Apakah Reksadana Pasar Uang Lebih Menguntungkan Dibanding Jenis Reksadana Lainnya?

Photo of author
Written By Irwin Andriyanto

Seorang yang mengaku blogger padahal isi blognya placement semua.

Apakah Reksadana Pasar Uang Lebih Menguntungkan Dibanding Jenis Reksadana Lainnya?

Dari beberapa jenis Reksadana yang berkembang di dunia investasi, Reksadana pasar uang merupakan salah satu jenis yang populer. Tidak heran banyak investor yang terjun ke dunia investasi yang satu ini untuk mendapatkan cuan yang berlimpah. 

Selain menguntungkan, risiko yang dimilikinya pun cukup kecil. Karena investasi ini menempatkan dana investasi yang dikumpulkan ke dalam berbagai jenis instrumen pasar uang. 

Nah untuk mengetahui informasi lebih dalam tentang Reksadana pasar uang beserta kelebihannya, mari simak ulasan yang akan kami bahas di bawah ini khusus untuk Anda. 

Apa itu Reksadana Pasar Uang?

Sebelum membahas lebih jauh tentang keuntungan menggunakan Reksadana pasar uang, sebaiknya kita bahas bersama tentang definisi Reksadana pasar uang terlebih dulu. Jadi, apa itu Reksadana pasar uang?

Reksadana pasar uang merupakan salah satu jenis Reksadana seperti halnya Reksadana saham, Reksadana campuran, dan Reksadana pendapatan tetap. Hanya saja penempatan dan risiko yang dimilikinya berbeda.

Untuk Reksadana pasar uang ini menempatkan dana investasi yang dikumpulkan oleh para investor ke dalam instrumen pasar uang yang berisi surat-surat berharga dengan masa jatuh tempo kurang dari satu tahun dan dapat diperdagangkan di pasar uang atau money market.

Beberapa contoh surat-surat yang dapat digunakan dalam Reksadana pasar uang ini adalah sertifikat deposito, surat berharga negara, deposito berjangka, surat pengakuan utang, sertifikat Bank Indonesia, dan obligasi yang jatuh temponya kurang dari satu tahun. 

Lalu, kenapa Reksadana pasar uang ini dinilai lebih menguntungkan dibandingkan jenis Reksadana lainnya? Berikut ini kami akan jelaskan alasannya!

Kenapa Reksadana Pasar Uang Lebih Menguntungkan?

Kenapa Reksadana Pasar Uang Lebih Menguntungkan

Jika membahas tentang investasi dengan nilai yang berpotensi selalu naik dan jarang terjadi penurunan lebih dari 1%, maka jawaban yang paling tepat adalah Reksadana pasar uang. Kenapa demikian?

Pasalnya Reksadana pasar uang secara historis memiliki nilai yang selalu naik dari NAB atau Nilai Aktiva Bersih awal. Tidak usah khawatir akan risiko penurunan nilai karena Reksadana pasar uang juga memiliki risiko yang relatif paling rendah dibandingkan dengan jenis Reksadana lainnya.

Adapun beberapa risiko yang harus Anda ketahui agar dapat menghindarinya adalah sebagai berikut:

  • Risiko gagal bayar dari Manajer Investasi sehingga dana Anda terhambat pencairannya
  • Adanya redemption besar-besar oleh investor lainnya sehingga nilai turun

Jika dilihat dari kedua risiko Reksadana pasar uang di atas, terlihat bahwa investasi yang satu ini menjadi Reksadana yang cukup menguntungkan dengan risiko minim. 

Agar lebih meyakinkan Anda untuk menggunakan Reksadana pasar uang, selanjutnya mari ketahui lebih jelas apa saja keuntungan yang akan didapatkan jika bergelut di bidang investasi ini. 

Keuntungan Reksadana Pasar Uang 

Saat melakukan investasi, pastinya para investor mengejar keuntungan sebanyak-banyaknya. Inilah kenapa Anda harus menggunakan Reksadana pasar uang agar bisa meraih potensi untung di dunia investasi.

Beberapa keuntungan yang akan Anda rasakan saat menggunakan Reksadana pasar uang diantaranya adalah:

1. Potensi Keuntungan Lebih Tinggi 

Seperti yang Anda ketahui bahwa dalam proses investasi, Reksadana pasar uang ini dikelola oleh Manajer Investasi yang akan menginvestasi sejumlah dana ke instrumen lain seperti obligasi atau deposito dalam kurun waktu satu tahun.

Dana yang dikelola ini bukan sekedar 1 juta atau 10 juta, tetapi ratusan juta hingga triliunan. Dengan dana investasi sebanyak ini, Manajer Investasi akan mendapatkan penawaran bunga deposito yang lebih tinggi dibandingkan nasabah biasa dari pihak bank.

Tidak hanya itu, Reksadana pasar uang juga memiliki kesempatan untuk menyalurkan dana ke instrumen lain yang dinilai lebih menguntungkan.

2. Dana Investasi Dapat Dicairkan Tanpa Denda

Selain keuntungan Reksadana pasar uang di atas, jenis Reksadana yang satu ini juga memberikan kemudahan untuk para investor yang ingin menarik dana yang dimilikinya tanpa denda atau biaya penalti apapun.

Yang menarik lainnya adalah dana investasi yang Anda miliki dapat dicairkan kapan saja alias fleksibel tanpa harus menunggu jangka waktu tertentu. Proses pencairan dana pun terbilang mudah karena Anda dapat mencairkannya secara online.

Nah setelah mengetahui apa saja keuntungan melakukan investasi Reksadana pasar uang, sekarang adalah saatnya Anda untuk mulai terjun ke bidang ini agar bisa mendapatkan cuan yang melimpah.

Kemudahan Investasi Reksadana dengan DBS Treasures

Kini Anda bisa melakukan investasi di DBS Treasures sebagai perbankan prioritas yang dapat Anda pilih sebagai mitra saat hendak memulai berinvestasi di Reksadana pasar uang. Kenapa harus berinvestasi dengan DBS Treasures?

DBS Treasures sendiri adalah priority banking dengan minimal penempatan dana 500 juta rupiah. Beberapa keunggulan ditawarkan oleh DBS Treasures untuk Anda adalah:

1. Investasi Dikelola oleh Profesional

Untuk mengoptimalkan kinerja produk, DBS Treasures bermitra dengan Manajer Investasi yang professional untuk pengelolaan investasi Anda. Semua Manajer Investasi yang akan membantu Anda mendapatkan pundi-pundi rupiah terjamin kualitas kinerjanya dan telah terkemuka di bidang ini.

2. Adanya Dukungan Tim Ahli

Selain memiliki Manajer Investasi yang handal, Anda juga bisa memperdalam wawasan tentang investasi bersama DBS Treasures karena memiliki tim ahli finansial yang proaktif mempersonalisasi dan mengkomunikasikan analisa pasar dan peluang terkini untuk Anda.

3. Diversifikasi Produk

Tim ahli DBS Treasures mampu mengurangi risiko dengan adanya diversifikasi yang merupakan proses penyebaran dana ke berbagai jenis aset investasi komprehensif. Sehingga risiko yang dimiliki semakin rendah jika Anda berinvestasi di DBS Treasures.

4. Transaksi Mudah

Tidak sampai disana, sebagai nasabah Anda dapat melakukan segala jenis transaksi investasi Reksadana di Aplikasi digibank by DBS. Beberapa jenis transaksi yang dapat dilakukan adalah mempelajari analisis Reksadana yang telah didukung data dari infovesta, sehingga dapat memudahkan Anda bertransaksi seperti switching, jual, dan beli dalam aplikasi tersebut.

Bahkan untuk investor yang belum memiliki SID atau Single Investor Identity yang dikeluarkan oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia juga dapat dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS tanpa perlu berpindah ke platform lain. Menarik bukan?

Nah Anda sudah tahu apa saja kelebihan Reksadana pasar uang, sekarang adalah waktu yang pas untuk Anda yakin memulai investasi bersama DBS Treasures sebagai pilihan tepat investasi yang berpotensi menguntungkan. 

Tinggalkan komentar