabannya.

  • Mempermudah jalan Anda dalam menghubungi calon konsumen potensial.
  • Memungkinkan Anda membagikan konten bermanfaat kepada calon pelanggan.
  • Membuat Anda mengenal calon konsumen serta kebutuhannya secara mendalam melalui demografi statistik.
  • Membantu Anda dalam promosi produk/jasa kepada segmen konsumen paling potensial.

Apa itu Lead Generation?

apa itu lead generation

Lead generation ialah proses dalam menarik perhatian calon konsumen dan menjadikan mereka pelanggan setia Anda. Ini juga merupakan sebuah strategi yang diupayakan guna mendorong masyarakat untuk membeli baik produk maupun jasa yang ditawarkan pada bisnis online Anda. Beberapa di antaranya yakni beli domain murah Indonesia, promosi via media sosial, memberi giveaway atau diskon, dan lainnya. Ikuti uraiannya di bawah ini. 

  • Buatlah Landing Page Khusus pada Website

Sudah menjadi rahasia umum, fondasi dalam membangun bisnis daring adalah dengan membuat situs web dan blog, atau beli domain murah Indonesia. Nah, pada website bisnis Anda, buatlah juga sebuah laman khusus berisi form untuk menjaring leads atau yang dikenal dengan sebutan landing page

Tak hanya memuat info lengkap seputar produk Anda, laman ini juga mempermudah calon konsumen mengisikan data diri mereka seperti nama, jenis kelamin, usia, alamat rumah, nomor telepon, serta alamat email mereka pada form yang disediakan. 

  • Sediakan Fitur Live Chat pada Website

Jika terdapat fitur live chat pada situs web Anda, calon konsumen potensial akan dengan mudah menghubungi Anda, karena mereka pasti tertarik untuk menanyakan seputar produk/jasa yang ditawarkan. Dengan demikian, website Anda pun akan tampak lebih profesional dan menambah kredibilitas usaha di mata calon pelanggan. 

Selain itu, fitur live chat juga dapat menjadi sarana dalam meningkatkan jumlah leads. Ini dapat dicapai dengan menyediakan form untuk meninggalkan pesan serta informasi kontak bila admin situs web Anda sedang offline

  • Optimalkan Media Sosial 

Selain membuat website, beli domain murah Indonesia, dan menambah fitur-fiturnya, menjaring leads tentu saja juga dapat dilakukan via media sosial. Apapun platformnya, Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya, Anda hanya perlu membagikan konten menarik dan bermanfaat di sana. Anda juga dapat membagikan giveaway yang mengharuskan calon pelanggan memberikan data kontaknya. 

Hal terpenting, agar strategi dalam menjaring leads Anda terlihat profesional dan berkelas, buatlah landing page khusus di situs web Anda. Jika belum ada website atau blog, Anda dapat menggunakan jasa hosting situs web atau beli domain murah Indonesia. Semoga sukses!

 

Artikel ini tayang pada kategori SEO dan SEM, dan dipublikasikan oleh Irwin Andriyanto. Kunjungi halaman Gudang Baca untuk melihat seluruh artikel sudah tayang di Blog Masirwin Note.

Artikel Lainnya dari Masirwin Note

 301 total views,  1 views today

Pin It on Pinterest

Share This