Setiap traveller punya kebiasaan yang berbeda ketika menempuh sebuah perjalanan baik jarak dekat maupun jauh. Ada tipe yang suka menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan, ada yang memilih membaca buku atau nonton film untuk membunuh waktu selama perjalanan. Ada pula yang suka tidur di perjalanan dan tahu-tahu sudah sampai di tempat tujuan (ini yang saya sering lakukan).

Tipe-tipe tersebut berlaku untuk semua jenis moda transportasi, baik via darat, laut maupun udara. Dan biasanya, para traveller yang memilih untuk tidur selama perjalanan, bisa terpejam di mana saja tanpa terkecuali. Eits, bukan Pelor yah nempel langsung molor.

Nah, kalau kamu termasuk tukang jalan-jalan tipe ini dan berencana untuk melakukan perjalanan dengan kereta api, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini sebelum kamu berangkat. Karena berbeda dengan mobil pribadi atau bus, naik kereta punya seni tersendiri untuk menaklukkannya.

Tips Tidur dalam Perjalanan dengan Kereta Api

1. Bawa Bantal Leher

Benda paling penting untuk membuat tidurmu nyaman selama perjalanan adalah dengan membawa bantal leher sendiri. Meski di kereta api terdapat persewaan bantal untuk kelas ekonomi dan disediakan gratis untuk kelas bisnis dan eksekutif, namun bantal itu berbentuk kotak yang kadang masih membuat leher kaku ketika terbangun karena salah posisi tidur.

bantal leher murah, tidur di kereta api, tikel kereta apai, sewa bantal di kereta

Bantal Leher
Sumber : tstatic.net

Agar ringkas, pilihlah bantal leher tiup yang bisa kamu kempeskan ketika perjalanan sudah selesai. Bantal seperti ini banyak tersedia di toko perlengkapan travelling dan juga naik gunung, karena biasanya memang dibawa para hikers untuk mendaki.

2. Bawa Tas Kecil

Hal ini penting untuk memastikan keselamatan barang-barang berharga yang kamu bawa selama perjalanan. Masukkan dompet, charger, tiket kereta api dan ponsel di dalam tas ini dan kalungkan erat di tubuh. Jika kamu terbiasa tidur di awal perjalanan, letakkan tiket kereta api di saku pakaian yang mudah dijangkau. Namun pastikan tiket kereta milikmu aman di saku yang tidak mudah dijangkau oleh orang lain.

tas kecil, tas traveliing, beli tas murah, tas slempang murah

Tas Kecil Traveller
Sumber : cultofmac.com

Sebagai jaga-jaga jika tiket cetak kamu hilang, pastikan simpan tiket kereta api elektronik kamu setelah membelinya di traveloka.com. Tiket ini bisa menjadi bukti kepada petugas jika terjadi hal yang tak diinginkan. Dengan cara begini, kamu akan mudah menjangkau tiket kereta api ketika ada pemeriksaan dari petugas sewaktu-waktu.

3. Pakai Jaket

Tidak hanya berfungsi untuk melindungi tubuh dari udara dingin, jaket ini juga berguna untuk melindungi tas yang berisi benda berharga. Masukkan tas di dalam jaket sebelum kamu tertidur, dan kancingkan baju hangatmu dengan erat agar benda-benda berharga milikmu aman selama perjalanan.

4. Pisahkan Laptop

Jika membawa benda berharga seperti laptop, sebaiknya jangan diletakkan di kabin. Simpan di tas tersendiri dan kalungkan talinya di tubuh kamu. Ini meminimalisir kemungkinan hilang selama perjalanan. Tentunya berjaga lebih baik daripada menyesal bukan?

5. Bawa Buff / Penutup Mata

Cahaya di dalam kereta api akan selalu terang selama perjalanan. Meski untuk perjalanan malam pihak KAI meredupkan lampu, namun bukan berarti akan mematikannya secara total. Hal ini tentu memberi pengaruh buat kamu yang terbiasa tidur dengan lampu padam. Untuk menyiasatinya, pakailah penutup mata yang banyak dijual di toko online. Atau bisa juga menggunakan buff seperti para bikers, yang biasanya digunakan untuk menutupi mulut selama naik motor.

jual penutup mata, nyenyak tidur, beli penutup mata, grasir penutup mata

Penutup Mata
Sumber : alicdn.com

Jika suka, gunakan masker juga untuk menutup mulut. Selain membuat udara dingin tak terlalu menusuk hidung, memakai masker juga menyelamatkanmu dari rasa malu ketika tertidur dengan posisi mulut terbuka. Pastinya nggak banget kan kalau hal ini sampai kejadian?

6. Sewa Selimut

Jangan ragu untuk menyewa selimut jika kamu merasa udara di dalam gerbong terlalu dingin sedingin tatapan mantan. Mintalah kepada petugas begitu kamu memerlukannya. Harga sewanya murah saja kok tanpa perlu merogoh kocek dalam, yang pasti bikin nyaman selama perjalanan dan membuat tidurmu jadi lebih nyenyak.

Nah, itulah beberapa tips cerdas tidur dalam perjalanan dengan kereta api.  Semoga tips ini dapat berguna dan pastinya bermanfaat bagi kamu yang suka jalan-jalan menggunakan kereta api atau baru mau menggunakan kereta api untuk pertama kalinya. So, jika kamu punya tips tambahan monggo diungkapkan dalam kolom komentar dibawah yah gaes. See You on Kereta Api tut tut tutttttttttt…..

Pencarian Terkait

WAJIB KAMU TAHU

Atur Bobot Tubuh Anda Melalui Program Diet yang Tepat

Atur Bobot Tubuh Anda Melalui Program Diet yang Tepat Atur Bobot Tubuh Anda Melalui Program Diet yang Tepat - Berat badan jadi hal penting yang diperhatikan oleh setiap orang. Ketika memiliki berat badan berlebih, setiap orang tentu akan berusaha mati-matian untuk...

baca lainnya

Trik Menyewa Genset yang Tepat untuk Pabrik

Trik Menyewa Genset yang Tepat untuk Pabrik Trik Menyewa Genset yang Tepat untuk Pabrik - Tak bisa dipungkiri bagi sebuah pabrik yang bergerak dalam bidang industri tentu akan membutuhkan tenaga listrik yang besar. Tenaga listrik tersebut digunakan untuk menjalankan...

baca lainnya

20 Komentar

  1. BP Pedia

    saya bkan traveller gan. .tapi terkadang suka main ke tempat sodara sih. .hhh

    tapi saya jarang tidur gan. .apalagi naik angkutan umum. .ngeri.

    but your post is the best. .

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      saya juga gk pernah tidur takut kelewatan nanti kesasar 🙂

      Balas
  2. Windi Saras

    Jangan sewa selimut, bawa selimut. Hemat. Hahaha

    Balas
  3. Robit Mikrojul Huda

    Kalau aku langsung tidur, apalagi saat perjalanan jauh. Hehehe

    Balas
  4. Mayuf

    Thanks gan tips nya sangat bermanfaat

    Balas
  5. NUHAN NAHIDL

    Tetap yang utama keamanan barang-barang kita ya…

    Tapi ribet juga ya harus pake penutup mata…

    Bener-bener sudah niat buat tidur di perjalanan….

    Balas
  6. Mirwan Choky

    Seriously, selama ini saya belum pernah naik kereta api.. jadi, gak tau sih sensainya naik kereta api itu seperti apa.

    Balas
  7. DhereNote

    wadow, sering sekali mengalami ini. hmm tips ini demi keamanan juga ya.
    Aduh nggak kepikiran

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      waduhhhhh kenapa bisa gak kepikiran, banyakan mikirin iman terus sih 😀

      Balas
  8. Peri Hardiansyah

    wahh mantap ini, yang bantal leher ini yang ga saya duga, masalah simpan dan pilah barang aman lah, tutup mata aman lah, kalo bantal baru kali ini kepikiran. hahahaha TFS mas

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      hahahahaha saya juga baru kepikiran pas nulis ini

      Balas
  9. NUHAN NAHIDL

    Mungkin mau piknik sekalian di kereta…. ya …..hahhahahah

    Jujur saya sendiri belum pernah naik kereta api….

    Padahal sudah 1 tahun di jakarta utara….

    Balas
  10. Vika

    Tipsnya oke juga tuh mas irwin.. saya gapunya bantal leher nie, padahal sangat berguna yaa kaalau naik kereta, sekalian juga beli penutup mata, lumayan kalau main ke yang jauh bs tdr nyenyak tu mas

    Balas
    • Irwin Andriyanto

      meskipun tidur tetep harus waspada sama barang bawaan yah

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL PENTING

11 Masalah Yang Sering Dialami Iphone

11 Masalah Yang Sering Dialami Iphone Masalah yang sering dialami iPhone - Smartphone atau ponsel cerdas memang telah menjadi bagian tersendiri bagi masyarakat saat ini. Setidaknya terdapat berbagai macam Smartphone yang beredar dalam masyarakat seperti iPhone....

baca lainnya

Daftar Lomba Blog Desember 2018 Terbaru

Lomba Blog Desember 2018 "Resolusi Juara Lomba Blog 2019" Masirwin Blog Always Present Lomba Blog dan Kontes SEO Desember Terbaru, Terhangat, Terlengkap 2018 alo intronya ngucapin selamat datang kembali sepertinya sudah biasa, malah saya sendiri...

baca lainnya

Daftar Lomba Blog November 2018 Terbaru

Lomba Blog November 2018 "Rezeki Nomplok Penghujung Tahun" Masirwin Blog Present Lomba Blog dan Kontes SEO November Terbaru 2018 elamat datang kembali di Masirwin Blog yang suka update lomba blog terbaru. Yah, meskipun kadang kurang update tapi...

baca lainnya

252 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Pin It on Pinterest

Share This