Asuransi Kendaraan : Pengertian, Manfaat dan Cara Memilih

Photo of author
Written By Irwin Andriyanto

Seorang yang mengaku blogger padahal isi blognya placement semua.

Ketika memutuskan akan membeli mobil maka tidak hanya tipe dan budget yang Anda perhatikan, asuransi kendaraan pun perlu dipertimbangkan sebagai jaminan ganti rugi jika ada kerusakan karena hal-hal tidak terduga.

Seperti kecelakaan, bencana alam, pencurian, benturan, dan sebagainya. Oleh karena itu, dalam memilih asuransi ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan.

Akan tetapi, sebelum itu kenali lebih dekat mengenai apa itu asuransi kendaraan dan apa manfaatnya.

Memahami Lebih Dekat dengan Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan adalah salah satu jenis asuransi atau polis untuk melindungi kendaraan dari kerusakan dan kerugian akibat kecelakaan, hilang karena pencurian, bencana alam, dan sebagainya.

Biasanya kerugian yang ditanggung oleh layanan asuransi tergantung premi asuransi kendaraan yang diambil. Ada asuransi mobil all risk dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Jika Anda bingung bisa memilih asuransi all risk yang memberikan perlindungan terhadap berbagai jenis risiko. Sedangkan TLO cakupannya lebih kecil yaitu untuk melindungi mobil dari kehilangan pencurian.

Manfaat Asuransi Kendaraan

Manfaat Asuransi Kendaraan

Ketika mobil mengalami kerusakan butuh dana yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Berbeda ketika Anda memiliki asuransi kendaraan tidak akan khawatir akan kerusakan yang bisa dialami setiap pemilik mobil.

Mengingat penyebab kerusakan bisa saja karena hal-hal tidak terduga seperti banjir atau benturan maka wajib untuk mendaftarkan asuransi mobil. Dimana manfaat yang akan didapat pemegang polis kendaraan, yaitu:

Melindungi Mobil dari Berbagai Kerugian

Mungkin Anda selalu berhati-hati ketika mengendarai mobil, akan tetapi kerusakan dan kerugian tidak mudah dihindari karena bisa saja disebabkan oleh hal-hal yang tidak terduga dan tidak terkendali.

Oleh sebab itu, agar mobil tetap terlindungi perlu asuransi yang dapat digunakan sebagai jaminan di masa-masa kritis.

Solusi Finansial di Masa Mendatang

Jika tidak memiliki asuransi bukan hanya kerugian mobil saja yang membuat kepala pusing, melainkan keuangan pun akan terguncang. Hal ini karena biaya perawatan dan perbaikan memakan dana yang lumayan besar tergantung kerusakan yang timbul.

Agar tidak bingung dan stres karena masalah finansial, memiliki asuransi merupakan solusi terbaik dalam melindungi mobil dari berbagai risiko kerugian.

Menjaga Nilai Kendaraan

Nilai kendaraan yang sudah terpakai lebih rendah dibandingkan saat beli baru. Karenanya, saat mobil lama hendak dijual dan ternyata ada kerusakan seperti penyok atau baret maka tidak menutup kemungkinan harga jual akan lebih murah.

Dari sanalah penting untuk segera melakukan perbaikan ketika ada kerusakan mobil. Sehingga saat menjualnya kelak harga tidak begitu turun.

Cara Memilih Asuransi Kendaraan

Dalam memilih asuransi kendaraan ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan seksama. Mengingat banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan produk-produk untuk melindungi mobil dari kerusakan.

Agar tidak salah dalam memilih asuransi mobil, berikut ini lima hal yang perlu Anda pahami.

1. Pilih Premi Asuransi Kendaraan All Risk

Penting untuk mencari tahu lebih detail mengenai premi asuransi kendaraan sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli produk asuransi. Agar dana yang harus dikeluarkan lebih hemat maka pilihlah asuransi mobil all risk.

Polis kendaraan yang menanggung berbagai jenis kerugian membuat Anda tidak perlu memiliki banyak asuransi.

2. Sesuaikan dengan Finansial

Seperti pepatah jangan sampai besar pasak daripada tiang maka memilih asuransi kendaraan pun harus menyesuaikan dengan budget pemasukan. Jangan sampai pengeluaran melebihi limit penghasilan Anda.

3. Pilih Layanan Asuransi Terpercaya

Tidak bosan untuk mengingatkan bahwa sebelum memutuskan membeli produk asuransi harus dari perusahaan terpercaya. Tidak hanya itu pastikan perusahaan penyedia layanan asuransi sudah berpengalaman dalam bidangnya.

Saat memilih layanan asuransi maka cek terlebih dahulu legalitas perusahaan, alamat kantor dan testimoni pelanggan di website maupun media sosial. Hal ini untuk mengurangi risiko kerugian yang akan muncul di kemudian hari.

4. Cek Kejelasan Polis

Sebelum deal tanda tangan kontrak polis maka baca dengan teliti syarat dan ketentuannya. Benefit apa saja yang Anda dapatkan dengan membeli polis asuransi.

Lalu, cek juga cara klaim polis apakah sudah jelas dan mudah atau ada beberapa hal yang menurut Anda tidak sesuai dengan premi yang harus dibayarkan.

5. Pelajari Biaya Own Risk (OR)

Ketika membeli asuransi ini Anda juga harus mempelajari tentang OR. Nantinya Own Risk akan ditanggung oleh pemilik polis asuransi sehingga penting untuk mencari info seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan.

Demikian pengertian, manfaat dan cara memilih premi asuransi kendaraan yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda. Pastikan untuk mencari lebih banyak informasi, khususnya ketika membaca detail dokumen perjanjian pembelian polis.

Pilihlah layanan asuransi yang terpercaya, proses klaim polis mudah, dan menyesuaikan dengan keuangan Anda.

Tinggalkan komentar